Shortest Day - Part 6

Diposting oleh Label: di

Dududu... I'm back for you.. Hari ketiga ada di Jepang, gimana rasanya? Kalo ngomong jujur sih, bikin nagih wkwk.. Jadi ga mau pulang. Saat menghitung hari, sadar kalo tinggal 2 hari lagi jalan-jalan di Jepang. Sekarang tanggal 20 April, dan gue pulang tanggal 23 April. Dalam hati gue berusaha menajamkan indera gue untuk mengabadikan seluruh momen disini, yang sangat singkat, berlalu begitu cepat tanpa terasa, namun membekas di sudut hati yang paling dalam. Gue yakin ini bukan cuma kelebayan gue doang, tapi temen-temen gue yang pergi ke sana pasti ada juga yang merasakan hal seperti itu.

Meski semua terasa begitu cepat berlalu, dan bahkan banyak hal yang telah digenggam namun sulit untuk dilepaskan, seperti itulah siklus sebuah kehidupan, nikmati dan jalani saja. Baik buruk, suka duka, datang silih berganti. Saat kalian merasakan duka, percayalah bahwa sebentar lagi kalian akan menikmati pelangi yang indah. It's the real life.

Sebelum omongan gue makin ngaco kesana kemari, yuk cuss langsung aja. Bangun tidur, siap-siap, cek jadwal hari ini. Hari ini gue akan mengunjungi 3 tempat berbeda, yaitu Miraikan, Kitasato University dan Harajuku (Meiji Shrine).. Seperti hari kemarin (part 5), gue turun untuk sarapan bersama Selfie Team, lalu naik ke lobby untuk wifi-an bentar sambil nunggu panggilan untuk jalan ke parkiran bus. Ga ada kejadian spesial, kami cuma ngobrol, becanda, ketawa-tiwi kayak biasa.

Di perjalanan menuju museum sains dan teknologi terbaik di Tokyo, Miraikan, gue menemukan pemandangan ini dari bus. Macem pelabuhan gitu ya? Ga ngerti juga sih gue. Gue cuma mencuri foto aja.



Ga butuh waktu lama untuk kami bisa tiba di lokasi. Kami langsung digiring menuju conference room di lantai 7 seperti di bawah ini. Dengan meja lipat yang tersedia di masing-masing kursi.



Di ruangan ini, gue berusaha fokus mendengarkan apa yang disampaikan oleh Dr. Mamori Mohri, seorang astronot berkebangsaan Jepang yang pertama kali ke luar angkasa. Beliau adalah direktur utama dari Miraikan (National Museum of Emerging Science and Innovation). Beliau menceritakan pengalaman uniknya saat pergi luar angkasa dan beberapa penjelasan lainnya.

Setelah selesai, dibagikan semacam tiket masuk Miraikan, kayaknya sih buat nonton gitu. 


Trus kami semua keluar dari ruangan itu dan menuju Tsunagari (masih di dalam Miraikan), dimana terdapat bola globe raksasa yang dapat memetakan kondisi bumi saat ini. Setelah diberikan penjelasan dan sambutan singkat. Kami duduk untuk menonton pertunjukkan robot pintar Asimo, sekitar 10 menit. Gue sempet rekam video pas robotnya nyanyi, nari, nendang bola, dan lari. Robotnya lucu deh, sayangnya cuma 10 menit hehe..



Kami diberikan waktu setengah jam untuk mengitari globe raksasa dan melihat-lihat pameran alat-alat dan penemuan canggih di bidang sains dan teknologi. Ada banyak macem alat disitu, yang ga sempet gue foto satu per satu. Gue juga sempet menyusup sebentar untuk melihat di tengah kerumunan orang banyak, sebuah robot wanita cantik. Gambarnya ada di bawah.




Waktunya udah mepet, dan kami harus udah berkumpul di tempat yang telah disepakati dari awal. Gue jalan bareng sama kak hani, dan gue berhasil nyampe ke tempat itu kurang 2 menit dari waktu yang telah ditentukan untuk ngumpul. Untung ga telat fyuhh.. Gue ketemu sama beberapa temen yang lainnya dan langsung cabut ke ruang makan yang telah disiapkan. Ga disangka ada insiden kecil disini haha..

