PPA BCA Part 3

Diposting oleh Label: di
Halooo.. Bertemu lagi dengan gue, terimakasih untuk pembaca yang setia membaca sampai part 3 hehe.. Part 2 nya ada di sini. Semoga pengalaman gue ini bisa berguna dan menginspirasi kalian ya. Ok, langsung aja, cekidot.

Saat menunggu hasil interview 2 ini, gue merasa perasaan gue terombang-ambingkan. Kenapa? Gini nih ceritanya. Jadi temen gue yang ikut interview 2 kemarin, udah ditelpon untuk mengikuti medical check up. Sedangkan gue? Gue belom ditelpon.

Gue kan jadi parno sendiri tuh. Gue udah sempet nangis karena gue kira gue ga lolos. Padahal kan tinggal 1 tahap lagi. Gue kecewa pake banget. Setelah melalui sehari dengan penuh kegalauan, sampe lemes buat ngapa-ngapain. Sorenya, sesuatu yang ga gue sangka-sangka terjadi, yaitu BCA menelpon gue. Ada apa gerangan? Seketika, harapan gue timbul lagi. Mudah-mudahan bukan harapan kosong ya.

Suara si penelepon terdengar sangat merdu sekali di telinga gue waktu itu. Pembaca pasti udah bisa menebak kalau gue LOLOS ke medical check up. Gue bingung gimana ngungkapin rasa seneng gue lewat kata-kata. Karena rasa itu ga bisa diungkapin dengan kata-katanya. Begitu dalam. Saking dalamnya sampe membuat gue terharu, karena gue ga nyangka bisa melangkah sejauh ini. Tuhan menjawab segala doa gue. Semua penantian, waktu, tenaga dan pengorbanan gue untuk BCA ini tidak sia-sia.

Gue waktu itu nunggu cuma 1 minggu kok. Jadi ga lama-lama amat digantunginnya. Medical check up dilaksanakan hari Sabtu, 28 November 2015 di Klinik Miracle, Indofood Tower. Untungnya hari sabtu, jadi gue ga perlu ijin sekolah lagi.

Pada tahap terakhir ini, gue mengikuti 3 jenis tes, yaitu tes urine dan ambil darah, pemeriksaan umum oleh dokter, dan rontgen paru-paru. Gue ngerasa takut pas ambil darah, karena waktu itu gue ngeliat jarum suntik yang digunakan. Jadi gue parno sendiri. Tapi syukurnya gue udah ngelewatin semua itu, dan kalau bisa, gue ga mau lagi berurusan dengan benda tajam itu.

Tes kesehatan selesai, dan gue menunggu telepon dari BCA lagi. Kalau kata kakak kelas di BCA, kalau udah sampe di tes kesehatan, kemungkinan besar diterima. Tapi tetep aja gue ga bisa tenang nunggunya. Kali ini, gue nunggu dalam waktu yang cukup lama, yaitu 1 bulan. Yap, gue diterima. I’m so happy. Tanggal 29 Desember 2015, gue dipanggil untuk tandatangan kontrak. Dan resmilah gue menjadi anak PPA BCA. Welcome to Sentulllll !!!!

Nih seperti yang telah gue janjikan sebelumnya, gue akan ngasih liat foto gedung BCA di Sentul yang lagi dibangun.






Sebuah perjalanan panjang, memakan waktu 4 bulan namun memberikan hasil yang memuaskan. Banyak pelajaran yang bisa gue ambil dari pengalaman gue ini, gue bisa belajar mengenai arti kesabaran dan pengorbanan. Tentang sebuah kedewasaan untuk mengambil sebuah pilihan dan menanggung segala resiko yang ada. Tentang berharganya sebuah kesempatan. Dan gue sangat bersyukur pada Tuhan yang menjawab semua doa gue dan memberikan yang terbaik untuk masa depan gue.


