The Next Chapter of My Life - PPA BCA Batch 42 at Sentul City

Diposting oleh Label: di

Halo everybody !! Dimanapun kalian berada, silakan duduk anteng baca blog gue. Enaknya baca blog gue sambil menikmati secangkir kopi dengan asap yang mengepul (tapi bikin sendiri di dapur ya) haha... Gue mau memaparkan sesuatu yang baru. Gue akan bawa kalian ke Sentul sejenak. Bosen kan pada diem di daerah masing-masing doang? Nyokk ngikut gue... Gue ajak puter-puter disana sampe nyasar.


Kenapa gue ngajak kalian ke Sentul dan bukan ke tempat lainnya? Jawabannya adalah karena gue akan melanjutkan sesi kehidupan selanjutnya di Sentul selama kurang lebih 2,5 tahun ke depan. Bukan waktu yang singkat loh guys... Lebih tepatnya sih Sentul City. Gue akan kuliah disana karena gue masuk ke Program Pendidikan Akuntansi (PPA) BCA. Jika orang lain kebanyakan kuliah merantau ke Bandung, Jogja, Jakarta, dan daerah-daerah lainnya yang sarat dengan perguruan tinggi terkenal, nah kok gue anti mainstream banget sih kuliah ke Sentul? Emangnya ada kampus disana? Kok gue jadi banyak tanya jawab gini ya haha... Ok, gue akan jelasin kalo di Sentul itu kini ada BCA Learning Institute atau biasa disingkat dengan BLI #promosi. Baru denger ya? Emang sih baru tahun ini mulai ada di Sentul. Tahun-tahun lalu adanya di Slipi, Jakarta. Gue akan mempromosikan BLI sebagai calon mahasiswi nya yang baik hehe...

Sebelumnya gue mau kasih tau dulu alamat BCA Learning Institute yaitu di Jalan Pakuan No. 3, Sentul City, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, 16810 (deket Hotel Aston). Tepatnya ada di kawasan Taman Budaya. Exit tol tinggal lurus aja dan cari penunjuk jalan yang menuju Taman Budaya. Sebelum Jungle Land pokoknya, ga jauh kok. Jadi, kalo gue mau main nanti gampang, tinggal ke Jungle Land aja hehe ... Belum pernah ke situ soalnya...

Niat awalnya sih kalo kuliah gitu gue mau nyari yang deket-deket aja biar ga perlu ngekos, jauh dari orang tua dan nambah biaya hidup lagi. Tapi apalah daya bila takdir berkata lain. Ya sebenernya sih gue dikasih pilihan, tapi gue memutuskan untuk tetep ngelanjutin apa yang udah gue usahakan, harapkan dan gue capai dengan penuh pengorbanan. Selama orang tua gue setuju, ya gue akan menjalankannya. Mungkin gue akan dapet banyak pengalaman baru dan pelajaran hidup dengan tinggal di Sentul hehe... Doain aja ya supaya semuanya lancar dan baik-baik aja selama gue tinggal disana..

Gue belum tau pastinya kapan bakal pindah kesana. Yang jelas, sekitar akhir Juli atau awal Agustus. Gue udah dapet kontrakan 1 rumah dengan 2 kamar tidur dan 1 toilet sejak bulan Februari lalu. Waktu itu takut ga kebagian kontrakan disana, jadi buru-buru nyari. Untungnya jarak yang memisahkan antara Jakarta-Sentul masih terjangkau dengan motor bebek yang gue punya (punya papa gue sih sebenernya), namun cukup membuat bokong dan pinggang pegel-pegel. Kalo naik mobil mah cepet, tinggal exit tol langsung udah nyampe. Kalo naik motor itu dari rumah gue ke gedung BLI nya mencapai 64 km (udah gue ukur pake meteran sepanjang jalan haha...), memakan waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan (tergantung macet atau engganya).

