PPA BCA Part 1

Diposting oleh Label: di
Darimana gue tahu program ini? Awalnya sih gue cari-cari di internet mengenai beasiswa untuk jurusan akuntansi. Dan ga sengaja ketemu sama PPA BCA. Trus gue coba cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai program ini dan gue tertarik. Orang tua gue juga sangat mendukung gue. Gue udah ngincer banget program ini sejak kelas 11.

Akhirnya setelah gue naik ke kelas 12, gue liat pendaftaran PPA udah dibuka. Tapi sekali lagi, gue harus menunggu dengan sabar sampai KTP gue keluar. Karena waktu itu gue daftar dengan nomor KTP, bukan nomor kartu pelajar. Tapi sebenernya bisa kok pake kartu pelajar.

Setelah gue resmi mempunyai KTP, gue langsung melakukan pendaftaran secara online. Di website yang tadi gue udah sebutin diatas, ada formulir untuk pendaftarannya. Kita tinggal isi aja dan ikutin petunjuknya satu per satu. Tapi pendaftaran gue terhenti di bagian proses upload nilai raport. Dikarenakan sekolah gue memakai kurikulum 2013 (kurtilas), bukan ktsp lagi. Jadi, nilai raportnya berbentuk huruf-huruf A, B atau C, bukan angka. Range nilainya juga dari 1-4. Jadi ga ada nilai 80 atau 90 di raport gue. Hal ini membuat gue bingung karena lembar excel yang disediakan diperuntukkan untuk model raport ktsp.

Akhirnya gue putuskan untuk sedikit bersikap sksd (sok kenal sok deket) dengan beberapa kakak kelas di ppa yang gue temuin via facebook atau twitter. Gue ngajak mereka ngobrol dan tanya-tanya mengenai ppa bca. Gue juga cerita mengenai kesulitan masalah nilai raport itu ke dia. Dan, gue merasa beruntung dan sangat berterima kasih karena kakak kenalan lewat twitter gue itu memberikan alamat email ke gue untuk nanyain masalah tadi.

Gue pun langsung kirim email dan menunggu balasan. Singkat cerita, akhirnya kesulitan gue menemukan jalan keluar. Form excel yang ada pada saat pendaftaran kini telah di update agar bisa diinput oleh raport kurtilas. Tak perlu menunggu waktu lama, gue langsung daftar aja. Dan proses pendaftaran awal pun selesai. Gue inget waktu itu tanggal 24 Agustus 2015 pas gue daftar online.

Dan sekarang adalah tiba saatnya untuk menunggu sms pengundangan tes psikotes 1 dari pihak BCA. Hampir tiap hari gue ngebuka web karir.bca.co.id untuk ngeliat apakah nama gue ada di bagian pengumuman untuk dipanggil mengikuti tes psikotes. 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu, 1 bulan berlalu. Dan nama gue belum juga ada di website. Gue juga belum dapet sms dari BCA. Sedangkan ada temen gue yang baru daftar dan langsung dipanggil. Saat itu gue ngerasa pesimis dan miris. Gue ga percaya jika gue udah gagal di tahap pertama. Apa salah gue? Hati gue bertanya-tanya.

Akhirnya setelah melalui 1 bulan penuh harapan kosong, gue putuskan untuk mengirim email. Sehari kemudian email gue dibales dan gue disuruh nunggu sampe gue dipanggil. Oke, gue nunggu lagi sambil terus berdoa tiap hari agar gue diberi kesempatan untuk lolos ke tahap berikutnya. Ya mungkin kesabaran gue sedang diuji saat itu.

2 minggu … Gue masih belum dapet sms dari BCA dan gue masih bersabar.
3 minggu … Temen sekelas gue ada yang nyoba juga ikut program ini, namanya agas.

Seminggu setelah temen gue itu daftar, gue iseng-iseng ngebuka daftar nama yang dipanggil buat tes psikotes di Jakarta, dan gue ngerasa nyesek karena nama agas ada disitu, sedangkan gue engga. Disitu juga ada beberapa nama temen SMP gue, sekitar 8 orang lah. Bayangkan perasaan gue waktu itu! Temen gue yang daftar cuma untuk nyoba-nyoba, dipanggil dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Sedangkan gue? Yang udah niat dari kelas 11 dan daftar dari 2 bulan yang lalu, tapi belum mendapat kabar apapun.

Akhirnya gue putuskan untuk mengirim email kembali. Ya mungkin dia berpikiran gue orang yang bawel karena nanya mulu, tapi gue ga peduli karena ini untuk masa depan gue. Dan gue ga mau digantungin. Seandainya gue ga lolos, gue mau tau karena alasan apa.
Gue email begini ‘Maaf sebelumnya, saya sudah mendaftar dari 2 bulan yang lalu, tapi mengapa saya belum dipanggil hingga sekarang? Terimakasih’

Sore harinya gue lagi tidur-tiduran, gue dikagetkan oleh suara dering HP gue. Gue liat layar HP gue dan disitu tertera nomor tak dikenal. Gue angkat telepon itu tanpa menduga kalau itu dari BCA !!! Yap, begitu gue mendengar kalau dia dari BCA, gue seneng banget. Rasanya seperti pergi ke langit tujuh dan mendapat harta karun :D #lebay (dan gue ga bisa balik lagi ke bumi).

