LKS atau PPA (?) edisi 2

Diposting oleh Label: di


Haloo... Come back again hehe... Gue mau lanjutin cerita yang sempat terputus di edisi pertama. Jangan kalian kira ceritanya udah selesai begitu aja sampai gue ngambil keputusan untuk melepas LKS dan ikut interview 1 PPA BCA ya .. Tidak terhenti sampai disitu saja wkkw.. Langsung aja ya gue lanjutin.

Masih di hari yang sama, hari senin, H-1 LKS akuntansi sekaligus tes interview 1 PPA BCA. Ternyata di balik kata-kata guru gue yang bilang bahwa beliau mengerti keputusan yang gue ambil, itu bukanlah berarti sepenuhnya. Guru gue menyesali kenapa gue ga bilang dari awal jika gue mengikuti tes BCA itu. Gue bilang ke guru gue kalo gue nyangka bisa bentrok gini, soalnya waktu tes psikotes 1 dan 2 diadain pas hari sabtu, jadi gue pikir tes interview diadainnya bukan di hari biasa, melainkan hari libur sekolah.

Well, gue tau pasti rasanya akan seperti ini. Hubungan gue jadi ga enak sama guru. Dan berita itu juga tersebar dengan cepat di ruang guru. Gue merasa menjadi trending topic di ruang guru hari itu. Tiap guru yang bertemu gue di koridor, menanyakan hal yang sama "kenapa kamu ga jadi ikut LKS akuntansi?". Gue mencoba menjelaskan ke tiap guru, ada yang mengerti, ada yang sepertinya kurang bisa menerima hal tersebut. Mungkin gue dianggap sebagai murid yang tidak bertanggungjawab terhadap sekolahnya sendiri dan tidak mau membela nama sekolah. Tapi setidaknya mereka juga harus memikirkan masa depan gue, gue yang bertanggungjawab sepenuhnya dengan apa yang akan gue ambil di masa depan gue.

Gue terharu dengan perkataan seorang guru ke gue saat gue mohon maaf karena gue ga bisa ikut LKS. Beliau bilang jika keputusan yang gue ambil sangat tepat, malah beliau nyuruh gue buat ngejer masa depan gue dan ga usah mikirin LKS apalagi merasa bersalah. Kata beliau, itu masa depan gue, jadi itu lebih penting dan harus gue ambil kesempatan itu, ga boleh disia-siain. Gue bersyukur setidaknya masih ada guru gue yang tulus benar-benar mengerti gue :')

Hari besoknya gue pun mengikuti tes interview 1, sedangkan temen gue bertempur menggantikan gue. Sebenernya gue ga enak juga sama temen gue ini, karena dia latihannya mendadak banget, pas H-1 doang kan. Tapi mau gimana lagi, sorry banget deh karena gue jadi nyusahin lu, jadi ngerasa bersalah deh.

Besoknya pas gue masuk sekolah, setelah gue tes interview, pagi harinya gue ketemu dengan salah satu guru gue.. Dan beliau mengatakan sesuatu yang ngebuat gue jadi emosi dan ngerasa gimana gitu. Tapi gue menahan diri dan 'cukup tau' aja lah. Beliau mengatakan secara terang-terangan bahwa gue ga ngebela nama sekolah. Gue masih inget kata-katanya, yaitu "Kamu kenapa sih Nes malah ikut tes itu? Kamu kok gitu banget sama sekolah."

Pas ngedengernya tuh gue ngerasa sakit banget. Perkataannya itu seolah-olah gue ga pernah ngebanggain dan berjuang untuk sekolah gue. Padahal kalau gue ga dihadapkan dengan pilihan yang berhubungan dengan masa depan gue, gue bakal ikut LKS kok. Dan gue ngerasa mereka ga ngerti gue dan berpikir negatif tentang gue. Mereka ga ngerti karena ga berada dan merasakan di posisi gue. Apa mereka yang akan menjamin masa depan gue? Engga kan !