64 km... Ga akan menghalangi gue untuk menjumpai udara segar nan sejuk khas pepohonan. Keluar dari Jakarta dan masuk ke wilayah Sentul, terasa banget perbedaannya. Mulai dari jalanan padat merayap menjadi lengang, hingga udara panas tergantikan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Saat pertama kali gue mengunjungi Sentul, saat gue duduk di boncengan motor yang dibawa papa gue dan melihat kemegahan alam yang gue lewati, seketika di tarikan napas pada waktu itu juga, gue sadar gue udah jatuh cinta pada Sentul City. Badan kepanasan dan pegel akibat duduk di motor terlalu lama, tergantikan dengan kedamaian yang menelusup di hati. Ini ga boong, tapi beneran gue suka Sentul City. Walau bahasanya emang agak hiperbolis sih itu wkwk... Jangan geli ya bacanya, kadang gue emang suka gitu :D



Istimewanya adalah dari Sentul City, kita bisa melihat penampakan 3 gunung, yaitu Gunung Salak, Gunung Pancar, dan Gunung Gede Pangrango. Tapi gue gatau kalo ditanya 'itu gunung apa?', karena belum tau bedanya hehe... Dari jalanan depan rumah kontrakan gue, keliatan tuh gunungnya. Indah banget deh. Kalo lagi stress, lumayan buat memanjakan mata secara gratis.

Daerah tempat BLI bertengger masih termasuk sepi. Nyari tukang makanan susah, kendaraan umum ga ada yang lewat sama sekali, gojek gatau deh nyampe sana atau engga. Yang singgah hanya APTB di jam-jam tertentu yang ga pernah gue temui saat gue melancong ke sana. Gue udah pergi ke sana selama 3 kali, dan selalu turun hujan -_- Ya namanya juga masuk wilayah Bogor, jadi intensitas hujannya pasti sering. Karena sering hujan, otomatis cuacanya jadi adem (mirip Puncak lah). Tenang aja, Sentul ga mungkin banjir. Kalo Sentul banjir, ntar Jakarta tenggelem. Karena struktur tanah nya kan tinggian Sentul. Gue sendiri suka hujan, tapi kalo tiap pagi hujan, ribet juga gue jalan kaki ke BLI nya ._. Jalanin aja lah wkwkw...



Bentuk jalanannya adalah cenderung naik turun. Kayak jalan perbukitan gitu. Tapi keren. Sepanjang jalan menuju Taman Budaya, kiri kanannya merupakan pepohonan rindang. Trus petunjuk jalannya juga cukup lengkap, jadi yang baru pertama kali ke sana, moga-moga ga nyasar ya... Soalnya kalo udah masuk deretan cluster menuju Taman Budaya nya itu sepi banget, jadi ga bisa tanya orang deh. Kalo Babakan Madang sebelah depan masih rame.

Oh ya, gue kan udah kasih tau alamat BLI nya tuh diatas, nah sekarang gue kasih spoiler foto-fotonya ya.. Kapan-kapan kalo gue udah kuliah disana, gue tambahin lagi deh haha.. Biar ga pada penasaran.









Ga disangka ya waktu cepet banget berlalu. Perasaan tuh ya, baru aja gue masuk SMK, eh udah lulus aje, udah resmi jadi alumni hehe... Sebentar lagi, gue akan memasuki tahap kehidupan selanjutnya, yaitu kuliah. Gue gatau harus seneng atau sedih saat gue mendapatkan kelas PPA Batch 42, kelas dan angkatan yang paling bontot. Gue sih udah terbiasa ya di rumah jadi anak bungsu, trus kalo maen jadi anak bawang, gue mah udah ikhlas. Dan sekarang lagi-lagi pas kuliah pun gue ditaro di angkatan paling akhir. Gapapalah, yang penting nanti bisa menjadi yang terbaik. Siapa tahu berlaku sistem 'Save the last for the best' hehe... Jangan remehkan kami PPA 42 (y)

Sebelumnya gue jelasin dulu deh biar kalian mengerti. Jadi, yang masuk tahun ini ada 3 batch, yaitu PPA 40, PPA 41, dan PPA 42. Tanggal masuk kelasnya juga beda-beda nih. Batch 40 masuk paling cepet, yaitu 15 Juli. Batch 41 masuk 2 minggu kemudian yaitu 29 Juli. Batch 42 masuk 2 minggunya lagi, yaitu 12 Agustus (Fyi: 2 hari sebelum ultah gue #kodekeras). Huaaa padahal udah bosen liburan ga ada kerjaan. Terpaksa memperpanjang libur deh hiks :'( Udah gitu pas gue tanya kakak kelas, katanya lulusnya juga belakangan.. Jadi 40 dulu yang lulus, trua 41, terakhir 42.. Syukuri aja deh, siapa tau anak yang masuk 42 asik-asik, gokil dan baik-baik wkwk..

