Last Competition in VHS (3Action Trilogi Accounting 2016)

Diposting oleh Label: di

Hidup gue pun terus berlanjut. Walau sedang hangat-hangatnya rasa kangen terhadap Jepang, namun gue harus mempersiapkan untuk langkah selanjutnya. Life must go on... Setelah kepulangan dari Jepang, gue disibukkan dengan ngejer deadline bikin laporan. Waktu itu gue pulang hari Sabtu malem. Hari Senin, 25 April 2016, ada seminar dan Technical Meeting (TM) lomba akuntansi 3Action Universitas Trilogi se-Jabodetabek. Beruntungnya yang dateng hanya perwakilan 1 orang dari masing-masing tim. Gue waktu itu ga bisa ngewakilin tim gue ke sana dikarenakan gue disuruh menceritakan pengalaman gue selama di Jepang saat upacara di depan guru-guru, adik kelas 10 dan 11.

Untuk lomba ini, terus terang gue merasa sangat ga siap. Ibaratnya nih ya, nyawa gue masih ada di Jepang, tapi udah harus lomba akuntansi. Di otak gue, akuntansi udah terkontaminasi dengan hal-hal berbau Jepang. Gue juga rada males-malesan menjelang hari H lombanya. Kurang semangat aja... Kedua temen 1 tim gue juga ngerasa belum siap. Kami bertiga belum pernah latihan bareng dikarenakan keterbatasan waktu hmmm...

Dari sekolah gue sendiri, menurunkan 3 tim. Ga boleh lebih, karena per sekolah ditentukan maksimal 3 tim. Sebenernya kalau ga ada kuota maksimal, maunya turunin semua anak akuntansi aja tuh biar menang... Soalnya lomba ini tuh gratis tis tis... No fee !! Seperti yang readers tau, gue emang suka ngikut lomba yang gratisan. Mungkin jiwa akuntansi emang gitu kali ya hehe... Gue nyari yang gratisan supaya kalo kalah ga ada beban sama sekolah. Jalanin lombanya tuh lebih tenang. Soalnya kalo lomba berbayar, biasanya fee registnya dibayarin sama sekolah. Kalau ga bawa pulang kemenangan kan rasanya gimana gitu.. Makanya waktu itu gue pernah ditunjuk buat ikut olimpiade akuntansi dan pasar modal di PNJ, tapi gue tolak. Selain karena kesibukan ujian praktek, gue juga males karna berbayar wkwk...

3 tim yang mewakili sekolah gue, yang pertama dari kelas gue (XII AK2) : gue, Widya, dan Dhea. Yang kedua dari kelas tetangga (XII AK1) : Pearlytha, Ferli, dan Irliany. Yang ketiga dari adek kelas (gabungan XI AK1 dan XI AK2) : Diana, Aisyah, dan Putri.

Jika kalian inget, komposisi personil tim gue sama persis kayak lomba akuntansi TSM dulu, yang dapet juara 7 itu loh. Gue pernah share kok di postingan lalu. Kami bertiga adalah tipikal sejenis yang berburu lomba gratisan.. Sssttttt diem-diem aja ya, ini rahasia tim kami *rahasia kok dikasih tau* ckckc

Yang ikut seminar dan TM itu Dhea, Ferli, dan Diana. Tapi sayangnya ga ada guru yang nganter, jadi mereka naik Grab Car (dapet kupon gratisan juga nih). Katanya mereka sih tema seminarnya itu berat banget. Ga ada yang nyangkut saking beratnya. Temanya itu "Sistem Pelaporan dengan Integrated Reporting sebagai sarana untuk meningkatkan kepercayaan investor dan kreditor". Udah gitu seminarnya lama lagi. Dari pagi sampe sore. Trus sorenya baru TM. Mereka nyampe rumahnya pada malem deh. Kasian juga ...

