From Indonesia to Japan (Part 3)

Diposting oleh Label: di

Hello again ...
Sekarang kalian semua telah tiba di part 3.. Selamat datang untuk kalian yang masih betah baca hehe... Langsung aja yukk

Tanggal 17 April, jam 00.45 gue udah standby di lobby hotel. Ternyata pas gue nyampe  di lobby, udah ada beberapa orang juga yang ngumpul. Lalu, gue bersantai dulu di sofa lobby sambil memainkan hp gue. Gue menunggu yang lain pada ngumpul dan menunggu bus yang akan mengantar ke bandara datang. Nuansa putih terlihat dominan pada lobby itu. Tentu aja, karena dress code untuk keberangkatan ke Jepang adalah kaos putih berkerah.

Jam 01.15 gue sudah berada di bus dan siap berangkat ke bandara Soetta. Perjalanan kurang lebih memakan waktu hanya 30 menit. Wajar lah karena gue berangkat jam 1 pagi, jadi siapa yang masih berkeliaran jam segitu di jalan ibukota?

Oh ya, pas di bus, pendamping membagikan breakfast (yang terlalu pagi) ke semua orang. Isinya kurang lebih sih sandwich isi daging dan keju, sandwich isi ayam, air mineral, dan teh botol beserta pisang. Nih fotonya ... 


Sebenernya gue ga suka roti isi ayam gitu. Rasanya itu seperti ..... Ya gitulah .. Tapi karena gue pikir kalau gue buang jadinya mubazir, tetep gue kuat-kuatin buat makan. Walau gue ga suka sama rasa dan seratnya yang aneh. Mungkin karena gue ga terbiasa makan begituan kali ya.

Pas nyampe di bandara, gue dan temen-temen lesehan di koridor dulu buat nunggu. Sembari nunggu, akhirnya diputuskanlah untuk mengambil foto bersama sang saka merah putih. Berasa nasionalisme nya deh, padahal belum sampe ke Jepang ya wkwkw .. Maklumlah gue ga pernah foto sama bendera merah putih sebelumnya hehe


Lalu, gue sibuk mengikuti rangkaian kegiatan di bandara, seperti pengecekan tas yang dilakukan hingga beberapa kali, pembagian dan pemeriksaan paspor, pembagian tiket, masukin koper ke bagasi, dan lain sebagainya. Tapi pas lagi nunggu bagi tiket, gue diajak foto narsis dulu bareng temen baru gue. Nih fotonya haha ...


Ini adalah tiket pesawat gue. Nomor penerbangan gue adalah NH836 maskapai All Nippon Airways (ANA), take off jam 06.15 (WIB) dan landing di bandara Narita jam 15.50 (waktu di Jepang). Jadi lama penerbangan adalah 7 jam.
NB : antara waktu di Jepang dan Indonesia berbeda 2 jam tepat, lebih cepet waktu Jepang.


Sambil menunggu boarding time, gue cuma ngobrol-ngobrol aja sama yang lain, sampe panggilan untuk segera memasuki pesawat berdengung. Gue segera mengikuti rombongan untuk masuk ke dalam pesawat dan mencari seat gw di 28D.

Ada 1 hal yang membuat gue heran hingga saat ini, dan gue penasaran pengen tau jawabannya. Sebenernya cuma masalah sepele sih, tapi ntah kenapa gue sering memikirkan hal-hal yang justru sepele hmmm... ckckck..

Jadi, hal yang mengganggu pikiran gue hingga sekarang ini adalah masalah penomoran tempat duduk di pesawat. Nomor gue kan 28D, nah kak hani itu 28F. Gue pikir gue dan kak hani duduknya kepisah sama 28E. Tapi ternyata pas udah ketemu tempat duduknya, gue sama kak hani duduk sebelahan. Gue nyari-nyari tuh 28E nya dimana. Eh ternyata urutan nya itu A, B, C, D, F, G, H, J, K. Jadi ga ada huruf E dan I. Kenapa? Gue juga gatau. Hal ini sangat membingungkan gue. Gue tanya ke orang-orang juga pada gatau. Bahkan nanya ke mbah google pun ga ada :/



Lupakan hal itu, cukup gue aja yang mikirin, pembaca jangan ikutan pusing hehe... Gue ga mau setelah kalian membaca blog gue malahan jadi pusing, bukannya jadi happy.

Tepat pukul 06.15, pesawat mulai berjalan, siap untuk lepas landas. Seluruh penumpang disuruh mengenakan seat belt dan mengencangkannya. Juga dilarang mengaktifkan hp, ipod, kamera, dan lain sejenisnya.