Selanjutnya gue mau cerita tentang rumah kontrakan gue nih. Gue ngontrak di Cluster Taman Pasadena, sebelahnya Cluster Taman Venesia. Awalnya gue mau cari kost-an yang cuma sekamar, soalnya kalo kontrak 1 rumah gitu kan lebih ribet bersih-bersihnya, ngurus rekeningnya, dll. Kalo kost udah bayar ya terima beres dan lebih simple juga. Tapi karena tempat kost-annya jauh-jauh. Gue udah cek lokasinya, jaraknya itu 6 km ke BLI. So, gue harus punya motor sendiri disana. Ga mungkin kan kalo 6 km itu gue tempuh dengan jalan kaki. Soalnya seperti yang udah gue bilang diatas GA ADA KENDARAAN UMUM. Goodbye abang angkot, metromini, transjakarta...

Kalo ngontrak itu jaraknya deket sama BLI. Apalagi rumah gue, cuma 700 m kurang lebih. Jadi jalan kaki aja nyampe. Cluster Taman Pasadena itu ada di seberangnya BLI. Tapi jalanannya dari rumah gue ke BLI menanjak lumayan curam. Jadi kalo pergi gue ngos-ngosan naik. Pas pulang tinggal guling-guling gelinding turun hehe.. Selain itu, rumah gue cukup strategis karena deket dengan ceriamart (ya mirip indomaret lah) dan juga tukang jual gas dan galon. Kebutuhan sehari-hari aman lah wkwk..

Gue ngontrak 1 rumah 4 orang. Ketiga temen gue adalah temen barengan pas tes PPA BCA kemarin. Salah satunya adalah temen SMP gue. Doain aja ya kami berempat bisa akur dalam membina sebuah keluarga mini selama 2,5 tahun wkwk.. Tanpa ada sikut menyikut, tonjok menonjok dan KDRT lainnya :p

Gue sadar kalo gue bakal tinggal jauh dari orang tua untuk waktu yang cukup lama. Dan gue harus belajar hidup mandiri. Agak diluar ekspektasi ya sebenernya. Tapi siapa tau melalui hal ini gue bisa menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, berani dan mandiri.

Gue pribadi merasa sedikit takut dan juga tertantang untuk memasuki dunia kuliah yang katanya jauh lebih berat. Apalagi di BCA, dengan jam belajar padat merayap tiada henti. Materi yang biasanya di pelajari selama 4 tahun, namun dikemas secara apik menjadi 2,5 tahun oleh BCA. Waktu belajarnya senin sampe jumat jam 08.00-17.00 dan sabtu jam 09.00-14.00. Belum lagi kalau harus kuliah di Univ Trisakti nya juga untuk ambil mata kuliah wajib. Kalo di BCA kan cuma belajar mata kuliah kejuruan/peminatannya aja (kayak akuntansi dan ekonominya). Dan hal yang ga boleh dilupain adalah tiap cawu (4 bulan) harus mendapat IP minimal 2,75. Dibawah itu, sistemnya adalah Drop Out (DO). Jadi harus berusaha keras nih. Membiasakan diri dengan textbook full english, hidup mandiri, jam belajar full, standar nilai yang harus dipenuhi... Harus jadi strong girl nih hehe...

Namanya juga beasiswa. Udah dikasih kesempatan kuliah gratis, dapet uang saku bulanan, prospek kerja jelas, nah semua itu harus dipertanggungjawabkan. Beribu-ribu orang berjuang untuk mendapatkan PPA BCA, namun banyak yang harus mengubur harapannya dalam-dalam karena ga terpilih. Oleh karena itu, sebagai manusia terpilih, harus belajar mempertanggungjawabkan apa yang diterima dengan memberikan timbal balik yang positif.