Gue percaya satu hal, tidak  ada usaha keras, niat yang tulus, keringat, air mata dan doa yang tidak diperhitungkan. Semuanya akan indah pada waktunya. Jika kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan atau harapkan, berarti mungkin saja apa yang kita inginkan itu bukanlah merupakan hal yang terbaik untuk kita. Hanya Tuhan yang tahu yang terbaik untuk kita. Tetap semangat dan jangan menyerah! Salam sukses untuk kita semua

88 komentar:

  1. hallo... aku juga diterima di ppa bca... salam kenal ya.. sampai jumpa di sentul yaa nanti :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga.. salam kenal hehe.. sampai jumpa.. Makasih ya udah baca blogku :)

      Hapus
    2. Hai.. ak juga diterima di ppa bca 😊 salam kenal. Bisa minta kontak ga ?

      Hapus
    3. Hai .. Boleh".. Salam kenal juga :) id line agnes_tanujaya

      Hapus
    4. Kak emang tes nya itu gimana kak,,, soalnya susah² gak..? 🙏

      Hapus
  2. Selamat bergabung jadi keluarga besar PPA/TI yaa :) salam dari PPA batch 34 tahun 2014. Semangat dan sukses yaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak.. semangat dan sukses juga buat kakak dan PPA Batch 34 :)

      Hapus
  3. Halo kak aku ada beberapa hal penting yg harus ditanyain mengenai ppa 2016, boleh minta kontak yg bisa dihubungin? Mungkin ada id line atau pin bbm:) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga.. boleh".. id line saya agnes_tanujaya

      Hapus
  4. eh kayak kenal hehe... kok bisa tau ? wkwk

    BalasHapus
  5. Halo kak, mau tanya kalau keterima di ppa bca 2016 studinya di gedung sentul/dimana ya? Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai tahun ini, studinya di Sentul, bukan di Wisma Asia lagi...

      Hapus
    2. Oh kalau yg di univ trisakti itu ppa bca lama ya kak?hehe

      Hapus
    3. Yang sekarang juga di trisakti.. Tapi gedung learning center bca pindah ke Sentul, trisakti juga nanti ada di Sentul. Jadi belajarnya disana

      Hapus
  6. halo
    apa PPA 2016 udah mulai belajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Ada angkatan yg belum, ada yang sudah..

      Hapus
  7. Ih lucu dehhh anak PPA pada ngumpul disii :D

    BalasHapus
  8. kak nama akun twitternya apa ? pengen nanya " , soalnya aku gk punya line

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Daftar online dulu...
      http://karir.bca.co.id/peluang-karir/beasiswa/form-pendaftaran-beasiswa/?posid=4482&lowid=4452

      Hapus
  10. kak aku buka websitenya tapi udah gak ada pendaftaran nya. kalo tahun depan daftarnya, berarti itu untuk tahun 2o18 bukan kak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa kok daftar sekarang.. http://karir.bca.co.id/peluang-karir/beasiswa/form-pendaftaran-beasiswa/?posid=4482&lowid=4452

      Hapus
  11. Kak.. Utk tgl psikotesnya bca biasanya ksih infonya kpan klau kita lulus sleksi administrasi? Trimksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngasih taunya beberapa hari sebelum tes psikotes nya. Jadi tungguin aja ya.. Ga menentu juga berapa hari setelah daftar baru dipanggil. Ada yang lama, ada yg cepet

      Hapus
  12. Kaa masih bisa daftaar ga ya kira kira sekarang?

    BalasHapus
  13. kak kalau misalnya dari luar kota, nanti tes psikotes, interview dll itu di kota masing" atau nggak?
    terus pelatihannya itu dari seluruh Inodnesia di Sentul aja ya?
    terus saat pelatihan 2.5 tahun, kita bisa gugur ya kak?

    BalasHapus
  14. kak kalau misalnya dari luar kota, nanti tes psikotes, interview dll itu di kota masing" atau nggak?
    terus pelatihannya itu dari seluruh Inodnesia di Sentul aja ya?
    terus saat pelatihan 2.5 tahun, kita bisa gugur ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di form daftar online nya ada banyak pilihan daerahnya, jadi silahkan memilih yang terdekat dengan tempatmu.
      Pelatihannya di sentul.
      Iya, kalo ip dibawah 2,75 maka drop out

      Hapus
  15. halo kak, boleh minta username twitter / Line? saya mau nanya nanya ttg ppa bca hehe. makasih sebelumnya:)

    BalasHapus
  16. kak tanya , kalau sudah dinyatakan lolos dan menjadi maba itu kita bayar uang semacam daftar ulang gitu apa enggak ?

