PPA BCA Part 2

Diposting oleh Label: di
Selamat datang di part 2 hehehe… Yang belom baca part 1 nya, di sini nih.

Gue mau lanjutin part 1 nih, dimana gue lagi melakukan penantian terhadap hasil tes psikotes 2 yang akan diumumkan melalui telepon. Pheww.. menunggu adalah sesuatu yang menyebalkan, tapi merupakan suatu proses yang harus dijalani. Untunglah penantian gue ga berlangsung lama, karena tepat 1 minggu setelah psikotes, gue ditelpon oleh BCA yang mengundang gue untuk tes interview 1 di Wisma Asia 1, Slipi pada hari Selasa, 3 November 2015 pukul 13.30. Gue seneng banget bisa lolos lagi.


Karena hari interview itu jatuh pada hari selasa, jadi dengan sangat terpaksa gue harus ijin ga masuk sekolah. Sehari sebelum interview, gue mengalami dilema yang sangat berat. Why ? Karna lomba akuntansi (LKS) bentrok sama interview 1 itu. Jadi gue harus mengorbankan salah satunya. Ya walaupun berat, akhirnya gue bisa mengambil keputusan yang mudah-mudahan menjadi keputusan yang terbaik di masa yang akan datang. Dilema, kegalauan dan kebimbangan ini akan gue ceritakan nanti dalam 1 postingan tersendiri hehe..

Hari interview pun tiba, dan disana gue berkenalan dengan 2 orang yang juga akan mengikuti tes interview. Mereka berasal dari sekolah yang sama sehingga mereka udah ngobrol akrab gitu. Gue menunggu panggilan sembari mengobrol dengan mereka. Dan, mereka bercerita jika mereka dipanggil untuk tes psikotes hanya dalam waktu 1 minggu, sedangkan gue ? 2 bulan cuyyy.. Tak apalah, yang penting gue duduk di antara mereka untuk tes interview.

Nama gue pun dipanggil. Gue menarik napas panjang untuk menenangkan diri gue dan mengusir rasa gugup. Setelah masuk ke dalam sebuah ruangan, hal pertama yang harus gue lakukan adalah menandatangani absensi. Disitu tertera 7 nama. Berarti yang lolos dari psikotes 2 ke interview 1 hanya 7 orang.

Interview pun dimulai. Gue hanya berdua dalam ruangan itu bersama pewawancara. Beberapa pertanyaan yang ditanyain ke gue pas interview 1 adalah :
  • Nama dan asal sekolah
  • Alasan masuk SMK Akuntansi
  • Pelajaran yang disukai dan tidak disukai beserta alasannya
  • Tahu PPA BCA darimana
  • Jumlah teman dekat yang dimiliki
  • Kekurangan dalam diri dan apa yang ingin ditingkatkan
  • Jika ada teman yang susah belajar, apakah kita akan memberi bantuan
  •  Rangking di kelas
  •  Pernah mengalami stress atau tidak dan apa akibatnya
  • Kegiatan di sekolah dan organisasi yang diikuti
  • Keseharian setelah pulang sekolah
  • Lebih deket dengan ayah atau ibu

Intinya sih pertanyaannya seputar kebiasaan kita sehari-hari aja. Kuncinya adalah rileks dan usahain jawab dengan jujur pertanyaan-pertanyaan itu. Lalu, persiapkan penampilan serapi mungkin, kendalikan bahasa tubuh supaya tidak menggambarkan perilaku yang tidak baik, duduk yang tegak tapi tetap keliatan rileks. Jangan lupa senyum dan taruhlah tangan di atas meja. Kalau bisa, perlihatkan kekurangan yang kita miliki agar terlihat sebagai kelebihan kita.

Gue di interview selama kurang lebih 25 menit. Cukup lama, tapi setelah keluar dari ruangan itu gue lega minta ampun. Dan, gue disuruh menunggu kabar apakah gue lolos ke tahap selanjutnya atau tidak melalui telepon.

Singkat cerita, 1 minggu kemudian …

Telepon gue berdering dan tertulis BCA disitu. Yap, jadi gue udah nyimpen nomor BCA di hape gue. Gue angkat dengan hati penuh waswas. Dan gue sangat bersyukur karena gue diundang untuk interview 2. Yuhuuu.. Ga nyangka gue akan melangkah sejauh ini. Interview 2 dilaksanakan di Wisma Asia 1, tempat yang sama saat interview 1, hari Rabu 18 November 2015 jam 09.30. Apa sih bedanya interview 1 dan 2 ? Jadi bedanya itu, kalau interview 2 di wawancara oleh atasan. Jadi untuk lebih meyakinkan lagi apakah kita layak diterima di PPA BCA atau tidak. Pemantapan gitu lah.