Gue udah duduk mau makan. Tiba-tiba ada guru pembimbing dari tim lain yang nyamperin gue dan bilang "kamu darimana aja? Dicariin sama Ms. Molly". Lah.. Gue bingung kenapa dicariin, perasaan gue pas tadi ngumpul tepat waktu deh, dan gue bareng kak hani jalannya, ga misah sendiri. Kak hani aja ga dicariin, masa gue dicariin wkwk.. Emang sih pas tadi gue ga ketemu Ms.Molly, pembimbing tim gue, jadi mungkin beliau kira gue masih di tempat tadi. Gue merasa ga enak pas tau Ms. Molly nyariin gue. Gue celingak-celinguk di ruang makan, Ms. Molly blm keliatan.

Untungnya ga lama kemudian gue liat Ms. Molly masuk ke ruangan dan mukanya lagi nyari orang gitu. Gue tunjuk tangan aja karena merasa dicariin wkwk terus beliau cuma ketawa aja, yaudah gue senyumin deh. Serasa anak ilang sampe dicariin wkwk.. Tapi pas selesai makan sih gue nyamperin Ms. Molly dan bilang "Ms, tadi saya bareng kak Hani. Tenang aja Ms, saya tipe orang yang tepat waktu kok kalo ga ada masalah". Trus beliau jawab "Berarti nanti kalo mau nyari kamu, berarti nyari Hani aja ya. Iya, saya tau kok kamu tepat waktu". Trus semenjak itu kalo gue ga jalan bareng sama kak Hani, pasti ditanyain deh hehe..

Oh iya, sampe lupa, nih menu makan siangnya... Makanannya sih kalo menurut lidah gue cocok-cocok aja.


Setelah makan, dikasih waktu untuk sholat. Gue pun memutuskan pergi ke toilet (mumpung ada temennya), tapi sayang sekali toiletnya sangat rame, jadi gue kabur dari situ aja deh. Males nunggu dan takut ditinggal. Gue langsung turun dan nunggu yang lain ngumpul. Setelah semuanya ngumpul, kami berfoto ria. Mengabadikan momen di setiap lokasi wew..


Setelah itu, kami bersiap menuju Kitasato University. Saat di bus, kami masing-masing mendapat pinjaman berupa alat dibawah ini. Gue memasang earphone nya di kuping, dan akan ada orang yang berbicara di mic khusus, sehingga suaranya terdengar melalui earphone itu (ga perlu teriak-teriak). Tujuannya buat apa? Nanti pas di Kitasato, ada pembicara yang ga begitu fasih bahasa inggris. Jadi beliau akan ngomong dalam bahasa jepang. Nah nanti ada yang terjemahin ke bahasa inggris melalui alat itu, biar kami ngerti apa yang diomongin.


Jam 12.30 kami sampai di Kitasato... Kami disambut dengan sangat ramah dan langsung mendapat paper bag. Isinya buku-buku mengenai Kitasato, biografi sejarah pendiri Kitasato, penemuan farmasi atau obat, notes lengkap dengan pulpennya. Lumayan buat jadi kenang-kenangan hehe...



Setelah itu, kami masuk ke ruangan dan duduk dengan nyaman. Ada beberapa pembicara, yaitu Prof. Nakayama, Kazuro Shiomi, dan Satoshi Omura sebagai peraih Nobel di bidang kedokteran. Disini kami juga nonton video yang diputerin tentang sejarah pendirian Kitasato University oleh Shibasaburo Kitasato dan perkembangan penemuan antibiotik dan obat untuk penyakit kaki gajah. Ada juga dalam bentuk presentasi. Intinya tentang dunia farmasi dan kedokteran deh wkwk... Jujur, gue rada ngantuk saat nonton film yang diputerin di proyektor karena durasinya lumayan lama. Tapi ternyata bukan cuma gue yang ngantuk, temen-temen gue juga teler hehe.. Malahan ada aksi bagi-bagi permen kopiko dadakan ckckck...


Setelah acara itu, kami dipersilahkan keluar ruangan untuk mengikuti campus tour. Disini kami dijelaskan mengenai makna dari patung atau lambang dari gambar di bawah ini, yang ada di sebelah pintu masuk. Lalu kami mengunjungi lab dan dijelasin mengenai proses kerjanya secara singkat. Gue ga begitu denger pas di lab karena gue rada di belakang, ga begitu ngeliat juga jadinya.



