Three Years for Unforgettable Moments in 48 VHS

Diposting oleh Label: di
"3 tahun... Bisa menjadi sangat cepat, juga sangat lambat.. Bisa menjadi sangat berarti, juga tak bernilai... Bisa menjadi senyum, juga luka. Kau mau menjadikan yang mana? Itu pilihanmu, pilihan yang telah kau jalani hanya untuk 3 tahun, waktu yang singkat bila dibandingkan usia ragamu.

Apa yang telah kau lakukan? Apa yang telah kau berikan? Apa yang telah kau dapatkan? Apa yang telah kau rasakan? Dan yang terpenting, apa yang kau rasakan saat ini ketika menyadari bahwa 3 tahun telah berakhir? Setiap orang memiliki jawaban dan biarlah menjadi rahasia hati kita masing-masing, karena hati tidak akan pernah berbohong.

Satu hal yang kita semua tau, kau dan aku, pernah memiliki detik tuk bersama. Kini, biarlah detik itu tersimpan sebagai cerita, untuk mengantar kita pada jalan sejati dalam ketidakpastian lorong masa depan."

Don't be so serious guys.. 3 paragraf pembuka di atas hanya sebagai awalan yang mungkin ga nyambung, tapi gue coba sambung-sambungin aja *namanya juga usaha* haha...

Ok, langsung ke point nya aja ya. Gue males basa-basi, muter-muter atau ngider-ngider dulu, takut nyasar dan ga bisa balik lagi, takut bikin anak orang pusing tujuh keliling, takut postingan blog gue jadinya kepanjangan dan gue kecapean ngetiknya.

Tanggal 7 Mei 2016, hari sabtu kemaren, seluruh pelajar SMA/SMK/MA udah pada tau hasil belajarnya selama 3 tahun melalui  pengumuman hasil Ujian Nasional (UN). Ya walaupun ada yang baru tau lulus atau engga nya doang, belum tau nilainya. Cepet ya, ga berasa. Perasaan baru masuk, udah keluar aja hehe... Trus gimana hasilnya readers? Semoga hasil yang telah kita semua dapetin adalah yang terbaik dari segala usaha kita dan yang terbaik bagi diri kita masing-masing dan semua orang.

Gue sempet ngerasa kesel pas tanggal 7 Mei, dimana gue udah penasaran dan nungguin hasil UN, tapi malahan yang dikasih tau cuma lulus engga nya doang, ga ada nilainya. Trus gue coba tanya beberapa guru gue, katanya nilainya dikasih tau hari senin ditempel di mading. Huh nunggu lagi deh :(




Dan hari ini gue baru tau hasil UN gue. Hasil UN gue sendiri sebenernya sangat memuaskan untuk gue. Tapi gue agak nyesel karena nilai b.inggris gue. Nilai UN gue bahasa indonesia 90, bahasa inggris 88, matematika 100, dan kejuruan akuntansi 94,1. Jadi, nem gue 372,1 dengan rata-rata 93,03.

Jadi, sekolah gue memberikan sertifikat dan buah tangan (semacam hadiah gitulah hehe..) kepada tiap anak yang mendapat peringkat 1-3 nilai ijazah di kelas, 10 peraih UN tertinggi di SMKN 48, dan peraih nilai 100 untuk mata pelajaran UN. Tapi, pelajaran yang ada 100 nya cuma matematika, yang lain belum ada.

Gue bisa memberikan kebanggaan pada orang tua gue dengan dapet peringkat 1 nilai ijazah di kelas, dengan total nilai 893, rata-rata 89. Dan juga peringkat 2 nilai UN di SMKN 48. Serta nilai mat 100. Jadi gue dan ortu gue maju mulu selama 3 kali dipanggil dan juga ikutan foto narsis tiap kali maju wkwk..

Disinilah gue menyesali nilai b.ing gue. Gue mendapat peringkat 2 karena kalah di nilai b.ing. Gue jadi inget pas ikut lomba waktu gue SMP, dimana gue juga kalah karena bahasa inggris huhuhu... Yang peringkat 1 itu namanya Agas, dan gue akui emang dia hebat, terutama bahasa inggrisnya wkwk selamat untuk kita semua yang udah lulus dengan nilai sebaik-baiknya. Disini gue juga bisa bangga karena di antara 10 peraih nilai UN tertinggi, peringkat 1, 2, dan 3 nya dipegang oleh kelas gue, XII AK 2, yeayy..

