Road To PTN

Diposting oleh Label: di

Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu pilihan bagi sebagian besar orang untuk melanjutkan masa depannya selepas SMA/SMK/MA sederajat. Menurut survey gue saat di kelas, hampir semua teman gue ingin melanjutkan pendidikan ke PTN.  Ada 3 jalur yang digunakan untuk masuk PTN, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. Tingginya peminat terhadap PTN yang tidak sebanding dengan jumlah kursi yang tersedia, membuat ketatnya persaingan antar murid untuk memperebutkan tempat. Masuk PTN dianggap tidaklah mudah, susah-susah gampang. Oleh karena itu, gue ingin membagi sedikit hal-hal yang perlu disiapkan dalam diri kita masing-masing untuk masuk PTN.

SNMPTN adalah jalur undangan yang menyeleksi berdasarkan nilai raport yang kita peroleh. Jalur ini merupakan jalur pertama yang dibuka, sebelum SBMPTN. Banyaknya murid yang diterima SNMPTN tergantung dari akreditasi sekolah kita. Jika akreditasi sekolah kita A, maka kuotanya adalah sebesar 75%. Tahun ini, SNMPTN dibuka tanggal 29 Februari – 2 Maret 2016 tanpa dipungut bayaran sepeser-pun alias free.. Mau tahu lebih banyak?? Info selengkapnya dapat dilihat di sini.




Jalur kedua untuk masuk PTN adalah SBMPTN. Apa itu SBMPTN? SBMPTN adalah jalur masuk PTN dengan menggunakan tes. Jenis soal tes yang diberikan adalah berdasarkan pilihan jurusan yang akan kita ambil di PTN, apakah termasuk IPA atau IPS. SBMPTN akan dilaksanakan sekitar bulan Mei 2016. Lebih lengkapnya mengenai SBMPTN dapat dilihat di sini.



Alternatif jalur terakhir untuk masuk PTN adalah jalur mandiri. Jalur ini dipungut bayaran yang cukup mahal, tergantung universitas yang kita tuju. Misalnya SIMAK UI, UM UGM, UM UNDIP, dan sebagainya. Jadwal, jenis dan tingkat kesulitan tes pun beragam tergantung dengan PTN nya. Untuk jadwal tes seleksi mandiri, silahkan liat di sini. Namun, biasanya jalur mandiri dijadikan sebagai alternatif terakhir karena kita harus menguras kantong akibat biaya yang mahal. Jadi, lebih disarankan jika kita berusaha di SNMPTN dan SBMPTN.

Berikut ini hal-hal (menurut gue) yang harus dipersiapkan dari diri kita masing-masing untuk menghadapi SNMPTN/SBMPTN :

1. Niat dan Tujuan 
Yang paling mengawali segalanya adalah niat dan tujuan. Yang menjadi fondasi dasar kita dalam melakukan sesuatu adalah 2 hal tadi. Yang namanya sebuah fondasi, haruslah kuat. Begitu juga dalam mengikuti tes masuk PTN, kita harus mempunyai  niat dan tujuan yang mantap supaya dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Sebaliknya, jika kita masih ragu-ragu akan tujuan kita, maka hasil yang kita dapatkan setengah-setengah. Niatkan hati, bidikkan tujuan ke arah yang tepat, niscaya kita akan mencapai apa yang kita inginkan. Seperti kata pepatah lama “Dimana ada niat, disitu ada jalan”. Ketika kita sudah menggenggam niat, maka tidak ada yang tidak bisa.

2. Ketahui kemampuan diri
Ini adalah hal yang paling penting. Kita boleh mempunyai tujuan yang mantap, tapi jika tidak disesuaikan dengan kemampuan diri, kita akan susah dalam menjalaninya. Apalagi jika kita tidak menyukai bidang itu, maka dipastikan kita telah gagal dalam memasuki dunia kuliah dan masa depan kita. Untuk mengetahui kemampuan diri kita sendiri, kita bisa mengikuti tes minat dan bakat untuk mengetahui kita cocok di bidang dan jurusan apa. Selain itu, kita bisa bertanya pada orang-orang terdekat mengenai kemampuan kita. Usahakan agar apa yang kita sukai dan apa yang menjadi bakat kita berkaitan dengan jurusan yang kita ambil saat PTN nanti.
“Sebaik-baiknya seseorang yang berbahagia adalah seseorang yang melakukan hal sesuai dengan hatinya.”


3. Cari informasi yang tepat, bukan sekedar banyak (jangan mau dibohongi dengan berita-berita hoax)
Carilah berita dari sumber yang tepat. Jangan sampai termakan berita bohong atau isu. Kemudahan akses informasi di internet juga menuntut kita untuk pintar dalam menyeleksi informasi yang benar atau yang menyesatkan. Lebih baik jika kita bertanya dengan orang yang telah berpengalaman masuk ke PTN yang bersangkutan. Jadi, kita bisa belajar melalui pengalamannya. Oh ya, penting juga apabila kita mencari berita yang up to date, karena seringkali informasi yang disajikan berasal dari tahun-tahun lalu, seperti standar nilai, passing grade, daya tampung, tingkat persaingan, dan lainnya. Dari informasi yang lengkap itu kita bisa menimbang dan mengukur apakah kita cocok dan bisa untuk memilih jurusan dan PTN yang kita inginkan.