Singkat cerita, kami balik lagi ke ruangan tadi dan mendengarkan pengalaman dari seorang ilmuwan dari Norwegia yang telah melakukan penelitian selama 3 tahun di Kitasato mengenai kanker perut atau masalah pencernaan, namanya Anders. Dan juga pengalaman dari mahasiswa Thailand yang melakukan penelitian semacam magang gitu tentang actinomycetes, namanya Watsapon Wattanasuepsin.

Abis itu, acara di Kitasato diakhiri dengan sesi foto bersama dari tiap negara secara bergantian. Dan ada peserta dari Filipina yang berhasil minta tandatangan Satoshi Omura. Trus gue minta deh. Mereka dengan senang hati memberikan fotonya hehe.. Mayan..


Acara di Kitasato selesaiii.. Let's go to Meiji Shrine (Harajuku). Eitsss sebelumnya gue mau ke toilet dulu biar jalan-jalannya enak nanti hehe.. Ya ini adalah pengalaman pertama gue bingung di toilet. Seperti biasanya, gue masuk ke toilet dan ngeliat -liat dulu tombol flushnya yang mana sebelum buang air kecil. Kalo misalnya gue udah ngeluarin tapi gue gatau harus pencet tombol yang mana kan gawat. Trus gue bingung karena ada banyak tombol. Toilet-toilet yang gue temuin dari kemaren ga ada yang serumit ini huh.. Gue takut salah mencet. Soalnya gue pernah salah mencet  di toilet salah satu mall di Indonesia, dan jadinya berabe. Gue mencet yang buat nyemprot air itu loh, jadinya basah kena air -_- Alhasil gue keluar lagi dari bilik toilet dan celingak celinguk mencari temen. Eh ga ada satu pun. Untunglah ada pembimbing dari Jepang nya, dan gue nanya dia deh yang mana tombolnya. Gue pusing-pusing nyari tombolnya di kloset, ternyata ga ada disitu. Tapi ada di tembok belakang kloset dan itu harus buka kenop nya dulu baru keliatan ada tombol. Ya gue mana merhatiin sampe situ. Apalagi harus buka kenop baru keliatan, capedeh...

Setelah itu langsung naik bus dan melaju ke Harajuku. Gue dikasih peta nya nih...


Pertama kali menginjakkan kaki di Meiji Shrine, gue gatau bentuknya kayak gimana dan buat apan. Kata temen-temen gue kayak kuil gitu, kuil Meiji. Disini, kami cuma jalan dan foto-foto aja, padahal sebenernya ada kayak museum atau kuil nya gitu, tapi kami ga masuk kesana.






Keluar dari Meiji Shrine, kami nyebrang menuju ke Takeshita Street. Kami akan belanja di Daiso, dan lagi-lagi waktu yang dikasih ga banyak. Jadwalnya emang mepet-mepet sih, dan ga boleh ngaret. Jadi semua harus diusahakan on time (kalo bisa in time). Ga boleh lupa waktu akibat belanja wkwk.. Daiso itu mirip toko 100 yen, tapi tentunya lebih rame dan lebih gede. Jalan di Harajuku rame banget, agak pusing sih jadinya ngeliat banyak orang. Gue cuma bentaran di Daiso, trus karena bosen dan keramean di dalem, gue keluar dan nunggu sendirian di depan Daiso. Kak Hani belanja di dalem dan gue nyelip keluar aja wkwk..

Tiba-tiba Arderis dan Sadad ngajak gue ke suatu tempat. Katanya mau menjalankan 'misi rahasia'. Trus mereka membujuk gue untuk ikut, katanya daripada bosen disitu sendirian. Jadi yaudah deh gue pikir ngikut aja. Gue kira deket-deket situ, ternyata mereka membawa gue melewati gang-gang kecil (kalau di Indonesia sering disebut jalan tikus). Katanya Sadad ahli dalam menghapal peta yang tadi udah dikasih dan sekarang mau nyari sesuatu. Ya gue rada parno dan takut nyasar ga bisa balik. Soalnya gue paling susah hapal jalanan. Hmm gue pasrah aja melangkahkan kaki mengikuti mereka sambil berharap-harap cemas supaya ga telat pas balik ke tempat pertemuan.

Setelah 7 menit jalan kaki, sampai juga di toko Nike. Gue kira mereka mau kemana, ternyata nyari sepatu toh. Dan harganya mahal-mahal sekali.. Ya karena Nike asli kali ya jadinya begitu. Kami bertiga cuma liat-liat aja karena sudah terkesima dengan harganya. Walaupun sangat keren, tapi apa daya kantong kering. Setelah puas melirik-lirik sepatu, kami minggat dari sana menuju tempat ngumpulnya.



