Macem-Macem Tes yang Harus Dihadapi Pendaftar PPA/TI BCA

Diposting oleh Label: di

Karena gue cinta dengan kalian semua, my blog's readers, so gue bakal ngerinciin macem-macem tes yang akan kalian hadapi jika ngedaftar PPA atau PPTI BCA. Supaya persiapan kalian makin mateng, gue akan membagikan tips and trick nya juga. Harap diperhatikan kalau ini murni berdasarkan pengalaman gue aja. Jadi, maaf kalo ada info yang kurang tepat. Gue cuma pengen sharing ke kalian supaya pada ga bingung. Well, ga usah lama-lama yuk, ntar kalian keburu pada bosen. Cusss..

Daftar Online
Yang paling pertama adalah daftar online. Form pendaftaran online nya bisa di akses di sini (untuk PPA) dan di sini (untuk PPTI). Apa aja yang dibutuhin? Cuma lembaran nilai raport lu dan soft copy pas foto diri lu (harap jangan alay, narsis, gaya selfie yang aneh-aneh). Oh ya, disini lu bisa milih dimana tempat tes lu nantinya. Saran sih pilih daerah yang paling deket aja, supaya ga berat di ongkos. Semua tahap dalam tes ini sifatnya gratis, kecuali ongkos ditanggung sendiri ya ^^ Jadwal tes di masing-masing daerah bisa kalian liat di link ini : http://karir.bca.co.id/informasi/jadwal-psikotes-beasiswa-ppappti-periode-2017-kota-kota-di-indonesia/

Gue akan ngasih FAQ yang biasa ditanyain sama orang-orang ke gue pas daftar online ya... Yuk simak..

1. Kalo belum punya KTP, kolom nomornya diisi apan ?
~~> Diisi nomor kependudukan atau NIK yang ada di kartu keluarga. KTP bisa menyusul.

2. Di kolom riwayat pendidikan, kan ada IPK akhir/nilai rata-rata, nah itu diisinya dengan nilai apan?
~~> Fleksibel sih.. Kalo lu belum lulus alias masih duduk di kelas 12, pake nilai rata-rata raport semester 4 aja. Tapi kalau udah lulus, pake nilai rata-rata raport dari semester 6 aja. Boleh juga masukin nilai rata-rata raport semua semester yang pernah lu laluin.

3. Cara ngisi form nilai raport nya gimana? Kan ga ada nama pelajarannya tuh?
~~> Ikutin aja keterangan dan perintahnya. Baca baik-baik ya di excel nya. Untuk nilai pelajarannya, dimasukkin aja urut sesuai raport lu. Gapapa ga ada nama pelajarannya, disitu kan udah dibedain juga antara mata pelajaran normatif, adaptif + muatan lokal dengan peminatan/produktif/kejuruan.

4. Gimana kalo pas semester 1 dan 2 pake raport kurtilas (kurikulum 2013) yang range nilainya 1-4, trus pas semester 3 dan 4 nya pake raport KTSP yang range nilainya 0-100?
~~> Kalau kalian mengalami kasus seperti ini, gue saranin sih mendingan disamain aja biar ga pusing. Kalian bisa minta nilai konversi atau nilai asli ke sekolah kalian. Tapi sih ada yang masukin beda-beda gitu, dan ga ada masalah (tetep bisa apply).

5. Batas daftar online nya sampai kapan?
~~> Ga terbatas karena di web BCA pasti formnya selalu tersedia. Tapi gue saranin jangan terlalu mepet-mepet daftarnya, takut kuotanya udah full. Kalau udah penuh, pendaftaran pasti ditutup. Ya maksimal bulan  Maret atau April lah.

6. Trus setelah daftar online, kita ngapain?
~~> Silahkan duduk tenang dan menunggu sms/email/pengumuman dari BCA :) Pantengin aja web nya juga boleh, disitu ada pengumuman daftar nama yang dipanggil tes psikotes biasanya.

7. Biasanya berapa lama dipanggil tes psikotesnya setelah daftar online?
~~> Ini mah ga bisa dipastikan. Kalau udah rame yang daftar, BCA pasti ngadain tes psikotesnya. Jadi, sabar-sabar aja ya. Ada yang beberapa hari udah dipanggil, ada yang nunggu 1-2 minggu baru dipanggil. Beda-beda...

8. Kok udah lama daftar, tapi ga dipanggil-panggil sama BCA nya?
~~> Ini ada beberapa kemungkinan. Bisa aja emang lu ga memenuhi syarat atau ada yang kurang pas daftar onlinenya.

9. Kalau daftar ulang lagi karena belum dipanggil tes psikotes, boleh ga?
~~> Boleh-boleh aja kok.

10. Kalau udah tes psikotes, trus gagal, boleh daftar lagi ga?
~~> Denger-denger sih kalo udah gagal gitu, ga bisa daftar lagi sampe 2 tahun mendatang.

11. Boleh nyoba keduanya ga? PPA dan PPTI?
~~> Gue pernah nanyain hal ini dan jawabannya adalah ga boleh. Jadi pilih salah satu aja ya. Pilih yang kalian minatin, karena antara PPA atau PPTI sama aja kok, cuma beda jurusan dan materi kuliahnya.

Sudah cukup jelas mengenai daftar online ?? Let's go to the next step...

