The First (Good & Horor) Day - Part 4

Diposting oleh Label: di

Bertemu lagi dengan gue di part 4. Sorry for the late update. Maap ya membuat kalian lama menunggu, karena kuota gue abis dan pikiran gue lagi terbagi untuk nulis novel juga ^-^

Hawa-hawa Jepang baru kerasa sekarang nih. Di part sebelumnya kan masih di bandara, jadi ga berasa udah nyampe Jepang wkwk .. Semua bandara kan suasananya sama aja. Yang membedakan hanya toiletnya, bentuknya dan sistem flush di toilet Jepang, dimana kalo di Indo kan dilarang keras untuk ngebuang tisu di klosetnya karena takut mampet, justru kalo di Jepang ga disediaan tong sampah di toilet, jadi tisu sangat disarankan untuk dicemplungin aja ke kloset dan pencet deh tombolnya. No mampet ! Dan biasanya ada banyak tombol di klosetnya. Kadang gue bingung itu buat apan aja. Gue ga sempet nyobain satu-satu sih. Selain itu, air dari keran bisa langsung diminum. Tapi jangan bawa kebiasaan ini ke Indo ya, kalian pasti tau sendiri apa akibatnya haha..

Part 4 diawali dengan membahas toilet ^^ *mungkin gue lelah*.. Ok, ganti topik. Lanjut aja yuk ceritanya. Masih inget ga part 3 sampe mana? Sampe gue bobo dan bermimpi indah. Oh ya, gue sengaja ga nyetel alarm kali ini, karena gue yakin yang lainnya pasti nyetel alarm dengan suara yang cukup kenceng untuk ngebangunin gue dan temen-temen lainnya. Mungkin juga bisa ngebangunin turis asing yang juga nginep di bandara haha..

Jam 05.00 alarm temen gue bunyi, dan gue pun terbangun. Tapi ternyata temen gue masih pada tepar di lantai ga bergerak. Mata gue yang udah terlanjur seger dan ga bisa buat tidur lagi (padahal baru tidur dari jam 2). Hari ini tanggal 18 april, dan gue udah melewatkan 1 hari kemarin untuk terdampar di Narita.

Gue memutuskan bangun dan ternyata temen sebelah gue juga ikutan bangun, namanya Mia. Mia dateng dari Bali dan sekolah di smk pariwisata. Dan dia adalah salah satu dari 2 orang peserta program ini yang bisa bahasa Jepang. Well, jadi kalo mau beli barang atau nanya-nanya ke orang Jepang, mendingan deket-deket dia ya haha...

Gue dan Mia pun memutuskan untuk ke toilet sekedar mencuci muka dan sikat gigi. Maklum, kami semua belum mandi seharian kemarin, dan sekarang rasanya mau mandi, tapi ga ada tempat mandinya huhu.. Dan ternyata gue dan Mia bangun kepagian. Akhirnya kami cuma ngobrol-ngobrol dan beres-beres sambil menunggu yang lain pada bangun. Sekitar jam setengah 7 yang lain baru pada bangun.

Sambil menunggu dibagikan sarapan, gue ngajak Ms Molly buat ngobrol bareng sama yang lainnya. Awalnya gue cuma mancing dengan 1 pertanyaan sih, tapi berkelanjutan deh. Pendamping gue ini orangnya enak diajak ngobrol dan seru. Selain itu, dia menyelipkan motivasi-motivasi dan inspirasi dari cerita pengalaman hidupnya. Jadi belajar banyak deh haha... Ntah kenapa gue suka ngobrol sama orang yang lebih tua, karena gue pikir pengalaman hidup mereka lebih banyak, jadi banyak hal yang bisa dipelajari dan diambil. Dari dulu pasti gitu deh.