Lombanya itu hari Rabu, 27 April 2016. Gue bener-bener hopeless deh. Sempet pengen ngajakin Widya dan Dhea buat mundur dari lombanya. Tapi niat itu gue urungkan karna melihat mereka berdua yang sangat niat buat ikut lomba ini walau ngerasa belum siap. Kan ga mungkin awalnya gue yang ngebujukkin mereka buat ikut lomba ini bareng gue, trus pada H-2 gue yang cancel. Ga enak banget itu mah. Ntar gue dibilang egois lagi hehe.. Jadinya tetep gue jalanin aja lah. Apapun yang terjadi, terjadilah. Lumayan nambah pengalaman, sertifikat dan cerita buat post di blog ini haha... :p

Hari itu pun tiba. Jeng jeng jeng.... Malem sebelumnya, kami ber-9 ribut di Line perkara naik apa ke Universitas Trilogi dan ngumpul jam berapa. Jadi, pas TM itu kami datengnya telat hampir 2 jam, makanya sama panitianya kami diperingati agar ga telat. Bayangin aja lombanya mulai jam 07.30,  tapi harus udah ngumpul disana buat regist ulang 1 jam sebelumnya. Jadi kami disuruh nyampe disana jam 06.30. Berangkat jam berapa coba... Akhirnya setelah ribut sana-sini, keputusan yang disepakati adalah naik kereta, ngumpul di Stasiun Buaran jam 05.45

Jam 05.43 gue nyampe stasiun. Yang udah standby disana baru 2 orang hufftttt... Dan pada ngaret -_- Ujung-ujungnya kami baru naik kereta jam 06.20, mantep kan ..... #janganditiru. Dan lagi-lagi ga ada guru yang ngedampingin. Kami ber-9 macem anak terlantar aja. Udah gitu keretanya lama banget berhenti di Stasiun Jatinegara nya. Udah rada panik karna telat, takut di diskualifikasi. Masalahnya turun dk Stasiun itu ga langsung nyampe Univ Triloginya. Perlu jalan lumayan jauh.

Pas di kereta, udah berapa kali tuh ditelponin sama kakak pembimbing tim kami. Kasian juga kakaknya gara-gara kami telat parah jadi bingung juga. Gue baru ngerasain pertama kali keganasan naik kereta di jam-jam kerja. Behhh.. Ngeliatnya membuat terbengong-bengong. Dimana dalam kereta udah penuh dengan lautan manusia, tapi ada aja orang yang dorong-dorong dari luar, maksa buat masuk kereta. Jadilah kami kayak pepes di tengah himpitan bapak-bapak dan ibu-ibu. Awalnya gue dkk sempet berencana untuk naik kereta bagian wanita, tapi pas ngeliat ibu-ibu yang masuk dengan sangat ganas, ga jadi deh. Gilee... Satu fakta yang gue dapet : ibu-ibu lebih ganas dalam hal rebutan dan dorong-dorongan dibanding bapak-bapak.

Pas nyampe di Trilogi, waktu udah menunjukkan pukul 07.30. Keren banget kan... Untung aja acaranya ikutan ngaret juga wkwk... Pas dateng, kami masih disambut, bukan disambit untungnya. Kami langsung tandatangan daftar hadir dan dapet snack serta name tag. Pas baru nyampe juga langsung disuruh foto buat dokumentasinya. Duh muka lagi kucel banget karena desek-desekan di kereta, baju lepek abis jalan kaki. Engga banget deh buat foto zzzz... Fotonya ada di kamera kakaknya, gue ga nyimpen.

Nih foto name tag nya...


Ini adalah buatan mahasiswa/i Trilogi nya yang ada di pintu masuk.


Ini adalah aula Univ Trilogi, tempat pertama kali ngumpul (acara pembukaan) dan nunggu pengumuman antar babak.




Pas kami masuk ke aula nya, kayaknya udah semua peserta tuh yang hadir ckckc... Udah gitu tim gue ambil duduk yang paling depan lagi haha.. 2 tim lainnya dari sekolah gue ambil tempat duduk paling belakang. Tujuan ngambil tempat duduk paling depan adalah karna tempat yang lain udah penuh terisi. Selain itu biar lebih jelas aja kalo ada pengumuman atau info apa-apa. Walau terkesan gatau diri dan nunjukkin diri banget kalo dateng paling telat wkwk.. Bodo amatlah. Lagian tuh tempat duduk kosong. Salah siapa? ._.