Si penelepon mengundang gue untuk ikut tes psikotes di Wisma Slipi. Huffttt.. Akhirnya penantian gue selama 2 bulan ini terjawab. Tak lupa juga, gue siarkan kabar bahagia ini ke seluruh penghuni rumah gue, papa, mama, koko, cicak, semut, dan lainnya hehe..

Setelah itu, gue sibuk mempersiapkan diri untuk tes psikotes itu. Hmm.. sebenernya gue rada bingung waktu itu mau belajar apa, karena bagi gue tes psikotes itu hanya membutuhkan ketenangan, kesiapan mental dan konsentrasi. Jadi, gue hanya menyiapkan kesehatan dan mental gue buat tes ini.



Hari yang ditunggu pun tiba, yaitu hari Sabtu, 24 Oktober 2015 jam 08.00. Dengan memakai pakaian formal, gue pergi menuju tempat tes yaitu Wisma Slipi bersama papa gue naik motor. Gue nyampe jam 7 pagi dan saat itu masih sepi. Mungkin saking takut telatnya, jadi gue kepagian. Tak apalah, masih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Tak lama kemudian, temen gue Agas dateng.

Bagi gue, tes psikotes 1 itu seperti ajang reuni. Karena gue ketemu temen SMP gue ga kurang dari 10 orang ckckck..

Jam 8 tepat, tes dimulai. Gue liat di daftar nama absensi, ada 120 orang yang diundang PPA ini. Dengan bekal doa dan restu orang tua, gue memulai psikotes ini. Tes psikotes 1 ini hampir sama seperti tes psikotes biasanya, yaitu terdiri dari menghitung jumlah kubus bertumpuk, wacana sederhana seperti soal b.indo, melanjutkan pola barisan angka, gambar yang saling berhubungan, melanjutkan gambar, hitungan dasar, matematika sederhana seperti soal perbandingan, aritmetika sosial, bunga, dan PLDV. Menurut gue, yang dibutuhkan saat itu adalah ketenangan, konsentrasi, daya tahan, dan kecepatan.

Setelah 4 jam berkonsentrasi penuh, akhirnya tes tersebut selesai. Betapa lega hati gue. Di luar ruangan telah disediakan konsumsi makanan. Yeay, pas banget dengan keadaan perut gue yang keroncongan. Gue langsung melahap nasi kotak yang diberikan sambil menunggu pengumuman tes yang akan ditempel jam 12.30.

Setelah mengobrol dan jalan sana-sini, gue melirik waktu di hp gue yang menunjukkan pukul 12.20. Gue langsung melesat ke arah tempat pengumuman akan ditempel. Sesampai disana, gue melihat sudah banyak orang berkerumun di depan kertas, alhasil gue harus sabar menerobos sedikit demi sedikit orang-orang di depan gue. Tiba juga giliran gue untuk melihat isi kertas itu, dan betapa gembiranya gue saat melihat nama gue ada disitu. Dan agas juga lolos. Kita lolos berdua. Yess !! Gue liat sampai bawah, cuma ada 20 orang yang lolos. Dan gue termasuk di antara mereka. That’s it. Tapi gue ga boleh berbangga hati dulu, karena ini baru awal dari perjalanan panjang, dan masih ada hal yang harus diperjuangkan. Gue ga boleh terlena dengan keberhasilan kecil. Baru sepertiga langkah yang gue lewati.

Tes psikotes 2 dilaksanakan pada hari itu juga dan di ruangan yang sama. Jika tes yang pertama lebih menekankan kepada IQ kita, maka tes kali ini lebih ke kepribadian kita (EQ). Tes ini berupa melengkapi pernyataan tentang kepribadian atau keseharian kita gitu, wartegg test, gambar pohon, dan tes koran (pauli). Nih bagi yang belum tau tentang wartegg test, gue kasih contohnya.


Jadi kita diminta untuk melanjutkan gambar diatas sesuai dengan imajinasi kita. Tips dan trik menggambar pohon dan wartegg test dapat diliihat di internet, banyak kok. Ga perlu gambar yang bagus, karena gue sendiri ga bisa ngegambar dan cuma asal aja. Tapi dari gambar itu bisa menampakkan kepribadian kita.

Bagi yang belum tau tentang tes koran, nih juga gue kasih gambarnya.