Tes Psikotes 1
Tes psikotes 1 modelnya menyerupai tes iq. Yang dibutuhkan adalah konsentrasi dan kecepatan. Karna waktu yang diberikan ga lama, jadi harus cepet ngerjainnya. Jangan panik kalo ada yang belum terjawab, gapapa kok. Gue juga waktu itu masih ada banyak yang kosong. Tapi usahakan yang terbaik aja ya... Sebelum mengikuti tes ini, boleh cari-cari di google latihan buat psikotes atau lewat buku. Trus siapin mental dan fisik ya. Jaga kesehatan dan usahakan pas psikotes tenang, jangan gugup. Macem-macem tes nya sebagai berikut.

1. Menghitung jumlah kubus bertumpuk ... Trik : yang diitung bukan cuma kubus yang keliatan, tapi juga yang ga keliatan. Yang diitung banyak kubusnya, bukan berdasarkan sisi yang terlihat. Perlu dibayangin juga sih pas ngitungnya. Contoh :
Jawabannya ada 13 kubus
2. Soal wacana sederhana ... Trik : kalau tipe ini mirip soal bahasa indonesia yang biasa dikerjain. Ada teks cerita gitu, trus ada pertanyaan dan pilihan jawabannya. Sederhana kok, ga ada yang sulit-sulit.

3. Melanjutkan pola barisan angka/deret bilangan... Trik : jangan terpaku hanya dengan satu bilangan setelahnya, tapi liatlah secara menyeluruh. Sering-sering latihan agar terbiasa dengan pola bilangan.

4. Melanjutkan pola gambar yang berhubungan... Trik : gunakan imajinasi, perhatikan juga pola gambarnya. Kadang emang bingungin wkwk...
Memilih gambar yang cocok
Memilih potongan gambar yang tidak membentuk lingkaran
4. Hitungan dasar matematika... Trik : Kalo ini sih butuh latihan ngitung cepet. Hitungannya seputar tambah kurang kali bagi (operasi dasar) bilangan bulat, desimal, pecahan dan persen.

5. Soal cerita matematika... Trik : pelajari materi perbandingan, aritmetika sosial (untung dan rugi), persentase bunga tabungan, dan PLDV sederhana.

Tes Psikotes 2
Masih di hari yang sama dengan tes psikotes 1, yang lolos pada tahap ini biasanya 20-an orang dari awal tes psikotes 1 sebanyak 120 orang. Kali ini tes nya lebih ke kepribadian dan minat bakat. Jadi lebih santai, eh tapi tunggu dulu, ada 1 jenis tes yang cukup bikin sakit kepala sih wkwk.. Nih rincian tes nya :

1. Menjawab pertanyaan tentang kepribadian dan keseharian...
Misalnya : saya akan takut jika ...... (isi titik-titiknya sesuai dengan apa yang terlintas di pikiran lu).
Total ada 60 soal. Ya ini sih ga ada trik khusus ya, cuma jujur-jujuran aja. Tapi kadang-kadang pas interview suka ditanya 'kenapa kamu jawabnya gini?'.. Lagipula, dari jawaban kita kan bisa keliatan kepribadian kita kayak gimana. Jadi hati-hati ya wkwk..

2. Tes wartegg...
Bagi yang ngerasa asing dengan tes wartegg atau baru pertama kali denger, gue kasih tau dulu ya penjelasannnya. Pertama, kita akan dikasih selembar kertas seperti ini :
Petunjuk mengerjakan tes wartegg
Tugas kita sekarang adalah melanjutkan gambar dari masing-masing kotak sesuai dengan kemauan kita. Jadi kita dibebaskan untuk berkreasi, menggambar apa aja dari yang udah ada. Kalo gue saranin, buat kalian yang susah nyari ide buat gambar, mendingan dipikirin dulu dari rumah mau gambar apan. Biar udah tau mau gambar apa ... Jadi ga lama-lama mikir lagi mau gambar apan. Selain itu, kita dibebasin mau mulai kotak yang mana gambarnya (ga harus urut).
Trik : Gambar hal-hal yang positif (jangan aneh-aneh), karena dari gambar yang kita buat, bisa keliatan kepribadian kita seperti apa. Trus, urutan gambarnya lebih baik ngacak, jangan terlalu urut, untuk menunjukkan bahwa kita orangnya ga kaku alias fleksibel. More tips and trick, dapat diliat di sini

3. Menulis 3 paragraf tentang cita-cita
Kita dikasih selembar HVS kosong, dan disuruh nulis 3 paragraf tentang cita-cita kita. Ya kalo ini teserah lu ya mau bercita-cita apa wkwk...

4. Menggambar pohon
Kita dikasih selembar HVS kosong (lagi). Kali ini kita disuruh menggambar pohon, namun ada beberapa jenis pohon yang dilarang seperti umbi-umbian, cemara, kelapa, dan beringin. Pohon yang digambar harus yang berkambium atau dikotil. Pohon yang biasa digambar sih pohon mangga, rambutan, pepaya, dan nangka. Trik : Usahakan gambar sedetail mungkin. Gambar semua elemen pada pohon, mulai dari akar, batang, daun, ranting/cabang, dan buah. Gambar pohon yang berbuah (menunjukkan produktivitas kita yang memberikan hasil). Ukuran gambar juga sebaiknya proporsional, jangan terlalu kecil. Usahakan ga pake penghapus, karena kalo banyak bekas hapusan, bisa keliatan kita orangnya ragu-ragu hehe... Untuk tips trik selebihnya, bisa diliat di sini