Jam 8 dibagiin sarapan, yaitu jus orange dan ...... Apa ya itu namanya yang ada di gambar bawah? Pokonya isinya full sayuran dan mayonaise. Rasanya enak sih, tapi gue enek kalo makan kebanyakan karena banyak daun bawang nya. Gue anti daun bawang bro.. Di Jepang, semua jenis makanannya pasti ada sayuran segar mirip salad gitu, mungkin itu justru makanan yang sehat. Gue agak bingung dengan jus jeruk nya, rasanya agak aneh dan berbeda dengan yang biasa gue minum. Ga ngerti juga lah gue. Mungkin lidahnya emang ga cocok (komentator makanan :p)



Jam 9, bus yang menjemput kami dari bandara ke penginapan dateng. Ada 2 bus. Pas keluar dari bandara dan jalan kaki menuju parkiran bus, angin dingin terasa berhembus. Malahan bisa dibilang lebih dingin di jalanan daripada di bandara. Pokoknya pas keluar itu malah kayak masuk ke ruangan berAC, dingin tapi sejuk gitu lah. Untung gue pake jaket. Gue suka udara disana. Kerasa bersih, seger, sejuk dan apa lagi ya wkwkw Setelah kami masuk dan bus siap jalan, pemdamping dari pihak Jepang menyuruh kami untuk memasang seatbelt. Jadi, kalo di Jepang naik bus itu wajib pake seatbelt.

Perjalanan pun dimulai ! Akhirnya gue bisa bernapas lega karena keluar dari bandara dan bisa melihat-lihat Tokyo secara langsung. Pendamping untuk grup gue, grup B, adalah Kiguchi San. Dan ternyata beliau bisa bahasa indonesia sedikit banyak hehe

Gue sengaja ngambil tempat duduk di deket jendela supaya bisa ngeliat tanpa halangan sekaligus foto-foto. Nih beberapa fotonya...



Liat foto yang pertama, itu adalah bunga sakura. Yap, itu adalah sakura yang pertama kali gue liat melalui jendela bus. Tapi katanya cherry blossom udah lewat, biasanya awal april. Jadi gue cuma dapet sisa-sisanya yang masih mekar. Gapapalah setidaknya bisa melihat bunga sakura hehe...

Dan yang kedua itu adalah kondisi jalanan di Jepang. Bersih, rapi, teratur, asri. Itulah kata-kata yang menggambarkan Jepang pas pertama kali gue ngeliat. Orang Jepang kebanyakan jalan kaki atau naik sepeda, jarang yang naik mobil. Motor juga jarang banget, bisa diitung pake jari. Selain itu, jalanan di Jepang sangat mulus, ga ada polisi tidur, ga ada jalan berlubang, ga ada juga bunyi klakson dari para pengendara. Mereka sabar banget nungguin pejalan kaki yang lagi nyebrang, malahan kebanyakan dikasih lewat dulu.

Oh ya, ada 1 pengalaman yang agak norak wkwk maklumlah gue dan rombongan kan baru tau pas kemaren itu. Pas menuju penginapan, bus kami melewati jalan tol. Seperti di Indonesia, pas mau masuk tol ada pintu loketnya buat bayar. Tapi pak sopir bus kami ga berhenti, malahan terus jalan aja, padahal ada palang yang nutup. Eh ternyata pas kita lewat tuh palang naik otomatis. Katanya sih bayarnya pake sensor gitu, ga ngerti juga wkwk..



Dan 2 foto di atas adalah bentuk rumah di Jepang yang menurut gue memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik mata. Bangunannya di desain secara elegan. Kebanyakan rumahnya dibentuk-bentuk gitu, tapi keren. Letak dan posisi antar rumah juga memberi kesan kerapian. Amazing !

Tak terasa, bus kami pun berhenti. Tapi hal ini bukan berarti udah nyampe di penginapannya. Kami masih harus jalan kaki sekitar 10 menitan sambil nyeret koper. Tapi gapapa kok, karena begitu turun di bus, gue langsung menemukan bunga sakura. Bunga sakura ini menjadi yang terdekat dari penginapan, dan nantinya tiap pagi kami melewatinya. Ini dia tarraaa..


Dan kesempatan ini pun ga gue sia-siain untuk minta temen fotoin gue :)


Setelah itu, gue jalan dengan semangat sambil liat kanan kiri depan belakang kaya orang gila wkwk #becanda. Menatap dengan penuh rasa keingintahuan terhadap sudut kota asing yang telah berhasil mencuri hati gue saat pertama kali menjejakkan kaki #cailah. Merasakan aura yang berbeda dari jalan kaki di Jepang (sama aja sih sama-sama pake kaki jalannya). Huaaa puas sekali rasanya. Jalan yang kami lewati cukup sepi kok, jadi walaupun rombongan, ga ganggu yang lain.