    BalasHapus
  17. kak untuk th 2017 , waktu tes barengan apa enggak ya, sama SNMPTN ?

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. engga ada bayar apa-apa kok.. hmm gatau deh waktunya barengan atau engga.. masih bisa , tergantung daerahnya

      Hapus
    2. kak , kolom kota seleksi diisi apa ? aku kan pengen ikut tesnya di surabaya ?? gimana?

      Hapus
  19. kak mau tanya, gimna kt tau itu pendaftaran kita udah dtrma atau blm kak?

    BalasHapus
  20. kak, itu yang lolos dari tahap awal sampai akhir berapa orang ya kak termasuk kakak?

    BalasHapus
  21. Kk blh mnt id line g? Ak mW tny2 nih hh

    BalasHapus
  22. kak mau tanya, itu yang lolos ke tahap interview 1 kan ada 7 orang, nah yang lolos ke tahap psikotes 2 nya dulu berapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengalaman saya sih 25 org. Tp suka beda-beda.. Tergantung

      Hapus
  23. Kak kalau teman kita udah ditelpon semua buat interview 1 tp kita belom brarti gak keterima ya kak :( ? Mohon dijawab ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp coba tunggu dulu aja.. Siapa tau nanti dipanggil.. Tp sambil daftar tempat lain aja, biar ada cadangan

      Hapus
  24. Kl tdk lolos psikotes 1, boleh daftar lg gak kak?

    BalasHapus
  25. hallo kak, aku baru masuk psikotest 2 kemaren selasa, cuman di daerahku atau kebijakan baru kalo lolos psikotest 2 bakal ada psikotest online lagi kak bukan langsung interview. pernah tau nggak kak? btw aku abis baca ke 33 nya part ppa bca nya kakak, seru banget, & ga bisa bayangin deg degannya. makasih banyak kak udah mau share pengalamannya :) goodluck di sentul, semoga bisa nyusul ya kakk, amin aminn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mulai tahun ini baru ada tes onlinenya. Tahun saya ga ada. Semangat ya tes nya. Semoga berhasil :) aamiin..

      Hapus
    2. Assalamualaikum

      Kak boleh mintak link pendaftaran online calon maba 2017 ngk ?
      Saya mau daftar

      Hapus
    3. Sementara ini ga ada link nya karena sedang ditutup pendaftarannya

      Hapus
  26. Assalamualaikum

    Kak pendaftaran maba baru 2017 sudah di baka apa belum kak, kalo sudah boleh mintak linknya pendaftaran online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ditutup.. Dibuka lagi bulan juli 2017 utk masuk kuliah di 2018

      Hapus
  27. Hai kak saya boleh add line kaka ya untuk tanya2 soal PPA BCA saya tertarik...

    BalasHapus
  28. Hai kak saya boleh add line kaka ya untuk tanya2 soal PPA BCA saya tertarik...

    BalasHapus
  29. Hallo, saya mau nanya kalo pas ngisi nilai raport itu gimana ya disitu cuma ada kolom kolom kosong ga ada nama mata pelajaranya,makasih ya salam kenal

    BalasHapus
  30. Hallo ka, saya mau nanya klo PPA BCA itu semua jurusan bisa masuk ga ka? Misalnya saya dari SMA IPA bisa masuk ga ka kira-kira?

    BalasHapus
  31. Kakak selama disana ngekost apa ada asramanya ka

    BalasHapus
  32. Kak mau tanya cara ngisi excel tapi nilai rapotnya kurikulum 2013 gmna ya?? Iya tq

    BalasHapus
  33. Kak izin ya.. bagi yg mau dimasukin ke group chat WA "Pejuang PPA/PPTI BCA 2017/2018" bisa chat ke 089616038162.. buat sharing2 info dll.. makasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  34. Kak mohon izin add line nya ya buat tanya-tanya seputar PPA BCA.

