Tahun Baru Imlek 2567

Diposting oleh Label: di


Gong Xi Fat Cai !!!


Imlek atau Sin Cia merupakan perayaan hari tahun baru china yang dirayakan oleh seluruh orang Tionghoa. Pada tahun ini, imlek jatuh pada tanggal 8 Februari 2016 yang ke-2567, menyambut tahun Monyet Api. Dan, gue baru aja ngerayain imlek bersama keluarga besar orang tua gue. Ga ada pengalaman khusus sih untuk imlek tahun ini, semuanya hampir sama kayak tahun-tahun sebelumnya, dimana gue berkunjung ke rumah sodara-sodara gue sembari menunggu angpao hehe..


Hal-hal yang bakal kalian temui dan lakuin saat perayaan imlek berlangsung adalah :

1. Angpao


Benda yang satu ini pasti ada saat perayaan imlek. Bagi yang masih single, berbahagialah karena tiap tahunnya kalian akan menerima amplop merah berisih lembaran uang. Kegiatan bagi-bagi angpao dipercaya dapat membawa rejeki di sepanjang taun yang baru. Gue sendiri merasa cukup beruntung karena sodara dari papa dan mama gue cukup banyak sehingga gue bisa panen tiap tahunnya hehe…

2. Kue Keranjang


Kue khas imlek adalah kue keranjang. Rasanya manis seperti dodol, namun bentuknya seperti bundar seperti keranjang, dengan warna cokelat. Kue keranjang terbuat dari tepung ketan. Kue ini dipercaya dapat meningkatkan kemakmuran dalam setahun yang akan datang.

3. Warna Merah


Jika kita menengok hiasan rumah saat perayaan imlek, jangan heran jika dipenuhi dengan nuansa merah. Karena warna merah melambangkan keberuntungan dan sukacita. Bahkan saat imlek, sebagian besar dari mereka akan memakai baju berwarna merah (termasuk gue).

4.  Larangan menyapu

Menyapu adalah kegiatan yang paling dihindari saat merayakan imlek. Mengapa? Menyapu saat hari imlek dianggap dapat membuang rejeki dan hoki yang ada di rumah. Jadi, biasanya sehari sebelum imlek, rumah akan dibersihkan terlebih dahulu.

5. Kumpul keluarga


Yang ini pasti dilakuin. Biasanya kita kedatangan banyak sodara atau ga kita yang menjadi tamu, berkelana dari satu rumah ke rumah sodara lainnya. Apalagi kalo sodaranya banyak. Hilir mudik dari satu pintu ke pintu yang lainnya, bagi-bagi angpao, ngobrol-ngobrol sampai dengan acara sederhana yang biasa dilakukan saat imlek.

6. Hujan membawa berkah


Hari imlek indentik dengan hujan, kata temen-temen gue sih gitu. Tapi, hujan di hari imlek dipercaya membawa berkah sepanjang tahun yang akan datang. So, biasanya orang yang merayakan imlek, berharap turun hujan saat imlek.

7.  Barongsai



Saat imlek, menyaksikan barongsai menjadi hiburan tersendiri. Gue sendiri udah lama ga ngeliat barongsai, tapi sebenernya gue pengen. Selain sebagai hiburan, barongsai diharapkan dapat mengusir ketidakberuntungan dan hal-hal yang tidak baik.
Posting Komentar

Back to Top