5. Tes koran/pauli
Tes koran adalah tes yang digunakan untuk mengetes kecepatan ngitung, ketahanan tubuh, konsentrasi, ketelitian dan kestabilan diri. Kita akan mendapatkan selembar kertas besar (seukuran koran), yang terdiri dari angka-angka 1-9 penuh dari atas sampe bawah. Tugas kita adalah menjumlahkan 2 bilangan terdekat, dan membubuhkan hasil penjumlahan itu di sampingnya. Kalau hasil penjumlahannya terdiri dari 2 angka, misalnya 7 + 9 = 16, maka yang perlu dituliskan hanya angka satuannya saja, yaitu 6. Biasanya kita akan disuruh memberi garis/tanda setiap beberapa menit sekali, untuk mengetahui banyak penjumlahan yang telah kita kerjakan. Contoh pengerjaannya kayak gini nih :
Tes koran/pauli
Yang dilihat dari tes koran ini adalah konsistensi kita. Usahakan kita ngerjainnya stabil dari awal hingga akhir. Soalnya waktu tes nya itu 1 jam full, jadi harus bener-bener tahan banget hehe..  Jangan pertama-tama cepet, lalu lama-lama jadi mengendur, karna akan keliatan dari garis/tanda yang kita buat. More info : liat di sini

Tes Interview 1

Kira-kira seminggu sampe 2 minggu (maksimal 1 bulan) setelah tes psikotes 2, lu akan mendapat kabar lewat telpon dari BCA jika lolos ke interview 1. Namun, kalo ga lolos, lu ga akan dikabarin. Beberapa pertanyaan yang ditanyain ke pas interview 1 adalah :
1. Nama dan asal sekolah
2. Alasan masuk SMK dan jurusannya (bagi yang SMK)
3. Alasan mendaftar PPA (yang dari SMA IPA)
4. Pelajaran yang disukai dan tidak disukai beserta alasannya
5. Tahu PPA BCA darimana
6. Jumlah teman dekat yang dimiliki
7. Kekurangan dalam diri dan apa yang ingin ditingkatkan
8. Jika ada teman yang susah belajar, apakah kita akan memberi bantuan
9. Rangking di kelas
10.Pernah mengalami stress atau tidak dan apa akibatnya
11. Kegiatan di sekolah dan organisasi yang diikuti
12. Keseharian setelah pulang sekolah
13. Lebih deket dengan ayah atau ibu

Intinya sih pertanyaannya seputar kebiasaan kita sehari-hari aja. Trik : usahakan rileks dan jawab dengan jujur pertanyaan-pertanyaan itu. Lalu, persiapkan penampilan serapi mungkin (formal), kendalikan bahasa tubuh supaya menggambarkan perilaku yang baik, duduk yang tegak tapi tetap keliatan rileks. Jangan menyender pada sandaran kursi, karena akan terkesan ga serius. Letakkan tangan di atas meja (jangan dibawah), karna menggambarkan kita orang yang terbuka. Sekali-kali gerakkan tangan saat berbicara, untuk menunjukkan bahwa kita ekspresif dan aktif. Tapi jangan berlebihan gerakannya. Fokus dan tatap matanya saat kita di wawancara, jangan menghindar atau menatap yang lain seperti tembok, dan lainnya. Karena takutnya disangka bohong dari gerakan mata kita. Dan jangan lupa senyum dan ucapin salam atau terimakasih saat interview selesai. Kalau bisa, perlihatkan kekurangan yang kita miliki agar terlihat sebagai kelebihan kita.

Biasanya proses interview berlangsung selama kurang lebih 20 menit.

Tes Interview 2
Interview 1 dan 2 pertanyaannya kurang lebih sama. Yang membedakan adalah interviewer nya. Di interview 2 akan diwawancara oleh pihak atasan langsung. Di interview 2 ini, ditanyain tentang masalah terberat yang pernah dialami dan cara mengatasinya, kesibukan yang sedang dilakukan saat ini, dan beberapa pertanyaan yang udah pernah ditanyain pas interview 1. Ada juga yang disuruh nyeritain diri sendiri. Perlu diperhatikan, masing-masing orang ga sama pertanyaan interviewnya, tapi kurang lebih inti nya tentang kehidupan kita sendiri. Jadi ga perlu belajar apapun, cukup siapin mental dan fisik aja.

Medical Check Up
Pada tahap terakhir ini, kalian akan mengikuti 3 jenis tes, yaitu tes urine dan ambil darah, pemeriksaan umum oleh dokter, dan rontgen paru-paru. Ditanya juga riwayat penyakit dalam keluarga, minus dan silinder mata (jika memakai kacamata), trus ada tes buta warna juga (untuk PPA tidak mempengaruhi).

Jika kalian telah berhasil melewati seluruh rangkaian tahapan di atas, berarti kalian dinyatakan lolos dnn berhasil masuk PPA/PPTI BCA. Selanjutnya akan dipanggil untuk tandatangan kontrak.

Jika ada yang mau ditanya, silahkan komen.. atau temui gue di sini.

219 komentar:

  1. Masukkan komentar Anda...kak. kalo kuliah di bca nanti apakah kesempatan kerja sudah terjamin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar akan ditawarin kerja,namun boleh diterima boleh engga.. Tergantung kebutuhan tenaga kerja nya juga..