New chapter with new friends, new experience, new knowledge, new condition, etc.. See you Sentul... :)

Trying something new, to get the new one

93 komentar:

  1. Waaaahhh kereen, kak naha waktu tes itu ada tes pelajarannya gak? Apa cuma kesehatan? Trus pas kita diundang untuk tes suruh bawa skck kepolisian atau gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes psikotes aja kok, bukan pelajaran gitu. Jadi tes nya terdiri dari psikotes 2 kali, interview 2 kali dan kesehatan. Skck akan diminta setelah masuk kuliah, jadi tidak perlu dulu

      Hapus
  2. Oya kak satu lagi nih. Aku masih bingung dn bimbang :D Jadi gini wktu ngisi format umur aku kan gk baca klo itu udh di ruumus otomatis nah aku gnti gn umurku sekarang. Trus soal nilai akhir ni wktu itu ijazah blm kluar yg nilai rapor sekolah aku masukin yg sementara itu nilai ujian madrasah 84 dan trnyta nilai rapor rata2 keseluruhan itu 82,59. itu pengaruh nda kak klo beda? Kan klo pengaruh apa saya daftar lg aja po kak? sebenrnya sama sih semua pelajran menyangkup soale itu bukan ujian nasional kak. gimana kak aku bimbang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa kok, ga perlu daftar lagi. Tunggu dulu aja dipanggil atau engganya. Kalo ga dipanggil-panggil, boleh kok coba daftar lagi

      Hapus
  3. kak. pasti kakak pinter matematika ya makanya diterima hehe

    BalasHapus
  4. kak. pasti kakak pinter matematika ya makanya diterima hehe

    BalasHapus
  5. Kak maksutnya sistem gugur dalam kurun waktu 30 bulan itu gmna ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ip dibawah 2,75 per cawu nya, maka akan di drop out

      Hapus
  6. Gan sorry mau nanya
    Gw kan jga nanti tgl 31 mulai training dsna. Gw mau nanya klo untuk training magang bakti bca itu jam masuknya dari jam berapa ya?
    Masalahnya gw mau perhitungin buat naik shuttle bus atau gowes kesana. Secara gw tgl di depok dan kalo naik shuttle sma2 jauh harus dri taman topi bogor dlu
    Terima kasih buat jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam 8 setau gw biasanya.. Tp coba cek lagi aja sama yang lain kepastiannya. Bukannya shuttle bisa juga dari wsa atau alam sutera gitu? Emangnya harus dr bogor ya?

      Hapus
    2. Nah itu dya gw blng tadi. Gw dri depok, kalo naik shuttle dri wsa atau alam sutera lebih jauh lagi dan gak keburu wktunya.
      Berati jam 8 ya masuknya. Yg pntng si gw mau tau jam brapa masuknya.
      Oke deh thanks buat infonya

      Hapus
    3. Nah itu dya gw blng tadi. Gw dri depok, kalo naik shuttle dri wsa atau alam sutera lebih jauh lagi dan gak keburu wktunya.
      Berati jam 8 ya masuknya. Yg pntng si gw mau tau jam brapa masuknya.
      Oke deh thanks buat infonya

      Hapus
  7. Ka boleh critain ga setelah bbrp bulan kuliah disana positif negatifnya apa? Pelajarannya susah bgt ga ka? Btw itu beneran bisa langsung kerja di bca kan ya klo dah lulus? Thanks:3 maaf ya banyak nanyanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang banget dong ceritanya hehe.. Enak kok, ya kayak kuliah biasa. Tp jam belajarnya lebih padet aja, jadi harus rajin2 hehe.. Iya ditawarin kerja, tp teserah mau ambil atau engga

