Never Be The Last in PPA

Diposting oleh Label: di
Betapa cepat waktu telah berputar...
Perasaan baru kemaren gue nulis (ralat: ngetik) postingan tentang pendaftaran PPA. Eh sekarang udah kelar aje.

Seseorang ngerequest ke gue untuk ngepost tulisan tentang masa-masa gue belajar a.k.a kuliah di PPA hingga selesai. Ya soalnya sebagian besar sumber hanya mengupas kulit luar nya aja atau membahas mengenai pendaftaran, dan ga pernah ada endingnya. Ibaratnya kalo dalam sebuah hubungan, memulai tanpa ada akhirnya #apaseh. Well, gue coba jabarkan pengalaman gue ya (bukan pengalaman tentang hubungan, tapi PPA). Ini murni pengalaman dan based on apa yang gue rasain, kalo misalnya readers ga ngerasa gitu, ya gapapa, ane ga maksa kok hehe... Dan sorry juga, mungkin gue ga bisa bahas detail banget karena nanti tulisan ini jadinya sepanjang jalan kenangan #jangannyanyi

Awal gue masuk PPA, dengan tampang cupu dan pembawaan tomboy. Masih norak-norak gitu hidup di Sentul yang sepi, damai, tenang, adem, dll. Sekarang, gue udah banyak bertransformasi (moga jadi lebih baik), yang pasti lebih kece dengan otak penuh ilmu dan softskill yang bertambah. Gue masuk tanggal 12 Agustus 2016 di batch 42 dan kemaren graduation tanggal 21 Maret 2019. Kurang lebih 2,5 tahun lah. Pasti banyak banget yang gue dapetin disini, termasuk keluarga kedua gue di Sentul, yaitu Fortresser (nama angkatan kelas gue). Gonna miss u guys ❤️

Hal pertama yang harus kalian tau adalah bahwa di PPA itu isinya ga melulu soal belajar ujian dan hal-hal stress lainnya. Ternyata kuliah di PPA ga se-hectic yang gue bayangkan semula. Tenang aja kawan (terutama kalian yang baru akan masuk ke sini), lu masih bisa napas kok, masih bisa joget-joget dan melakukan kegilaan lu disini wkwkw... Lu ga perlu pake kacamata minus atau jadi orang kutu buku untuk bertahan di PPA, cuma satu kuncinya, nikmati dan jalanin aja maka semuanya akan terlewatkan dengan indah hehe... Walau tiap hari jam belajarnya cukup panjang, tapi ga berasa karena setiap satu setengah jam sekali kita akan merasakan "kenikmatan duniawi" hehe pas jaman gue sih ada ya, gatau jaman kalian nanti ada atau engga.

Hmm... Tentunya ga sekedar monoton belajar tiap hari, tapi lu bisa menikmati waktu kebersamaan bareng temen-temen lu kok dengan banyak hal berfaedah lainnya. Pasti di kelas lu, ada 1 atau lebih temen lu yang bisa ngidupin suasana haha... Banyak juga kegiatan-kegiatan lain kayak olahraga, seni dll yang bisa lu pilih sesuai hobi lu. Yang spesialnya lagi, lu bisa belajar berbagai ilmu kehidupan karena hidup di tanah rantau, kayak masak nasi, nyuci baju, bangun pagi, benerin kipas, nyetrika, manajemen waktu, ngelola duit, mencatat utang kawan maupun lawan, dan masih banyak lagi urusan rumah tangga lainnya yang sangat berguna sebagai bekel lu ketika ingin menjalani tahap selanjutnya. Termasuk beradaptasi hidup sama temen dengan berbagai keunikannya yang kadang bikin senewen, kadang ngangenin wkwkw... (apalagi kalo lu tinggal sekamar dengan temen, lu akan muak bertemu dengan orang yang sama selama 24 jam dan menampung segala aib-aibnya haha)

PPA emang ada di Sentul, jauh dari keramaian dan sentuhan peradaban. Mungkin dipindahin ke Sentul dengan harapan anak-anaknya akan lebih berkonsentrasi untuk belajar dan ga tergoda untuk mampir mall, nongski cantik dan ganteng di kafe sampe malem, karaokean, dll... Tapi tenang aja guys, jiwa anak PPA itu emang ada bakat-bakat ambis nya dan ga akan nyerah walau rintangan menghadang, jadi pastinya kami akan mencari segala macam celah untuk jalan-jalan sampe ke Bogor dengan segala keterbatasan akses, mencari hiburan atau kuliner di Sentul (naluri untuk bertahan hidup)..

