My Second and Third Medals

Diposting oleh Label: di

Mengingat medali pertama yang gue peroleh dengan mengandalkan keajaiban dan hoki, terasa sedikit menyesakkan dan membanggakan (medali yang gue ga pernah sangka bisa gue kalungi di leher). Dimana, gue masih inget yang ngasih medalinya bapak Anies Baswedan, beliau masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan waktu itu. Rasa bangga dan haru memenuhi dada ini, apalagi entah kenapa gue bisa ditunjuk dan diberi kehormatan untuk mewakili temen-temen pemenang yang lain untuk mengikuti konferensi pers. Seketika gue berasa menjadi orang penting haha... *sombongdikit*. Tapi hal yang menyesakkan adalah medali pertama yang sangat sangat sangat berharga dan sarat akan kenangan (saksi hidup dari air mata, kerja keras, keringet dari otak) itu harus dengan sukarela gue taro di sekolah, sebagai bentuk pengabdian pada almamater. Ya soalnya waktu itu ga dikasih piala, jadi sebagai kenang-kenangan bagi pihak sekolah, medali gue yang dikorbankan huhu.... Sedih sih, tapi mau gimana lagi. Ikhlas... Ikhlas... wkwk

Stop flashback!
Back to reality... Hahaha 
Gue kira setelah medali pertama itu, gue ga bakal dapet kesempatan untuk mengalungi medali lagi. Soalnya gue merasa makin lama bukannya makin hebat, malahan makin cupu hehe.. Eh ternyata ada jalan yang tak terduga, yang mengantarkan gue padanya. Kayak anak kecil ya gue seneng banget dapet medali wkwk... Medalinya mungkin ga seberapa, tapi kisah dibaliknya yang gue yakin luar biasa dan menyimpan sejuta kebanggaan #aseekkk

Jalan apa yang mengantarkan gue pada medali kedua sekaligus medali ketiga? Jalan yang ga pernah gue ramalkan sebelumnya, yaitu lewat Parung, belok kiri, lurus dikit, nyampe deh. Yeah, ga lucu ya.... Bukan itu maksud gue, jalan yang gue maksud adalah melalui salah satu cabang olahraga (berasa atlet ya gue) yaitu tenis meja a.k.a pingpong. Ga nyangka kan readers? Sejak kapan coba gue berkecimpung di dunia tenis meja... Ya percaya ga percaya, tapi itulah faktanya... Walau gue ga pernah cerita juga di postingan sebelum-sebelumnya tentang tenis meja hehe... Maaf ga ngabarin readers ya *peace*


The best spot in my campus

Gue baru kenalan sama tenis meja sekitar pertengahan tahun 2017. Dan itu benar-benar gue dari nol belajarnya. Ibarat bayi yang baru belajar jalan dan ngerangkak. Ya itulah. Bayangin aja betapa cupunya permainan gue pas awal-awal. Malahan rasanya ingin ketawa aja. Bola belum mendarat di meja pun, udah gue pukul waktu itu, maklum masih berasa main badmin haha.. Mulanya gue maen pingpong cuma buat maen-maen iseng aja, ga ada niatan lebih. Soalnya letak meja pingpongnya deket banget sama kelas gue, tinggal ngesot nyampe. Kan sayang kalo gue ga memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang telah disediakan (mubazir nanti). Jadi ya ga ada salahnya kalo gue iseng maen pas jam istirahat, tapi itupun berebutan dengan kakak kelas dan anak laki-laki lain yang udah pada jago, mainnya musti gantian gitu. Dan gue sebagai pendatang baru juga pemula, gue merasa ga pede main bareng mereka, adanya bikin permainan jadi kacau balau. Ga nyangka ternyata keisengan gue berbuah jadi iseng-iseng berhadiah.

Waktu itu pingpong cuma diminatin sama beberapa anak cowo yang emang pada bisa maen. Ya bisa dibilang pamor nya pingpong kalah sama olahraga lain lah. Yang membuat animo orang-orang ke pingpong meningkat karena di tempat kuliah gue tiba-tiba diadain lomba tahunan untuk cabang tenis meja. Semacam lomba antar kelas, kalo jaman sekolah disebutnya classmeeting gitu. Nama lomba nya itu PARTY (bukan pesta ya, ini beneran lomba seni dan olahraga kok). Tahun-tahun lalu cuma ada vocal group, dance, basket, futsal, badminton, dan catur. Tahun 2017 dadakan diadain tenis meja (mungkin karena ada mejanya wkwk)... Biasanya nih lomba ada di sektiar bulan Oktober atau November gitu tiap tahunnya. Nah, gue udah mulai kenalan sama tenis meja sebelum lomba itu diumumkan. Jadi, mungkin emang jodoh gue kali ya pas gue seriusin main pingpong, pas diadain lombanya hehe..