Ini adalah pengalaman pertama gue naik pesawat ke luar negeri. Dan gue mikirin bagaimana caranya menghabiskan waktu 7 jam di pesawat? Akhirnya gue ngutak-ngatik layar komputer yang ada di depan gue. Gue jelajahi satu per satu, mulai dari musik, games, video, film sampe peta rute penerbangan. Tapi tetep aja lama-lama bosen juga -_- gue ga suka nonton film sih, jadi bingung sendiri mau ngapain. Akhirnya gue putuskan aja untuk baca buku yang udah gue download di ijakarta hp gue. Itupun ga bisa download buku yang lain lagi karena tri ga ada sinyal, menyedihkan :(




Tak lama setelah pesawat berhasil mengudara, pramugari membagikan makan pagi yang sempet gue foto sebelum gue makan. *disuruh emak gue buat fotoin tiap makanannya*

Makanannya sih kayak lontong sayur gitu lah. Trus ada jus jeruk dan buah-buahannya juga. Ditawarin juga kok sama pramugarinya mau minum apa, apple juice, orange juice, milk, tea, atau apalagi ya? Minuman kaleng bersoda gitu sih juga ada.


Nah sekarang gue mau ceritain bagian seru nya yang menjadi pengalaman tak terlupakan yang menegangkan. Pas pesawat udah mau mendarat di Narita pukul 15.50 waktu di Jepang, pesawat turun dengan tajam beberapa kali. Gue bingung gimana mendeskripsikannya dengan kata-kata. Yang jelas, gue ngerasa kayak lagi main kora-kora di Dufan, dimana badan gue udah turun, tapi raga/nyawa gue masih di atas. Rasanya ga enak dan menyakitkan. Hal ini membuat banyak penumpang yang berteriak. Setelah tadi turun dengan ekstrem, pesawat kembali naik dengan cepat. Padahal tinggal dikit lagi nyampe daratan. Pesawatnya itu kayak galau mau turun atau engga. Pesawatnya aja galau, apalagi penumpangnya wkwk...

Gue liat jam, dan waktu udah menunjukkan pukul 16.00, udah lewat dari jadwal yang ditetapkan untuk landing. Gue bertanya-tanya apa yang sebenernya terjadi dan gue rada kesel juga sih karena gue merasa di php-in sama pesawat yang naik turun dan muter-muter tanpa sebab yang pasti.

Pas gue liat di layar komputer, peta rute yang telah dilalui pesawatnya terlihat sangat rumit. Terlihat jelas jika pesawat mengitari Narita seperti kebingungan mau mendarat atau tidak. Akhirnya diinformasikan bahwa pesawat akan dialihkan untuk mendarat di Haneda. Gue cuma berdoa semoga selamat sampe mendarat dan semua penumpang bisa turun, gue ga peduli mau di Narita atau di Haneda.



Untungnya pesawat berhasil mendarat dengan cantik di Haneda pukul 16.47. Gue pikir perjalanan yang panjang akan segera berakhir. Gue udah lelah muter-muter di atas langit *serasa digantungin*. Namun, terkadang kenyataan tak sesuai dengan ekspektasi. Seluruh penumpang disuruh menunggu di dalam pesawat. Huffftttt kapan semua ini akan berakhir.

Menunggu adalah hal yang sangat melelahkan dan membosankan. Menunggu dalam ketidakpastian. Gue liat pramugari nya mencoba untuk tenang dan menenangkan para penumpang. Ya iyalah kalau pramugari nya aja panik, apa kabar para penumpang haha ...

Gue nunggu dari sadar, setengah sadar, sampe ketiduran, trus bangun, tidur lagi, bangun lagi, tapi pesawat masih bertengger anggun di bandara Haneda tanpa ada keputusan yang pasti. Padahal di jadwal program Sakura ada kegiatan orientation dan penyambutan pada pukul 19.00. Boro-boro deh ngikut acaranya, gue sama rombongan dari Indonesia aja masih duduk manis terjebak di dalam pesawat huh..

Tapi akhirnya gue tau penyebab pesawatnya ga jadi mendarat di Narita. Katanya cuaca buruk dan angin kencang lah penyebabnya. Pukul 20.00 (hitung sendiri berapa lama gue nunggu), diumumkan bahwa pesawat akan berangkat lagi dari Haneda menuju Narita. Yang terlintas dalam pikiran gue adalah 'kenapa harus dipaksain ke Narita? Kenapa ga turun aja di Haneda?'. Jadinya kan bikin deg-degan satu pesawat. Gue juga liat muka pramugarinya udah ga setenang tadi pas landing di Haneda. Udah mulai capek dan panik kayaknya. Malah ada pramugari yang bilang kalo kejadian tadi (pesawat naik turun secara ekstrem) adalah kejadian yang paling menyeramkan selama 4 tahun dia bekerja di penerbangan itu ckckck...