Mengenai lingkungannya, mungkin butuh effort untuk struggle ya, karena makanannya itu-itu aja (tapi udah ga separah dulu yang jarang banget tukang jualan makanan), dan jauh dari mall-mall tempat cuci mata. Adanya cuma Ceriamart (sepupunya Indomaret), yang gedean dikit yaitu kakaknya ada Giant, Bellanova. Untungnya sebentar lagi ada Aeon (fyi: Aeon udah di bangun sejak gue pertama kali masuk PPA, dan belom selesai sampe sekarang). Yang pastinya gue sangat menunggu Aeon mall selesai dibangun, tapi gue hanya bisa menatap bangunan yang belom di cat saat gue lulus. Gatau harus bersyukur atau engga Aeon belum selesai dibangun sampe gue lulus. Karena kalo udah selesai, proses belajar gue pasti tambah ke distract #cakep, dan kantong gue makin tipis tergoda promoan *anakpromo.

Selain belajar, di PPA gue juga mengalami 2 kali OJT (on the job training), kegiatan lomba internal antar angkatan, jalan-jalan berfaedah (outing), outbound (maen-maen bermakna), peluk-pelukan, nangis-nangisan karena mau pisah, saling tolong, buat acara kelas sekreatif lu, aktualisasi diri dengan jadi pengurus kelas atau panitia acara-acara gitu. Ya banyak hal yang bisa membuat hidup lu jadi lebih berwarna selain belajar disini hehe... Banyak kesempatan dan peluang untuk memperkaya diri lu, nah itu tergantung diri lu aja mau nyemplung atau cuma belajar pulang belajar pulang aja. Menurut gue, sayang banget sih kalo cuma ngejer IPK tinggi, tapi jadi unsos gitu, sayang masa muda nya ga dinikmatin hehe...

Ngomong-ngomong soal IPK, gue sangat bersyukur dengan pencapaian akhir gue. Ada yang kepo IPK gue berapa? Ga maksud nyombong ya, karena masih banyak yang lebih tinggi dari gue kok, tapi gue cukup mengapresiasi hasil jerih payah gue selama 2,5 tahun ini. Oh ya, satu hal yang gue pelajarin di PPA adalah tentang apresiasi diri. Maksudnya, jadi kita harus senantiasa menghargai diri kita sendiri atas kerja keras yang udah kita lakuin, ga cuma perlu menghargai orang lain, tapi harus menghargai diri sendiri dulu. Apresiasi diri bisa dilakuin dengan cara yang sederhana kok, kayak misalnya abis ujian lu beli es krim untuk diri lu (walau gatau nilai lu berapa), memuji diri sendiri di depan kaca kalo lu pinter dsb. Nah dengan cara sederhana kayak gitu, diri kita secara ga langsung akan jadi lebih bersyukur dan lebih terhargai lah... Cobain aja kalo ga percaya :p

Back to topic, IPK akhir gue 3,95... Yang membuat gue menganggapnya sebagai sebuah keajaiban adalah gue termasuk dalam big 5 di kelas. Gapapa cuma juara 5, gue udah bersyukur dan bangga pada diri gue sendiri. Gue merasa hoki sih dapetinnya. Eittt bukan berarti IPK adalah segalanya. Kayak yang udah gue bilang di atas, harus seimbang antara belajar, ngejalanin hobi, bergaul, dan ngelakuin hal-hal positif lainnya. IPK ga terlalu ngaruh kok, asalkan masih di batas aman aja untuk bertahan di PPA. Karena belajar bukan cuma dari buku doang loh, tapi lebih penting lagi kalo belajar tentang arti kehidupan sesungguhnya.

Disini gue juga bisa bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang daerah, budaya, karakter yang unik dan banyak cerita-cerita seru dari mereka deh. Semakin banyak kenalan dong, enak kan bisa punya temen dari Sabang sampe Merauke wkwkw kalo lagi mau liburan ada tour guide gratis dan bisa nebeng tidur haha *kidding.. terus semakin banyak temen yang kita punya, maka kehidupan akhir bulan kita akan semakin terjamin hahaha why? Karena ada yang bisa kita utangin atau tumpangi makan saat ga ada duit #janganditiru wkwk... Peace, becanda doang kok... 

Apa lagi yang gue dapetin selain ilmu,  skill, persahabatan, pengalaman, dan relasi seperti yang udah gue ceritain di atas? Ada lagi dong...... JODOH! Wkwkwk... Tapi boonge hihi.. Ntar gue diprotes oleh ketua suku perjombloan di kelas gue kalo bahas ginian, nanti blog gue di blacklist, di report haha...

