Kuliah Vs Sekolah

Diposting oleh Label: di

Kuliah dan sekolah merupakan 2 tahapan yang telah gue cicipi dalam hidup ini. Kalo kuliah sih sebenernya baru aja mulai, tapi dari first impression (pandangan pertama) gue terjun ke dunia kuliah, gue udah dapet beberapa inti yang membuat dunia sekolah dan kuliah itu beda bangettt bagi gue (dan mungkin juga bagi readers)... Kalo gue denger kata orang-orang sih, dunia kuliah itu jauh lebih keras daripada sekolah, namun lebih mengasyikkan. Sebenernya indikator 'lebih keras' nya itu diliat dari tanggungjawab yang berada di pundak kita. Semakin besar usia kita, ya wajar aja sih tanggungjawab dan tantangan kehidupannya makin besar. Kalo gitu-gitu aja ga seru dong wkwk.. Makanya kadang butuh jeda waktu pas baru masuk kuliah untuk masa peralihan atau adaptasi. Untungnya sih gue ga butuh waktu lama untuk adaptasi.
Rahmatalifuddinran.blogspot.com
Perbedaan inilah yang menuntut gue untuk merubah banyak hal dari kebiasaan sehari-hari gue. Mulai dari gaya belajar, cara bergaul, sudut pandang dalam menghadapi masalah, dan lain sebagainya. Jelas dong gue musti merombak habis-habisan apa yang sudah menjadi kebiasaan yang kurang baik gue karena lingkungan yang gue hadapi pun juga berubah drastis. Ya untuk mengimbangi pastinya. Kalo gue gitu-gitu aja, pasti kan gue akan tertinggal dari kerasnya kehidupan yang menanti hehe..

Selain perbedaan, pasti juga ada persamaannya dong. Persamaan antara kuliah dan sekolah itu adalah sama-sama belajar *anak kecil juga tau*. Bener kan? Ya tapi emang sih proses belajarnya udah beda. Yuk langsung aja gue bahas perbedaan kuliah dan sekolah yang menurut gue kontras banget.

Slideshare.net
Bebas
Memasuki dunia kuliah sama seperti memasuki gerbang kebebasan. Dimana kita dianggap udah gede alias dewasa, jadi ga perlu diatur-atur lagi dengan banyak aturan yang mengikat. Beda dengan saat kita di sekolah, semua serba diatur dan kita kudu dan wajib menjalankannya. Misalnya pas sekolah harus pake seragam yang telah ditentukan. Sedangkan kalo di kampus lebih terkesan bebas, boleh pake kaos berkerah, sepatu sandal, dsb. Selain itu, kita boleh aja ngelakuin apapun di kelas (suka-suka), namun tetep ada batesannya (tergantung universitas). Yang jelas lebih dibebasin lah.. Mau lulus berapa tahun pun ga ada masalah, palingan kalo kelamaan dapet gelar tambahan mahasiswa abadi hehe..

Medicalnewstoday.com

No santai-santai
Walau kita diberi kebebasan yang besar, namun bukan berarti kita bisa duduk lenggang-lenggang kangkung aja kayak orang ga ada kerjaan. Justru kuliah lebih berat daripada sekolah. Berat dari segi bukunya (biasanya sebundel textbook berbahasa inggris dan saking tebelnya enak buat dijadiin bantal tidur), maupun berat dari segi materi pelajarannya. Dimana kita yang musti ngejer dosen dan berinisiatif belajar mandiri supaya ga keteter materinya. Di kuliah semua terasa begitu cepet. Dosen ga kayak guru yang akan mengulangi satu materi sampe beberapa kali pertemuan karena target mengajarnya udah beda dibanding sekolah. Jadi kalo belum ngerti, ya kita musti rajin-rajin sendiri buat ngerecokin temen nanya sono sini atau berusaha memahami sendiri. Apalagi bila dateng pekan ujian, udah ga bisa santai kayak di pantai deh. Bye bye leha-leha... Welcome to the jungle hihi ^^

Serba sendiri
Ga ada lagi tuh yang namanya disuapin, semuanya harus nyuapin ke mulut sendiri. Kurang lebih mirip lah kayak jomblo. Kalo gue sih udah biasa karena emang jomblo hehe, jadi ga masalah.. Udah terlatih. Berbahagialah kalian para jomblo *menghibur diri sendiri* :') apalagi untuk anak kos yang tinggal nun jauh dari kampung halaman, sampe beda pulau, beda negara, beda planet (kalo bisa), berasa banget tuh sendirinya. Apa-apa sendiri, ngatur waktu yang padet antara ngurusin rumah, diri sendiri dan belajar kuliah. Ribet dah urusannya. Kalo pas jaman sekolah kan masih banyak bala bantuan yang dateng. Coba kalo sekarang... Harus bisa berdikari : berdiri di atas kaki sendiri.