Bagi gue, tes koran adalah tes yang paling menguras otak dan tenaga. Karena selama 1 jam full gue harus ngitung dan nulis secepat-cepatnya yang gue bisa. Dan itu bikin lelah banget. Tangan gue kayak udah mau putus abis ngerjain gituan, mata gue juga agak pusing setelah melihat deretan angka pada kertas sebesar koran itu. Tapi, itu adalah pengalaman bagi gue. Dan gue telah melalui semua itu. Tes psikotes 2 akan diumumkan melalui telepon. Jadilah mulai hari itu gue melakukan penantian lagi dan ngerasa digantungin haha.. Mau tau cerita penantian gue selanjutnya? Move to part 2, ok? Part 2 nya ada di sini .

NB : Kalau ada yang mau nanya tentang PPA BCA ke gue, silahkan saja komen di bawah.

178 komentar:

  1. Halo kak aku boleh minta id line untuk tanya2 PPA? Aku baru kelas 11 tapi juga rencana mau masuk PPA. Thankyou kak :)

    BalasHapus
  2. Halo kak aku boleh minta id line untuk tanya2 PPA? Aku baru kelas 11 tapi juga rencana mau masuk PPA. Thankyou kak :)

    BalasHapus
  3. boleh-boleh.. id line saya agnes_tanujaya .. sukses ya :)

    BalasHapus
  4. Hallo kak, saya ingin bertanya tentang input nilai rapot

    BalasHapus
  5. Kak, bisa minta alamat email yang bisa ditanyain masalah-masalah PPA BCA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf karena saya ga bisa ngasih tau.. Emailnya ga boleh tersebar ke orang luar. Kalau kamu mau, saya bisa bantu tanyain

      Hapus
    2. Halo ka, aku mau tanya
      Kalo rspot semester 6 gada pake nya nilai apa ya?
      Ujian sekolah atau nilai rata2 ?

      Terimakasih

      Hapus
  6. ka saya mau tanya, saya sudah isi form ppa bca tapi engga bisa di applay kenapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan ga bisa apply nya kenapa? Mungkin ada data yg belum keisi. Udah upload foto dan excel nya ga?

      Hapus
    2. Ka maaf mau tanya, aku kan udh isi form yang di excel tp gabisa di upload itu gmna ya ka?

      Hapus
  7. halo kak, aku mau nanya tentang form excel BCA dong, itu yang diisi nilai MTKnya aja atau semua maata pelajaran? thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua nilai mata pelajaran diinput juga di kolom kosong yg banyak itu.. Nilainya aja langsung, nama mata pelajarannya ga usah

      Hapus
    2. aku mau add line kamu boleh? mau tanya tanya

      Hapus
  8. Ka saya bingung nih ka. Saya udah ngirim lamaran ke bca 😀 tapi gak ad balesan udh sempet ada yg nelfon sih nomernya gak ada di kontak. saya tapi gk ke jawab, saya jadi takut itu telfon dari bca. Menurut kaka apa yg harus saya lakukan? Saya udh ngirim email juga ke bcanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya setelah apply, akan ada email konfirmasi bahwa pendaftaran yg dilakukan sukses. Biasanya kalo untuk ke psikotes 1 itu lewat sms kok

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ralat ka. Sebenernya email konfirmasi sudah masuk gak lama setelah saya daftar. Nah isi emailnya apa bila lolos proses seleksi anda akan dihubungi melalui email,telfon dan sms. nah beberpa hari yg lalu kan ada telfon masuk dari nomer yang gak saya kenal. Tapi gak kejawab😂 terus gimana ya kak takut dari bcanya. Kira kira ada kemungkinan dihubungi lagi gak ya?

      Hapus
    4. Hmm... Proses tes psikotes 1 sih baru dimulai bulan september. Dan biasanya ga di telpon utk pemanggilan psikotes 1, tp melalui sms. Pantau juga web pengumuman bca. Biasanya disitu ada list nama yang dipanggil untuk psikotes

      Hapus
  9. kak untuk pengisian nilai rapot itu kok cuma ada matematika saja untuk mata pelajaran yang lain gimana? kok nggak terlutis nama mata pelajarannya ?
    untuk psikotes itu apa cuma ada di jakarta jakarta saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi langsung nilainya aja. Nama mata pelajaran ga usah. Semua nilai pelajaran dimasukkin ke dalam kolom kosong yg banyak itu. Untuk psikotes bisa pilih di banyak daerah-daerah lain, pilihannya ada di pas daftar online

      Hapus
    2. minimal nilai 7,50 untuk PPTI tapi di K13 kan nilainya kan maksimal 4 itu gimana kak?

      Hapus
    3. Ya 7,5 itu sama dengan berapa kalo dalam poin 1-4?