4. Berusaha mulai dari sekarang, bukan besok
Jika pembaca bertanya ke gue “Kapan waktu yang tepat untuk mulai belajar SBMPTN?”. Maka gue akan menjawab dengan tegas “Mulai dari sekarang, detik ini juga. Tidak besok, tidak nanti, tapi SEKARANG”. Karena pada faktanya, sesuatu yang tidak mau kita lakukan sekarang, belum juga tentu akan kita lakukan di masa yang akan datang. Jadi, semua yang mau kita lakukan, ya lebih baik dimulai dari sekarang. Jangan menunda-nunda pekerjaan, karena jika waktunya tiba, kita akan merasa tidak siap dan bingung sendiri. Tes SBMPTN bukanlah tes dengan materi yang mudah dan sedikit, oleh karena itu kita harus menyicil untuk mempelajarinya. Say no to SKS (Sistem Kebut Semalam).

5. Mencoba, berlatih, pasti bisa!
Tes SBMPTN atau tes mandiri lainnya selain membutuhkan penguasaan materi, juga membutuhkan kecepatan dalam mengerjakannya. Kecepatan berpikir dan menjawab soal, dapat dilatih dengan cara sering berlatih soal sehingga otak kita akan terbiasa dengan tipe-tipe soal SBMPTN atau ujian mandiri dengan waktu yang telah ditentukan. Jangan malas untuk mencoba mengerjakan soal demi soal. Malas adalah awal kepastian dari sebuah kegagalan. Saat berlatih, janganlah cepat berputus asa. Terus berusaha dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Ketahui dan temukan trik terbaik dalam mengerjakan soal agar bisa cepat dan tepat. Jangan anggap belajar sebagai beban, tapi nikmati saja prosesnya.

6. Yakin, tapi ga jumawa
Sedikit banyaknya, keyakinan dan kepercayaan diri akan mempengaruhi usaha seseorang dan hasil akhir. Jika dari awal kita merasa yakin, maka otak kita akan tersugesti dengan hal-hal yang positif, sehingga kita ga akan kalah sebelum perang, ga akan nyerah duluan sebelum tes. Kepercayaan diri itu penting, tapi secukupnya saja. Karena jika berlebih, bisa mengakibatkan sikap jumawa atau sombong, merasa dirinya sudah bisa dan tidak mau belajar lagi. Hal ini akan berakibat fatal.

7. Siap mental dan fisik
Jangan remehkan hal yang satu ini. Selain ilmu, kita juga harus menyiapkan mental dan fisik kita. Jangan sampai kita berusaha terlalu keras, setiap hari belajar sampai larut malam, tanpa menimbang kekuatan kondisi fisik kita, sehingga hari H kita jatoh sakit. Maka segala kerja keras kita akan menjadi sia-sia. Selain fisik, kita harus menyiapkan kondisi mental. Jangan sampai saat tes berlangsung kita merasa gugup atau grogi. Pengalaman gue, grogi bisa menyebabkan ngeblank dan semua yang kita pelajari seketika hilang tanpa bekas. Grogi dapat merusak konsentrasi dan waktu kita akan terbuang banyak. Kita harus bisa mengatasinya. Fokuslah pada pekerjaan kita sendiri, tidak perlu melihat dan memperhatikan orang lain. Abaikan hal-hal yang dapat mengganggu atau menyiutkan mental kita. Mantapkan hati dan berdoa sebelum mengerjakan tes agar kita diberi ketenangan. Tetaplah rileks dan jangan stress.

8. Restu ortu yang utama !
Doa dari orang tua dapat membuka dan melanjarkan jalan bagi kita. Jadi, sebelum memilih jurusan dan universitas, alangkah baiknya jika kita mendapat restu dari orang tua kita (bukan cuma nikah doang yang butuh restu).

9. 70% usaha 30% doa
Setelah kita berusaha keras, tapi tetap saja ada hal-hal yang berada di luar kendali kita sebagai manusia yang terbatas. Oleh karena itu, kita harus menyerahkan semua usaha yang sudah kita lakukan kepada Tuhan. Percayalah, tak ada satupun doa, harapan, pengorbanan, perjuangan, keringat dan air mata yang tidak diperhitungkan. Semuanya akan menghasilkan yang terbaik.

3 komentar:

  1. jika anda berkenan,
    maukah anda membagikan hasil lks smk tingkat provinsi DKI jakarta
    khusunya bidang lomba bisnis dan manajemen lebih khusus lagi bidang akuntansi

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya hasil perolehan nilai akhir dan peringkat lks smk tingkat dki jakarta tahun ini ?

      Hapus
    2. Hasil nilai LKS Akuntansi tingkat DKI Jakarta tahun 2016 dapat dilihat disini https://drive.google.com/open?id=0Bz3O0LRiD6VKOWtIdGdkWTg3RlU

      Hapus

Back to Top