Akhirnya gue sampai di sebuah bangunan yang nantinya akan gue tempatin selama seminggu ke depan. Hal pertama kali yang terbersit di pikiran gue adalah 'yey akhirnya bisa mandi'. Tapi sebelumnya, kami dikumpulkan dalam sebuah ruangan seminar nomor 201. Disana kami mendapat sedikit pengarahan tentang jadwal yang akan kami jalani hari ini. Ga sesuai dengan jadwal yang udah ditentuin, karena kami telat dateng kemaren. Agenda hari ini adalah orientation dari pihak JICA dan JST, setelah itu pergi ke Tokyo Tower. Padahal seharusnya kami ke JAMSTEC haha... Oh iya, gue sampe lupa ngasih unjuk foto-foto penginapannya. Jadi ini tuh bukan hotel, tapi penginapan JICA TOKYO khusus untuk acara-acara semacam ini.




Lobby tempat kami kongkow tiap pagi sebelum pergi :D

Koridor (sepanjang jalan kenangan) menuju kamar dan lift

Koridor depan kamar *kok gambarnya sedikit horor ya*

Setelah pengarahan singkat, kami dibagikan kunci berikut dengan peringatan agar kami ga lupa ngebawa kunci saat keluar kamar. Modelnya pintunya itu terkunci otomatis kalo ditutup. Jadi kalo kita ga bawa kunci, ya kita kekunci di luar, ga bisa masuk. Dan gue kaget pas dibilang kalo kamar nya itu sendiri-sendiri, model single room gitu. Huft gue ga terbiasa tidur sendiri, apalagi di tempat asing gini. Di rumah aja gue ga pernah tidur sendiri. Gue ngebayangin seminggu ke depan gue tidur sendiri, boring dan sepi banget. Ada enaknya juga sih di kamar sendiri, bebas mau ngapain aja, tapi tetep aja gue ga terbiasa. Kami juga dikasih tas tenteng biru yang isinya perlengkapan mandi, seperti handuk, sabun, shampo dan sikat gigi + odol. Beruntunglah karna gue ga bawa sabun ama shampo dari rumah. Gue cuma bawa sikat gigi, odol dan handuk hehe... Selanjutnya kami disuruh tandatangan kehadiran gitu mungkin, trus kami diusir ke kamar kami masing-masing. Tapi, kami cuma dikasih waktu sekitar 40 menit untuk mandi dan beres-beres. Pokoknya jam 11.30 harus udah kumpul di lantai 1 (di bawah tangga ada dining hall) untuk lunch. Kalo telat, denda menanti. Nih foto kamar gue beserta toiletnya.

Kamar gue 415 :)







Nah kali ini gue memakai kekuatan turbo. Karna waktunya cuma 40 menit. Dan gue dengan bodohnya pas masuk kamar ga nyadar jam, bukannya langsung cari baju dan mandi, malahn ngeliat-liat dulu, ngutak-ngatik kamar mandinya, cobain lampu, nyobain colokan, ngecas dulu, bengong dulu dan hal-hal ga penting lainnya. Damn ! Dan pas gue nyadar waktu gue tinggal 25 menitan. Gue langsung kocar kacir cari baju, ambil handuk, dan sebagainya. Lalu pergi ke kamar mandi. Byur byur byur... Pas gue keluar, sisa waktu 10 menit dan gue belum siapin ransel gue (apa aja yang mau dibawa ke Tokyo Tower), belum pake kemeja juga karna gue taro di ataa ranjang, ga gue bawa pas mandi tadi wkwk ... Akhirnya dengan kecepatan ekstra, di 5 menit terakhir gue berhasil keluar kamar dengan selamat. Tapi di pertengahan jalan, gue inget telah melupakan sesuatu, apakah itu? Yak, benda maha penting, yaitu jaket. Gue menggunakan teknik jalan cepat yang pernah diajarin guru olahraga gue untuk ke kamar. Dan dengan sigap, gue menarik jaket dan segera ngunci pintu lagi. Melewati koridor dan melewati orang lain yang menghalangi jalan. Cepet-cepet nurunin tangga dan gue boleh bernapas lega karna masih ada 2 menit lagi. Dan gue bisa lunch tanpa kepikiran tunggakan 20 ribu wkwk.. Tapi ternyata ada beberapa temen gue yang telat. Soalnya ada yang kamarnya harus naik lift dulu (di lantai 3 dan 4). Kalau gue kan di lantai 2, jadi kalo ke tempat makan cuma turun tangga.