Pas baru menempelkan pantat ke kursi, gue langsung melepas jaket almamater yang rasanya pengap banget, lalu menyambar snack yang baru aja dikasih. Bukannya kelaperan, tapi gue jaga-jaga aja takut pas lomba gue kelaperan, ntar ga bisa mikir jernih dan fokus haha... Itu namanya antisipasi hehe... Untunglah sebelum lomba gue udah dapet restu dari orang tua dan kami bertiga berdoa bareng-bareng. Momen yang sangat gue suka dan paling gue nikmatin adalah saat berdoa, berlomba dan merayakan hasilnya bareng-bareng. Sesederhana itu, namun ada perasaan yang dalam saat terjun kembali saat kejadian itu.

Ga lama kemudian, acara dimulai dengan sambutan-sambutan. Acara bertepatan dimulai setelah sekolah gue dateng, merasa ditungguin deh hehe... Gue lagi asik-asik dengerin sambutan sambil kepala tengok kanan dan kiri. Tujuannya sih ngecek pesertanya dari sekolah apa aja. Tapi gue bener-bener kaget pas menangkap sesosok orang yang ga asing di mata gue. Bukan sesosok, malah beberapa muka familiar yang masih terpatri dalam ingatan. Gue yakin sih mereka juga inget sama gue #pedebanget.

Mereka itu adalah lawan gue pas lomba akuntansi di TSM kemarin. Gue apal muka mereka karena mereka itu juarawannya huhu... Nasib-nasib... Ketemu lawan yang sama lagi ckckc... Sedangkan gue ga nyiapin senjata mematikan untuk menghadapi mereka. Kembali lagi gue berpasrah huftttt.. Mereka adalah siswa/i dari sekolah SMK Pelita IV dan SMAK Yusuf. Gue berusaha nyemangatin kedua temen gue supaya ga down. Karna, kalo gue nya aja down, gimana yang laennya. Makanya gue selalu tekankan kalimat singkat sebelum lomba dimulai 'kita pasti bisa! Pasti bisa lolos ke babak selanjutnya! Usahain yang terbaik!' Walau sebenernya dalam hati gue sendiri ketar-ketir, tapi gue mencoba ga nganggep lawan-lawan gue. Yang terpenting kan mengalahkan diri sendiri dulu hehe.. Orang lain itu cuma patokan atau penentu kita bisa lanjut ke babak selanjutnya atau engga, tapi yang terpenting adalah mempersembahkan yang terbaik dari apa yang kita kerjakan. Ya toh??

Setelah itu, dibacakan nomor dan nama tim yang ikut bertanding. Total ada 41 tim. Ga sebanyak TSM yang sampe 100-an tim. Gue dapet tim nomor 11. Wish us luck. Kemudian, kami dipandu untuk memasuki ruang lomba, yaitu auditorium Trilogi. Setiap kursi telah ditempeli nomor tim dan kode peserta. Misalnya tim gue kan 11. Ada 11A, 11B, dan 11C. 11A itu gue. 11B itu Dhea. 11C itu Widya. Kami dapet tempat duduk di belakang, bersebelahan dengan anak SMAK Yusuf. Karena soal dikerjakan secara individu, maka kami ga duduk secara berurutan, namun ada jeda 1 kursi supaya ga bisa saling diskusi. Nih fotonya...



Sebelumnya, gue jelasin dulu ya mengenai babak penyisihan pertama ini. Biar pada ga bingung dan kabur dari blog gue hehe... Kami masing-masing individu akan diberikan 30 soal pilihan ganda dengan waktu 30 menit. Jika menjawab benar dapet 4 poin, salah -1 poin, dan tidak dijawab 0 poin. Soal dikerjakan secara individu (ga boleh diskusi antar peserta dalam 1 tim). Nilai yang diperoleh dari masing-masing peserta dalam 1 tim akan diakumulasikan menjadi nilai per tim. Materi soal nya itu akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan koperasi.

Oh ya, tahap penyisihan 1 ini ga cuma ngerjain 30 soal ini. Tapi ada juga ngerjain laporan keuangan secara tim setelahnya. Total nilai dari ngerjain 30 soal akan dijumlahkan dengan nilai membuat laporan keuangan. Yang masuk ke tahap penyisihan 2 adalah sebanyak 20 tim.

