Never Be The Last - Life Is A Competition (Between You and Yourself)

Diposting oleh Label: di

Behappy.me

Seperti yang kalian telah ketahui, lomba akuntansi di Universitas Trilogi kemarin menjadi lomba terakhir yang bisa gue ikuti di SMK. Sebenernya masih ada beberapa lomba akuntansi, yaitu di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Bunda Mulia (UBM), dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN). Namun, gue ga bisa ikut itu semua karena gue harus bantu orang tua jagain rumah yang lagi renovasi. Kalo orang tua gue ga merestui, ga mungkin kan gue maksa ikut lomba. Adanya jadi zonk lagi hasilnya. Karena menurut gue, restu orang tua adalah dasar fondasi keberhasilan yang diraih. Ya mungkin gue musti ngasih kesempatan untuk adek kelas untuk mencicip pengalaman. Tapi tetep aja ada secuil penyesalan dalam hati gue karena ga bisa mengambil kesempatan yang ada :'(

Gue sempet galau beberapa hari karenanya. Satu hal yang gue sadari, sebesar apapun keinginan kita, jika keadaan belum mendukung dan Tuhan belum mengkehendaki, maka kita harus ikhlas merelakannya. Mungkin bukan jodoh gue buat ikutan itu ._. Mungkin ada hal lebih baik lainnya yang sudah dipersiapkan di sebelah sana, Amin.

Yang ingin gue tekankan adalah kompetisi yang gue maksud disini bukan dalam arti bersaing dan mengalahkan orang lain, namun kompetisi yang sebenernya adalah untuk mengalahkan diri sendiri. Mengalahkan semua keterbatasan dalam diri, mengalahkan target dan mimpi yang kita punya. Bukan melulu soal menang dan kalah dari orang lain, tapi kompetisi untuk menjadikan diri sendiri yang lebih baik. Gue ga pengen memperdulikan peserta lain kalo lomba. Yang penting gue udah mengusahakan yang terbaik.

Gue suka berpartisipasi dalam perlombaan. Pokoknya jangan pernah basa basi nawarin lomba ke gue, karena pasti gue pengen ikutin hehe.. Why? Because I can learn many thing. Jika orang lain kebanyakan ngikut lomba harus ditunjuk dulu, itupun kadang ikutnya ogah-ogahan atau terpaksa, kebalikan dengan gue yang pasti secara sukarela ngikut lomba. Sering gue berinisiatif nyari informasi mengenai lomba-lomba yang sesuai dengan kemampuan gue untuk gue ikutin. Jika guru gue punya info lomba, pasti gue seneng banget. Rasanya kayak dapet durian runtuh wkwk... Gue juga gatau apa sebabnya, yang jelas gue suka. Makanya gue sedih banget pas ada lomba, tapi gue ga bisa ikut. Apalagi pas lomba bergengsi kejuruan SMK (LKS Akuntansi), gue udah pengen ikut tuh lomba dari kelas 10, trus udah latihan selama 2 minggu sebelumnya, tapi H-1 nya gue ga bisa ikut. Rasanya miris -_-

Apa aja yang bisa gue dapetin dengan ikut lomba? Yang pertama adalah pengetahuan. Dengan ikut lomba, gue bisa mengasah, mempraktekkan dan mengetahui segala sesuatu lebih dalam lagi. Gue bisa mendapatkan ilmu yang baru, yang mungkin ga gue dapetin dari sekolah. Selain itu, gue bisa mengukur pengetahuan yang telah gue miliki. Gue bisa mengetahui bahwa masih banyak orang yang jauh lebih hebat daripada gue, jadi gue harus terus belajar agar bisa bersaing di dunia yang lebih luas setelah mengenyam bangku sekolah. Prinsipnya, jangan puas dengan apa yang kita miliki sekarang ini, karena ilmu itu ga akan ada habisnya. Galilah rasa ingin tahu, agar kita bisa terus berkembang. Dan satu hal yang kita semua harus tau adalah ga ada masa kadaluarsa untuk belajar.