Tangga menuju dining hall (lantai 1)

Pintu yang tertutup itu ruangan dining hall nya

Pas gue turun, pintu itu belom dibuka karena belum jam setengah 12 kali ya. Trus baru ada 3 temen gue. Yang lainnya? Ternyata belom pada turun. Banyak yang lebih telat daripada gue ternyata. Gue pikir gue yang paling telat. Gue pun duduk dulu sambil nunggu pintu dibuka. Dan gue menemukan papan surga di tengah-tengah tempat duduk di depan dining hall, yaitu papan bertuliskan kata-kata yang sangat indah *bahasa hiperbolis* berisi username dan password wifi. Langsung gue sibuk buka medsos dulu sekalian ngabarin ortu. Eh baru aja gue asik wifian, pintu dibuka, dan gue harus masuk buat makan. Nah ini dia makanannya.


Makanannya sih nasi sama kari gitu. Lumayan enak sih kalo di lidah gue, walau gue gatau itu apan aja isinya. Trus ada saladnya juga, tapi mayonaise nya dikit. Trus ada di dalem gelas gitu cairan mirip air jahe warnanya. Dan gue dengan temen-temen sibuk nerka-nerka apa itu. Ada yang bilang sejenis sop. Gue kira kan itu minuman gitu karena di gelas, bukan di mangkok. Eh pas gue minum, rasanya aneh. Trus ga gue abisin deh wkwk..

Oh ya, setelah selesai makan, ada 1 hal yang ga boleh terlupakan, yaitu menaruh nampan (mangkok, piring, sendok, gelas, dll) ke tempat yang telah disediakan. Kita juga diharuskan memisahkan sendok dan garpu ke tempat khusus dari piringnya. Kalau kita ga ngelakuin ini, pasti langsung di tegor deh. Trus selain itu, abis duduk, kita juga diharuskan merapikan kembali kursi nya seperti semula pas awal masuk. Jadi prinsipnya itu tinggalkan ruangan yang kalian singgahi sama seperti saat kita masuk. Patut ditiru! Pokoknya disana ga boleh sembarangan deh.

Setelah bensin terisi penuh, kami berkumpul di ruangan yang tadi, ruang seminar 201 untuk mengikuti orientation berupa pengenalan program sakura seperti latar belakang, tujuan, peraturan, dan hal-hal yang harus diperhatikan. Kami juga dikasih buku panduan dan jadwal acaranya. Yang ditekankan oleh pihak Jepang adalah punctuality (tepat waktu). Jadi kalo disuruh ngumpul jam berapa, ya ga boleh telat. Kalo telat, bisa gawat hehe... Di sana bener-bener menghargai waktu.

Ruang seminar 201 (orientation)

Buku panduan

Sekarang kami siap berangkat ke Tokyo Tower ! Tapi sebelumnya kami harus membawa payung. What? Gue ga bawa payung haha ... Don't worry, be happy. Di JICA disediakan banyak payung untuk dipinjem. Ya tapi namanya minjem, harus tanggung jawab, jangan sampe ilang. Gue pun nyomot 1 payung (1 aja ngapain 2). Kami diharuskan berjalan kaki menuju Hatagaya Station. Deket kok, ga jauh dari penginapan JICA. Suasana disana sangat menyegarkan untuk jalan kaki. Nah pas nyampe di stasiun, kami masing-masing dikasih 2 macem tiket, kalo ga salah warna merah dan kuning deh. Kedua tiket itu ga boleh ilang, karena kalo sampe salah satunya ilang, kita ga bisa keluar dari stasiun tujuan. Tiket yg pertama kita masukkin pas mau naik subway nya. Nah di stasiun nya itu kan ada eskalator. Ada peraturan tersendiri dalam menaiki eskalator di Tokyo. Jika kita ingin berdiri menunggu, harus di jalur kiri. Jika kita berada di jalur kanan, maka harus berjalan terus, ga boleh berhenti. Ntar ditabrak orang kalo berhenti karna kebanyakan orang Jepang jalannya cepet-cepet.