      Hapus
    2. maaf kak saya mau tanya, kok pengisian form nilai nya susah sekali. perasaan saya sudah menisi sesuai petunjuk tapi tiap diupload ga bisa, ada tulisannya "sesuaikan dg format yg diminta"
      itu gimana ya ? makasih

      Hapus
    3. Mungkin kamu ngetiknya ada yg typo soalnya pas saya priksa jga ternyata saya ngetiknya ada yg typo
      Semoga membantu :)

      Hapus
    4. Mungkin kamu ngetiknya ada yg typo soalnya pas saya priksa jga ternyata saya ngetiknya ada yg typo
      Semoga membantu :)

      Hapus
    5. Ka... sy kan blom punya ktp.. trus di formulir suruh isi.. itu di isi tanda strip (-) atau di isi nik di kk?

      Hapus
    6. Karna sebagian temen saya mengisi dengan tanda strip (-). Jadi bagaimana yaa isi no ktp nya jika blom punya... ???

      Hapus
    7. Maaf bantu jawab, klu blm ada ktp isi aja dgn NIK yg ada di KK

      Hapus
  2. Cara pengisian nilai gimana kak?kan mtk di rapor ada 2,ada mtk wajib sama mtk minat

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Cara pengisian nilai gimana kak?kan mtk di rapor ada 2,ada mtk wajib sama mtk minat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mtk wajib yg dimasukin di kolom matnya. Kalau mat minatnya masuk di kolom nilai2.tksh

      Hapus
    2. besok kamus saya interview di bca

      Hapus
    3. Saya mau nanya tes online nya itu pakai bahasa inggris atau Indonesia?

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. ka mau nanya dong, kalo ngisi nilai mata pelajaran tuh kyk gimna? yg file sma belum lulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi aja langsung semua nilai pelajarannya... ga usah masukin nama mapelnya

      Hapus
  7. ka yg buat ngisi nilai rata2nya itu gimana? nilai dari semster 1-4 apa semester 4 aja?? dan itu yg di rata2in semua pelajaran??

    BalasHapus
  8. ka yg buat ngisi nilai rata2nya itu gimana? nilai dari semster 1-4 apa semester 4 aja?? dan itu yg di rata2in semua pelajaran??

    BalasHapus
  9. Ka mau nanya, Tes PPA sm PPTI Itu tes nya barengan ya kak ?? Maksudnya harinya sama

    BalasHapus
  10. Kak katanya kalau sudah lulus gak kerja di bca gak bakal dapet gelar ya kak?

    BalasHapus
  11. Kak katanya kalau sudah lulus gak kerja di bca gak bakal dapet gelar ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku, kita setelah selesai kontrak PPA/PPTI, nanti harus melanjutkan S1 lagi. 😅

      Hapus
  12. Kak di pengumuman web bca nama kita di nyatakan lolos tapi belum dapat email atau kabar langsung dr bca nya. Itu gimana ya kak?

    BalasHapus
  13. Kak, yang isi kolom kerabat boleh siapa aja kan?

    BalasHapus
  14. kak mau nanya, untuk pendaftaran PPTI wilayah Jakarta masih dibuka apa enggak ya ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  15. Kalo misal gagal di salah satu tes (misal gagal di soal cerita Matematika) aja, bisa lolos ga ya?

    BalasHapus
  16. Kak gimna klok nilai rapotny masih pakai kurikulum KTSP?

    BalasHapus
  17. Kak, saya kan akselerasi jadi belajarnya cuman 4 semester. sedangkan saya sekarang masih semester 3 dan ingin daftar. saya input nilainya bagaimana ya?

    BalasHapus
  18. pendaftaran yang di surabaya masih dibuka gak kak?

    BalasHapus
  19. Kak kira2 kalo saya daftar tanggal 28 kemarin, itu buat pemberitahuannya sampai berapa hari ya kak? Terimakasih.

    BalasHapus
  20. Terimakasih kak informasinya. Like this

    BalasHapus
  21. Kak saya kok tes psikotes tahap keduanya ada yang online ya?

    BalasHapus
  22. Saya dapet sms dr bca untk mngikuti psikotest di semarang, pagi jam 8 30 desember 2016 suruh jawab psi ya/tidak trus saya jawab psi ya tapi pending terus, sy smpe ngirim 4x solusinya apa ya kak

    BalasHapus
  23. Saya dapet sms dr bca untk mngikuti psikotest di semarang, pagi jam 8 30 desember 2016 suruh jawab psi ya/tidak trus saya jawab psi ya tapi pending terus, sy smpe ngirim 4x solusinya apa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm coba terus ... Soalnya itu buat konfirmasi kedatangan kamu

      Hapus
    2. Sudah coba bales lwat email? Saya bales pake email. Soalnya kartu sms sya malah rusak

      Hapus
  24. Kalau udah bales lwat email, gak usah ngirim konf hadir via sms kan kak?

    BalasHapus
  25. Ka mau nanya. Saya lolos psikotes 2 dan disuruh tunggu email masjk buat tes online. Tes online itu gambarannya kaya gimana ya ka? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, untuk tes online saya kurang tau karena baru ada di tahun ini. Tahun lalu pas saya tes ga ada. Coba siapa tau yang lain ada yang tau, bisa sharing

      Hapus
    2. Kak kalau pada saat pengumuman test psikotes online akan dikirimkan dalam waktu 1-2 minggu tapi dalam waktu 3 minggu belum dikirimkan ke email, gimana ya kak?