When you learn more, you will get more - Davit Setiawan

Anneahira.com

Yang kedua adalah pengalaman. Banyak pengalaman yang bisa gue dapetin. Gue bisa belajar untuk melatih mental agar ga gampang jatoh saat berhadapan dengan intimidasi orang lain atau soal yang rumit. Gue juga bisa belajar kerjasama dan saling percaya dalam tim, belajar berlapang dada menerima kekalahan, keberanian, berpikir dan bernalar cepat, dan lain sebagainya, tergantung jenis lomba yang diikutin juga sih. Kita bisa karena terbiasa. Semakin banyak pengalaman, kita akan semakin tahu dan belajar untuk menjadi yang lebih baik.

Levrykurniawan.com

Yang ketiga adalah dapet kenalan baru. Dalam lomba, gue mungkin saingan sama dia. Tapi kalo lomba itu udah kelar, ya gue bisa aja jadi temen baik dia. Gue bisa memperluas network dan mendapatkan tambahan informasi. Malahan mungkin aja ketemu jodoh pas ngikut lomba wkwk ... :p

Yang keempat adalah sebagai salah satu jalan untuk membanggakan orang tua. Kalo gue bisa menang, kan orangtua juga pasti bangga. Ya kan? Makanya coba aja dulu.

Yang kelima adalah membawa nama baik sekolah. Ya karena gue sekolah udah gratis, lalu timbal balik apa yang bisa gue berikan? Salah satunya adalah dengan menjadi murid yang dapat membawa nama sekolah harum, belajar dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

Yang keenam adalah membuka peluang dan kesempatan lainnya. Misalnya lu sering ikut lomba. Maka bisa aja nantinya lu dapet tawaran beasiswa, atau pergi ke Jepang kayak gue. Atau tawaran-tawaran menarik lainnya. Bisa juga pekerjaan atau komunitas tertentu. Ya pokoknya pasti membawa hal yang positif deh.

123rf.com

Ya tapi disamping hal-hal tersebut, kadang gue punya alasan sendiri ngikut lomba yang ga boleh ditiru, yaitu bisa ga ikut pelajaran. Kalo gue kurang minat sama jenis pelajarannya atau lagi bosen, gue bisa kabur dari kelas dengan ijin mau latihan lomba hihi :D Atau kadang bisa mengunjungi sekolah atau universitas, cuci mata ketemu suasana dan orang baru. Siapa tau ada yang cakep wkwk.. Kadang buat jalan-jalan aja... Kadang supaya nilai gue bisa ditingkatin (kalo menang lomba) dan dapet kemudahan. Ya gitu lah. Jangan ditiru ya hehe ^^

Ada juga nih bonus dari ikut berbagai lomba dan menang. Ya ini berdasarkan pengalaman gue aja ya. Gue bisa ketemu dengan banyak orang penting dan terkenal, seperti Anies Baswedan, Ahok, Ari Budiman, Daus Separo, Nirina Zubir, pejabat Dinas Pendidikan, pejabat Direktorat Pendidikan, para peraih nobel, dan sebagainya. Gue juga pernah di wawancara majalah, ikutan konferensi pers (kalo ga salah itu namanya), ikutan acara Mata Najwa, syuting di RTV, dan diundang acara HUT DKI Jakarta di Monas. Wow suatu kehormatan dan kebanggaan banget bisa bertemu dengan mereka secara langsung. Biasanya kan cuma ngelirik di layar kaca, nah sekarang live... Sebagai tamu undangan lagi. Ga perlu desek-desekan apalagi bayar tiket wkwk... So feel blessed. Thanks God. It was so unbelievable. And I hope I can feel like that again.

Dari pengalaman gue sendiri, gue pernah ditunjuk buat ikut lomba IT gitu. Hmm.. Dunia yang ga pernah gue mengerti, tapi tiba-tiba disuruh menyelaminya. Untungnya sih ujung-ujungnya gue ga jadi ikut karena harus mengikuti lomba lain hehe... #bersyukur.. Kalo gue tetep ikut kan malu-maluin. Soalnya pas latihan pun gue ga ngerti.

Lomba-lomba yang pernah gue ikutin selama di SMK 3 tahun lumayan banyak, yaitu OSTN Matematika Non Teknik, Kadarkum (lomba PKN materi UUD), cerdas cermat Unsada, lomba akuntansi TSM, Trilogi dan Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC) di RTV... Waktu itu gue cuma jadi cadangan di bagian suporter karena baru kelas 11 wkwk.. Tapi lumayan loh, gue sama temen-temen jadi suporter terfavorit 2 kali hehe ... Gokil.. Nih fotonya...