      Hapus
    4. kalau 7.5 itu nilainya sama dengan 3 kak, trus saya nulisnya di form itu pakek yang 7,5 atau nilai yang 3

      Hapus
    5. Hay kak,aku mau nanya tentang salah upload. Aku ngisi pendaftaran online tetapi aku salah ngeupload foto malah foto gaya soalnya aku nyari pas foto ukurannya besar semua,apa msh bisa di proses sm bca nya ga ya ka?makasi

      Hapus
    6. Gapapa sih kalo gaya gitu hehe tunggu aja dulu dipanggil ga

      Hapus
    7. Masukin 75 nya aja... Kalo nilai raport mu kur 2013, di convert aja ke puluhan.. Yang penting samain aja. Kalau mau kur 2013, ya masukin kur 2013 semua. Kalau mau ktsp, masukin aja ktsp

      Hapus
    8. Kak, kalo aku masukin nilai rapor semester 1,2 pake A,B,C terus semester 3,4 pake angka. Itu berpengaruh gak kak?

      Hapus
    9. Kak, kalo aku masukin nilai rapor semester 1,2 pake A,B,C terus semester 3,4 pake angka. Itu berpengaruh gak kak?

      Hapus
    10. Masukin angka nya, jangan a,b,c nya.. Emangnya ga eror ya di excelnya kalo kamu masukin huruf gitu? Setau saya sih pake angka

      Hapus
  10. kak kalau belum punya ktp gimana tapi ada kartu pelajar kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukin NIK di kartu keluarga. Kalo dikosongin, ga bisa apply nanti

      Hapus
  11. kak apa hanya psikotes gak ada tes mapel gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hanya psikotes, interview dan kesehatan.. Ga ada tes pelajaran

      Hapus
    2. kak pada form organisasi itu ada kolom "dari" dan "sampai" itu maksudnya apa ya kak

      Hapus
    3. Tahun kamu ngikut organisasi itu dari kapan sampe kapan

      Hapus
    4. kak untuk k13 itu kan ga ada nilai rata2 itu hitungnya gimana ya kak

      Hapus
    5. Rata-rata nya di convert ke nilai puluhan aja

      Hapus
  12. Halo kak, saya mau tanya... di rapot saya nilainya ada 2, nilai pengetahuan sama keterampilan... yang harus dimasukkin ke formulir itu nilai apa yang mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak,, aku minta id linenya ya kak, mau tanya2 soal nilai nih kak

      Hapus
  13. kalo semester 1 dan 2 pake nilai IPK, 3-4 pake nilai puluhan... berarti nilai IPK harus di ganti ya kak? soalnya nanti ga bisa di hitung buat nilai akhir

    BalasHapus
  14. Kak saya mau nanya, saya dari smk belom lulus, nah form pendaftaran kan disuruh isi nilai rata2 akhir. Kan saya belom lulus ka. Gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi nilai rata2 raport semester terakhir

      Hapus
    2. kak kalau cara isi nilai untuk tahun 2013 atau ktsp itu gimana ya?

      Hapus
    3. Kalo beda-beda nilainya, lebih baik yg k13 di convert dulu jadi ktsp biar sama, ga beda-beda

      Hapus
  15. Kak saya mau tanya soal pendaftaran juga, tapi saya boleh tanya melalui line kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok hehe.. Silahkan di add line saya agnes_tanujaya

      Hapus
  16. Ka izin save/add id linenya ya boleh ga?

    BalasHapus
  17. Ka izin save/add id linenya ya boleh ga?

    BalasHapus
  18. kak, aku udh apply tp gk ada apa2 dan gk ada email konfirmasinya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada email konfirmasi atau muncul pop-up gitu pas selesai daftar, yang isinya tulisan kalo pendaftaran kita sukses

      Hapus
  19. Yg keterampilan boleh nggk? Soalnya nilai pengetahuan matematika ku 2,95 klo nilai keterampilanya 3,00

    BalasHapus
  20. ka saya mau tanya knp ga form pendaftarannya ga bisa di apply padahal isi format smuanya sudah terisi dan ketika mengupload juga ga bisa mlulu ka gmna itu yah padahal excel sama photonya sudah pas smua kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Excel nya udah xls? Muncul tulisan kenapa ga bisa gitu ga ? Coba refresh deh, takutnya banyak yg akses web nya.. Harusnya sih bisa.

      Hapus
  21. Halooo kak, aku mau nanya donggg. kemarin aku daftar online beasiswa bca ppa tapi aku upload rapotnya pke format yang didownload di formulirnya. rapotnya itu aku ga update kolom & barisnya. jadinya yaaa aku ngisi nilainya itu tabrakan gituuu. itu gimna yaaa?? duhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabrakan gimana? Setau saya setelah di download langsung isi aja, ga perlu edit lagi.. Kok bisa gitu?