      Hapus
    3. Aku 1 bulan lebih baru di panggil buat tes online. Jadi sabar aja

      Hapus
  26. Ka mau tanya saat aku download form sma belum lulus formatnya msh *.xls sedangkan saat aku mau ngesave formatnya berubah jadi *.xlsx jadi aku ga bisa terkirim jadi aku harus gimna ka mksh, ditunggu jawabannya

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Ka mau tanya saat aku download form sma belum lulus formatnya msh *.xls sedangkan saat aku mau ngesave formatnya berubah jadi *.xlsx jadi aku ga bisa terkirim jadi aku harus gimna ka mksh, ditunggu jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Save as nya kamu rubah lagi aja jadi xls, simpen ke yang excel 1998-2003

      Hapus
  29. Mau tanya mbak saya sdh interview yg ke 2 utk ppti..kira2 brp lama pengumumannyA...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tentu berapa lamanya. Bisa cepet bisa lama...

      Hapus
  30. kak aku udah lolos ppa sampe mau interview nih, kalo misalkan keterima harus bener2 fix diambil saat itu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo misalnya blm masuk kuliahnya, kamu boleh ga ngambil. Tp kalo udah masuk kuliah, ada dendanya

      Hapus
    2. kamu dulu nunggu dikabarin buat interwiew 1 berapa lama ? q udah 1 minggu dari deadline psikotes online, tp blm dikabari juga :(

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Ka misalnya saya lulus sklh thn 2017 trus saya mau ikut beasiswa untuk periode 2018 bisa apa ngga ?

    BalasHapus
  33. kak.. lama masa pendidikannya itu berapa lama ya ?

    BalasHapus
  34. Kak saya mau daftar kira" masih bisa apa nggak ya kaka? Saya sekarang kls 12 udah mau lulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ditutup pendaftarannya. Kalau mau, nanti dibuka lagi bln juli 2017 utk masuk di 2018

      Hapus
  35. Kak, boleh minta id linenya utk tanya2 seputar PPA BCA? terimakasih yaa kak :)

    BalasHapus
  36. kak boleh minta WA/Bbm? buat tanya soal PPA BCA?

    BalasHapus
  37. kak, kan lama masa pendidikan nya itu 2,5 tahun.
    setelah selesai pendidikannya kita dinyatain jadi lulusan s1 di trisakti atau nanti kta dapet sertifikat dari pihak BCA karena udah belajar tentang akutansi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah 2,5 tahun baru dpt sertifikat dr BCA. Tp kalau masih kerjasama dgn Trisakti, kita bisa lanjutin skripsi disana dan dapetin gelarnya

      Hapus
  38. Kaak kalo saya masuk buat tahun 2018 trus kan belajarnya 2,5 tahun trus ntar bisa langsung kerja di bca apa enggak ya kak?
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah 2,5 thn akan ditawarin pekerjaan di BCA, namun bukan ikatan dinas. Jadi boleh terima boleh engga

      Hapus
  39. Domisili jakarta udah ada yg interview blm?

    BalasHapus
  40. Udh ada yg dikabari buat tes wawancara blum? soalnya udh 3 minggu dr tes psikotes online

    BalasHapus
  41. Kak mau tanya, kalau saya lulusan SMA 2 thn lalu tpi usia belum 20 thn boleh daftar ? Atau harus fresh graduate ? Makasih

    BalasHapus
  42. Saya msh kls 11 bs ikut ga ya

    BalasHapus
  43. Permisi mau tanya ka, kalau tahun ini saya naik kelas 12. Apa bisa ikut daftar?

    BalasHapus
  44. Kak mau tanya, utk 2017 buka pendaftaranya kira2 kapan ya? Klo formulir pendaftaran yg kakak tulis d atas itu apakah msh berlaku? Mhn infonya kak. Terimakasih

    BalasHapus
  45. kak yg kota seleksi ppa cmn ada di jakata y kak?
    soalnya di link yg kk krm adanya cmn jakarta?
    gk ada kota lain yg kak?
    klau batam ada gk kk?

    BalasHapus
  46. Kak pendaftaran untuk tahun 2018 kapan dibuka ya?

    BalasHapus
  47. kak kalo tempat tinggalnya gak pake RT/RW gimana ngisi kolom RT/RW-nya kak?kalo gak ada no tlp rumah, apa yg harus diisi kak..? makasih kak...

    BalasHapus
  48. kak kalo kita masih kuliah nih boleh ga sih ngelamar di situ soalnya denger" klo sambil kuliah ga boleh? makasih

    BalasHapus
  49. kak usia ku tahun ini 20 . pendidikannya kan utk 2018. apa masih bisa ya aku daftar tahun ini? terima kasih.

    BalasHapus
  50. Ka maaf kalau udah masuk tahap seleksi berkas terus masuk ke tahap psikotes kita ga dateng. Apa masih bisa daftar lagi buat periode berikutnya?

    BalasHapus
  51. kak misal saya salah ngisi kolom raport apa boleh daftar lagi...

    BalasHapus
  52. pendaftaran masih di buka liat ajh di web BCA nya..

    BalasHapus
  53. kak kalau semester 1 dan 2 ada 16 mapel, sedangkan semester 3 dan 4 hanya ada 15 mapel bagaimana?