Sekarang kembali ke gue yang udah duduk di auditorium, siap menyantap soal yang diberikan. Gue mengeluarkan alat tulis yang akan dipakai ke atas meja. Mejanya itu kecil banget. You know lah... Meja model kuliah gitu yang bisa dilipet. Gue kan harus naro kalkulator, kertas coretan, kertas soal, lembar jawaban, pulpen, dll. Mana muat... Akhirnya ada yang gue taro di pangkuan, di meja sebelah yang kosong, ckckc... :(

Sebelum lomba dimulai, gue sempet pedekate dikit sama anak SMAK Yusuf. Cuma nanya sekilas aja sih. Soalnya anaknya pendiem gitu. Jadinya kayak tanya jawab, bukan ngobrol hehe...

Setelah panitia selesai membagikan soal, tentu aja gue mulai ngerjain, ga mungkin gue pelototin doang. Ternyata, soal yang gue dapet sama dengan soal yang dikerjain Dhea dan Widya, cuma diacak aja. Misalnya kalo di gue nomor 1, di mereka bisa nomor 15. Gitulah modelnya...

Kebanyakan soal yang keluar itu teori akuntansi yang mebingungkan. Pilihannya sih yang mirip-mirip, jadi bikin bingung. Kalo soal hitungan gue bisa kerjain semua, kecuali soal koperasi. Karna gue lupa cara ngitung pembagian presentase laba usaha berdasarkan jumlah simpanan masing-masing anggota. Pas 30 menit abis, gue jawab 22 soal dari 30 yang ada. Beberapa ga berani gue jawab karna takut minus 1, kan sayang. Dhea dan Widya juga kurang lebih sama lah kayak gue.

Setelah lega dengan soal tadi, lomba dilanjutkan dengan soal membuat laporan keuangan. Waktu pengerjaannya 45 menit. Nah kali ini, kami bertiga duduk merapat, karna 1 soal dikeroyok ngerjainnya. Kami disuruh melengkapi worksheet, membuat profit loss (laba rugi), retained earning statement (laporan perubahan laba ditahan), dan balance sheet (neraca). Soal yang disediakan hanya berupa neraca saldo dan soal penyesuaian. Jadi harus ngerjain ayat jurnal penyesuaiannya dulu.  Kami langsung bagi-bagi tugas. Ada yang ngegaris, ada yang ngitung, ada yang nulis wkwk...

45 menit kelar... Tapi agak berantakan garis tabelnya dan juga tulisannya. Bagian gue sih yang tulisannya ancur. Katanya kerapian juga dinilai -_- pasrah aja deh... Lomba selesai jam 10. Kami disuruh kembali ke aula tadi tempat ngumpul untuk lunch. Jam 11 pengumuman 20 tim yang lolos ke tahap selanjutnya.

Dalam hati, gue dan temen-temen hanya bisa menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Yah bisa dibilang kami ga yakin bisa lolos. Tapi siapa tau kan.. Selama pengumuman belum berkumandang, selama waktu belum berakhir, bukankah masih pantas seorang manusia berharap? :)

Sambil harap-harap cemas, untungnya ga berapa lama kemudian diumumin juga. Daftar perolehan nilai bisa diliat melalui layar proyektor. Sorry fotonya ga jelas karena gue ambilnya di tengah kesempitan dan keramaian.

Nilai mengerjakan 30 PG individu dan total nilai di kolom paling kanan

Nilai mengerjakan laporan laba rugi, laba ditahan, neraca dan total nilai (urut dari kolom paling kiri)

Nilai akhir (penjumlahan total nilai 1 dan 2)

Tim gue tim 11. Gambar terakhir yang dikuningin, itu artinya lolos ke babak berikutnya.

List 20 tim yang lolos ke babak penyisihan 2 : SMKN 1 Bogor (3 tim), SMKN 6 Jkt, SMKN 41 Jkt (2 tim), SMAK Yusuf, SMKN 48 Jkt (3 tim), SMK Pelita (2 tim), SMKN 8 Jkt (3 tim), SMKN 20 Jkt (3 tim), SMKN 22 Jkt, dan SMKN 47 Jkt.