      Hapus
    2. Ya jadi aku masukin nama mata pelajarannya sekalian gitu. Hehe

      Kak aku boleh minta id linenya ga? Buat nanya2

      Hapus
    3. Nama mata pelajarannyan jangan dimasukkin.. Id line agnes_tanujaya

      Hapus
  22. Slamat siang..
    ada bbrpa hal yg mau saya tanyakan nih kak..
    1. Saya lulusan 2016 dan saya baru tau info ini sekarang, kira2 masih bisa ikutan gk ya untuk taun ajaran 2017 nanti ?
    2. Waktu SMK saya ambil kejuruan elektronika, & skrang saya ingin ikut program beasiswa PPTI bisa tidak?
    3. ketika ingin mengisi format penilaian di excel di situ menggunkan K13 sedangkan nilai saya masih menggunakan KTSP bagaimana ya?

    Trimaksih kak sblumnya, mohon jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Masih bisa kok
      2. Coba aja daftar dulu.. Siapa tau bisa..
      3. Bisa kok ktsp.. Langsung masukin aja nilainya

      Hapus
    2. Ok... trimakasih kak responnya.

      Hapus
    3. untuk contoh input KTSP gimana kak,? kan kolomnya beda.. -_-
      Mohon bantuan contoh pengisian nilai KTSP dong kak.
      trimakasih.

      Hapus
    4. Langsung isi aja kok nilai ktsp nya..

      Hapus
  23. Hii kak mau tanya dong di input form raport kan ada nilai semester 6 tuh, nah tempatku kan gak ada ujian semester 6 adanya ujian sekolah, dan itu nilai yang dimasukkan nilai ujian sekolah atau nilai rata rata raport ya? terimakasih

    BalasHapus
  24. kak kalo belum lulus sekolah form tahun kelulusan sama IPK nya diapain ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun kelulusan diisi thn 2017, ipk diisi nilai rata2 raport semester terakhir

      Hapus
  25. ka saya sudah add line ka agnes mau tanya2 boleh kan kan :)

    BalasHapus
  26. ka agnes, kan di form online nya ada kolom riwayat pendidikan. nah itu diisi pake riwayat pendidikan kita atau gimana? trs kan disitu ada ipk akhir nah ngisinya gimana kan aku belum lulus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riwayat pendidikan mu.. Harus diisi.. Isi dengan rata2 nilai raport semester terakhir mu

      Hapus
  27. kak, nginput nilai rapot itu gimana ya? di convert itu maksudnya gimana? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilaimu dalam bentuk apa? Puluhan ktsp atau yang kayak kurikulum 2013? Kalo nilainya beda-beda antar semester maka yg kur2013 sebaiknya diconvert dulu, disamain biar ga beda-beda. Tp kalo udah sama semua tipe nilainya, ga usah di convert. Masukin aja langsung nilainya. Ga usah masukin nama mata pelajarannya

      Hapus
  28. Mau tanya.. masuk in nilainya doang ke excel nya ?
    tapi kok jadi bingung. Masa nilainya aja. Kan ga tau nilai pelajaran apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nilainya aja. Nama matpel nya ga usah. Nanti kan diminta juga fotocopyan raport.. Palingan itu buat diliat nilai scra keseluruhan

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Oh ya, kalau SMK lebih ke nilai produktif nya kan yang 7,5 nya? Bukan nilai matematikanya?

      Hapus
    4. Makasih kak. Oh ya. Aku udah add Line nya. Aku lanjut di Line ya? Hihi

      Hapus
    5. Makasih kak. Oh ya. Aku udah add Line nya. Aku lanjut di Line ya? Hihi

      Hapus
  29. halo kakk, boleh aku minta id line nya? :D banyak yang mau ditanyain hehe, aku tergiur banget sama beasiswa ini T.T mksii kakk

    BalasHapus
  30. kak mau tanya, itu yg nilai mata pelajaran kita masukin nilai mapel yg berhubngan dengan ipa aja ? terus waktu itu saya sudah mengisi form,meng upload foto dan excel (xls) tapi kok tidak bisa di apply ya kak,saya juga sudah mencoba mengisi ulang tetap tidak bisa di apply terus
    mohon bantuannya
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua nilai yg ada di raport dimasukin. Ada data yg masih kosong? Soalnya hampir semuanya harus diisi.

      Hapus
    2. kak mau tanya, aku udah masukin semua tapi ga bisa di apply terus ga bisa di upload juga padahalformatnya udah sama

      Hapus
    3. Coba refresh ulang.. Ada tulisan kenapa ga bisa apply nya?

      Hapus
  31. kak mau nanya dong, kok waktu saya mau isi rt rw sama kota nya gabisa ya kenapa itu?