Pukul 20.20 pesawat on the way to Narita. Untungnya kali ini semua berjalan mulus, sehingga pesawat bisa mendarat pukul 21.00. Gue happy pas turun di pesawat. Tapi ga sepenuhnya happy. Gue juga ngerasa 5L, yaitu lemah, letih, lesu, lunglai, letoi (?). Maklumlah, terakhir gue makan itu pas breakfast yang dikasih kurang lebih jam 8 pagi waktu Indonesia atau sama dengan jam 10 pagi waktu Jepang. Selain itu, gue juga merasa dehidrasi banget. Kan ga boleh bawa simpenan air ke dalem pesawat, trus airnya juga terbatas lagi. Jadilah kering kerontang.

Sekali lagi gue berpikir jika penderitaan gue telah berakhir, tapi gue salah lagi. Sebelum bisa ngambil koper di bagasi, gue dan yang lainnya harus mengurus bagian imigrasi dulu. Antrinya itu lohhh ... Daebak !! Panjang bangettttttt... Orangnya banyak banget yang antri, bikin capek ati, esmosi jiwa dan raga. Setelah pegel duduk, kini gue harus pegel berdiri karena ngantri. Nih gambar antriannya yang super panjang ...



Gue hanya berusaha menguatkan diri gue agar kondisi gue ga drop. Disaat kelaperan, kehausan, dan lemes, harus ngantri panjang. Soalnya ada 1 temen gue yang jatuh sakit, dia demam gitu lah. Dan gue ga mau selama di Jepang malahan sakit ._.

Ada juga orang lain yang sampe pingsan gara-gara ngantri ckckck... Gue bersyukur masih dikasih kekuatan dan kesehatan sama Tuhan. Tapi, ada 1 kejadian lain yang agak memalukan nama Indonesia. Yaitu ada yang menerobos antrian. Istilah kasarnya nyerobot antrian orang yang di depannya. Padahal pas sebelum berangkat udah dikasih tau tentang ketatnya budaya antri di Jepang, masih aja nyoba ngelanggar. Karena ketauan nyerobot, banyak orang yang complain dan menyuruh mereka kembali ke barisan mereka di belakang. Bahkan ada orang bule yang juga ngomel-ngomel. Trus ada juga yang nyindir-nyindir. Untung gue ga nyerobot. Tapi tetep aja kerasa malu nya, kan bawa nama negara.

Kalian mau tau gue antri sampe jam berapa? Hayoo tebak hehe ... Gue ngantri sampe jam 11 malem. Setelah itu, barulah gue menemukan keran air yang bisa langsung diminum. Untuk pertama kalinya gue bersyukur  menemukan air, serasa di gurun  krisis air ya. Dan setelah menemukan air, gue juga menemukan wifi gratisan haha...

Oh ya, selama di Jepang, hp gue kan pake kartu tri, dan itu ga ada sinyal sama sekali. Berujung pada orang tua gue yang bingung karena gue ga bisa mengabari mereka seharian, mulai dari di pesawat sampe malemnya. Gue cuma bisa berkomunikasi dengan ortu gue jika ada wifi. Dan gue juga ga ceritain ke ortu gue mengenai apa yang terjadi di pesawat. Gue cuma bilang kalo pesawatnya delay dan baru nyampe malem. Gue takut membuat mereka khawatir dan ga tenang selama 1 minggu gue di Jepang. Kan gawat kalo tiba-tiba gue disuruh langsung pulang karena panik wkwk #gamungkinjugasih

Gue udah ga haus lagi, tapi of course gue masih sangat lapar. Air dan wifi ga bisa mengisi perut gue. Gue berharap agar cepet-cepet dibagiin makanan, karena gue ga bawa perbekalan sama sekali dari rumah huhu..

Tak lama kemudian, gue dan temen-temen disuruh berkumpul dan bertemu dengan pihak Jepang yang menyambut kedatangan kami. Mereka terlihat berdiskusi dengan pendamping kami dari Indonesia. Oh ya, sebelumnya juga dibagikan semacam name tag, yang harus dipakai kemana-mana saat acara. Like this ....