Hari interview 2 pun tiba. Jeng.. Jeng …

Gue bertemu dengan teman-teman yang sama pas interview 1, dan kali ini gue kenalan dengan mereka semua. Ternyata yang lolos ke interview 2 hanya 5 orang. 1 diantaranya adalah temen SMP gue. Dunia terkadang sempit haha.. Lalu kami ngobrol-ngobrol sambil menunggu panggilan menegangkan utk interview. Temen gue bilang kalau dia disuruh ceritain diri dia dari kecil hingga sekarang. Dia udah interview duluan sebelum giliran gue, jadi gue nanya-nanya dulu sama dia hehe..

 Tiba saatnya gue diinterview. Di interview 2 ini, gue ditanyain tentang masalah terberat yang pernah gue alami dan cara mengatasinya, kesibukan yang sedang gue lakukan saat ini, dan beberapa pertanyaan yang udah pernah ditanyain pas interview 1. Gue ngerasa interview kali ini berjalan lebih cepat. Dan setelah selesai, gue pun keluar ruangan menemui temen-temen gue. Gue sedikit heran karena gue ga disuruh ceritain tentang diri gue pas interview tadi, tapi ya gue bersyukur karena gue juga bingung kalo disuruh ceritain haha :D


Ok, part 2 selesai.. Lanjut ke part 3. Ceritanya gue lagi nunggu telpon dari BCA tentang hasil interview 2 itu. Sampai jumpa !!

82 komentar:

  1. permisi kakk, saya mau tanya, di kolom pendaftaran bagian riwayat pendidikan yang bagian IPK akhir/nilai rata-rata di ambi dari mana yah? karna saya belum lulus SMA dan masih kelas 12.. terimakasihh

    BalasHapus
  2. Kak, itu sebenarnya kakak dihubungi BCA-nya itu ditelfon apa diSMS sih? Kok bingung, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ditelpon waktu diundang ke psikotes, tapi sebagian besar orang lain di sms kok

      Hapus
  3. Permisi kak,
    Kakak dulu dihubungi bca itu dekat dgn hari tes psikotes nya gak kak?
    Terimakasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Beberapa hari sebelum tes psikotesnya, sekitar 5 hari sebelumnya

      Hapus
  4. Boleh tanya... saat kakak menjawab alasan masuk smk akuntansi... jawaban kakak apa.....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena minat ke jurusan akuntansi.. Soalnya kan pas smp saya ada pelajaran tata niaga, jadi emang udah lumayan berminat. Trus dibandingkan dengan jurusan lain, ya saya lebih tertarik ke akuntansi

      Hapus
  5. Kak itu biasanya sampe jam brapa ya test psikotesnya? Dan brapa org sih kak biasanya dipanggil ke test psikotes dan yg diambil nanti hanya brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih psikotes 1 itu 4 jam-an. Dimulainya sih biasanya jam 8. Tiap daerah kadang beda waktu psikotesnya. Jadi ada yg dijadiin satu hari tes psikotes 1 dan 2 nya, tp ada juga yg beda hari. Ga tentu jadinya. Yg diambil juga tergantung dr banyak engganya yg sesuai dgn bca cari. Ga ada kuota tertentu per daerahnya

      Hapus
  6. Tentang psikotesnya, kak, berapa lama ya tes korannya?

    BalasHapus
  7. Teima kasih, kak. blognya sangat membantu dan telah menjadi panduan saya.

    BalasHapus
  8. Kakk saya mau tanya dong. Hari ini saya interview 1 PPTI. Apa saja yang harus dibawa? Membawa CV kah? Atau apa? Saya waktu du telfon lupa nanya membawa ala saja. Tolong di jawab ya kakk terimakasih

    BalasHapus
  9. kak , jaman nya kakaknya itu , setelah psikotest 2 itu , disuruh nungguin email buat ikut tes psikotest online ngga ?
    kemaren setelah aku ikut yang psikotest 2 , disuruh nungguin email 1-2 minggu buat ikut psikotest online , hari ini udah pas 2 minggu , belum dapet email :(

    kakaknya cepet banget ya,1 minggu udah diumumin gitu lolos ngga nya ke interview 1 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Psikotes online baru ada mulai tahun ini. Tahun lalu ga ada. Jadi saya kurang tau. Coba tunggu dulu aja, tp sambil nyiapin cadangan kalo seandainya ga lolos

      Hapus
    2. Kem kamu udah dapet email belom? Nunggu berapa lama sampe dapat email nya?

      Hapus
  10. Haii, salken!