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum.
    Kak mau nanya nilai mtk yg dimasukkan ke kolo itu yg wajib ? Kalau sudah dimasukkan yg wjib nilai mtk pminantan apa prlu dimasukkan lagi kedalam kolom yg lain yg disediakan?
    Satulagi kak nilai rata2/ipk akhir itu dihitung semua mapelnya smt 4?
    Makasih kak sebelumnya :)

    BalasHapus
  33. Maaf kk saya ingin masuk ke ppa juga cman saya dri smk teknik apakah bisa mencobanya? Dan bagaimana cara daftarnya bgi yg blm punya ktp.. Makasih

    BalasHapus
  34. Maaf kk saya ingin masuk ke ppa juga cman saya dri smk teknik apakah bisa mencobanya? Dan bagaimana cara daftarnya bgi yg blm punya ktp.. Makasih

    BalasHapus
  35. Hai, semuanya!
    Saya mau tanya apakah ada yang punya info seputar psikotes ppti? Apakah sama dengan ppa?

    BalasHapus
  36. kak mau nanya, itu saya barusan daftar buat seleksi yang di surabaya nah tapi itu sudah sukses terkirim tapi kok muncul tes psikotes pertama dilakukan bulan september 2016? apa itu sudah kelewat saya daftarnya?>

    BalasHapus
  37. kak mau nanya, kenapa sekarang di form pendaftaran yg kolom kota seleksi itu nggak ada yg di surabaya? padahal beberapa minngu yg lalu masih ada tulisan "surabaya" nya

    BalasHapus
  38. kak sy mau nanya, di sekolah saya masih pakai kurikulum KTSP, nah sedangkan yang di lembar excel itu pke kurikulum 2013 gimana nih caranya ngisi nilai rapot???

    BalasHapus
  39. kak mau nanya ini mau ngisi riwayat pendidikanya untuk yang nilai akhir gimana ya? saya masih kelas 12

    BalasHapus
  40. Kak, kalo kita sudah dapat email dri bca nya, trus konfirmasi emailnya apakah langsung dibalas dri email tersebut?

    BalasHapus
  41. Halo kak, mau nanya nih..
    Aku buka pendaftaran online nya dan daerah seleksi nya itu cuma di Jakarta. Apa ngga ada di daerah lain? Kalo ada, biasanya sekitar bulan apa sih?
    Thanks before:)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah lainnya berarti udah ditutup. Bulan September 2016 kemarin semua daerah dibuka pendaftarannya.

      Hapus
    2. Maaf ka mau nanya, untuk rata" nilai mapel apa aja ya yang di pakai?

      Hapus
  42. kak saya mau tanya,jadi kakak daftar nya pas kelas 12 semester 1 ya ??

    BalasHapus
  43. kak saya mau tanya .. saya sudah mengisi semua form .. tp kok form saya tdk bsa d upload ? bisa mnta email nya kaka ngk ?

    BalasHapus
  44. kak saya mau tanya gimana ya mengisih form rapor ppa ?

    BalasHapus
  45. Pejuang PPA BCA 2017 Add line ku yak @hanajahe

    BalasHapus
  46. Kak aku udah add id kak agnes sama hana. Aku mau nanya2 maslah PPA ini mohon d respon chat nya kak makasih

    BalasHapus
  47. malam, mau nanya, untuk lulusan d3 namun masih dibawah 20 tahun masih bisa ikut beasiswa ppa gak ya?

    BalasHapus
  48. Masih bingung ngisi form nilai nih.. kls 10 soalnya blum masuk jurusan. Jadi gmn nih nilai maple IPA dimasukkin atau nggak yah?? Mohon bantuan teman" dan kakak Agnes.

    BalasHapus
  49. malam k mautanya kita di daerah Papua bagian timika tidak ada nomor RW nya jadi gimana .......
    and ka mautanya lagi nilai IPK/nilai rata rata itu isi nilai apa kh ..?nilai rata " raport atau rata" un...?

    BalasHapus
  50. Kak, aku udh daftar 2 minggu yg lalu, pas bgt jumat 2 minggu yg lalu. Sampe skrg blm ada panggilan jg, aku barusan email bca nya sih kak. Tp aku takut jg ga dipanggil2. Oiya kak kan aku udh lulus SMA tp rapot semester 6 blm ada, jd aku masukin form yg udah lulus tp nilai semester 6 ga aku isi. Itu gmn kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, aku mau tanya dong. km yg masukin nilai itu nilai semester 1 atau dua.. misal kelas 1 yg km masuki nilai sem.1 atau sem.2 ?
      aku baru mau ngisi dan masih belum paham. tolong infonya ya, makasih:)

      Hapus
  51. Kak mau nanya nih, maksudnya masukin IPK akhir atau nilai ratarata itu gimana ya kak? nilai rata rata unbk atau nilai seluruh ratarata rapot dibagi 6 ya? soalnya kalo nilai ratarata unbk aku rendah kak, kalo nilai rata rata rapot nya agak tinggi. solusi nya bgimana kak? mohon fast response nya ya kak

    BalasHapus
  52. Hai kak,saya mau tanya,saya baru kls 11,untuk tahun berikutnya masih ada gak ya beasiswa dari Bca ini?

