Hidup Tak Serumit Itu

Diposting oleh Label: di
Banyak hal di dunia ini yang terjadi di luar kendali kita. Dan kita sebagai manusia hanya berperan untuk menanggapinya.

Hidup selalu memberi pilihan, dan sekali lagi kita lah yang harus memutuskan. Kita tak mungkin berdiri di atas 2 perahu. Mungkin saja salah satu dari perahu tersebut akan karam, sementara yang lainnya akan mencapai muara. Karena itu, kadang kita ragu saat akan memilih. Takut pilihan kita jatuh di kapal yang karam. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kita berjuang tuk mengubah haluan. Tiap perjalanan pasti memberi banyak pelajaran, meskipun pada akhirnya tidak berujung pada pulau harapan. Bukannya tidak, tapi belum waktunya. Semua akan terjadi di waktu yang tepat untuk seseorang yang tepat. Maka dari itu, siapkan dirimu selagi menunggu waktu yang tepat, agar kau siap menyambut apa yang disebut mereka sebagai kemenangan.

Kadang semuanya menjadi rumit. Menurutmu, siapakah yang telah mengkusutkan segumpal benang? Jawabannya adalah diri kita masing-masing. Coba kita lihat dari sudut pandang yang lain, mungkin semuanya terlihat begitu sederhana. Sayangnya, manusia sering membesar-besarkan masalah, seolah-olah dirinya lah yang paling menderita. Manusia sering memilih tuk melihat dari sisi yang negatif, yang akhirnya menstimulus pikiran dan perasaan kita turut menjadi negatif juga. 

Setiap problematika dalam hidup ini mempunyai jalan keluar. Nah, tergantung diri kita, ingin menengok jalan keluar itu atau tetap berfokus pada masalah?

Orang bilang, semuanya tidak serumit apabila menyangkut hati. Hati seringkali mengambil peran di luar kendali kita, bahkan menentang pikiran kita. Namun, hati juga begitu rapuh. Jika ia terluka, ia akan mempengaruhi kinerja kesatuan tubuh. Hati mampu memberikan kebahagiaan, sekaligus penderitaan yang luar biasa. Hati dapat membelenggu kehidupan manusia, namun dapat membuat kita ringan seperti kapas. Kadang, jika hati telah memilih, semua menjadi tak berkutik. Peperangan antara hati dan otak, seringkali melelahkan batin.

Hidup memang rumit, tapi tak sampai menutup pintu kebahagiaan...
Hidup memang perjuangan, tapi di dalamnya mengandung kenikmatan...
Hidup diperuntukkan bagi siapa saja, namun yang membuatnya berbeda adalah kesiapan kita untuk keluar sebagai pemenang...
Posting Komentar

Back to Top