Selain itu, di angkatan gue ada 6 anak yang memperoleh nilai sempurna, yaitu 100 untuk pelajaran matematika. Ada gue, Agas, Hana Tiara, Irliany, Intan, dan Rizka Putri. Sedangkan 10 peraih nilai UN tertinggi secara berurutan dari nomor 1 adalah Agas, gue, Tiara, Dwi, Ferli, Habibah, Maudy, Eva, Dhea, dan Irliany. Untuk peringkat nilai ijazah di kelas gue dari nomor 1 ada gue, Okti dan Agas. Selamat :))

Gue baru aja nemu di web disdik mengenai peringkat UN tertinggi di DKI Jakarta. Dan temen gue, Agas, berada di posisi ke-8. Keren kan ... Tp miris, beda tipis doang tuh nem gue sama yang ke-10. Nih liat aja sendiri ya...



Ya walaupun gue ngerasa nyesel dan sedikit galau, tapi mau gimana lagi :'( Mungkin ini takdir dan yang terbaik buat gue supaya gue mau belajar lebih banyak lagi. Hufttt... Gue akan mengusahakan yang lebih baik lagi ke depannya. Gue ga bisa dan ga mungkin merubah masa lalu. Kan ga semua keinginan kita akan selalu kita dapetin wkwk.. Karna hidup tak semulus itu tanpa kegagalan. Semoga hanya gue yang kecewa dengan ini semua, dan bukan orang lain hehe..

Tapi gue cukup berbahagia dengan 'buah tangan' yang dikasih 48 buat gue, yaitu flashdisk dengan merek yang berbeda-beda sebesar 16 GB. 48 ngertiin gue banget kalo gue belum punya flashdisk buat kuliah nanti. Flashdisk gue yang lama itu corrupt, jadi kalo dipake suka ilang datanya. Untung gue belum beli yang baru hehe... Thankyou very much 48..




Dan sekolah gue, SMKN 48, mendapat peringkat ke-2 se-Jakarta Timur antar negeri, peringkat ke-4 se-Jakarta Timur antar negeri dan swasta, peringkat ke-2 se-DKI Jakarta antar negeri, dan peringkat 6 se-DKI Jakarta, antar swasta dan negeri. Tapi ada beberapa nilai yang turun sih rata-ratanya dari tahun lalu.. Tak apalah wkwk.. Nih daftar peringkat UN SMK DKI Jakarta tahun 2015/2016




Time flies so fast, tepat tadi pagi tanggal 9 Mei 2016, sekolah gue mengadakan pelepasan atas hasil UN kelas 12 angkatan 2015/2016 dengan mengadakan semacam upacara yang dihadiri oleh beberapa orang tua. Gimana perasaan gue saat diumumkan menjadi yang terbaik di depan orang tua gue? Saat orang tua gue mendengar nama gue disebut dan dipanggil maju karena prestasi yang gue capai? Gue seperti ingin mengatakan 'kebanggaan ini buat kalian'. Itu sangat mengharukan. Disaat kita sebagai anak bisa melihat orang tua kita yang tersenyum bangga karena pencapaian kita. Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada itu. Gue tau pasti orang tua gue sangat senang dengan apa yang gue peroleh, walau mereka tak menunjukkannya secara langsung. Gue berharap ini bukan terakhir kalinya gue bisa menjadi anak yang bisa dibanggakannya, karna gue akan terus berusaha untuk mempertahankan kepercayaan dan senyum mereka. Perjalanan gue selama 18 tahun ini, berkat dukungan dan doa mereka, berkat bimbingan dan semua hal yang diberikan oleh mereka. Thanks mom and dad. I know that it doesn't enough, but i will try my best for you :')


Hasil foto-foto gue bareng temen-temen hari ini ..







Setelah pembacaan prestasi, ada pelepasan murid kelas 12 secara simbolis, yaitu melepaskan jaket almamater sebagai tanda kalo kami udah jadi alumni 48, hiks... Berasa tua udah jadi alumni. Setelah itu, acara diakhiri dengan salam-salaman antar guru dan murid. Abis itu acara ga resmi, yaitu foto-foto unyu. Trus kelas gue juga ngasih souvenir untuk guru-guru di 48, sebagai ucapan terimakasih dan kenang-kenangan dari kelas XII Akuntansi 2, berupa mug (cangkir) yang ada foto gue sekelas dan kata-katanya. Tampilannya seperti ini.



