Gue dan Akuntansi

Diposting oleh Label: di


Gue dan akuntansi itu udah bisa dibilang kayak gula dan teh manis, ga bisa dipisahin. Bukan karena gue cinta mati sama dunia debet kredit ini. Malahan gue seringkali stress karena perkara ga balance 0,01 perak !!! huhuhu :’(

Orang awam pasti tahu jika dasar akuntansi adalah harus balance. Apapun itu harus balance. Padahal prinsip akuntansi yang gue dapet selama 5 tahun ini adalah “BALANCE belum tentu benar, tapi GA BALANCE udah pasti salah.” Agak ngeselin sih, ya tapi itulah dunia yang udah gue geluti bertahun-tahun tanpa rasa jenuh.

Gue cukup ‘seneng’ karena udah pernah ngerasain gregetnya nyari balance. Pahit, manis, asin, asam dan segala macam rasa akuntansi #nanonano. Apalagi pas ujian, di kala waktu yang terbatas dan tekanan mental. Terkadang, mijit kalkulator aja sampe gemetar. Tapi itulah kenangan tersendiri dan sensasi dari akuntansi, yang ga lu dapetin di bidang lain.

Walaupun konsepnya sederhana, tapi prakteknya di perusahaan tidak sesederhana itu. Akuntan harus beresin bukti transaksi yang super duper banyak di perusahaan dan diolah sampe laporan keuangan. Pheww.. Melelahkan, tapi itulah yang mungkin akan gue jalani beberapa tahun lagi.

Awal gue mulai mengenal akuntansi sejak gue kelas 2 SMP. Sekolah gue membebaskan muridnya untuk memilih keterampilan yang ingin diikuti. Waktu itu ada 4 pilihan, yaitu tata boga, industri kecil, elektro dan akuntansi. Well, kelas 1 SMP gue nyoba ikut industri kecil. Tapi karena industri kecil ribet, harus bawa dan bikin ini itu, akhirnya kelas 2 SMP gue melarikan diri ke akuntansi.

Akuntansi yang hanya bermodalkan sebatang pulpen, penggaris, buku besar, dan kalkulator (oh ya, 1 lagi yang paling penting, yaitu otak) membuat gue berpikir it’s so simple. Setelah gue menjalaninya, ya ternyata akuntansi adalah hal yang cukup menantang dan menyenangkan karena merupakan ilmu hitungan. Yap, gue lebih suka hitungan daripada hapalan teori-teori.

Dan taraaaa.. sampe sekarang gue berstatus sebagai murid di SMK jurusan akuntansi. Dan gue udah ngambil beasiswa Program Pendidikan Akuntansi (PPA) BCA buat kuliah nanti, jadi dipastikan gue akan menggeluti bidang ini totalnya 9 TAHUN ckckck..


Tak apa lah, walau 9 tahun untuk bidang yang sama. Tapi gue bukan maniak atau fans beratnya ilmu ini kok. Just be happy and do it. Mungkin jodoh gue sama akuntansi. Who knows (?)
Posting Komentar

Back to Top