Incredible Day - Part 7

Diposting oleh Label: di

Gimana rasanya udah sampe di part 7? Panjang banget ya ceritanya sampe part 7 hehe.. Hari keempat gue di Jepang, tanggal 21 April 2016. Masih sama dengan sehari sebelumnya, perasaan gue berbunga-bunga, khususnya bunga sakura. Dan hari ini ga kalah menarik dari hari-hari sebelumnya. Malahan bisa dibilang istimewa.

Kami akan menebarkan jejak kaki (maksudnya mengunjungi ya, bahasanya emang agak hiperbolis) di 3 lokasi, yaitu Shibuya Senior High School, Edo-Tokyo Museum dan Asakusa.

Kegiatan di pagi hari masih sama aja kayak kemaren. Bangun tidur, mandi, sarapan, nunggu di lobby sambil wifi-an, dan cabut ke tempat parkiran bus. Nothing special. Oh ya, sebelumnya kami telah diingetin untuk bawa sandal hotel karena pas di Shibuya nanti akan lepas sepatu. Selain itu, disuruh bawa payung juga karena lamaran (eh ramalan maksudnya) cuaca berkata akan hujan di sore hari.

Setelah semua barang ready di ransel, kami naik bus langsung menuju ke Shibuya SHS. Di perjalanan, kami dijelaskan mengenai hal-hal apa aja yang bakal dilakukan saat disana. Katanya, kami masing-masing akan diantar oleh siswa-siswi Shibuya untuk keliling-keliling sekolahnya dan ngeliat proses belajarnya secara sekilas. Dan kami diberi kebebasan untuk ngobrolin apa aja dengan mereka. Teserah. Nah justru kayak gini yang buat gue bingung. Gue suka bingung ngomong sama orang asing yg baru dikenal. Palingan pertanyaan basa-basi, trus yaudah deh mati gaya wkwk..

Perjalanan ga begitu lama kok, termasuk deket juga kayaknya. Begitu sampai, kami diarahkan menuju ruang pertemuan (gatau namanya) dan langsung disambut dengan tepuk tangan meriah dari setiap pelajar di sana. Wew.. Berasa jadi tamu belakang.an  sesaat haha.. Dan mereka ga berhenti-henti tepuk tangan sampe semua rombongan masuk semua. Lumayan juga tuh tangan bisa merah-merah kali ya..

Acara dibuka dengan sambutan dari kepala sekolah, trus ada juga dari perwakilan siswanya. Selain itu, perwakilan dari rombongan masing-masing negara yang telah ditunjuk diminta untuk menyampaikan sambutan. Kalo dari Indonesia, diwakili oleh Salsabila. Ada juga masing-masing dari Filipina, India dan Bangladesh.

Oh ya, foto di bawah ini tulisannya 'Welcome to Shibu-Shibu'.. Shibu-shibu itu adalah nama sebutan untuk murid yang bersekolah disini. Lucu ya hehe..



Setelah itu, satu per satu dari kami dipanggil untuk menemui siswa Shibu-Shibu yang akan mendampingi selama disana. Ada 3 Shibu yang akan mendampingi gue, yaitu 2 cewe dan 1 cowo. Ternyata ada 1 orang lagi yang bergabung, yaitu 1 cowo dari Bangladesh. Kami pun berkenalan singkat sambil mendengarkan instruksi selanjutnya. Lalu, acara selanjutnya adalah keliling-keliling sekolah. Jadilah gue berlima mengunjungi lab sains (kebetulan lagi dipake buat praktek), lab komputer, perpustakaan, ruang seni/kerajinan, dan ruang kelas.

Gue merasa rada canggung atau kaku sih ngobrolnya. Apalagi rada pendiem-pendiem gitu. Ada sih 1 orang Shibu nya yang lucu, tapi sayangnya ga terlalu fasih bahasa inggris (ya sama lah kayak gue wkwk).

Lab sains

Buatan murid Shibuya yang ada di dinding koridor

Foto-foto lama tentang Jepang di dinding koridor

Lab komputer

Perpustakaan

Foto di perpustakaan

Idem sama keterangan gambar di atas wkwk

Ruang seni/kerajinan

Secara umum, kurang lebih sama lah proses belajarnya dan fasilitas-fasilitasnya. Katanya tahun ini pertama kalinya Shibuya didatengin rombongan dari program Sakura. Well, pengalaman pertama buat mereka juga nambah kenalan.

Setelah itu, kami dikumpulkan di gedung indoor lapangan olahraga gitu. Bagus banget lapangannya wkwk.. Nah, pas masuk ke sini nih kami semua musti lepas sepatu dan dikasih plastik buat masukin sepatunya. Lalu kami berlima duduk di tempat yang telah disediakan. Grup gue kebagian di sudut pojok belakang.