    BalasHapus
  53. Febrian, IPK Akhir/Nilai Rata-rata kamu isi nilai rapot terakhir atau nilai un?

    BalasHapus
  54. Mau tanya fotonya itu hrs formal baground biru merah atau bebas asal ga selfie?

    BalasHapus
  55. Pas nge apply data itu bakal ada tulisannya berhasl or apa gt ato emg gakada ? Soalnya aku apply data gaada tulisan apa2 eh aku refresh datanya ilang tolong dijawab ya

    BalasHapus
  56. Pas nge apply data itu bakal ada tulisannya berhasl or apa gt ato emg gakada ? Soalnya aku apply data gaada tulisan apa2 eh aku refresh datanya ilang tolong dijawab ya

    BalasHapus
  57. ka sekarang saya kan saya baru naik kelas 12 sma saya mau daftar beasiswa bca PPTI tapi ko form excel yang harus diisinya ga ada si ka .. cuma ada formulir pendaftaran nya aja. itu teh knpa deh ka?

    BalasHapus
  58. cara daftarnya gimana si ka , ga ngerti

    BalasHapus
  59. kalo ktp nya belum ada si ngisi no nya di gimanain ka

    BalasHapus
  60. Kk mau tanya katanya pas diundang melalui sms dan via gmail untuk test online itu harus dikonfirmasi.
    Cara konfirmasi nya gmana kk?
    Apalagi konfirmasi via sms gmana kk?

    BalasHapus
  61. Kak saya sudah isi formulir, tapi pas mau di apply gak bisa. Katanya 'sesuaikan dengan format yang diminta' tapi semuanya udh sesuai. Format rapor (.xls), ukuran foto dibawah 300 kb. Tapi masih gak bisa. Minta saran dan bantuannyaa ka😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gitu, tapi udah bisa..coba kamu isi form buat riwayat pendidikan mu terus ceklis pernyataan di bawah klo organisasi sekolah,stelah itu apply dan lgsg terdaftar

      Hapus
  62. Kak, saya masih belum mengerti ttg cara mengupload file raport. Saya butuh bantuan kakak.

    BalasHapus
  63. Kalo pake kurikulum campuran misal waktu kelas 10 smt 1 pake k13 dan smt 2 pake ktsp dan pas pake ktsp gada nilai mtk peminatan, apa tetep dimasukin nilainya?
    Solusinya dong kak

    BalasHapus
  64. Kak kalo misalkan kelas 10 nya kan sekolah saya belom penjurusan jdi di rapotnya msih ada nilai mata pelajaran ips,sedangkan saya jurusan ipa,jdi mata pelajaran ipsnya msih harus ditulis gak?kalo ditulis kan sesuai urutan nilai rapot,jdi sisanya di kelas 11 itu ada yg kosong nilainya yg di kelas 10 lebih karena ada mata pelajaran ips,itu gimana kak?

    BalasHapus
  65. Kak , apabila sudah dinyatakan lolos tes online , apakah nanti ada dikirim email dari pihak BCA utk mengikuti tahap selanjutnya? dan dimana bisa tau jika lolos tes online? Terimakasih kak.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Kalau rumahnya Jawa timur tapi daftar yang Jabodetabek bisa nggak kak,mohon jawab kak :)

    BalasHapus
  68. Kalau rumahnya Jawa timur tapi daftar yang Jabodetabek bisa nggak kak,mohon jawab kak :)

    BalasHapus
  69. Maaf kak mau tanya kriteria foto sudah aku masukin dibawah ukurannya yang 300 kb tapi kok gagal apply knp ya?

    BalasHapus
  70. kak aku mau tanya, kalau rapot saya semester 1-5 itu pake skala 1-4 dan semester 6 pake skala 1-100 gimana ya kak?terimakasih

    BalasHapus
  71. gk bisa di apply, ngisi alamatnya gimana yg bnernya? soalnya gk bisa di apply tkutnya slah msukin format alamat. trus ada psan "sesuaikan dengan format yg diminta".. mohon bantuannya

    BalasHapus
  72. Ka mau tanya saya kan sudah mengisi form rapor tapi dikolom ada data rata2 yang dari sananya jadi pas saya masukin nilai udah otomatis tercantum disitu, tetapi pas saya ubah nilainya pake .(83 .00) kolom rata2 tersebut tidak menampilkan nilai lagi) kalau pakei tanda koma tercantum, itu gimana ya?
    Mohon bantuannya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugaaa binggung btw boleh minta kontaknya? Supaya bisa saling share hehe

      Hapus
  73. Kaa mau nanya, aku udah ngisi semua form nya nihh, foto sama rapot nya juga udah bener tapi kenapa pas di apply bacaan nya itu data masih belom ada yang valid yaa, saya bingung ga valid nya dimana