      Hapus
  8. hai kak, tanggal 28 ini aku mau test bca juga nih. Jadi banyak orang bilang kalau dimana2 test wawancara itu lebih susah daripada test psikotestnya. Nah, kakak bisa share ke kita ga pengalaman interview kakak sewaktu kakak mengikuti test? Terimakasih:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga juga hehe... Sama aja kok antara psikotes dan interview.. Bedanya yg satu lisan, yg satu tulisan kan..
      Bisa liat disini http://bluelightaners.blogspot.com/2016/07/macem-macem-tes-yang-harus-dihadapi.html

      Hapus
  9. maaf mau nanya dong, kan program PPA BCA ini setara S1 non gelar. Misalnya setelah selesai program pendidikan PPA ini, setahu saya hanya dapat sertifikat ya ? Nah, bila kita terima tawaran utk kerja di BCA, utk lanjut S1 agar perolah ijazah, kita bisa lanjut dmn ya ? Saya ada baca kalo bs melanjut di Univ Trisakti krn menjalin kerja sama dgn BCA. Kalo misalnya di univ lain bisa ? Itu ambil pendidikan setahun lagi seperti ekstensi atau harus ulang lagi dari awal ? Dan biaya melanjutkan pendidikan siapa yang tanggung ya seumpama sudah bekerja di BCA ? Maaf banya nanya hehehe

    BalasHapus
  10. maaf mau nanya dong, kan program PPA BCA ini setara S1 non gelar. Misalnya setelah selesai program pendidikan PPA ini, setahu saya hanya dapat sertifikat ya ? Nah, bila kita terima tawaran utk kerja di BCA, utk lanjut S1 agar perolah ijazah, kita bisa lanjut dmn ya ? Saya ada baca kalo bs melanjut di Univ Trisakti krn menjalin kerja sama dgn BCA. Kalo misalnya di univ lain bisa ? Itu ambil pendidikan setahun lagi seperti ekstensi atau harus ulang lagi dari awal ? Dan biaya melanjutkan pendidikan siapa yang tanggung ya seumpama sudah bekerja di BCA ? Maaf banya nanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tergantung univ nya mau menerima atau tidak. Kalo di Trisakti, setelah 2,5 tahun tinggal ambil skripsi selama kurang lebih 6 bulan. Biaya di Trisakti ditanggung sendiri

      Hapus
  11. Halo mau tanya, posisi shuttle bus wsa tepatnya disebelah mana ya ?
    Makasih 🙏🏻

    BalasHapus
  12. Masalah ga sih kalau upload foto tapi malah foto maen gituh?😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm .. sebaiknya sih foto yang formal, tapi ga harus pas foto juga

      Hapus
  13. Ka mau tanya.. Pendaftarannya buka lagi kapan ya 😯 terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang masih buka kok, tapi palingan untuk wilayah Jakarta aja. Kalo daerah lainnya mungkin di bulan September 2017

      Hapus
  14. kak, mau nanya dong
    itu yang dapet uang saku berapa sih ?
    kakaknya dari uang saku itu cukup buat kehidupan sehari-hari disana ngga ? aku nervous kak , kalo kuliah jauh dari ortu aku , takut jadi beban juga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang aja.. uang sakunya mencukupi kok, malahan bisa buat nabung hehe.. ga bakal repotin orang tua lagi kok

      Hapus
  15. Mas bro tanya dong. Ada gak kost2 an lagi di wilayah sentul buat bisa di sewa. Ya jangan mahal2 g lebih dari 400 500 an lah. Tolong info ya. Wa ku. 0822 1305 8356.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau.. tapi kalo ada, nanti saya infoin ya

      Hapus
  16. kak mau nanya itu uang sakunya dpet brapa ya ? brarti harus nyari tmpat tinggal sndiri bukan di asramakan ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tempat tinggal sendiri. Uang sakunya mencukupi kok utk biaya hidup 1 bulan..

      Hapus
  17. Kaa beneran itu buku materinya full bahasa inggris semua? Terus pendaftarannya caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bukunya inggris. Daftar online dulu di web nya. Utk tahun ini udah ditutup pendaftarannya

      Hapus
  18. Kak mau nanya Nih, ada batas minimal usia ngga? Kebetulan aku ikut akselerasi. Makasih Kak :)

    BalasHapus
  19. Hai kak agnes, mau nanya kak disana ada ga kontrakan yang 35 jutaan kebawah full furnished gitu kak?