Ternyata kami akan memainkan sebuah games. Gotcha... Sambil nunggu yang lain masuk ruangan, kami ngobrol-ngobrol bentar. Kami tukeran akun facebook supaya nantinya tetep bisa saling ngobrol. Mereka yang minta duluan sih, soalnya gue ga enak mau minta duluan.

Gamesnya adalah masing-masing grup harus mendirikan menara setinggi-tingginya dari 10 lembar koran yang disediakan. Teserah tuh koran mau diapain, mau digulung kek, dilipet, dipotong atau dibentuk apapun. Tapi ga boleh menggunakan gunting, lem, solatip gitu. Nanti yang menang adalah yang dapat membangun menara tertinggi dalam waktu 30 menit.

Games dimulai... I have no idea wkwk.. Ternyata susah. Susahnya itu buat kaki atau tahanan pondasi supaya menara nya ga ambruk. Padahal kan kalo makin tinggi, makin gampang robohnya. Kertas koran kan lemes (ga ada kekuatan), gimana bikin fondasinya ckck.. Gue liat dari grup lain udah ada yang tinggi, sementara grup gue masih pada bingung-bingung gitu. Duh... Ya akhirnya kami coba bikin aja. Beberapa kali roboh dan ulang dari awal lagi. Sampe waktu abis, setidaknya menara grup gue bisa berdiri dan ga pendek-pendek amat. Soalnya ada yang udah bikin tinggi-tinggi tapi ga bisa berdiri. Ada tuh yang bikin sampe tinggi banget, sampe harus naik kursi buat ngukurnya wkwk... Butuh strategi dan kerjasama tim banget. Yang jelas menyenangkan lah.. Oh ya, abis main games, ada sesi foto bersama semua rombongan dan Shibu-Shibu.



Setelah itu, kami keluar dari lapangan olahraga. Di sebelahnya, ternyata ada anak TK yang lagi belajar gitu. Unyu-unyu banget. Entah kenapa tiap anak kecil dan bayi Jepang yang gue temui itu lucu-lucu hihi...

Kami menuju kafetaria atau kantin untuk makan siang. Dan makan siang nya harus bareng sama grup yang tadi juga. Makanannya ga sempet gue foto karena ga enak sama mereka wkwkw.. Menu nya sih kari, nasi goreng sayuran (wortel, jagung), tempe dan pisang goreng. Gue sebenernya rada kaget pas nemuin tempe. Nah loh.. Kok bisa? Haha.. Shibu-Shibu nya keliatan bingung banget itu makanan apan. Tapi katanya enak dan mereka pada suka. Trus gue bingung saat ngeliat pisang goreng di atas nasi. Jadilah gue makan pisang goreng sama nasi. Not bad lah.. Bisa jadi inovasi baru haha.. Dan Shibu-Shibu nya pada komen kalo makanannya 'spicy' (pedas), padahal menurut gue (orang yang ga tahan buat makan pedas), itu masih dalam kategori biasa aja. Maybe mereka ga biasa makanan pedas.

Oh ya, pas lagi ngobrol, mereka nanyain umur gitu. Mereka semua 15 tahun, dan gue 17 tahun otw 18 tahun. Waaa berasa paling tua sendiri. Mereka baru pada kelas 11. Gue kan kelas 12. Hmm...

Selesai makan siang, temen gue yang dari Bangladesh itu ngasih kenang-kenangan berupa koin mata uang negaranya, masing-masing orang dapet 2 buah. Trus Shibu nya juga ngeluarin dompetnya dan ngasih koin mata uang Jepang. Shibu juga ngasih gantungan kunci khas yang melambangkan sekolah mereka gitu. Yakk gue panik seketika. Gue ga bawa uang koin rupiah, trus gue kasih apa ck. Pelajaran penting kalo mau pergi ke luar negeri adalah bawa uang koin buat dijadiin kenang-kenangan. Gue sih sebenernya bawa 4 gantungan kunci monas dan ondel-ondel. Tapi 2 gantungannya gue kasih ke kak Hani karena dia ga dapet barang buat souvenirnya (udah janjian dari awal pergi). Nah buat acara ini gue cuma bawa 1 gantungan karena pas acara penutupan nanti ada tukeran souvenir juga. Ya akhirnya orang Bangladesh nya ga dapet souvenir dari gue deh. Gue kasih ke Shibu nya. I'm so sorry :'(



Time is up. Dan sekarang saatnya berpisah dengan para Shibu. Pada sedih gitu karena udah enak ngobrol, tapi waktunya cuma bentar. And goodbye Shibu, moga-moga bisa ketemu lagi sama kalian ya :') Pulang dari Shibu kami masing-masing memperoleh sesuatu yang sangat berharga, yaitu temen baru. Luar biasa deh pokoknya pengalaman di Shibuya. Kami keluar dari ruangan tempat ngumpul pas dateng pertama tadi diiringi tepuk tangan dari semua Shibu. Ya sama kayak pas masuk tadi.

