Hidup Senang, Tanpa Ribet (Ala Gue)

Diposting oleh Label: di

Akhirnya gue bisa lanjut posting lagi di tengah-tengah ujian yang bertubi-tubi menghujam gue. Bukan ujian hidup, tapi ujian sekolah dan ujian nasional beserta anak-anaknya (tryout) hehe.. Kali ini gue mau ngebahas tentang hidup. Hidup ini cuma sekali. Hidup ini singkat. Ungkapan itu sering kita dengar dan memang benar adanya. Jika kita menggunakan hidup kita dengan sembarangan, maka hidup yang berharga ini menjadi sia-sia. Oleh karena itu, dalam hidup ini, kita harus memilih hal-hal yang perlu kita lakukan atau yang ga perlu. Karena terkadang banyak orang yang menghabiskan hidupnya untuk melakukan hal yang ga penting sama sekali.

Sekarang ini, gue akan ngeshare pendapat gue (just in my opinion) tentang hidup yang sebagaimana mestinya. Ya walau hidup gue juga rada berantakan haha.. Tapi yang penting, asal kita senang, asal ga ngerugiin orang, asal ga bikin baper (bawa perasaan) orang, biarkan saja hidup sebagaimana adanya. Jangan serius-serius kalo jalanin hidup, dibawa santai tapi kita tetep dapet makna dan poin dari hidup itu sendiri. Ok, langsung aja gue jabarin ke kalian satu-satu.

Pikirkan hal yang perlu dipikirkan
Terlalu banyak pilihan dalam hidup ini. Terlalu banyak hal-hal yang acapkali membuat kita bimbang. Oleh karena itu, kita ga perlu mikirin hal-hal yang ga penting. Kita ga perlu memikirkan urusan orang lain yang tidak membawa pengaruh bagi kita. Karena tanpa dicari, urusan atau masalah kita dalam hidup ini pasti udah banyak banget. Jadi ga usah di tambahin lagi dengan masalah-masalah orang lain yang sebenernya bukan masalah lu. Hidup ini harus fokus pada apa yang menjadi tujuan kita, pada hal-hal yang seharusnya kita lakukan, bukan untuk bermain-main dengan hal yang ga perlu. Hidup tidak sebercanda dan segaberguna itu.

Terkadang, kita tak perlu terlalu memikirkan perasaan orang lain (bukan berarti kejam)
Pada beberapa situasi, kita tidak perlu memikirkan perasaan orang lain atau pendapat orang lain. Kenapa? Karena kita tidak perlu menjadi sempurna di mata orang lain. Seperti yang tadi udah gue bilang, yang penting lu ngejalanin hidup lu ga ngerugiin orang lain, dan lu berada di posisi yang benar, maka lu ga perlu mikirin kata-kata orang lain. Karena terkadang, mereka hanya bisa menilai tanpa tau yang sebenernya terjadi dalam hidup kita. Ambil aja positifnya, selebihnya abaikan. Kita ga bisa memuaskan semua orang dalam hidup ini. Kebahagiaan lu akan terkorbankan bila lu selalu berusaha menyenangkan semua orang. Bukan bermaksud egois ataupun kejam, tapi ada saatnya dalam hidup ini untuk menjadi diri sendiri dan menjalani sesuai dengan apa yang kita inginkan (asalkan kita melakukan hal yang bener).

Jangan iri atau membenci orang lain
Ini adalah salah satu hal yang ga ada gunanya dan hanya merugikan diri lu sendiri. Lu hanya buang-buang waktu dengan iri atau membenci orang lain. Apapun yang dilakukan orang lain, ya cukup tau aja dia orangnya kayak gimana. Seberapa banyak pun kekecewaan yang diberikan orang itu ke lu, jangan sampe ngebuat lu dendam sama orang itu. Cuma bikin capek hati. Marah boleh (manusiawi), tapi ga perlu sampe berlarut-larut. Kalau kita udah tau dia orangnya begitu, ya udah, ga perlu ngeharapin atau bergantung sama dia lagi. Jadi, hidup ini dibawa stay cool aja. Karna dalam hidup, udah pasti banyak orang yang ngelakuin hal-hal yang kita ga suka, ngekhianatin kita, atau yang lainnya. Jangan jadikan mereka sebagai penghambat dalam fokus hidup lu. So, let it go !