Bahkan setelah hari itu, saat jam pelajaran, masih kerasa sindiran-sindiran halus yang mengarah ke masalah gue itu. Misalnya lagi bahas apa, tiba-tiba nyerempet-rempet ke masalah gue. Ya gue tau ini resikonya, dan gue berharap ini semua akan cepat berlalu. Karna lama-lama gue kesel juga lah digituin mulu. Gue sih berusaha cuek aja kalo digituin, bodo amat deh mereka mau bilang apa.

Hari dimana pengumuman LKS akuntansi tingkat wilayah Jakarta Timur, temen gue yang mewakili sekolah gue dinyatakan berhasil meraih juara 1. Wow banget kan wkwk.. Guru-guru merasa sangat senang, dan gue pun ikut senang. Tapi bagaimana dengan perasaan gue sebenernya? Ya kalian tau sendiri lah gimana rasanya. Di saat kalian menginginkan sesuatu, tapi kalian harus merelakannya hanya dikarenakan keadaan. Ya, jujur gue sempet ngerasa down selama 1 malam. Tapi gue memutuskan untuk 'move on' dan konsen ke apa yang telah gue pilih. Gue hanya mengijinkan diri gue bergalau ria dalam 1 hari, besoknya udah ga boleh ada penyesalan atau apapun itu namanya. Gue udah berhasil ikhlasin semua itu kok. Semua orang punya jalannya masing-masing yang harus gue syukuri. Lagipula untungnya gue berhasil lolos PPA BCA hingga tahap akhir. Jadi pengorbanan yang gue alami terbayar lunas.


Tapi, jujur gue sempet nangis juga sih karna takut ga lolos PPA BCA. Waktu itu sesudah tes interview 2, gue inget apa aja yang udah gue korbankan untuk ikut PPA BCA ini, gue takut gagal dan segalanya jadi cuma-cuma. Tapi, Tuhan sangat baik dan adil, sehingga memudahkan dan melancarkan jalan yang gue ambil. Mungkin memang PPA BCA merupakan jodoh gue, dan LKS bukan merupakan jodoh gue. Bukankah milih sekolah ataupun tempat kuliah itu juga karna jodoh-jodohan? wkwk

Guru gue juga sempet cerita gini pas di kelas "Sebenernya saya bingung. Tahun lalu, ada 2 anak yang Ibu persiapkan untuk LKS, akan tetapi ternyata hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 anak dari masing-masing sekolah. Sehingga terpaksa yang 1 anak itu ga ikut. Dia sampe nangis karena pengen ikut. Eh giliran tahun ini, Ibu persiapkan hanya 1 anak untuk LKS, tapi malahan anaknya ga bisa di 1 hari sebelum LKS, jadi harus digantikan oleh yang lainnya. Jadi serba salah kan." Gue cuma ketawa aja denger ceritanya hehe..

Ada 1 guru gue yang lain lagi, yang bilang ke gue seperti ini lewat line "Terimakasih ya Nes, ini merupakan kemenangan kita bersama."
Lagi-lagi gue terharu membaca kata-katanya. Gue tahu, kata-kata itu tulus dan beliau menghargai serta sangat mendukung keputusan yang udah gue ambil. Thanks a lot buat beliau. Sayangnya beliau udah dimutasikan ke sekolah lain, dan ga ngajar di sekolah gue lagi, hiks.


Itulah suka duka nya yang gue terima atas pilihan yang gue alami. Setidaknya gue telah belajar 1 hal dalam hidup ini, bahwa dalam hidup ini kita ga bisa menghindar dari berbagai pilihan. Oleh karena itu, kita harus dengan tegas memilih dan siap menanggung segala resikonya. Apa yang kita dapatkan nantinya, serahkan saja pada Tuhan, yang penting kita udah berusaha dan berdoa.

Kita juga tidak bisa memiliki semua yang kita inginkan dalam hidup ini. Ada hal-hal yang memang diperuntukkan untuk orang lain, dan bukan untuk kita. Tidak peduli seberapa besar kita menginginkan suatu hal apapun, yang jelas, jika itu bukan untuk kita, kita akan mendapat yang lebih baik. Percayalah, yang kita inginkan belum tentu baik, tapi yang diberikan oleh Tuhan akan menjadi yang terbaik.
Posting Komentar

Back to Top