    Aku peserta PPA balikpapan, aku juga sempet nunggu 2 minggu utk psikotes online tapi tetep gaada konfir. Jadinya aku hub salah satu cp yg sempat sosialisasiin ppa di skloa aku. Dan katanya kalau 2 minggu ga nerima email = gugur. Aku udh sempet ga mikirin lagi, eh tbtb 8 des ada email untuk ngikuti psikotes online. Dan skrg lg nunggu panggilan interview 1

    Semangat yaa! Berdoa aja supaya dapat email 😀 Gby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Salam kenal.. Iya, kadang memang ga tentu.. Makanya disarankan utk yang lainnya, yg sedang menunggu kabar, harap bersabar dan coba tunggu dulu. Tapi sembari nunggu, alangkah baiknya siapin cadangan juga kalau misalnya ga lolos.
      Thanks udah sharing ya, semangat juga.. Semoga berhasil :)

      Hapus
    2. Akarin nunggu berapa lama sampe dapet email?
      Terus isi emailnya tentang apa? Kayak ngisi soal2 tentang psikotest lagi kah?

      Hapus
  11. Mau tanya mbak brp lama kita hrs menunggu pengumuman interview ke 2 krn sy ikut ppti bca 2016

    BalasHapus
  12. Mau tanya pengumuman interview ke 2 kira2 berapa lama.mksh

    BalasHapus
  13. Kak mau tnya kalo sudah ttd kontrak apa yg terjadi kalo kita mau batalin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pas ttd kontrak pertama, ga masalah.. Tp pas ttd kontrak kedua (pas udh masuk kuliah), ada denda nya

      Hapus
    2. dendanya apa kak?
      tolong responnya

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Kak tmnku uda medical check up. Sdgkan aku blm dpt info lolos atau enggak. Padahal aku duluan interview 2. Tapi bedanya dia ppti, aku ppa. Jadi menurut kakak shrsnya info pengumumannya sama atau beda yg ppti sama ppa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm bisa beda-beda. Coba tunggu dulu aja. Temenmu yg sesama ppa ada yg udh dipanggil medical check up blm?

      Hapus
    2. Hei stevanie.. temenmu yg lolos ke medcheck udh ttd kontrak? Brp lama pengumumannya?

      Hapus
  16. Tmnku yg ppa ditelp tapi blgnya dia jadi cadangan. Sdgkan aku gk di info sama sekali kak :( tapi ada 1 tmnku juga ppa blm di info sama kek aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tunggu dulu aja.. Siapa tau emang blm dikabarin.

      Hapus
  17. Kak nanya dong, hampir 50 persen mahasiswa ppa bca di drop out gara gara tidak memenuhi syarat, emang bener ya kak?
    Mohon infonya ya kak

    BalasHapus
  18. Kak nanya dong, hampir 50 persen mahasiswa ppa bca di drop out gara gara tidak memenuhi syarat, emang bener ya kak?
    Mohon infonya ya kak

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Kak agnes mau nanya...
    Tiap tahun ppa bca kuota nya berapa orang ya kak?
    Apa tiap tahun cuman disediain satu kelas? Terus satu kelas isinya berapa kak?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap tahun 3 kelas... 1 kelas sekitar 40-an org

      Hapus
  22. buat temen- temen yang udah ngelewatin interview 1,kira-kira jarak dari ngerjain psikotes 2 sampai dikabarin buat interview 2 berapa lama ya..?
    q udah ngerjain psikotes online 1 minggu yang lalu, deadline psikotes online tgl 26 januari, smpe sekarang masih nunggu kabar

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. ka agnes biasanya kalo test itu hari sekolah apa pas hari sabtu-minggu?

    BalasHapus
  25. Kak mau tanya ya :) maafkan jika merepotkan. Karena saya ikut kurikulum 2013 dimana ada beberapa pelajaran lintas minat yang on/off gitu, kadang di smt pertama ada tapi di smt kedua ngga ada. Jadi rapot saya berbeda emang :')
    Nah, yang saya ingin tanyakan. bagaimana cara pengisian kolom nilai rapot jika ada kasus:

    Urutan nilai rapot saya yang bagian peminatan:
    -Matematika
    -Biologi
    -Fisika
    -Kimia
    -Geografi
    -Ekonomi
    -Bingg linat

    Nah dikolom smt 1 matpel Geografi diexcel itu masuk ke kolom AR, Ekonomi di kolom AS dan Bingg dikolom AT. Lalu pada smt 2 nilai Geografi saya ngga ada (off)
    Naah apakah bagian kolom AR di smt 2 dikosongkan atau justru nilai Ekonominya naik jadi ke kolom AR, nilai Bingg naik ke kolom AS?