Nomor B2-04 menunjukkan nomor grup gue (selfie team). Dan ada satu jenis lagi yang dibagiin. Gue gatau namanya, tapi fungsinya buat gantungan yang diiket di tas kami masing-masing sebagai tanda kepemilikan. 1 orang mendapat 2 buah. Kayak gini nih gambarnya biar jelas...


Setelah dibagiin name tag dan gantungan, pendamping memberitahukan sebuah informasi yang mencengangkan, yang membuat semua orang berseru kaget #lebay. Katanya, kami semua akan menginap di bandara malam ini karena udah terlalu malem, jadi bus yang harusnya menjemput dari bandara ke penginapan udah ga beroperasi. Whattttt???? 

Pengalaman pertama (semoga untuk yang terakhir kalinya) ke luar negeri, dan ngemper di bandara. Yaks baiklah, mau gimana lagi. Terima nasib aja deh. Walau ga bisa mandi seharian karena peristiwa ini, tetep syukurin aja toh udah selamat sampe di Jepang. Yakin aja pasti ada sesuatu yang baik di setiap kejadian yang tidak mengenakkan. Anggap aja sebagai bumbu penyedap saat membawa pulang cerita ke keluarga dan temen-temen tercinta di Indonesia, biar makin seru dan ada sensasi yang diinget saat pergi ke Jepang wehehe...

Dan selanjutnya kami pun berebut mencari koridor yang sepi untuk mengambil posisi tidur. Untunglah kami dibagikan makanan dan minuman. Setidaknya satu masalah, yaitu kelaparan, telah terselesaikan. Jadi, gue dikasih biskuit dan sandwich isi tuna, i like it very much, atau emang gue nya yang lagi laper ya jadi berasa enak? Wkwkw


Sehabis makanan yang dibagikan, tibalah gilirannya sleeping bag dan alas tidur yang harus ditiup dulu. Namanya apa ya hmm ... Gatau haha.. Gue kasih fotonya aja nih


Gue ga pake gituan, gue cuma pake sleeping bag. Trus untuk bantal kepala, gue pake ransel gue. Karena gue udah terlalu lelah untuk menyumbangkan napas gue buat niup ke benda itu. Lagian gue udah biasa kok tidur di lantai, jadi no problem lah. Tidur tetep pules kok.

Ketika udah ready to sleep, kami teringat bahwa kami belum mengabadikan momen langka ini. Dan temen gue berinisiatif mengambil kamera. Jeprettt, ini dia hasilnya. Gue tetep terlihat ceria kan walau habis diterjang badai(?) wkwkwk



Lihatlah foto di atas baik-baik. Di tengah kedukaan sesaat, kami tidur dengan nyenyak, ga peduli akan hari ini yang melelahkan dan akan hari esok yang misterius, menanti tuk dihadapi. Karena perjalanan yang sebenernya baru aja akan dimulai. Suka atau duka yang akan kami terima setelah ini, semuanya akan menjadi catatan hidup yang pantas dikenang dalam masa depan kami masing-masing. Dan gue, ga akan berusaha untuk menghapus segala kedukaan itu. Justru gue akan mencermatinya bahwa gue pernah mengalami masa-masa ini, dan tersenyum.

Tidak peduli seberapa besar penderitaan yang kita hadapi, yakinkan dalam hati bahwa itu hanya untuk sesaat. Karena sehabis penderitaan, akan muncul cahaya biru yang melintas, yaitu blog gue (bluelightaners) #ngawur wkwk...

Yang sempet terlintas di pikiran gue pas mau tidur adalah 'hari pertama aja udah begini, apalagi hari besok'.. Mikirnya apakah ini pertanda atau apa. Tapi gue berdoa aja semoga besok baik-baik aja, ga ada apa-apa, sampe pulang lagi ke Indonesia.

Panjang banget ya part 3 nya haha ... Terlalu banyak cerita yang harus diceritakan. Sampai jumpa di part 4.. Tetep pantengin ya kelanjutan ceritanya

Oh ya, sebelum gue bener-bener cabut, gue jadi inget sama sebuah kalimat sederhana yang ada di layar pesawat saat pertama-tama gue akan lepas landas, yaitu 'every flight has a story'... Makna dari kalimat itu kerasa banget sama gue, dan juga mungkin buat yang lainnya yang 1 rombongan sama gue.

Banyak hal sederhana yang dapat kita syukuri. Tapi seringnya kita hanya melihat masalah dan mengeluh, membutakan diri terhadap hal yang menjadi anugerah Tuhan.
Posting Komentar

Back to Top