    BalasHapus
  35. Haii kakk, aku izin add linenya yaa mau nanya seputar PPA bca... pengen kayak kakak juga hehee

    BalasHapus
  36. Kak boleh nanya cara ngisi format axcel nya ga kak yang bagian raport nya? Sama kalau ceritanya saya belum punya ktp bagaimana ya kak? Apa dikosongin aja atau diisi dengan kartu pelajar? Mohon jawaban nya ya kak thanksss

    BalasHapus
  37. kak mau tanya...
    kalau sudah lolos PPA sudah mau interview juga dan misal ketrima, terus tiba2 mundur (karena udah dapet kerja duluan).....apakah dikenai denda ???

    atau di saat setelah TTD kontrak aja klo kita mundur baru dikenai denda???

    dan juga ada lagi kak, kalau kita mundur, apakah harus konfirmasi ke pihak BCA ??? maaf ya kak banyak tanya....mohon jawabanya ya kak..terima kasih banyak...

    BalasHapus
  38. kak mau tanya dong,untuk yang sekolah lulusan 2018(tahun depan) itu ikut daftarnya yang periode sekarang atau periode tahun depan?

    soalnya saya baru tau ada beasiswa ini.dan pas liat di webnya,jadwal untuk pendaftaran ditutup bulan september lalu untuk luar jabodetabek.

    BalasHapus
  39. Halo saya mau tanya dong kenapa ya pas upload foto sama nilai saya gagal terus padahal saya sudah ikutin prosedur yang tertera dengan menggunakan tanda titik pada nilai dan tanda kutip atas pada kolom nomor handphone sedangkan pada foto yang akan di upload file saya hanya 84 KB sedangkan ketentuan BCA maximal 200 KB tapi saya tetep gagal untuk meng-upload file saya , terimakasih mohon dijawab

    BalasHapus
  40. Balasan
    1. keponakan saya juga sedang cari kos untuk PPA BCA. Bisa minta info juga?

      Hapus
  41. Pendaftaran sekarang masih di buka ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat angkatan 2018 sudah tutup, sedangkan angkatan 2019 pendaftaran baru dibuka sekitar Agustus 2018.

      Hapus
    2. Jadi kalau daftar untuk angkatan 2019, mulai kuliahnya tahun 2019 ya?

      Hapus
  42. kak kalau udah isi form ppa bca pop upnya gimana ya kok saya cuma dapat pop up data anda sudah terdaftar doang?

    BalasHapus
  43. Halo kak, kak aku ada masalah nih sama nilai rapot aku. Jadi di smt 1 itu nilai ku kurang 1 mapel. Itu gimana ya kak?

    BalasHapus
  44. Kak saya mau tanya waktu ngisi formulir nya kok data tidak valid terus dan saya juga bingung apa yang salah/kurang. Mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab 🙏
      Kemungkinan itu ada data yang tidak di isi
      Bisa juga mendaftarnya menggunakan hp. Di sarankan menggunakan pc

      Hapus
  45. Kak, mau nanya, kalau kita udah tanda tangan kontrak tapi ternyata setelah itu kita batal/ngga jadi sekolah di bca. Kita bakal kena denda berapa ya?

    BalasHapus
  46. Ka tes online nya itu gimana ya?
    Terus kaka sekarang udah kerja di Bca?

    BalasHapus
  47. Kak itu yg keterima cuma 5 orang dalam 1 angkatan? Apa gimana?

    BalasHapus
  48. Hai kk, itu tes kesehatannya apakah nanti apapun hasilnya bisa lulus?
    Trus apakah tinggi badan dan berat badan juga diukur kk?

    BalasHapus
  49. Kak Kalau masih kelas 12 tetapi sudah diterima di Beasiswa gimana ya?..sekolahnya ditinggal kah?..wkwk

    BalasHapus

Back to Top