Ga perlu lama nunggu subway nya, paling cuma beberapa menit doang. Di dalam subway ada peraturannya lagi, ga boleh berisik dan ngeganggu penumpang lain. Prinsipnya kalo di Jepang itu harus saling menghargai lah. Jangan ngobrol dengan suara keras. Subway berjalan dengan cepat. Ga kerasa udah lewatin 2 stasiun dan kami turun untuk transit. Gue gatau nama stasiun nya apa, kalo ga salah mungkin Shinjuku Station. Trus naik lagi ngelewatin 3 stasiun kali ya, trus nyampe deh..


Keluar dari stasiun, gue harus masukin kedua tiket merah dan kuning itu, baru bisa keluar. Kami harus jalan kaki sekitar 10 menitan untuk nyampe di salah satu landmark Tokyo. Pas masuk ke dalam, kami dibagikan tiket, dan ini buat kita, jadi bisa untuk kenang-kenangan hehe ... Gue naik sampe tingkat yang paling atas nya pake lift (iyalah pake lift, masa terbang). Tapi lift nya itu bukan lift biasa, jadi ada guide nya gitu, trus ada permainan lampu sama efek-efek apa ya wkwk.. Pas nyampe di atas, kami hanya diberi kesempatan untuk foto-foto selama 30 menit ya (?) lupa nih wkwk... Waktunya bentar banget buat foto dan ngeliat keindahan Tokyo dari atas. Ga berasa deh pokoknya. Trus disitu ada juga toko souvenir gitu. Tapi gue ga sempet masuk. Ini foto-foto gue pas di Tokyo Tower...

Depan Tokyo Tower

Depan Tokyo Tower

Tiket A Tokyo Tower


Gue dan Kak Hani di atas Tokyo Tower

Kota Tokyo dari atas

Time is up... Dan kami berkumpul kembali, sambil nyari temen yang masih ilang-ilangan (keasikan foto ga balik-balik). Gue kira kami langsung cabut balik ke hotel, ternyata mampir dulu di lantai 2 (kalo ga salah), tempat jualan souvenir-souvenir gitu. Gue cuma liat-liat harga nya sih haha .. Bukan karna gue ga ada yen buat beli, tapi gue mau survei harga dulu. Lagian sebenernya gue ga ada minat sama skali buat belanja. Selain barangnya mahal-mahal, gue bingung mau beli apan. Yang orang lain bilang lucu, menurut gue biasa aja haha...

Jam 16.30 kami pulang. Pas di jalan pulang, kami menemukan pohon sakura nangkring hehe... Langsung aja deh keluarin kamera, ceklik.. ceklik.. Ini dia hasilnya



Naik subway juga kok, dan ga ada kejadian seru disini wkwk.. Trus mana kejadian horor nya? Kan di judul postingan ada tuh... Sabar aje readers, gue belum kelar menuturkan kisah. Hari pertama belom abis.

Nyampe penginapan jam 17.30 langsung dinner. Dinnernya apa ya? Kok mendadak gue jadi lupaan gini sih -_- Tiap makanan yang biasanya gue foto, tapi kali ini ga ada fotonya. Gue udah cek bolak balik di album hp dan laptop, tetep ga nemu.. Gatau raib kemana, atau gue yang lupa foto ya hmmm ._.

Abis dinner, kami boleh balik ke kamar masing-masing... Saatnya freetime hehe... Sayang banget wifi nya cuma ada di lobby dan dining hall, ga nyampe kamar. Di kamar ada kabel LAN sih, tapi kan kalo hape mana bisa nyolok. Mau nyolok di lobang mana huhu... Tapi gue beruntung banget, karena kamar tetangga gue, yaitu nomor 416, namanya Dwi, tapi biasa dipanggil DJ. Dia bawa laptop, dan dia dengan baik hati ngeshare wifi hehe... Jadi kedapetan wifi deh ke kamar, ga usah nongkrong di lobby kayak temen gue yang lainnya. Thanks a lot DJ, pemasok wifi selama di Jepang haha..