Dari sekolah gue lolos semua (3 tim). Yeay... Mari berjuang bersama-sama lagi kawan :D Untuk perolehan nilai, bisa diliat di gambar atas. Total poin akhir tim gue, tim 11, adalah 291. Sebenernya poin ini termasuk ga begitu tinggi apabila dibandingkan dengan tim lain. Yang lain banyak yang mencapai 300-an. Malahan dibandingkan 2 tim lainnya dari sekolah gue, gue termasuk paling rendah._. Tim adek kelas gue lebih tinggi. Gapapalah, yang penting lolos !

Babak berikutnya adalah tanya jawab. Jadi, peserta dalam 1 tim dipisahkan dalam ruangan yang berbeda. Nantinya akan diundi (ambil no urut maju dan no urut soal). Gue dapet nomor 7. Ada 1 juri yang merupakan dosen di Trilogi, namanya Bu Opti. Sistemnya itu, setiap peserta maju ke depan pas gilirannya. Ambil amplop yang berisi soal. Trus kita harus jawab dan jelasin secara lisan di depan juri dan peserta lain. Nanti juri nya nanya-nanya. 1 orang dikasih jatah maksimal 8 menit, ga boleh lebih. Nih foto ruangan tempat babak penyisihan tahap 2 nya. Ruangan kelas gitu...


Sambil menunggu giliran maju, lumayan juga berasa deg-degannya. Soalnya juri nanya nya detail banget. Jadi takut ngeblank atau ga bisa jawab huhu... Setelah berdoa dalam hati dan memantapkan diri, tiba nomor urut 7. Gue maju, buka amplop dan membacakan soal yang tertera. Soal nya adalah "laporan keuangan yang pertama kali dikerjakan adalah laporan neraca. Apakah statement tersebut benar? Jelaskan!"

Gue merasa siap dengan jawabannya. Untungnya aja gue bisa jelasin dengan lancar. Trus setelah itu giliran yang lainnya maju sampe selesai. Gue nunggu pengumuman lagi di aula. Sambil menunggu, ada kakak yang menampilkan video mengenai profil universitas Trilogi. Jam 14.30, diumumkan tim yang masuk ke semifinal. Berikut adalah daftar nilai tim 11 ...

Nilai babak tanya jawab (penyisihan 2)

Yeyyyy... Tim 11 lolos lagi hehe... Total poin kami 235. Sayangnya, 2 tim lainnya yang dari sekolah gue gugur :(

List 8 tim yang lolos ke babak semifinal : SMAK Yusuf, SMK Pelita, SMKN 1 Bogor (3 tim), SMKN 48 Jkt, SMKN 6 Jkt, dan SMKN 20 Jkt.

Babak semifinal berupa debat. Wew... This is my first experience. Sebelumnya, ga pernah sekalipun gue ikut lomba debat. Jalanin aja lah... Let it flow... Do the best... And thank's God...

Perwakilan dari masing-masing tim diminta maju untuk mengambil nomor undian (lagi), untuk menentukan pihak lawan tim. Gue mendapat nomor 3, melawan SMK Pelita. Behh bukan main wkwkw... Pas lomba TSM kemarin gue juga ketemu sama mereka. Dunia terlalu sempit.


Ada 3 soal berupa pernyataan yang akan diperdebatkan oleh kedua tim. Waktu yang diberikan adalah 45 menit. Ada seorang juri yang mengatur jalannya debat. Untuk soal pertama, tim gue dapet bagian pro. Untuk soal kedua, tim gue kontra. Soal ketiga, tim gue pro.