Just simple : Lakukan hal yang lu suka
Tiada yang lebih membahagiakan dalam hidup ini selain melakukan hal-hal yang lu suka. Segala pekerjaan dan hal-hal yang lu lakuin, usahakan karena lu mencintainya. Jangan dengan keterpaksaan. Hidup terlalu singkat untuk melakukan hal-hal yang lu ga suka. Cobalah banyak hal selagi ada kesempatan, dan temuilah hal yang lu suka itu. Tersenyumlah karena melakukan hal itu, bukan menganggapnya sebagai beban, maka hidup akan terasa sangat menyenangkan dan berharga.

Ikuti kata hati lu, bukan kata orang lain
Disaat lu dihadapkan dengan pilihan, dengarkan lah suara hati lu. Jangan sampe terpengaruh dengan perkataan orang lain yang terkadang menjerumuskan. Lu harus bisa memilih dengan tegas, sesuai dengan keinginan lu, bukan karena keinginan mereka. You are a free man, walaupun emang ada batesan-batesan dalam hidup ini. Tapi, lu bebas menjadi seperti apa yang lu mau. It depends on you, not them. Cause, it’s your life, not their life.

Masalah diselesaiin, bukan diribetin
Dalam hidup, ga mungkin tanpa masalah. Yang penting adalah cara kita dalam menghadapi masalah itu sendiri. Kita harus bisa menyederhanakan masalah. Serumit apapun masalah, jika kita bisa menanganinya dengan baik, maka akan menjadi hal yang sederhana. Sedangkan masalah yang sederhana, jangan dibuat menjadi besar dan rumit. Segera selesaikan masalah-masalah yang ada, jangan dihindari. Perkecil masalah yang ada dan niscaya semua akan berjalan dengan baik.

Jangan galau disaat menerima kegagalan
Mau berhasil? Ya harus gagal. Keberhasilan yang dicapai tidak akan bernilai jika kita ga pernah mengalami kegagalan. Kita akan lebih menghargai arti dari sebuah keberhasilan apabila kita pernah merasakan sakitnya gagal. Dengan gagal, kita akan terus belajar dan menjadi lebih baik. Jadi, jangan sampai terpuruk akibat kegagalan yang lu terima. Bangkit dan jadikan sebagai pelajaran. Gue yakin lu pasti akan jadi orang berhasil. Tetap berusaha, proses tidak akan mengkhianati hasil.

Jangan merasa memiliki orang lain
Hidup ini tak ada yang abadi. Begitupun orang yang hadir dalam hidup kita. Yang datang akan pergi, tergantikan oleh orang lain. Jadi, jangan bergantung pada orang lain. Jangan katakan ‘gue ga bisa hidup tanpa lu’. Karena hidup ini akan terus berjalan tanpa memperdulikan apa yang lu rasakan dan seberapa besar keterpurukan lu. Dan, belum tentu juga orang itu menyayangi lu sebesar sayang lu ke dia. Jangan habiskan waktu lu untuk orang lain yang sama sekali tidak memikirkan lu. Berlaku lah seperti biasa terhadap semua orang, kita boleh mencintai dan menyayangi, tapi jangan harap tuk bisa memiliki. Kita harus bisa jika suatu saat harus tanpanya. Life must go on, nothing can stop it.


Nah itu aja sih dari gue. Yang perlu gue tekankan disini adalah hal-hal diatas hanyalah berdasarkan pendapat gue. Jadi, ga ada maksud untuk menyalahkan atau menggurui siapapun. Karna gue pun juga manusia biasa yang jauh dari kata sempurna. Jadi, ambil positifnya, tendang negatifnya. Sampai jumpa di postingan gue selanjutnya. Jangan bosen-bosen baca blog gue ya hehe…
Posting Komentar

Back to Top