Tempar ngumpul setelah belanja di Daiso

Ternyata masih sepi banget pas gue, Arderis dan Sadad ngumpul disana. Akhirnya kami duduk di pinggir jembatan (untungnya sepi dan ga diusir) hehe.. Setelah pada ngumpul, walau pada ngaret karena kata mereka ngantri di kasir Daiso nya kelamaan, kami langsung naik bus menuju tempat makan. Di bus, kak Hani nanya gue pergi kemana aja selama dia di Daiso tadi, katanya gue dicariin sama Ms. Molly karena ga barengan sama dia jalannya. Well, sejak saat itu kak Hani selalu bareng gue kemana-mana karena takut Ms. Molly nyariin gue lewat dia haha..

mengisi perut dengan makan malam di restoran La'Paula, kali ini restoran Italia dan kami sangat berbahagia. Udah gitu all you can eat lagi, jadi boleh refill isi piring kalo kosong wkwk..

Gue makan semeja ber-8 dan saling rebutan wkwkw (tapi tetep bagi-bagi kok). Ada spaghetti, pizza, french fries, salmon dan gue ga inget ada apa lagi. Pokoknya makan malem yang berasa paling kenyang ya kali ini. Kami beberapa kali mencet bel di meja, dan seorang pramusaji akan datang. Kami minta refill makanannya dan akan habis dalam sekejap. Sayangnya sih harus nunggu agak lama makanannya dateng. Tapi di meja gue pada ga doyan salmon, padahal itu bagi gue enak banget. Katanya amis, jadi pada enek. Gue yang abisin deh tuh salmon. Jarang-jarang makan salmon (yummy). Yang gue ga nyangka, di meja seberang, temen gue namanya Alif telah menghabiskan 4 piring salmon.. Wew..

Gue memutuskan mencoba ice chocolate (minumannya boleh ambil bebas). Tinggal pencet aja dari mesin minum nya, dan keluar deh. Tapi yang aneh, gue kan mencet 'ice chocolate', yang keluar 'hot chocolate'. Gue pikir ga begitu panas kali ya. Trus langsung aja gue minum, dan lidah gue berasa kebakar. Oke thanks itu panas banget... Hmm.. Pas gue balik ke kursi, waktu makan udah abis. So, hot chocolate gue yang belum mendingin itu harus gue relakan tak terminum. Gue cuma dapet panasnya di lidah gue yang jadi ga enak karena tuh coklat. Udah gitu, meja gue masih nunggu pesenan pizza dateng, tapi disuruh tinggal aja sama guru pembimbing gue. Palingan pramusajinya bingung pas nganterin makanan orangnya udah ga ada, lagian kelamaan sih hehe...


Keluar dari restoran, kami langsung disambut dengan indahnya kerlap kerlip malam Tokyo. Keren lah pokoknya, tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.



Pas balik ke hotel, kami disuruh kumpul di depan dining hall dulu untuk membicarakan sesuatu katanya. Ternyata guru pembimbing memperingatkan kepada kami semua agar bisa lebih diatur lagi dan jangan lengah, jangan melanggar ini itu dan sebagainya. Trus dikasih tau juga siapa yang akan menjadi perwakilan untuk memberikan kata sambutan saat di Shibuya High School besok, yaitu Salsabila yang terpilih. Dan untuk memberikan pidato acara penutupan tanggal 22 April mengenai serangkaian acara yang telah dilewati beserta kesan pesannya, Alif yang terpilih. Mereka emang jago ngomong inggrisnya dan sangat berani wkwkw, terutama Alif. Hampir tiap acara atau kegiatan, pasti dia aktif nanya dalam sesi tanya jawab.

Selain itu, persembahan dari Indonesia  saat acara penutupan diputuskan hanya menampilkan tari Tor-Tor karena waktu latihannya udah mepet. Jadi, malem ini mereka yang akan tampil lusa, latihan. Sementara yang lain boleh ke kamarnya masing-masing. Tak terasa, hari ini pun berakhir kembali.

More experience, more knowledge, more hapiness and more friend. But i still want to more time on there.

Yang kumiliki hanyalah segenggam pasir di hamparan gurun yang luas
Posting Komentar

Back to Top