Ada Saatnya Melangkah Maju, dan Ada Saatnya Harus Berhenti

Diposting oleh Label: di
Ga ada satu hal pun di dunia ini yang akan berjalan baik jika dipaksa. Dan ga ada satu orang pun di dunia ini yang akan seneng kalo disuruh melakukan sesuatu dengan terpaksa. Intinya, sesuatu yang dipaksakan itu pasti rasanya ga enak. Betul kan?

Begitupun juga dengan kehidupan ini, kita mesti tahu kapan kita harus melangkah maju untuk meraih apa yang kita inginkan, dan kapan kita harus berhenti. Jika kita terlalu maksain kehendak, maka semesta ga akan mendukung kita untuk mencapainya. Malahan hanya menyisakan kecewa bagi diri sendiri maupun orang lain yang telah menggantungkan harapan setinggi langit dan berusaha sekeras mungkin. Dalam hidup ini, kita bebas melakukan apapun, namun tetap ada batasannya. Sehingga ga semua hal bisa kita dapetin, dan kita harus tau itu agar kita ga terus melangkah tanpa hasil. Ibaratnya seperti jalan di perumahan, ada yang bisa membawa ke jalan yang lebih besar lagi (jalan raya), tapi ada pula jalan buntu.

Gue sendiri lagi bingung harus tetep melangkah maju, atau mutusin buat berhenti aja. Saat ini gue berpikir untuk terus berjuang, tapi sedetik kemudian gue berpikir untuk menyerah aja. Ya kayak remaja ababil gitu lah, walau seharusnya gue udah memasuki usia dewasa, tapi entah kenapa jiwa labil itu masih nyisa di diri gue hehe... Gue merasa banyak hal di luar kuasa gue, sehingga gue ga bisa berbuat apa-apa lagi. Walau jujur aja  gue masih menginginkannya dan berharap.

Gue gatau apa gue udah kehilangan semuanya atau belum dalam sebulan ini. Gue mencoba segala cara untuk survive dan nyembuhin hati gue. Gue mati-matian mencoba agar masalah-masalah ini ga ganggu kuliah gue. Semuanya terasa jauh dan gue ngerasa sendiri. Gue kehilangan satu-satunya sahabat sekaligus orang yang gue udah anggep seperti cece sendiri. Gue juga kehilangan harapan untuk seseorang. Dan gue lagi bingung ngadepin ortu gue. Banyak hal yang bikin gue kecewa sehingga gue gatau harus ngapain. Satu hal yang gue tau adalah gue udah ngerasa lelah untuk melangkah tapi gue belom mau berhenti. Nah loh, bingung kan... Dimana ada rasa sedih karena kehilangan seseorang, tapi saat inget orang itu gue juga ngerasa marah, dan gue ga bisa ngeluarin itu semua. Jadi hati gue itu kayak bom aja yang sewaktu-waktu bisa meledak dan ngancurin semuanya.

Di satu sisi gue kangen moment sama orang itu, tapi di sisi lainnya gue ga bisa nerima orang itu lagi atas apa yang udah terjadi. Gue belum pernah ngebenci orang selama ini, palingan cuma kesel bentaran doang trus lupa deh. Tapi untuk kali ini, gue ga bisa untuk ga sedih atau marah pas ngingetnya. Apa karena gue belum berdamai dengan masa lalu ya? Satu hal yang gue takutin adalah lama kelamaan rasa sayang gue berubah jadi benci ke orang itu. Gue gatau harus gimana :'( Gue terlanjur kecewa dan gue ga bisa buat percaya dan deket lagi dengan orang itu. Sedangkan orang itu dateng dan bilang pengen deket lagi, tapi dia ga nunjukin dirinya emang mau deket sama gue lagi, dia ga berusaha komunikasi sama gue, dll, dia tetep ngejauh dari gue dan ngebuat diri gue ga berharga.

Ada hal-hal yang ga mungkin bisa lagi kayak dulu. Walau kita sama-sama menginginkannya, tapi pasti feel nya beda. Saat inilah gue sadar semuanya udah terlanjur hancur dan ga bisa diperbaiki lagi, saat ini pula gue mutusin berhenti.

Setiap manusia harus mampu mengambil keputusan dalam hidupnya. Sama halnya dengan gue, gue mesti mutusin tetep maju atau ngelepas semuanya. Karena kalo gue ga bisa ngambil keputusan, gue hanya membuat diri gue sendiri menderita dan juga orang lain. 
Gue juga ga mau bikin orang lain kecewa lagi gara-gara gue, udah cukup yang dulu pernah terjadi, gue ngerasa jadi orang yang kejam karenya nyakitin perasaan orang, walau bukan diri gue yang sepenuhnya salah karena keadaanlah yang ga tepat. I'm so desperate...

Gue baru aja kehilangan sahabat gue (seperti yang udah gue bilang di atas) karena gue mutusin untuk berhenti. Sekali lagi gue harus ngerasain sahabat gue diambil orang lain (walau problem yang kali ini lebih kompleks). Dan ga cukup dengan semua rasa sakit itu, gue harus dihadapkan lagi dengan kekecewaan lainnya. Ada hal yang ingin gue perjuangkan, namun bersamaan dengan itu semua pintu kesempatan menutup. Hingga memaksa gue mematahkan hati sekali lagi. Syukur-syukur kalo dampaknya cuma ke gue. Kalo ke orang lain juga, bisa tambah ngerasa bersalah gue. Hufffttt.. Tersisa sebuah rasa kesepian dibalik keceriaan yang gue berikan pada dunia luar untuk menunjukkan I'm OK.
Ga perlu nunjukkin kesedihan lu ke semua orang. Karena banyak orang yang cuma mau tau apa masalah lu, bukan bener-bener peduli. Terlihat baik-baik aja akan lebih baik daripada menerima tatapan dikasihani dari orang lain.

Ya tapi gue yakin kok tiap masalah yang terjadi akan mampu gue hadapin karena Tuhan memberikan kekuatan di dalamnya. Dan tiap masalah menyimpan hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Gue yakin gue bisa sembuh dari segala rasa sakit ini, mungkin butuh waktu. Gue yakin masalah ini akan mendewasakan diri gue, dan bukan menghancurkan. Masalah tercipta karena manusia, oleh manusia, dan untuk manusia yang lebih baik. Badai akan berlalu, dan selepas badai akan ada matahari yang muncul untuk menghangatkan. Semoga...
Posting Komentar

Back to Top