    BalasHapus
  20. Hai kak agnes, mau nanya kak disana ada ga kontrakan yang 35 jutaan kebawah full furnished gitu kak?

    BalasHapus
  21. Hallo agnes mau tnya lebih lanjut bisa minta kontak emailmu ndak? Hehhee thank you

    BalasHapus
  22. Hai kak. Mau tanya. Aku skrg kelas 11. Daftar nya pas kelas brapa ya? Gmn caranya? Kapan dibuka pendaftaran buat Surabaya? Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai... Udah bisa daftar dari kls 12 semester 1. Daftar online dulu di web nya. Pendaftaran dibuka bulan juli 2017 nanti..

      Hapus
  23. Hai kak.. mau tanya, kalau kakak ngambil program buat s1 nya gak? Jadwal buat program s1 hari apa aja ya kak? Trus biaya buat s1 nya brp ya ? Trims kak:)

    BalasHapus
  24. Hai kak.. mau tanya, kalau kakak ngambil program buat s1 nya gak? Jadwal buat program s1 hari apa aja ya kak? Trus biaya buat s1 nya brp ya ? Trims kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ambil. Biasanya hari sabtu.. Kalo biaya nya belum tau, soalnya dibayarnya pas kita mau ambil skripsi nanti

      Hapus
  25. Hai kak aku mau tanya nih, hari ini aku submit magang bakti bca, nah denger2 nnti ada training di sentul dr bca , aku akhir bulan maret ada uts nih . Kira2 training di sentul nya itu brp hari setelah di test di wisma ya ? Aku mau hitung hari apakah ada bentrok dgn uts atau tidak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya kurang tau info utk training magang bakti...

      Hapus
  26. Biaya kuliah nya berapa yaaa?, dan cara daftar nya gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama proses seleksi maupun proses pendidikan tidak dipungut biaya sama sekali dari bca nya. Daftar online dulu, nanti tunggu panggilan utk tes berikutnya. Sekarang ini pendaftaran sedang ditutup. Buka lagi bln juli 2017 utk masuk kuliah di 2018

      Hapus
  27. Apa disekitar BLI banyak kos kosan

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Kontrakan disana paling murah berapa ka?

    BalasHapus
  30. Pagi ka, saya baca perayaratannya itu usia maksimum 20 tahun. Saya baru ingin daftar online 2017 tapi ternyata baru di buka lagi bulan juli ya?. Sedangkan februari 2018 usia saya masuk 21 th. Apakah masih bisa??

    BalasHapus
  31. Hiii.. Sorry agak out of topic ni tanya nya.. Lokasi BLI kalo dr arah Jakarta brarti deket dari stasiun bogor ga yah? Ada rencana ngunjungin temen disana soalnya.. Tp agak bingung krn ga paham daerah sana.. Thanks a lot.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan. BLI itu ada di sentul city, arah mau ke jungleland. Jauh dr stasiun bogor

      Hapus
  32. Ka apakah harus lancar b.inggris nya?

    BalasHapus
  33. Ka mau nanya, kos kosan disekitar situ masih ada ga, aku mau pesan ka takutnya kehabisan. Nanti minta info nya ka. Soalnya tahun ini sdah mulai masuk ka.

    BalasHapus
  34. kamu angkatan PPA tahun ini? boleh minta contactnya ga? aku juga anak PPA hehe

    BalasHapus
  35. Kak teman kakak ada yg jd cadangan gitu gak?

    BalasHapus
  36. Kak yang 2017 kan pendaftaran udah tutup ya? Berarti saya kalo mau ikut buat yang 2018, nah tahun 2018 bulan maret itu saya umur 20. Masih bisa nggak ya?

    BalasHapus
  37. Kak tesnya cuma psikotes sama interview aja ya? Ga ada tes akademiknya?

    BalasHapus
  38. kak, selama bljr disna, ap ad kesulitan gitu?

