LKS atau PPA (?) edisi 1

Diposting oleh Label: di




Maaf binggo karna gue udah lama banget ga ngepost hehe... Sibuk nich... Tapi tenang aja reader, gue akan selalu menyempatkan waktu untuk kalian kok, so sweet kan? Kurang apa coba gue ini haha.. #abaikan. Langsung aja gue mau curhat. Walaupun kejadiannya udah lama, yaitu tahun lalu sekitar bulan November 2015.

2 hal pada judul di atas pernah menjadi dilema dalam hidup gue dan yang pasti berpengaruh besar bagi hidup gue ke depannya. Gue pernah cerita sekilas sih di post gue yang pertama-tama tuh tentang PPA BCA, kalo pas H-1 tes interview 1 nya gue dilanda kebingungan yang sangat badai (jadi hiperbolis gini ya bahasanya, mungkin efek jarang ngepost ckck..)

Yuk kembali ke hari senin, yaitu 1 hari sebelum gue tes interview PPA BCA...
Hari itu, masih sama seperti hari senin biasanya. Pagi hari yang cerah, bersama kesetiaan raja langit yang memanaskan bumi, gue tetep bersemangat untuk melaksanakan upacara. Kenapa? Jelaslah karena pada hari itu gue menjadi petugas upacara. Jadi ya pasti gue semangat haha.. Kalau petugas upacara nya aja ga semangat, bagaimana dengan pesertanya? Bener kan gue? hehe..

Gue sedang bersiap menjadi petugas upacara, mempersiapkan atribut yang perlu gue pake, seperti sarung tangan putih, kemeja lengan panjang khusus petugas, topi khas petugas upacara, dan perlengkapan lainnya. Dan tiba-tiba guru akuntansi memanggil gue. Ada angin apakah sepagi ini beliau mencari gue? Eh ternyata setelah gue temui guru gue, beliau menyatakan jika Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang Akuntansi tingkat wilayah Jakarta Timur akan diadakan besok, hari selasa. Beliau bilang udah sms gue, tapi sms nya ga nyampe ke hp gue, jadi gue baru tau info lomba nya H-1 sebelum lomba #daebak. Sedangkan gue udah ditelpon BCA untuk tes interview 1 itu udah dari hari kamis, dan gue udah bilang iya. Jadi gue dilema.

Gue langsung bilang ke guru gue kalo besok bertepatan dengan jadwal gue melakukan tes interview 1 PPA BCA. Dan guru gue pun juga tak kalah kaget nya. Namun, karena upacara akan segera dimulai, gue terpaksa undur diri dulu dan sepanjang upacara tadi gue terus memikirkan apa yang harus gue lakukan. Di satu sisi, gue sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah selama ini untuk mengikuti LKS akuntansi. Gue adalah satu-satunya kandidat yang akan diikutsertakan dalam LKS akuntansi dan mereka telah mempercayakan semuanya di pundak gue. Jujur sih, dari kelas 10 gue juga pengen nyoba ikut LKS akuntansi, penasaran aja pengen nyoba, soalnya kan sekolah gue belum pernah sampe ke tingkat nasional.

Dan saat kesempatan itu tiba, malahan tabrakan gini sama tes interview 1 BCA. Huftttt... Bagi gue, PPA BCA merupakan penentu masa depan gue, masa yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan  LKS. Dan ga semua orang bisa sampe tes interview 1 kayak gue. Kan sayang banget kesempatan itu gue sia-siain. Gue takut salah ngambil pilihan. Gue bener-bener ragu mau ngambil keputusan apa, karena setiap pilihan mengandung resiko yang harus gue terima masing-masing.

Jika gue milih LKS, gue ga akan ngecewain guru dan sekolah gue, walau gue belum tentu menang juga sih tapi setidaknya udah coba. Namun, ada resiko yang harus gue ambil jika gue milih ikut LKS, yaitu gue akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa PPA BCA, dimana beasiswa ini adalah idaman banyak orang, masa gue sia-siain gitu aja.

Jika gue milih PPA BCA, gue bisa mencoba sesuatu untuk masa depan gue, walau gue gatau bakal lolos terus sampe akhir atau engga, setidaknya gue ga nyesel. Namun, gue bakal ngerasa ga enak sama pihak sekolah dan guru gue. Hmmm... Jadi gue harus pilih yang mana?

Sehabis upacara, guru gue manggil gue lagi dan mempertanyakan keputusan apa yang gue ambil. Beliau memberi kebebasan kepada gue untuk memilih. Gue minta waktu sebentar untuk mengambil keputusan. Langsung aja gue telpon papa dan mama gue. Dan mereka mendukung gue untuk ikut PPA BCA, karena ini buat masa depan gue. Well, karna gue merasa restu orang tua gue yang paling penting, jadi gue memilih ikut tes interview PPA BCA.

Untungnya guru gue mau mengerti dan segera mencarikan pengganti gue untuk besok bertanding. Tapi beliau minta bantuin gue untuk ngajarin temen sekelas gue yang ngegantiin gue untuk LKS. Gue berharap ini merupakan jalan yang terbaik. Mungkin memang dibutuhkan pengorbanan untuk mencapai hal yang kita mau. Dan mungkin kita harus siap melepas untuk mendapatkan yang lebih baik. Resiko apapun yang akan gue dapatkan akibat pilihan gue ini, akan gue terima dan gue jalani dengan lapang dada. Toh setiap pilihan dalam hidup ini akan memiliki sisi positif dan negatifnya kan? Sedangkan kita diharuskan untuk memilih salah satunya. Kita ga bisa serakah untuk mengambil semuanya. Jadi, ga usah menyalahkan keadaan, karena sekecil apapun hal yang terjadi di dunia ini, pasti merupakan kehendak Tuhan, pasti menyimpan kebaikan di dalamnya.

Mau tau kelanjutan ceritanya ? Tungguin di episode selanjutnya... Kayak nonton film ya haha... Bye sampe postingan selanjutnya :D
Posting Komentar

Back to Top