Ngomongin apa ya? Buku kali ya...

Diposting oleh Label: di

Membicarakan sesuatu yang kita sukai merupakan salah satu hal yang ampuh untuk memicu semangat, termasuk semangat dalam menulis dan sharing hal-hal sepele kayak gini. Gue yang notabene udah jarang banget nongol di blog, jadi ngerasa kehabisan ide dan bahan tulisan. Padahal kalo diinget-inget, dulu pas gue masih aktif ngeblog, rasanya ide ini ga ada abisnya, selalu ada ilham untuk menggerakkan jemari di keyboard. Yupp mungkin setelah sekian lama gue jarang nulis, alhasil otak gue jadi tumpul dan rasa males memprovokasi gue untuk melupakan sejuta cerita dalam blog ini. Hmm.. rasa males yang meninabobokan sekaligus melenakan gue #janganditiru.

Daripada terlarut dalam omong kosong yang makin lama makin ga jelas ini, gue langsung aja focus on the topic. Walau gue bingung banget mau nulis tentang apan, akhirnya gue putusin nulis tentang buku hehe...

Seperti para readers tau, kalo dunia gue ga jauh-jauh dari buku. Why? Bagi gue, buku sangat sangat sangat ampuh mengusir kebosanan gue di waktu gabut atau liburan kayak sekarang ini. Buku membuat gue bebas berimajinasi membayangkan orang yang menjadi tokoh-tokoh dalam ceritanya. Buku memberikan banyak pelajaran kehidupan baik secara tersirat maupun tersurat. Melalui buku, gue menemui banyak pengalaman dan belajar darinya tanpa harus benar-benar mengalaminya. Nah, karena alesan-alesan itulah, gue lebih suka baca buku ketimbang nonton film. Kalo ada cerita novel yang di film-in, gue akan lebih memilih buat baca novel nya aja haha..

Dan, koleksi novel gue saat ini udah mencapai 1 dus lebih mmm... Ya sebagian besar gue beli, tapi beberapa merupakan pemberian dari orang terkasih, seperti temen, gebetan, pacar (emang punya?) haha.. Sebagian besar hadiah ulang tahun gue berupa buku, because they know me so well... Foto ini cuma "sekelumit" dari tumpukan buku gue yang tersebar di kontrakan Sentul dan rumah Jakarta.




Biasanya gue beli buku di toko buku (ya iyalah, masa di toko bangunan) kayak Gramedia, atau secara online di grobmart, bukukita, shopee, tokopedia, dan lainnya. Tapi, kebanyakan gue beli buku-buku promo atau bekas gitu. Banyak sih yang baru, tapi biasanya gue beli yang produk sedikit cacat atau kurang laku gitu dengan harga miring wkwk...  Ya tapi gue pilah-pilih cerita yang bagus (yang sesuai dengan kesukaan gue) dan buku yang kualitasnya ga buluk-buluk amat. Gue sebagai penikmat promo, biasanya beli buku di pinggiran Gramedia alias Gramedia Expo. Kan sering tuh selama beberapa minggu di mall-mall tertentu digelar Gramedia Expo yang letaknya di depan atau di samping-samping Gramedia asli nya... Yang penting bukunya ori aja hehe..

Dalam membeli buku, hal pertama yang gue pertimbangkan pastinya adalah isi ceritanya. Biasanya gue liat sinopsis yang ada di belakang buku dulu, kalo membangkitkan dan menggelitik rasa penasaran gue, baru gue lakukan langkah selanjutnya, yaitu ngecek review dan resensi di mbah google. Gue juga liat rating tuh buku di goodreads, kalo rating dan review nya bagus, gue semakin tergerak merogoh kocek untuk memboyongnya pulang. Sambil liat sinopsis, pastinya gue liat cover nya dong. Mau ga mau, suka ga suka, hal yang secara kasat mata pasti terlihat adalah cover nya. Walau ada ungkapan "don't judge the book by its cover", tapi gue ga mau naif dengan memungkiri bahwa cover secara ga langsung menjadi faktor utama penentu laku engga nya sebuah buku. Coba lu bayangin deh, ga mungkin kan lu bacain satu-satu sinopsis semua buku di toko buku? Pastinya yang lu liat di awal itu judul dan covernya, kalo lu ngerasa menarik, baru deh lu baca sinopsis nya. Hal-hal inilah yang membuat gue lama dalam proses pembelian buku, maybe terlalu banyak pertimbangan. Soalnya gue pernah beli buku asal ambil aja, dan hasilnya gue kecewa berat karena ceritanya ga bisa gue mengerti atau bahasanya kacau :(

Lain halnya bila buku yang gue mau beli itu adalah buku yang emang udah gue tau penulisnya kayak Sir Arthur Conan Doyle, Agatha Christie, dan beberapa penulis lainnya. Penulis yang bukunya udah biasa gue konsumsi, pasti terlihat lebih meyakinkan untuk dibaca. Ya walau kadang ga menjamin juga penulis yang sama akan menghasilkan buku yang bagus seperti yang udah pernah dibaca, tapi setidaknya mempengaruhi beberapa persen dalam keputusan membeli buku hehee...

Apa yang gue suka dari buku selain ceritanya? Pertama, adalah bahan kertasnya. Kedua, adalah bau buku baru (I like this so much). Ketiga, adalah tekstur covernya. Beberapa cover novel itu ada efek timbul atau licin saat diraba, nah itu yang gue demen. Oleh karena itu, gue anti nyampul buku-buku gue. Udah jelas kan alesannya kalo gue ga mau kehilangan tekstur asli dari covernya hehe...  Ya tapi resikonya kalo tuh buku kena air atau ketekuk, jadi rusak. Harus pinter-pinter nyimpennya sih biar awet... Kalo baca buku pun, gue ga tega buka bukunya gede-gede, karena nanti lem nya bisa lepas (untuk buku yang kualitasnya kurang baik) atau jadi jelek aja keliatannya.

Gimana dengan cara gue nyimpen buku? Gue belom ada rak khusus buat nyimpen novel-novel gue sih, jadi sementara ini sebagian gue taro dalam dus, sebagian lagi gue taro di rak bercampur dengan buku pelajaran. Gue belom tau mau diapain novel-novel yang udah gue baca, apa mau disimpen aja, atau mau dijual lagi, atau gimana. Mau dijual, sayang. Mau disimpen, bingung taro dimana. Hmm.. Liat aja nanti deh gimana.

Genre buku yang gue suka biasanya seputar cerita misteri, detektif, dan romance yang mengandung kesedihan (biar nyesek bacanya dan dapet feelnya). Gue bisa dibilang anti buku horor, karena gue pernah baca sekali dan efeknya adalah gue terbayang-bayang dan jadi takut sendiri. Gue juga ga demen sama buku berbau fantasi, karena kadang sulit dibayangin dan imajinasi gue ga nyampe hehe.. Cuma 1 buku berbau fantasi yang gue suka, yaitu bukunya Tere Liye yang seri Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Komet. Gue ngikutin ceritanya tuh, tapi masih nunggu kelanjutannya yang katanya bakal nongol di tahun 2019.

Sekian cerita kebersamaan gue dengan buku. Setidaknya gue berhasil mempengaruhi 1 orang temen gue yang awalnya ga hobi baca buku, sekarang jadi addict haha.. See ya !
Doakan gue jadi produktif nulis ya :D
Posting Komentar

Back to Top