Gue pun memutuskan beres-beres dulu dan siap untuk mandi. Eh pas gue mau mandi, tiba-tiba ada yang ngetok pintu kamar. Siapakah itu? Gue juga ga nyangka yang ngetok itu temen sebelah kamar gue, nomor 414. Dia cewe, namanya Nanda. Dia 1 tim sama gue. DJ juga sih 1 tim sama gue. Kamar 417 juga 1 tim gue, namanya Hanafi.

Back to Nanda, dia dateng dengan tampang mau nangis dan panik gitu. Gue bingung. Trus dia cerita katanya ga kuat tinggal di kamar sebelah, 414, ya jelas gue bingung dong kenapa. Dia udah ngalamin 3 kejadian sejak tadi siang masuk. Bayangkan 3 kejadian padahal belum 24 jam ckckck.. Serem juga ya.. Kejadian yang pertama itu pas Nanda lagi ganti softlens, tutup tempat softlens nya itu kan ditaro di atas meja, nah pas dia udah selesai pake softlens, tutupnya ilang. Dicari-cari ga ketemu, ngobrak ngabrik 1 kamar sampe menjelajahi kolong ranjang pun ga nemu. Kejadian kedua adalah pintu toilet yang terkunci, padahal Nanda nya lagi di luar toilet. Jadi, dia abis mandi, trus ada baju yang ketinggalan di dalem toilet, dia mau ngambil. Pas dia mau buka pintu toilet, kondisinya terkunci, trus dia congkel-congkel dari luar, dan untungnya bisa. Kejadian pertama dan kedua itu pas tadi siang (pertama kali masuk kamar sebelum orientation).. Kejadian ketiga, baru aja terjadi sebelum dia ke kamar gue, katanya lagi nonton tv, terus channel nya keganti sendiri, dia langsung ga kuat trus kabur ke kamar gue. Gue pun berusaha menenangkan dia.

Setelah dia agak tenang, dia bilang ga mau tidur di kamar itu. Trus gue ngajak dia ke Ms Molly, pendamping kami, untuk minta kalan keluar. Dan Ms Molly ngajak kami ke resepsionis. Lucunya pas penjaga resepsionis nya diceritain pengalaman Nanda, dia kayak nahan ketawa gitu dan ga percaya. Akhirnya Ms Molly minta ijin supaya Nanda tidur di kamar gue (berdua), resepsionis nya bolehin. Trus Ms Molly nanya ke gue apakah gue keberatan. Ya jelas enggalah. Kamar sebelah gue ngalamin 3 kali, gue kan jadi ngerasa agak ngeri kalo tidur sendirian. Lebih bagus ada temennya hehe.. Untungnya sih kamar gue ga ada kejadian apa-apa dari siang ampe malem. Pas pertama kali masuk sih gue bilang permisi dan minta ijin buat tidur disitu.

Akhirnya gue ga tidur sendirian, gue tidur ama Nanda. Barang-barangnya juga dipindahin ke kamar gue. Walau jadinya rada sempit, tapi ga ganggu kok. Nah karna masih banyak jam kosong, untuk membunuh rasa bosan jomblo di kamar, kami memutuskan untuk melancong di malem Tokyo.. Ms Molly yang ngajak jalan sih. Ga jauh-jauh, cuma yang deket-deket aja. Tapi pas kita keluar jalan, ujan gerimis, jalanan dah becek, jadinya pake payung deh. Kami jalan menuju toko 100 yen yang ada di Hatagaya Station. Dan kali ini gue cuma liat-liat doang, ga belanja. Isinya kayak supermarket gitu sih, barang-barang kebutuhan sehari-hari. Angin malam di Tokyo musim semi sangat dingin, apalagi cuaca hujan, tambah dingin deh hehe..

Karna bingung mau kemana lagi, kami pulang deh. Hari pertama kelarrrrr... Tapi pas balik ke kamar, jadi rada parno sih, gue berdoa semoga ga terjadi apa-apa dan ga diganggu selama seminggu disana... Tungguin part 5 nya lagi ya hehe...

Banyak hal yang bisa dipelajari melalui lingkungan yang baru. Belajarlah mengenal dunia luar ! Jangan membatasi dirimu, pergilah, dan ambil positifnya :)
Posting Komentar

Back to Top