Pengumuman UN udah berkumandang, dan itu artinya adalah saatnya gue berpisah dengan masa SMK gue dan harus siap menata(p) masa selanjutnya yang telah gue pilih dari 3 pilihan yang ada (kuliah, kerja, atau kawin), yaitu kuliah. Yang masih nanya gue kuliah dimana, berarti ga nyimak postingan blog gue di awal-awal. Tapi karena gue orang yang sabar, baik hati, tidak sombong dan rajin menabung, maka gue akan kasih tau lagi ke kalian para pendatang baru blog gue (yang mudah-mudahan nantinya akan stay tune terus di blog gue) dimana gue kuliah nanti. Gue udah diterima di Program Pendidikan Akuntansi (PPA) BCA. Sebagian besar orang merasa asing dengan program ini, dan mereka akan mengajukan pertanyaan lanjutan 'program apa itu?' dan so pasti gue ga mungkin jelasin disini, karna terlalu panjang. Udah ada penjelasannya di postingan gue sebelumnya kok, cari aja ya hehe..

Berpisah dengan SMKN 48, berpisah dengan guru-gurunya dan semua bagiannya, serta berpisah dengan temen-temen 1 kelas. Gue ga pernah nyesel untuk bertemu kalian, dan gue ga pernah nyesel masuk ke 48. Malahan gue ngerasa bersyukur banget dengan semua yang telah gue dapetin di sini. Hmmm terlalu banyak.. Dan gue ga mungkin dapetin itu semua kalo gue ga sekolah di 48. Thanks all. Mungkin kata trims aja ga cukup, tapi bisa mempersembahkan sebuah kebanggaan bagi kalian semua adalah hal yang sangat membuat gue terharu. Gue akan selalu inget pernah berada di antara kalian, menorehkan pengalaman dan kenangan bersama #ambiltisu

Untuk temen-temen kelas gue, AK 2 (incloacctwo), yang udah nemenin gue dari kelas 10 sampe 12, walau terkadang bosen ngeliat muka kalian, pas kenaikan kelas ketemu lu lagi lu lagi, dia lagi dia lagi wkwk Tapi justru hal ini membuat ikatan di antara kita menjadi kuat *sampai akhir hayat memisahkan* huhuhu ... Cercaan, kemenangan, kesusahan, kesenangan, tawa, air mata dan foto yang telah kita lakukan bersama-sama, tapi terkadang ada yang suka asik selfie sendiri #ganyambung, dan semua yang telah kita lewati dan arungi, biarlah menjadi kenangan manis, asam, pahit, asin dalam nano-nano hidup ini. Menambah koleksi warna mejikuhibiniu dari daftar yang ada.

Juga semoga gue ga ada utang yang terlupakan ke kalian semua, baik utang secara materiil maupun immateriil. Kalaupun ada, lupakan saja agar perpisahan kita menjadi tambah manis wkwkw Pokoknya gue seneng pernah berada di kelas ini, dengan segala kelebihan, kekurangan dan aib-aibnya (yang gue terima dengan lapang dada). Maap jika ada kata dan tindakan yang salah. Maap jika suka ada pemikiran di antara kita yang ga sejalan yang bikin rusuh, tapi gue ga pernah mau berpisah dengan kalian dalam kedendaman. Jadi, marilah buka halaman baru yang masih putih polos (kayak gue). Thanks a lot udah ngajarin gue tentang kebersamaan, kekompakan, rela berkorban, gotong royong, apa lagi ya? Hmmm buuanyak deh, sampe bingung sebutinnya. Sorry gue ga bawa pulang oleh-oleh dari Japan wkwk *abis mahal*. Ayo kita berjanji untuk saling bertemu lagi nanti ketika kita semua udah siap dengan cerita kesuksesan kita masing-masing :')

Bertemu dengan kalian adalah takdir. Dan sebuah perpisahan adalah kepastian dari muara sebuah pertemuan. Jadi kita harus siap. Bertemu untuk berpisah. Tapi sebaik-baiknya pertemuan adalah hal yang telah kita usahakan untuk menjadi kenangan yang terbaik. Dan sebaik-baiknya perpisahan adalah tetep saling mengingat dan menguatkan dalam segala kondisi.