    BalasHapus
  74. Assalamualaikum kak boleh minta kontaknya buat tanya2 tentang ppa bca? Terimakasih

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. kak, saya uda masukin semua data tapi pas di apply kok masih tidak valid ya? itu gimana kak?makasi

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. kak mau tanya ya, kalo di excel itu kalo kita cmn kasih tanda (-)error kak, gmn ya solusinya

    BalasHapus
  79. Ka mau tanya ini udh selesai di input semua nilai raport nya tapi pas mau di save gabisa terus bantu jawab

    BalasHapus
  80. kaa aku mau nanya, kok pas aku masukin nama aku gabisa gitu, itu kenapa ya ka?makasiii

    BalasHapus
  81. Halo kaa,mau tanya,kalo selesia input nilai rapot di pc itu kita simpan,terus lampirin nya gimana ya ka? Makasih sebelum nya

    BalasHapus
  82. Ka izin save id line nya bole?buat nnya"

    BalasHapus
  83. Mohon balasan ny ka..jd aku mau upload nilai rapor kok gabisa dan pdahal aku udh ubah ke xls sesuai prmintaan

    BalasHapus
  84. Maaf ka mau tnya, saya udh di psikotes pertama trus dapat email dinyatakan lolos trus kata mereka lnjut dipsikotes kedua sesuai dengan kota seleksinya kota seleksinya saya pilih manado trus manado dijdwlkan pda bln sptember tapi smpai oktober ini sya ga dpt" email lagi,saya bingung knpa kayak gini

    BalasHapus
  85. kakak kalau ada pemberitahuan kalau masih ditemukan data yang tidak valid gimana kak. padahal udah keisi semuanya kak

    BalasHapus
  86. Ka aku dah chat ka di Line tolong dibales ya ka :(

    BalasHapus
  87. Kak aku mau tanya,kan pas di formulir itu ada identitas kerabat nah terus ada no telepon. Kebetulan gak punya no telpon adanya no handphone. Boleh gak kalau no telepon nya diisi sama no handphone?

    BalasHapus
  88. Kak aku mau tanya,kan pas di formulir itu ada identitas kerabat nah terus ada no telepon. Kebetulan gak punya no telpon adanya no handphone. Boleh gak kalau no telepon nya diisi sama no handphone?

    BalasHapus
  89. Kak aku mau tanya,kan pas di formulir itu ada identitas kerabat nah terus ada no telepon. Kebetulan gak punya no telpon adanya no handphone. Boleh gak kalau no telepon nya diisi sama no handphone?

    BalasHapus
  90. Kak aku sabtu kmrn baru tes psikotest 2,jarak waktunta kapan ya,untuk dihubungi

    BalasHapus
  91. Hay kak aku udah coba daftar trs nih tapi pas di apply mlh suruh mengulang lagi. Gimana nih

    BalasHapus
  92. Ka aku udh coba daftar trs udha ku sii semua tapi data tidak valid terus kenapa ya ka? Bisa bantu?

    BalasHapus
  93. Ka aku udh coba daftar trs udha ku sii semua tapi data tidak valid terus kenapa ya ka? Bisa bantu?

    BalasHapus
  94. MATA PELAJARAN SETIAP SEMESTER NYA BERUBAH ITU GIMANA YA

    BalasHapus
  95. untuk foto apakah boleh menggunakan foto seragam SMA?, atau harus bagaimana ya kak?, kak mau tanya juga untuk memastikan bahwa yang menelepon itu benar2 pihak BCA bagaimana ya soalnya kan saat ini banyak sekali penipuan mengatsnamakan bank?, terimakasih

    BalasHapus
  96. Maaf ka mau tanya, aku itu sekolahnya Islam dan banyak mapelnya, itu semua nilai di masukin aja buat di format raport atau yang umumnya aja? Makasih

    BalasHapus
  97. Ka mau nanya, aku kan udh lulus nah itu masukin nilainya tetep semester 1-4 aja apa gimana ? Trus pendafaran ini masih berlaku sampe kapan ?

    BalasHapus
  98. kak mau nanya untuk matpelnya perlu masukin lagi engga nilai mtknya ?

    BalasHapus
  99. Kak aku kan lulusan SMA k13,klw isi kolom nilai itu masukin semua nilai di rapor atau hanya bagian pengetahuan aja kak,klw di rapor aku ada pengetahuan sama keterampilan gitu itu gmna kak, mohon bantuannya aku bingung ngk ada yg jawab

    BalasHapus
  100. halo kak , mau bertanya . Kan Minimal nilai 75, nah nilai matematika peminatan saya 73. Mau tanya kak, nilai matematika peminatan di ambil ga kak atau cuman nilai matematika wajib ? Terima kasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, apa kabar ka? Saya juga punya masalah yang sama. Boleh tanya-tanya lebih lanjut gak kak?

      Hapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Back to Top