    Mohon bantuannya yaa.. Semoga anda dapat mengikuti tes selanjutnya dan diterima. Aminn.. Terima kasih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab kalo sepengalaman saya misalnya di semester 1 dan 2 ada pelajaran ekonomi eh semester 3, 4, 5 udh gak ada lagi pel. Ekonominya jadi dikolom yang semester 3,4,5 dikosongi aja nilai ekonominya yg di semester 1 2 tetap di tulis nilai ekonominya

      Semoga membantu

      Hapus
    2. Mbak jasmine. Aku juga gitu tapi terlanjur ngisinya gak kayak gitu.. gimna dong? Apa harus daftar ulang lagi yaaa

      Hapus
  26. kak untuk upload fotonya itu foto bebas atau formal kak? ty

    BalasHapus
  27. Kak waktu kelas 10 saya ada pelajaran bhs. Sunda tapi pas kelas 11 pelajaran nya diilangin, nah terus nanti pas isi form nilainya gimana?

    BalasHapus
  28. Maaf ka mengganggu mau Tanya. Saya yang di form nilai cuma nilai matematika yang di isi.. Ini gimana ya??? Apa saya harus daftar ulang lagi ka?? Terimakasih.

    BalasHapus
  29. Kak mau tanya
    Raport nya harus diketik dari form yang di download ya? Gk bisa kalo raport nya aku foto terus di upload ya?

    BalasHapus
  30. Ka,kalo belum punya ktp gimana?bisa ngga?terus ka riwayat pendidikan nya itu gimana ya?sedangkan aku masih awal kelas12

    BalasHapus
  31. Ka,kalo belum punya ktp gimana?bisa ngga?terus ka riwayat pendidikan nya itu gimana ya?sedangkan aku masih awal kelas12

    BalasHapus
  32. Ka kalo salah masukin input data kaya saya milihnya ppti tapi yg ke pilih itu ppa itu gimana ka?

    BalasHapus
  33. Kak kalo rumahnya di Jawa timur tapi daftar di Jabodetabek bisa nggak kak?

    BalasHapus
  34. Kak kalo misalkan yg tahun ini gagal, tahun depan bisa daftar lagi ga?

    BalasHapus
  35. Kak, pas ditanya pernah mengalami stress. Kakak jawab apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab saja yang jujur tapi harus disertai alasan yang logis, misal ya stress karena belajar giat buat ujian (alasanya ingin nilai bagus)

      Hapus
  36. Ka, mau nanya. Kenapa ya pas mau apply pendaftaran ga valid terus, padahal datanya udah bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada data yang belum kamu isi.. pastikan isi semuanya

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Kak ,misalnya nih diterima di ppa bca
    setahun kemudian ,ada niat pindah kuliah
    itu gimna ya kak? ada dendanya ya?
    kira" dendanya apa kak?
    tolong responnya ya kak :)

    BalasHapus
  40. kak kalo ngisi rapot nya ga pake rata rata apa gapapa kak?apa bisa daftar ulang lagi?

    BalasHapus
  41. kak kalo ngisi rapot nya ga pake rata rata apa gapapa kak?apa bisa daftar ulang lagi?

    BalasHapus
  42. Kak mau tanya.. kan wktu tgl 3 agustus kmrn saya dpt email utk mengikuti psikotest yang sudah saya tunggu tunggu di tanggal 11 agustus kmrn.. ternyata saya melewatkannya dan baru tau tgl 16 kmrn.. kalau saya jawab tidak hadir bagaimana ya kak? Trs kalau kaya gitu situasinya kalau daftar ulang apa msh bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok sama, tpi klo gue kelewatan tes onlinenya. Itu gugur apa gimana wkwk

      Hapus
  43. Saya udah daftar tapi katanya datanya gak valid.kata teman aku masukin nomor hp salah.yang benar gmana ya?

    BalasHapus
  44. Gini, saya udah ikut tes online ni, Jadi 1 hari setelah tes saya dapat sms suruh cek email tentang lamaran saya mau masuk BCA, tapi email itu tidak ada, Biasanya setelah tes berapa lama d hubungi untuk ikut tes selanjutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak maaf saya mau tanya nihh, kalau kita udah isi formnya truss mau apply, kenapa selalu gabisa dan muncul data belum valid terus ya?

      Hapus
    2. Bantu jawab, mungkin ada yang belum diisi karena pengisiannya harus lengkap, saya juga daftar ppa bca 2019 dan ini masih menunggu email buat interview 2

      Hapus
    3. Boleh tanya.. gimana ya balasan kalo udah di suruh tes online kalo boleh tahu

      Hapus
    4. Boleh tanya.. gimana ya balasan kalo udah di suruh tes online kalo boleh tahu

      Hapus
  45. Kak saya kan baru daftar .. dapat sms untuk mengikuti lanjutan proses dari lamaran dan di suruh cek emailnya..
    Tapi di emailnya tidak ada itu? Gimana ya penjelasannya

    BalasHapus
  46. dari nunggu antri sampai selesai kira2 berapa lama kak??

    BalasHapus
  47. Ka mau tanya memang psikotesnya itu 2 kali ?

    BalasHapus

Back to Top