Pertama kali kita bertemu dalam sebuah kemenangan (juara 2 persembahan kelas)

Seragam kebanggaan (akuntansi) dan makan bersama hadiah classmeeting



Foto bersama buku tahunan (semoga bukan untuk terakhir kalinya)

Masih buat temen-temen AK2, sesuai nama kelas kita, incloacctwo, singkatan dari incredible class of accounting two. Incredible, kalo kita cari di google translete artinya luar biasa. Marilah kita menjadi pribadi luar biasa agar bisa menjadi cerminan dari kelas kita yang sesungguhnya. Agar nama bukan sekedar nama, namun juga menjadi panutan yang berarti untuk menjadi manusia luar biasa. Luar biasa dalam arti bagi siapapun serta dalam hal apapun. Karena kita diciptakan oleh Tuhan untuk menjadi luar biasa dalam bidang kita masing-masing. #asoyy.. Lagi terserang penyakit bijak nih hehe..

Mungkin postingan blog ini adalah hal yang bisa gue persembahkan untuk kalian. Mungkin sebagian besar dari kalian menganggap ini tak berharga, tapi harus kalian tau kalo gue ngetiknya pake hati, pikiran, dan tangan gue, serta keypad. Jujur nih ye, gue ngeblognya lewat hp, bukan laptop, jadi rada ribet. Trus gue pake kuota, bukan wifi, karna lagi ada trouble lah. Gue mau mengabadikan perpisahan ini menjadi tulisan di blog gue yang nangkring tiap saat, yang bisa gue baca kapan aja, mungkin saat gue udah tua nanti gue akan tersenyum membaca ini. Dan terutama, bisa dibaca oleh kalian semua.




Dan juga, mungkin foto ini yang menjadi hadiah perpisahan gue ke kalian. Mungkin hanya sebentuk foto ga berharga, tapi gue sampe bela-belain take tuh foto saat gue cuma punya waktu 20 menit di Tokyo Tower. Kenapa gue milih fotonya disitu, bukan di bawah pohon sakura? Kenapa gue milih background di atas gedung-gedung? Karena gue pengennya kita semua bisa berada di atas suatu saat nanti, menggapai impian kita, bukan hanya dibawah bersama keindahan bumi namun masih berangan-angan tentang impian.

Jika kalian ingin tau hal apa yang menjadi kebahagiaan gue di AK 2 adalah saat kita bisa berhasil bareng-bareng (saat performance kelas, saat pelajaran di kelas) dan saat gue bisa memberikan sesuatu untuk kelas (memberi kemenangan dalam lomba tarik tambang dan cerdas cermat saat classmeeting, belajar bareng sampe bisa). Have fun bareng, makan bareng, saling berbagi, tidur di kelas bareng, ketawa bareng, kesalahan dan hukuman yang kita terima bareng-bareng, dan semua hal sederhana lainnya.

Tak lupa untuk keluarga besar 48, gue mau minta maaf untuk hal-hal annoying yang gue lakukan pada kalian-kalian semua di 48, mungkin itu suatu kekhilafan atau kesengajaan haha.. Ntahlah gue juga gatau. Yang gue sadari sebagai manusia biasa (otw luar biasa), gue pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang terlihat maupun kasat mata *gue juga gatau kesalahan kasat mata itu kayak apa*

Terimakasih juga untuk kepala sekolah, bapak/ibu wakil kepala sekolah, kepala TU beserta stafnya, para dewan guru, dan seluruh bagian SMK 48 serta adek-adek kelas X dan XI yang masih unyu (maap kalo ada yang kelupaan disebut)...

Dan pada akhirnya gue mau mengucapkan selamat untuk SMKN 48 JAKARTA angkatan 2015/2016 yang telah lulus 100%. Ini adalah hasil kerja keras dan pencapaian kita semua, juga atas berkat-Nya, maka jangan lupa mengucap syukur dan kita boleh berbangga, tapi jangan sampe terlena dan melepas masa depan kita yang telah menunggu untuk digapai. Gue bangga bisa menjadi salah satu bagian dari kalian, dan sukses untuk kita semua ! Selamat berjuang untuk masa depan !



Sorry and Thanks :)
We can't go to the past and change everything, just let it go and be what you want to be

Nb : maaf kepanjangan haha ... Jangan ngantuk ya bacanya :D

7 komentar:

Back to Top