    BalasHapus
  54. Ada yang tau dimana bisa mendapatkan jadwal pasti seperti deadline pendaftaran atau mulai pendidikan ppa/ti?

    BalasHapus
  55. kak nilai yg diinput selain nilai mat wajib apa saja ya kak? kalo sma jurusan ipa

    BalasHapus
  56. "Kalau bisa, perlihatkan kekurangan yang kita miliki agar terlihat sebagai kelebihan kita."

    Ini maksudnya gmn kak?

    BalasHapus
  57. kak abis test psikotes online, saya dipanggil untuk test psikotes langsung.. kira2 ada peraturan untuk pakaian ga ya?? atau pakaiannya bebas aja?

    BalasHapus
  58. Mau nanya dong! Siapa aja boleh jawab.

    Kan mau daftar online aku udah lulus tapi nilai semester 6nya blm keluar trus di formnya harus diisi apa? Atau harus nungguin nilai semester 6nya keluar? Trus itu daftar onlinenya bisa sanpe bulan desember atau sampe kuota full aja? Butuh jawaban segera. Terimakasih

    BalasHapus
  59. Mau nanya dong! Siapa aja boleh jawab.

    Kan mau daftar online aku udah lulus tapi nilai semester 6nya blm keluar trus di formnya harus diisi apa? Atau harus nungguin nilai semester 6nya keluar? Trus itu daftar onlinenya bisa sanpe bulan desember atau sampe kuota full aja? Butuh jawaban segera. Terimakasih

    BalasHapus
  60. Kak,kalo pas tes yang membuat karangan bertema cita citaku,itu nyeritain diri sendiri kaya nama asal usul keluarga atau langsung aja ke tema gitu?
    Makasih kak:)

    BalasHapus
  61. Oh iya kak, tanpa gelar itu maksudnya pas lulus S1 kita gada gelar atau gimana ya?

    BalasHapus
  62. Kak,saya kan belum lulus smk tapi bisa ikut test gak?

    BalasHapus
  63. Kak kalo kita kerja di BCA itu sudah pegawai tetap dan prospek ke depan terjamin? Mohon infonya kak

    BalasHapus
  64. Itu maksimal 20 tahun diitung per agustus 2018 apa yang penting tahun depan belum ada 21 tahun gitu yaa?

    BalasHapus
  65. Kak, kalo nilai rata-rata itu diisi pake nilai UN atau nilai us dan usbn? Terus cara pengisian nya gimana kak, apa 50% nilai us&usbn atau bagaimana?(Soalnya di tahun kami yg menentukan kelulusan itu bukan nilai UN)
    Mohon dijawab kak🙏

    BalasHapus
  66. kak saya mau tanya di daftar online nya tuh di bagian paling bawah ada tulisan upload photo, itu maksudnya foto apa ya? Terima Kasih

    BalasHapus
  67. Kk program ini boleh minta untuk anak pns kk ya?

    BalasHapus
  68. Pas nge apply data itu bakal ada tulisannya berhasl or apa gt ato emg gakada ? Soalnya aku apply data gaada tulisan apa2 eh aku refresh datanya ilang tolong dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok tulisanya kalo kita berhasil ngeupload data

      Hapus
  69. kak tanya,kan 2017 baru diadain tes online, nah soal tes online assessment nya itu apa sama spt tes psikologi ?

    BalasHapus
  70. Ka, mau tanya.. aku memang daftar 2 kali untuk ppa,pakai email yg berbeda.. trus kmren tgl 15 aku ikut psikotes.. lolos smpe tahap 2, apa bener tim bca akan sms 3 hari setelah tes untuk bilang kalau lamaran aku tidak bisa diproses lebih lanjut? Itu artinya apa ka? Terima kasih

    BalasHapus
  71. kak maksudnya soaal yang "menjalankan pola gambar yang berhubungan" itu gimana ya kak?

    BalasHapus
  72. kak, saya sudah daftar program PPTI boleh di ganti ga ke program PPA..?
    thanks...

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. assalamualaikum kira kira contoh soalnya yg lewat online tuh gmna ya soalnya semua pake waktu contoh 17 soal waktunya 5 menit terus 100 soal waktunya 15 menitan kurang lebih gtu minta saran mba mas saya soalnya besok tes online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau tanya. Jangka waktu dari pendaftaran sampe dapet email buat tes online berapa hari ya? Makasih

      Hapus
    2. Bantu jawab yaa beda beda sih kalo aku lewat dua minggu baru dikirim email buat tesnya

      Hapus
    3. Oh ya mau tanya juga, materi yang buat tes online apa aja?

      Hapus
    4. Ada verbal sama numericalnya istilahnya kaya psikotest gt sih tapi lebih ringkas

      Hapus
    5. Makasih banyak infonya:)

      Hapus
  75. ka? saya udah dapet soal tes online, tapi kenapa ya? kok pas soal tes kedua gabisa? padahal yang tes soal awal lancar. pas kedua loadingnya udah 100% tapi gak muncul muncul soal keduanya? padahal jaringannya gak bermasalah sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di reload aja. Tadi barusan aku juga gtu kok tp bisa lancar

      Hapus
    2. Itu di reload aja. Tadi barusan aku juga gtu kok tp bisa lancar

      Hapus
  76. Ka,klw untuk test online nya gimana ya ka?