Soal 1 = Tidak ada laporan keuangan yang disajikan dengan benar (pro)
Soal 2 = Komputer selalu dianggap sebagai aktiva tetap dalam laporan keuangan (kontra)
Soal 3 = Harga pokok penjualan akan selalu sama dalam metode persediaan FIFO dan Average (pro)

Ntah kenapa gue merasa bagian tim gue dapetnya ga enak banget. Kurang beruntung sepertinya tangan gue ini saat mengambil undian. Setiap baca soal, gue pengennya berada di pihak musuh. Tapi apapun caranya, gue diharuskan untuk mengikuti bagian gue disertai dengan argumen yang kuat. Kalo readers belajar akuntansi, pasti laporan keuangan harus disajikan dengan benar kan? Komputer selalu termasuk aktiva tetap kan? HPP pasti beda antara FIFO dan Average kan? Muter otak banget pas ngasih argumennya. Harus terlihat tenang walau panik luar biasa. Harus menampilkan bahasa tubuh yakin walau ga yakin. Harus memperhatikan intonasi dan ketegasan suara. Huffftttt...

Yang penting kami bertiga udah berusaha keras. Debat berjalan alot dari kedua tim. Ga ada kata menyerah di kamus gue sebelum lomba berakhir. Walau tertatih, akhirnya tim gue berhasil menyelesaikan dan melewati semua ini. Walau semesta tidak mendukung, tetep harus mempersembahkan yang terbaik. Pengalaman yang sungguh berharga...


Pas selesai debat, kami berdua salaman (supaya ga lanjut debatnya hingga ke kehidupan nyata hehe). Pas keluar ruangan, mereka ngajak ngobrol gue. Katanya ga nyangka ketemu lagi disini wkwk... Gue juga sangat ga nyangka.

Langsung gue cepetin aja ya ke pengumumannya wkwk.. Dari 8 tim cuma 3 tim yang lolos ke babak final. Ini diaaaa....


List 3 tim yang masuk final : SMAK Yusuf, SMKN 1 Bogor, dan SMKN 6 Jkt.

Tim gue ada di urutan ke 7. Kalo lu perhatiin lagi, sama kayak peringkat pas di TSM, tim gue juara 7. Kebetulan yang luar biasa haha.. Walau ga menang, sedikit kecewa, tak apalah. Kami memang belum pantas berdiri di panggung kejuaraan merengkuh piala. Walau harapan kami mula-mula adalah bisa memberikan sesuatu untuk sekolah gue di lomba terakhir yang gue ikuti. Ya, ini adalah lomba terakhir gue di SMK :'( Dan gue belum diijinkan membawa pulang apa-apa.

Ga boleh nyesel wkwk.. Gue tetep seneng dapet kesempatan berlomba lagi sama Dhea dan Widya. Gue sadar, mungkin gue belum dikasih kemenangan karna usaha gue kurang pol, dan niat gue kurang lurus. Dari awal kan juga ga yakin. Syukur deh bisa masuk hingga semifinal. Thanks to Widya dan Dhea, semoga kita bisa berjuang bersama kembali di lain waktu dan tempat. Gue belajar tentang arti kepercayaan antar anggota tim dan keberhasilan bersama :)

Abis itu, kami nunggu sertifikatnya keluar. Setiap peserta dapet sertifikat walau ga juara. Mayan nambah koleksi hehe.. Pas gue keluar ruangan, tiba-tiba seorang anak SMK Pelita ngejer gue dan minta id line. Wihh ternyata bisa dapet kenalan baru ya lewat lomba. Mantappp...

Terakhir yang gue liat di twitter Univ Trilogi, juara 1 SMAK Yusuf, juara 2 SMKN 6 Jkt, dan juara 3 SMKN 1 Bogor. Congrats untuk kalian semua...

Just info buat kalian ya, anak SMAK Yusuf itu pas gue tanya-tanya, ternyata baru kelas 11 jurusan IPS. Hebat ya udah menang-menang lomba terus. Pokoknya kalau lomba akuntansi ada tim dari SMAK Yusuf, kemungkinan besar dia yang menang. Kadang udah putus asa duluan ngeliat nama mereka hehe... No way... Justru gue merasa tertantang dan sebenernya masih penasaran untuk lawan mereka wkwk... Sayangnya masa dan kesempatan gue udah habis. Tapi harus gue akuin, kalian hebat banget... Gue salut (give applause). Kalian bisa ngalahin anak SMK kelas 12 yang makanan sehari-harinya akuntansi (salah satunya gue) ckckc...

Tetep semangat, jangan menyerah hingga detik terakhir. You will get the best...





Posting Komentar

Back to Top