Nah itu dia pengalaman gue di PPA, seru kan?? Mungkin banyak yang ga bisa gue ceritain disini karena keterbatasan lahan dan waktu hehe... Dan seperti yang kalian tau, gue udah selesai PPA nya dan gue akan mulai kerja (welcome to the real world)... Doain ya hehe.. Antara senang dan sedih sebenernya. Seneng karena bakal dapet gaji, sedih karena meninggalkan zona nyaman gue di PPA dan gue rada takut untuk masuk ke dunia kerja yang kata orang 'nyeremin'. Siap ga siap gue harus menata dan mempersiapkan masa depan gue. Ya gue belom jalanin sih jadi belom tau apa rasanya, gue berharap yang terbaik aja deh.

Buat temen-temen Fortresser, dimanapun kalian akan bekerja, tetep semangat dan semoga sukses ya.. Ditunggu cerita-cerita asiknya. Walau kita sudah terpencar-pencar secara geografis, tapi hati kita tetep satu kok hehe... Keep contact! Aaa jadi pengen ngumpul-ngumpul lagi :D
Selamat menempuh dunia kerja... Fighting Together !



12 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Sa ae dehh situu, yang subang menunggu tuhh, sukses juga kakaaa

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. congratulation Kak! selamat atas kelulusannya, senang sekali saya mendengarnya. Memang hari itu cepat sekali berlalu jika kita memiliki berbagai macam kegiatan. Mengenai blog kakak, buat saya sendiri sedikit banyak sudah berpengaruh pada kehidupan saya, awal mula saya mengenal blog ini sekitar pertengahan tahun 2017. Saat itu saya sedang mengikuti seleksi PPA BCA dan sedang mencari informasi seputar program beasiswa tersebut. Mengetahui kelemahan saya dalam menulis dan berbicara (thats why saya gagal wawancara PPA pada tahap akhir). Akhirnya saya memutuskan untuk mulai belajar "menulis" blog (suatu kegiatan yang awalnya paling saya tidak suka), dan blog kakak ini adalah salah satu acuan/inspirasi saya. Saat tahap akhir interview PPA, saya juga punya keyakinan bisa bertemu kakak sebagai adik kelas, namun Tuhan punya kehendak lain. Setelah gagal di PPA BCA, akhirnya saya lulus seleksi PTK milik Kementrian Keuangan (D3 jurusan akuntansi).

    Saat ini saya sedang giat belajar karena IPK semester satu saya hanya 3.40, sangat jauh jika dibandingkan dengan ipk kakak yang mencapai 3,95....wuiihhh (kapan dapat nilai segitu sad.. sad.. sad..)

    Akhir kata saya mengucapkan terima kasih untuk kesediaan kakak menulis blog ini yang memberi inspirasi saya untuk mengejar prestasi yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw.... Keren banget kamu... Ya manusia punya jalan kesuksesannya masing-masing. Mungkin jalanmu bukan melalui PPA, tapi melalui jalanmu yang sekarang. Yakini aja dan terus semangat ya ☺️ Ga perlu IP tinggi2 kok, yang penting proses nya aja... Karena lebih baik kamu kembangin diri kamu dibandingkan sebuah nilai hehe... Makasih ya, komentar mu membuat ku semangat menulis blog juga nih, nama blog mu apa? Boleh dong mampir2 nih wkwkw.... Sukses ya 😄

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

    3. Betul kak, jalan tiap orang itu berbeda beda, awalnya saya sempat kecewa dan rupanya Tuhan menberi saya beberapa kali ujian sampai akhirnya saya diijinkan masuk kampus yang sekarang.

      Mengenai Blog yang saya buat, tampilan dan isinya sangat sederhana kak, sangat jauh jika dibandingkan dengan bluelightaners yang sudah terkenal bagaikan sebuah Homepage non official milik PPA BCA. Karena di blog inilah saya pertama kali belajar "mengarang" sekaligus belajar membuat blog dan bahasa HTML.

      Nama blognya adalah spiritofwatermelon. awalnya dibuat untuk belajar menulis karangan, namun belakangan kontennya banyak berisi translate lagu mandarin, karena kebetulan saya sempat mendapat pelajaran mandarin di sekolah dan saya menggunakan cara ini agar kemampuan bahasa saya tetap terlatih.

      Akhir kata saya juga mengucapkan banyak terima kasih, dan..... Sukses juga buat kakak, tetap semangat...fighting!

      Hapus
    4. Mantap 👍 teruskan karya nya... Sukses selalu... Nice to know u

      Hapus
  5. Kakak,,, adik mau nanya. kebetulan adik saat ini masih dalam tahap seleksi masuk PPA BCA kak,, biasanya berapa lama hasil MCU diumumin kak ya? Terimakasih kak.

    BalasHapus
  6. Setelah lihat tips dan trick cici buat pendaftaran PPA, akhirnya aku bisa join PPA cii. Makasih banget tulisannya sangat bermanfaat ciii :)

    BalasHapus

Back to Top