Latihan Mengetik Cepat

Diposting oleh Label: di

Sekarang ini udah bukan jaman batu lagi, apalagi jaman edan. Tapi ini adalah jaman milennial, dimana teknologi berkembang dengan sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan manusia dan terus menerus diperbarui. Manusia sebagai operator dan pengguna teknologi ini, harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat rumit agar ga norak dan ketinggalan jaman. Manusia juga perlu dipoles agar makin canggih, baik secara skill maupun dalam kemampuan analisisnya. Kalo bukan manusia yang gunain teknologinya, lalu siapa lagi? Kan sia-sia kalo teknologi udah semakin canggih, tapi ga bisa kepake gara-gara ketidakmampuan manusianya... hmm.. 

Selain memudahkan kita, tak bisa dipungkiri bahwa teknologi menawarkan banyak kenikmatan yang memanjakan sejuta umat manusia. Tapi gue ga akan bahas lebih jauh lagi tentang teknologi ini, cukup sudah kata pengantarnya sampai sini haha.. Nanti kalo gue terlalu lama berbasa-basi, malahan jadi basi beneran lagi, trus readers pada kabur semua X_X

Disini gue akan sharing pengalaman gue dalam melatih kemahiran dasar menggunakan komputer, yaitu mengetik. Bagi gue, kelancaran mengetik sangat berfaedah dan mempunyai banyak manfaat. Yang pertama biar bisa hemat waktu dalam ngerjain tugas sekolah yang kebanyakan pake komputer. Buat paper lah, makalah lah, powerpoint lah, kliping lah, dan sebagainya. Yang kedua, supaya ga malu-maluin. Nah gue pernah nih waktu SMP disuruh ngetik sama guru gue (bantuin kerjaan dia gitu lah). Karena gue anak yang baik dan berbakti sama guru, gue pun bantuin beliau tanpa mengharap balas jasa *tapi ngarep nilai*. Waktu itu gue jarang banget nyentuh komputer, palingan cuma seminggu sekali lah pas pelajaran TIK. Soalnya gue baru punya laptop pas kelas 3 SMP, itupun harus berbagi dengan koko gue. Nah jadinya waktu itu gue ngetiknya lama banget, kayak siput jalan. Gue ngerasa malu sih, tapi ya mau gimana lagi. Yang ketiga adalah supaya ga diledekkin koko gue. Ya salah satu motivasi gue belajar ngetik cepet adalah karena dulu koko gue mampu mengetik lebih cepet dari gue dan dia ngeledekkin gue mulu. Alhasil gue kesel dan terpacu untuk ngalahin dia dalam hal mengetik. Emang ya terbukti kalo orang yang remehin kita itu bisa menjadi motivasi terbesar untuk belajar, makanya berterimakasihlah pada mereka yang meremehkan kita hehe... Dan kemarin itu gue berhasil ngalahin dia dalam mengetik dan membuat dia terkagum dengan perkembangan pesat gue. Apa sih rahasianya? Ini diaaaaa.....

Belajar nempatin jari di keyboard sesuai kodratnya
Gue paling sering liat orang ngetik pake 11 jari *Loh kok bisa (?) Jari kita kan cuma ada 10* Maksud 11 jari gue adalah orang yang ngetiknya pake telunjuk kiri dan telunjuk kanan doang. Ada sih orang yang bisa cepet dengan gaya ngetik gitu, tapi menurut gue hasilnya kurang optimal dan ga bisa secepet orang yang menggunakan 10 jari sesuai kodratnya. Yang gue maksud sesuai kodrat disini adalah tempatkanlah 10 jari di atas huruf-huruf yang seharusnya. Kan ada tuh pelajaran ngetik 10 jari, dan disana dikasih tau posisi masing-masing jari dengan tepat. Tapi gue sendiri ga nurutin teori banget, soalnya gue ga bisa. Biasanya kalo gue ngetik palingan yang berfungsi cuma 9 jari. Kelingking kanan gue sering ga produktif dan naik sendiri haha.. Kan harusnya kalo mau pencet tombol huruf P itu pake kelingking kanan, nah ini gue pake jari manis atau tengah. Tapi orang yang ngeliat gue ngetik sering terkagum-kagum karena nganggep gue ngetik pake 10 jari wkwk mereka tertipu (padahal kelingking gue sering nangkring sendiri). Jadi menurut gue, ya sebisa kalian aja. Kalo jari kalian susah diajak kerjasama, ya jangan dimarahin...

umardanny.com

Maen games bikin belajar ngetik jadi seru
Biar belajar ngetik terasa have fun, ga ngebosenin, dan cepet mahirnya, gue nyari games yang asyik nih. Dulu sih gue sering main typing races, typing maniac, fast typer, di facebook. Trus gue juga main Tulva di agame.com, zType di zty.pe, typer shark, dan masih banyak lagi. Nah dari main games doang kecepatan ngetik gue maju secara signifikan. Trus untuk ngetes kecepatan ngetik gue, biasanya gue coba di 10fastfingers.com, disitu bisa keliatan 'word per minute' (WPM), tingkat akurasi, dan sebagainya. Terakhir gue nyoba kecepatan ngetik gue 90 WPM.



Konsisten latihan
Jika pengen jago dalam suatu bidang, pastinya butuh proses dan latihan yang konsisten. Sama halnya dengan mengetik, kalo mau terbiasa ngetik cepet, ya harus sering latihan. Ga ada yang bisa diraih dengan instant tanpa usaha apapun. Jadi sabar-sabar ya. Percaya aja kalo semuanya akan indah pada waktunya wkwk.. Idealnya menurut gue, tiap hari  ngetik beberapa kalimat gitu biar jarinya lemes dan makin cinta sama keyboardnya *lol

Belajar ga perlu liat keyboard lagi
Setelah skill mengetik cepat lu terasah, jangan lupa untuk menambahkan 1 skill lagi, yaitu ngetik tanpa liat keyboard. Harusnya sih otomatis bisa sendiri ya. Soalnya ketika lu udah terbiasa ngetik dengan cepet atau udah sering banget ngetik, lama kelamaan pasti tuh tombol akan terhapalkan dengan sendirinya. Seakan-akan jari lu punya mata untuk ngeliat letak tombol yang hurufnya mau lu pencet. Jadi lu tinggal liat di layar monitor, memastikan ga ada typo (salah ketik).

Sekian tips and trik mengetik cepet ala gue. Postingan ini murni berdasarkan pengalaman gue, dan terbukti karena gue sendiri yang lakuin itu. Walau masih banyak yang ngetiknya lebih cepet dari gue dan lebih jitu dalam memberikan tips and trik, kan ga ada salahnya buat gue sharing. Siapa tau menambah referensi cara latihan ngetik cepet yang seru buat kalian hehe... Yang jelas, menurut gue, penting banget untuk punya skill ngetik cepet karena bakal kepake buat tugas sekolah, buat kerjaan kantor, dan hal-hal lainnya yang udah serba komputer dan gadget.

See u guys.. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

Back to Top