    BalasHapus
  77. Ka mau nanya ni, kalau test online assessment itu bentuk soalnya gimna?
    Esaay atau gimna ka?

    BalasHapus
  78. kak mau tanya, kalo penilain tes ppa bca itu gimana yaa
    apa penilainnya sama kek pas sbm, kalo jawab salah dikurangin, kali ngga dijawab ya kali 0
    makasih kak :)

    BalasHapus
  79. Kk saya mau nnya. Kalau bagian wartegg test kalau gambar nya g ke gambar semua dari 8 gambar itu gmana bisa apa g?

    BalasHapus
  80. Halo, aku mau tanya kan aku tinggalnya di Bogor trus di pilihan tes gaada kota bogor jadi aku pilih kota jakarta. nanti tesnya berarti di jakarta dong ya? *padahal aku rumahnya deket BLInya(taman budaya loh haha

    BalasHapus
  81. Kak, mau tanya , seteleah kita lulus apakah skripsinya langsung kerjasama dengan univ. Trisakti atau cari perguruan tinggi lain ? Tolong dijawab, terimakasih

    BalasHapus
  82. kak kalau tes online assesment,kalau kita gak tau jawabannya sebaiknya dijawab atau tidak? apakah itu mempengaruhi nilai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di jawab aja.. Yang penting yakin dan cepat cara menyelesaikannya. Soalnya di sana ngrekam aktivitas kerjamu di komputer

      Hapus
  83. Kak mau nanya, ini program pendidikan akutansinya setelah nanti selesai kuliahnya, dapat gelar gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya dapet yaa setau saya, maksudnya non gelar itu kita kan anak sma ama smk yg belom dapet gelar

      Hapus
    2. Bukannya dapet yaa setau saya, maksudnya non gelar itu kita kan anak sma ama smk yg belom dapet gelar

      Hapus
  84. Selamat malam. Kak, saya mau nanya mengenai uang saku yg akan diberikan ketika sudah lolos ppa, kita akan menerima uang saku dalam hitungan perbulan atau bukan? dan nominal uang sakunya brp ya kak? terima kasih.

    BalasHapus
  85. Tanya kak.. Kalo udh lolos..then..kuliah d sana...asa resiko DO or pencabutan beasiswa ngga? Klo ada..bsa d sebabkan oleh apa?

    BalasHapus
  86. Halo kak.. Terima kasih atas info diatas sebelumnya, sangat berguna banget.. Mau nnya, kalo misalnya pas psikotes tertulis ditulisnya ppa, tapi setelah dipikirkan ulang, mau masuk ppti, itu gimana ya kak?? Mohon bantuannya.. Thankyou :)

    BalasHapus
  87. Boleh saran kaga buat jawab alasan mendaftar PPA (yang dari SMA IPA) kak?

    BalasHapus
  88. ka mau nanya kaka sudah punya pacar blom ? wkkwkwkw

    BalasHapus
  89. Kak setelah tes online kira² brp lama ya nunggu lolos atau enggak nya untuk ke tahap selanjutnya? Kalau gak lolos apa ada info nya?

    BalasHapus
  90. Ms, kalo rumah saya blora jateng. Itu tempat tes nya dimana y?_ apakah ke jakarta?

    BalasHapus
  91. Kak apakah tes mata silinder min juga dipertimbangkan ya ? Batas minimal min / silindernya berapa ?

    BalasHapus
  92. Kak kalau lulusan smk akun tpi msuk ke yg ppti bsa gk yah?

    BalasHapus
  93. Kak, kalau buat anak mutasi dari ktsp ke k13 gimana? Raport saya kelas X pakai KTSP di Papua, tapi kelas XI-XII pakai K13, dan di Surabaya saya juga mengikuti matrikulasi. Jadi sebaiknya untuk raport kelas X nya saya pakai raport asli dari ktsp atau raport matrikulasi ya kak?

    BalasHapus
  94. Sehubungan dengan seleksi Anda utk program PPA/PPTI BCA, dengan ini kami informasikan bahwa Anda tidak dapat diproses lebih lanjut.


    Ini mksd nya apa ya???

    BalasHapus
  95. kak di form nya kan ada pengisian jneis kelamin nah aku isinya wanita trus udah aku apload dan sukses tapi setelah aku baca lagi di kolom perintah disuruhnya mengisi dengan 'female' itu gimana ya kak

    BalasHapus
  96. bedanya magang bakti dengan PPA/PPTI apa y kak?

    BalasHapus
  97. Bedanya magang bakti dgn PPA/PPTI apa y kak

    BalasHapus
  98. Kak, mau tanya. Untuk mslah fto yang di formulir ppa. Itu bajunya harus formal maksudny pakai blezer. Atau blh bju sklah pas smk dlu kak?

    BalasHapus
  99. Kak mau tanya untuk peluang lolosnya itu lebih besar di ppa atau ppti? Terimakasih

    BalasHapus
  100. Tes warteg maksudnya gimana sih ka?

    BalasHapus
  101. Kak mau nanya dong kak... Saya daftar ppti tahun ini tapi kenapa waktu saya apply pendaftarannya tulisannya data tidak valid padahal sudah diisi semua dan benar.. Kalo boleh tau itu kenapa ya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya sih daftarnya di laptop, pertamanya lewat hp gak bisa

      Hapus
  102. Kira kira soal psikotest keseluruhan adabrapa ya kak

    BalasHapus
  103. Kak kalo saya nulis nilai rapot tapi ga pake rata rata gapapa kak?