    BalasHapus
  39. Khusus Mahasiswi BCA Training Centre, apabila perlu kost yg nyaman, aman, bersih dapat menghubungi saya di 081319667214, jalan kaki hanya 5 menit sampai ke lokasi kuliah. Terimakasih.

    BalasHapus
  40. Kak... Boleh nanya gak, isi tanda tangan kontrak nya apa aja sih?, terus jika sudah lulus bisa kerja sambil ambil gelar kuliah s1 nya gak? Makasih

    BalasHapus
  41. Kuh terhura :")
    btw, biaya tinggal disana kira" brp kak?

    BalasHapus
  42. kak, numpang nanya pengumuman ppti batch ke 2 kpn ya? Aku dari sumsel

    BalasHapus
  43. Tolong cari kosan dengan situ dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kontak saya, bulan ini ada 2 yg keluar karena sdh selesai kuliahnya, takutnya di isi orang lain, terimakasih.

      Hapus
  44. Kak mau tanya" tentang tempat kost berfasilitas terdekat dari sana dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disana lokasi yang terdekat dengan tempat kuliah itu di cluster perumahan taman venesia, disana banyak rumah2 yg di kontrakan atau di jadikan kost kostan. Ditempat saya tinggal 1 kamar aja yg kosong, karena selain anak2 BCA Learning Institut, juga banyak karyawati Perusahaan yg ada di Sentul, mahasiswi STIE Tazkia dan RS Pertamedika yang kost di sana. Mudah2an informasi membantu.

      Hapus
    2. Hallo Pak Gayuh. Mau tanya Bapak yg punya kos2an nya ? Lokasi dimana ya kos2annya, buat anak cewe dan berapa sebulan sekarang? Makasih.

      Hapus
  45. Kak mau tanya, kontrak dengan BCAnya sendiri kalau kita mau ikut PPA-Non Gelar itu apa aja sih kak? Kalau misalkan ipk kita ga mencukupi trs di DO, uang semester sebelumnya apakah kita bayar juga?

    BalasHapus
  46. ka itu bahasa inggrisnya harus pinter banget ya? menurut kakak untuk mencapai ip 2,75 itu susah ga? makasiiiih.

    BalasHapus
  47. Kak, kalo misalnya PPTI lanjut ke Binus untuk mendapatkan gelar S1 apakah bisa?

    BalasHapus
  48. Kak ada info kos2an cewe dgn harga murah kisaran 400an smp 500an?

    BalasHapus
  49. Hai kak, mau nanya nih untuk ikut BLI ini harus pintar bahasa inggris kah dan mau tanya juga kak tes kesehatannya itu kayak apa?. Terima kasih

    BalasHapus
  50. Ka daftarnya gmn ya?aku sdh isi formulirmya tp tdk bs ke apply trs?knpa ya ka kira2?

    BalasHapus
  51. kk mau nanya nih
    tentang pengisisan raport
    waktu semester 1&2 mapel disekolah itu ada 17 sementara semester 3-6 mapelnya cuma 13
    kan ada 4 mapel lagi tuh yang gak dimasukkin, tapi 4 mapel itu letaknya ada di tangah
    jadi,nilai 4 mapel itu diletakkan di belakang atau dibiarin aja disitu?
    mohon bantuannya kk,makasih

    BalasHapus
  52. kak,kalo mau lanjut lulus biar ada gelarnya harus ngulang lagi gitu dari awal di univ lain atau tinggal lanjut ke Trisakti aja?

    BalasHapus
  53. Kak, berarti klo ppa maupun ppti itu bukunya full English ya?

    BalasHapus
  54. kak. selama kuliah di bli untuk buku program ppa nya buku pelajaran ato text book nya bahasa inggris ato bhs indonesia

    BalasHapus
  55. Disewakan rumah di Sentul City, khusus buat mahasiswa ppa/ppti. Lgsg pemilik tanpa perantara. Wa 0816931148

    BalasHapus
  56. Yg butuh kost an bt putri bisa hub saya di nmr 081617999515 yaa dngn bu sri..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar info sekarang kost an di saya sudah bisa campur yaa ..bt putra dan putri..aman sy jg stay di sini..

      Hapus

Back to Top