Saatnya berkarya
Masa kuliah adalah masa dimana kita bisa mengeluarkan isi kepala kita semaksimal mungkin. Aspirasi, wawasan, kreativitas, inisiatif, semuanya bisa dituangkan. Gunain kesempatan ini semaksimal mungkin. Buat karya-karya yang amazing dan fenomenal, namun dalam artian positif ya.. Jangan yang aneh-aneh wkwk.. Kita bisa mengeksplorasi diri kita, bersosialisasi dengan banyak orang, bisa ngumpul bareng di organisasi yang kita minati agar kita bisa mengembangkan minat dan bakat yang terselubung, bertemu dengan kawan seperjuangan dan sepeminatan. Rugi deh kalo misalnya cuma belajar doang tanpa ngelakuin apapun. Padahal ini loh yang bikin kuliah sama sekolah jadi beda.

Kampusholic.blogspot.com

Jadikan masa yang indah
Masa kuliah dan sekolah sebenernya masa-masa yang sangat indah. Jadi jangan buang masa muda mu dengan cuma-cuma. Cobain aja semua rasa supaya ga nyesel pas tua nanti. Jangan habiskan masa muda mu hanya untuk bermuram durja menghadapi tumpukan tulisan diktat kuliah hehe.. Mumpung masih bisa melakukan ini dan itu, ya lakuin aja selama berada di jalan yang bener (ga ngelawan arus). Kalo lawan arus nanti nabrak. Dibalik penderitaan dan keringat yang menetes, percayalah semua akan indah pada waktunya hehehe...

Gue pribadi telah ngerasain perubahan yang sangat besar antara masa kuliah dan sekolah. Dimana kalo pas sekolah dulu, gue terbiasa dengan sistem belajar yang SKS (sistem kebut semalam). Pasti kalian juga kan? Hayooo ngaku wkwkw.. Gue ga pernah bisa nyicil pelajaran atau belajar dari jauh-jauh hari sebelum ulangan. Selain karena cepet lupa, gue pun juga ngerasa males kalo masih jauh-jauh hari gitu. Bawaannya mau santai dulu hehe.. Trus pas sehari sebelumnya baru gunain jurus the power of kepepet yang biasanya super ampuh. Selain itu, biasanya gue itu kalo tugas ngerjainnya di rumah dan buku ga pernah gue tinggal di kelas karena takut tiba-tiba mau dipake di rumah. Nah pas kuliah ini, kebiasaan ini berubah drastis 180 derajat. Semua buku kuliah gue tinggal di loker kampus. Jarang banget gue bawa tuh buku pulang kecuali mau ujian hehe.. (Soalnya berat).. Trus kalo ada tugas, gue akan usahain selesaiin di kampus langsung, biar di rumah bisa leha-leha dan istirahat. Bisa dibilang cara dan gaya belajar gue udah berubah banget deh. Yang biasanya tipe belajar gue itu lama, sekarang mau ga mau gue harus mempercepat ritme belajar gue agar bisa ngikutin. Kalo engga, pasti ketinggalan dan keteter. Ujung-ujungnya stress sendiri dah. Jadi harus bener-bener pinter bagi waktu.

Yang jelas, masa-masa kuliah itu asik dan seru banget. Ga perlu ditakutin, tapi harus dijalanin dengan sebaik-baiknya. Karena sebuah masa ga bakal berulang lagi. Kalo udah terlanjur lewat, kita ga mungkin bisa kembali lagi ke masa itu. So, perjuangkan masa kuliah maupun sekolah kalian untuk ngelakuin apapun yang kalian suka dan ngembangin diri menjadi orang yang lebih baik. Coba aja semuanya biar lu tau rasanya, dan ga penasaran. Ganbatte :)

Yang mau share mengenai pengalamannya saat memasuki dunia kuliah ataupun sekolah, bisa komen di bawah..
Posting Komentar

Back to Top