Gue ga hanya suka berkompetisi dalam lomba-lomba dengan skala besar. Gue juga suka bila bisa mewakili kelas gue mengikuti lomba classmeeting, seperti tarik tambang, futsal, cerdas cermat, pesan berantai, dan lainnya. Secara tak langsung, ikut begituan ada manfaatnya juga loh. Lu bisa belajar kerja sama, kepercayaan dengan teman, jiwa besar menerima kekalahan, perjuangan dan kepuasan apabila bisa mempersembahkan kebanggaan buat kelas lu. Nih pernah sekali kelas gue menang banyak, dapet kotak hadiah banyak banget hehe ...


Jangan kira ikut lomba cuma buat gaya-gayaan doang. Ada sih yang ikutan karena begitu, tapi gue jamin 100% lu ga bakal dapet esensi nya. Lu cuma main-main. Gue saranin, kalau ada kesempatan, lebih baik kalian coba mengeksplorasi diri lewat lomba dan rasakan manfaatnya wkwk... Walau seringnya orang lain meremehkan dan bilang 'buat apa sih ikut lomba? Buang-buang waktu aja. Belum tentu juga menang' Eitttss jangan salah ... Emang kita gatau bakal menang atau engga, tapi bukan berarti ga mungkin kan? Coba bandingkan kalo lu ga ikut sama sekali, kemungkinan menangnya mutlak 0%. Tapi kalo lu ikut, akan ada kemungkinan untuk menang, walau hanya 0,111%. Belum lagi lu bakal dapetin banyak hal seperti yang udah gue sebutin di atas. Untungan mana? Ikut atau engga? Ya kecuali emang kondisi nya kayak gue, ada hal yang lebih diprioritaskan. Kalo kayak gitu, jangan maksain diri juga. Karena sesuatu yang dipaksa itu ga enak. Jangan takut mencoba ya guys.. You won't know if you don't try.

Fear of failure must never be a reason not to try something - Frederic Smith

Selain itu, alangkah baiknya jika tujuan utama kita buat ikut lomba bukanlah untuk menang. Tapi untuk hal-hal yang telah gue sebutin di atas, yang bisa didapetin dengan mengikuti lomba. Kemenangan hanyalah bonusnya. Ya walau kadang-kadang rasanya nyesek, malu atau gimana gitu kalo lomba ga bawa pulang apa-apa. Ga usah dengerin perkataan mereka. Yang penting kita udah selangkah lebih maju dari mereka hehe...

Quotesgram.com

Seneng deh kalo nostalgia ke masa-masa aktif ikut lomba :) Jadi ketagihan.. Semoga di kuliah nanti ada kesempatan yang terbuka buat gue lagi, Amin. Walau lomba di SMK udah berakhir, namun gue harus siap menatap kompetisi sebenarnya di tahap kehidupan gue selanjutnya, yaitu dunia kuliah dan kerja. Dan juga, gue harus siap menghadapi segala kompetisi dalam perjalanan hidup ini. Bukan hanya tentang lomba atau bersaing dengan orang lain, tapi seperti yang udah gue bilang diatas adalah kompetisi dengan dan untuk diri sendiri.
But, that's never be the last for me, because life is the real competition between me and myself, and I must pass it for the best, ready or no.
Semoga teman-teman semua terinspirasi. Gue hanya memaparkan pemikiran gue, bukan hendak menyombongkan diri. Barangkali dari pengalaman gue, ada yang bisa diambil sisi positifnya dan dapat memotivasi readers. Gue yakin, tiap orang pasti bisa. Setiap orang memiliki kisah kesuksesannya masing-masing yang mungkin jauh lebih hebat dari cerita gue. I will, I can, I am. Jadilah seseorang seperti yang kalian inginkan. You can with your own way. Jangan takut, jangan dengerin perkataan yang meremehkan, enyahkan pikiran negatif. Semuanya ga ada yang mustahil di dunia ini. Selamat berjuang :)

Posting Komentar

Back to Top