Tiba di dalam bus, duduk yang nyaman. Langsung ke Edo-Tokyo Museum. Pas nyampe, kami dikasih waktu 30 menitan untuk belanja di museum shop nya. Berpencarlah kami semua memburu barang-barang. Gue memisahkan diri dari mereka dan nunggu di luar. Gue ga tertarik soalnya.





Setelah belanja, kami nonton film tentang sejarah kota Tokyo pada zaman Edo dulu. Lumayan lama filmnya dan beberapa ada yang ngantuk (termasuk gue) haha.. Tiap kali pelajaran sejarah di kelas aja gue selalu ngantuk. Film selesai dan dibagikan tiket untuk masuk ke museumnya. Sayang sekali gue menghilangkan tiket nya. Gue taro di kantong, trus ilang. Waktu itu lagi ribet sih ngantongin banyak barang. Untungnya gue sempet foto tuh tiket. Biasalah setiap kali gue terima apapun, pasti langsung gue abadikan dalam kamera hp. Selain itu, gue juga dapet pamflet tentang museum Edo-Tokyo isinya apa aja dan penjelasannya.



Kami naik lift menuju museum. Setelah berhasil masuk, kami langsung berpencar ke seluruh penjuru mencari objek foto haha.. Ke museum bukannya memahami sejarah peninggalannya malahan foto-foto. Itulah gue (jangan ditiru!!!)

Pas masuk, ada jembatan gitu. Nah disana banyak yang foto-foto tuh. Trus banyak rumah-rumah model Jepang, miniatur rumah penduduk zaman dulu, kendaraan, barang-barang, bangunan, peninggalannya. Pokoknya lengkap deh. 













Singkat cerita, waktu keliling museum udah abis. Jika tadi kami naik menuju museum pake lift. Maka kami turunnya pake eskalator yang bentuknya unik. Like this yoo




Abis itu langsung ke Asakusa. Sama seperti sebelumnya, kami dikasih peta dulu hehe.. Peta yang ga gue mengerti. Titik ketemunya adalah di Kaminarimon Gate. Dan gue baru tau pas udah pulang dari Asakusa kalo ada kuil Buddha tertua disana, namanya Sensoji Temple. Seandainya gue tau lebih awal, gue kan mau mampir liat-liat. Huh. Belom jodohnya kali ya :(

Pas turun dari bus, hujan rintik-rintik pun ikutan turun. Gue ga ada payung dan tadi ga minjem di penginapan JICA. Kalo ujan gerimis kecil doang sih gue tetep jalan deh tanpa payung. Masalahnya ujan lumayan deras hmm... Untungnya ada kak Hani yang membawa payung, ya cukuplah buat berdua. Selama di Jepang kami berdua saling tolong menolong, jadi terharu... Selain itu, gue pun menyadari kalo ramalan cuaca di Jepang itu akurat wkwk..


Di Asakusa ada banyak bangunan merah kayak foto-foto di bawah ini, dan sepanjang jalan yang terdiri dari toko-toko souvenir. Jadi, bisa dibilang kami wisata belanja lagi, dibawah hujan yang semakin deras. Tapi gue suka kok walau hujan-hujanan. Emang gue suka main hujan sih pada dasarnya haha..

Asakusa lumayan rame. Gue dan kak Hani mampir ke beberapa toko, liat-liat dan kalo tertarik ya beli. Gue sih cuma beli makanan, semacam snack gitu. Abisnya gue bingung mau beli apan. Kalo pulang dengan tangan hampa, aneh aja. Tapi kalo beli kebanyakan, ribet bawa pulangnya nanti. Kan katanya uang receh (dalam bentuk koin) yen ga bisa dituker jadi rupiah lagi, maka sebelum belanja, gue itung dulu tuh harga barang yang gue ambil supaya senilai 1000 yen pas (ga kurang ga lebih, biar ga dikembaliin uang recehan haha). Demikianlah gue di Jepang hanya menghabiskan 1000 yen. Selain karena gue ngeri ngeliat harga barangnya yang super duper tinggi, gue ga terlalu tertarik beli ini itu. Orang tua dan guru di sekolah gue pun udah nasehatin gue supaya ga banyak-banyak belanja karena disana serba mahal wkwk..










Abis dari Asakusa, kami menyantap makan malam di Miami Garden. Menunya seporsi spaghetti jumbo, salad, kentang, air putih dan es jeruk. Kenyang juga karena spaghetti nya banyak banget. Tapi masih sanggup gue habiskan kok. Kalo ada sisa kan mubazir.




Selesai deh pertualangan kami hari ini. Abis makan malam, balik ke penginapan. Menyenangkan sekali dan tak terlupakan... Inget !! Tungguin part 8 nya. Ada kejadian yang lebih spektakuler lagi haha.. Sampai jumpa ;)

Sesingkat-singkatnya pertemuan pasti menyisakan kenangan. Pergunakanlah waktu yang ada untuk memaknai kebersamaan, agar tiada penyesalan untuk waktu yang tlah terlewatkan.
Posting Komentar

Back to Top