    BalasHapus
  104. Kak kalo saya nulis nilai rapot tapi ga pake rata rata gapapa kak?

    BalasHapus
  105. Kak misalnya kan saya matematika gak terlalu bisa, terus untuk tes yang bagian matematika itu gimana yah? Kasih solusinya dong, misalnya belajar dari mana gitu. Sebelumnya terimakasih :)

    BalasHapus
  106. Kak mau nanya ... Sekarang kan masih kelas 12 Akuntansi pengen coba mendaftar di BCA tetapi bingung lebih baik daftar online pas lulus atau gimana kak?

    BalasHapus
  107. kak apa perokok bisa lulus tes kesehatan ?

    BalasHapus
  108. Kak klo setelah lulus kuliah kan kita ditawarin kerja di bca tuh, boleh ga milih di bca syariah?

    BalasHapus
  109. maaf mau tanya,untuk tes online pngerjaannya bebas apa ditentuin tempat/lokasinya ya?
    Soalnyakan pas pengisian form pendaftaran ada bagian pengisian tempat untuk tes?!

    BalasHapus
  110. Kak kalau ngisi data rapornya cuma matematika aja yg diisi gimana kak

    BalasHapus
  111. Kak aku dapat undangan tertanggal 20september sampai 23september kok....tak lihat diemailku belum ada soale yang dikirim ya kak.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat di menu SPAM email. Ada petunjuknya disitu... Coba periksa menu SPAM

      Hapus
  112. Undangan test online kak...gimana ini kak

    BalasHapus
  113. kak, kl untuk psikotest yang nonjabo kan mulainya oktober, nama-namanya tetep diumumkan di websitenya ga ya?

    BalasHapus
  114. mau tanya, kalo umpama udah lulus dari ppti, trus gk ambil kerjanya n lanjut s2 bisa nggk?

    BalasHapus
  115. gimana ya cara upload fotonya? saya sudah coba berkali-kali, tetatpi dikatakan tidak ada foto yang di upload. padahal saya uda upload foto .jpg ukuran <300kb

    BalasHapus
  116. Kak, kog saya ngga bisa daftar ya? Katanya ngga ada file yg diupload pdhl udh diupload

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, coba daftar lewat laptop . Waktu itu aku jg gagal pas tpi pas di laptop bisa.

      Hapus
  117. Assalamualaikum... Mau tanya, kan saya dapat informasi lewat SMS bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dari tahapan tes bca dan dipersilahkan cek email. Akan tetapi, ko pas cek email belum ada email yang masuk. Jadi, bagaimana pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bantu jawab aja yaa hehe tadinya aku juga gitu tapi setelah sehari udah ada email dari bca kok di cek aja^^

      Hapus
  118. kk saya mau nanya, kemarin saya daftar online tapi masukin format nilai nya salah, terus kalau mau daftar lagi gimana bisa engga?

    BalasHapus
  119. Klo sejak interviu 1 jaraknya brp lama ya ke interviu 2 nya? Karena sdh 1 bulan lebih belum ada kabar dari bca, apa tdk lolos ya kak?

    BalasHapus
  120. Kak kl boleh nanya jarak dari tes wawancara ke dua dgn kesehatan berapa lama ya??

    BalasHapus
  121. Kak kl boleh nanya jarak dari tes wawancara ke dua dgn kesehatan berapa lama ya??

    BalasHapus
  122. kak kalo pas test online kita belum selesai sampai batas yang udah ditentuin (18 feb 2019 pk 09:59) karrna loading nya yg lama padahal koneksi internet baik baik saja itu gimana ya? boleh daftar ulang lagi? terimakasih

    BalasHapus
  123. Maaf, kalau saya sudah di panggil bca lolos,terus suruh tunggu email. Tapi belum terima juga. Kenapa ya. Terimakasih

    BalasHapus
  124. Ka kalo intervuin 1 bawa apa aja. Mohon bantuannya ka��

    BalasHapus
  125. Ka. PPA & PPTI itu pas kuliah akan membahas soal ekonomi terus ya ka? Kira2 ada gambaran besarnya ga ka. Makasih

    BalasHapus
  126. Kak mau tanya, kan saya lulusan 2019, baru tau ada beasiswa ppa bank bca, kalau mendaftar di tahun selanjutnya bagiamana kak? Apa masih bisa? Terimakasih

    BalasHapus
  127. #bntujawab. Bisa. Selama umur kamu ga melewati batas yg ditentukan buat mendaftar

    BalasHapus
  128. Kakak kakak yg sedang/lulus, boleh diadain grup line gitu gak kak?

    BalasHapus
  129. Kak maaf mau tanya seandainya rata2 raportnya sampai 75 tapi rata2 mat 70 mempengaruhi gg ya ?

    BalasHapus
  130. Mau tanya kak..kan saya mau daftar ppa dari luar wilayah jakarta tapi kok di formulir pendaftarannya yg di bagian seleksi pilihannya hanya kota jakarta ya? Makasih

    BalasHapus
  131. Kak maaf mau tanya kan saya mau daftar ppa dari wilayah luar jakarta,tapi kok di formulir pendaftaran onlinenya yang bagian Seleksinya cuma ada kota jakarta ya?

    BalasHapus

Back to Top