Dan karena waktu itu peminatnya ga banyak, orang yang main itu-itu aja sampe bosen, alhasil belom ada tuh ekskul pingpong. Gue belajar dan latian secara otodidak setiap hari bareng temen gue. Dia mau bantu ngajarin. Ya walau awalnya gue sedikit bebal, tapi lama-lama gue terbiasa dan ketagihan. Sejak pertama kali gue megang bat (nama raket di pingpong) dan mukul bola, rasanya ketagihan boo.. Kayak ada candu-candu gitu deh haha.. Kalo ga percaya, cobain aja sendiri. Gue sih yang awalnya niat cuma maen-maen, jadi serius pengen bisa kayak anak-anak cowo lain, karena gue ngeliat permainan mereka keren abissss. Ya ada ambisi di diri gue untuk jadi seperti mereka, kalo bisa lebih hebat dari mereka (padahal mereka guru gue haha) walau gue ini cewek. Ambisi gue semakin besar karena waktu itu bisa dibilang cewek yang bisa maen pingpong cuma 2 atau 3 orang, bisa diitung pake jari, dan itupun pada belom mantep banget, jadi ya gue pengen bisa aja.

Kalo kata kakak kelas yang waktu itu sering maen sama gue sih, perkembangan gue cukup cepet dalam belajar pingpong, ya cuma dalam 2 atau 3 bulan gue udah bisa maen lumayan bagus. Mungkin berkat gue latian tiap hari tak kenal lelah dan waktu. Bahkan hari sabtu dan minggu gue sering nyolong-nyolong maen disitu, saking cinta nya gue sama pingpong :D Dan gue sadar, kuncinya kalo mau bisa maen itu ya latian tiap hari, biar tangannya terbiasa dan nemu feelnya sendiri. Jujur aja, kalo gue disuruh ngelatih orang sampe bisa maen pingpong, gue ga bisa. Karena gue ga terlalu ngerti secara teknik harus gimana, gue bisa praktekinnya doang dengan menggunakan feeling. Dan aliran main gue lebih ke konservatif, gue bukan tipikal main yang bisa smash kenceng-kenceng gitu, palingan gue main defense atau menyerang dengan spin. Jadi gue berusaha kuasain banyak teknik spin, mulai dari top spin, side spin, dan back spin. Awalnya gue bisa ngespin itu karena ngeliatin orang main, gue liatin aja tuh gerak tangannya, dan gue tiru sampe nemu feelnya! Dan gue juga mengasah servis gue dengan berbagai model supaya lawan susah balikin servis gue (kalo bisa gue bisa dapet poin dari lawan pas servis). Dan sekarang gue punya 5 teknik servis.

PARTY tahun 2017 gue diturunin main di ganda putri karena gue udah biasa main bareng sama partner gue ini. Lagian dia aliran keras (smash) dan gue aliran spin, ya jadi kalo dipasangin cocok lah. Awalnya gue ga ngarep-ngarep banget bisa menang sampe dapet medali emas, soalnya ada kakak kelas cewe yang jago (dia udah bisa maen duluan sebelum gue kenal sama tenis meja). Ya maybe dewi fortuna lagi di pihak tim gue, jadinya gue bisa deh ngerebut medali emas ganda putri. Dan ini menjadi tantangan bagi gue untuk bisa pertahanin apa yang gue udah dapetin saat PARTY tahun 2018 (PARTY terakhir yang bisa gue ikutin sebelum lulus).

Oh ya, karena udah ada lomba tenis meja, maka animo temen-temen untuk main pingpong meningkat dan diadainlah ekskul pingpong *yeay... Gue cukup aktif dan rajin ngikut tuh. Model latiannya mukul 100 bola berturut-turut sampe pegel, sampe encok hehe.. Tapi itu sangat berguna untuk ngebentuk posisi tangan kita saat mukul. Tapi sayangnya gue sempet vakum maen pingpong sekitar 6 bulan di awal tahun 2018 karena lokasi mejanya dipindahin, jadi jauh deh sama kelas gue, dan gue mager kesananya hehe...

Kegiatan Ekskul Pingpong


Setelah lama ga maen, tangan rasanya kaku dan jadi aneh. Ya perlu pembiasaan lagi sih. Dan, sampailah pada PARTY 2018, hmmm rasanya deg-degan cuyy.. Jauh lebih deg-degan karena kata orang mempertahankan itu lebih sulit daripada merebut. Gue hanya bisa mengusahakan yang terbaik buat tim gue. Belom lagi waktu latian yang terbatas dan kesibukan kuliah yang membuat tim kami sulit latian. O ya, nama tim kami di PARTY 2018 adalah MOCKING JAY, dan kami bikin jersey nya biar kompak hehe... Di lomba ini, cuma ada 3 cabang, yaitu ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran. Dan di tahun 2018, gue kembali diturunin di ganda putri dengan partner yang sama. Syukurnya tim gue bisa mempersembahkan medali emas kembali sebagai bonus dari usaha keras kami masing-masing. Walau medali yang gue peroleh ini cuma berasal dari lomba antar kelas, tapi ya tetep aja ada rasa bangga, karena sebenernya bagi gue yang terutama itu bukan medalinya, tapi proses untuk mendapatkan medalinya yang musti kita nikmatin. Medali itu cuma sebagai bukti bahwa hasil ga akan mengkhianati proses.


Sayangnya gue cuma ada foto-foto pas PARTY 2018.. Ya siapa tau pada mau liat-liat hehe..

Doa sebelum lomba with partner ganda putri
With Mocking Jay Team (PARTY 2018)

With Mocking Jay Team (PARTY 2018)

Doain aja ya readers, ada medali keempat dan seterusnya yang tak terduga :)


Posting Komentar

Back to Top