Me and Basket :)

Diposting oleh Label: di

Gue hadir kali ini dengan membawa cerita baru lagi. Tentang salah satu dari sekian hobi gue, namun jarang gue lakukan karena keterbatasan tempat dan waktu. Yang pasti banyak memori dan kenangan pahit/manis dari hobi gue ini, yaitu main basket.

Gue main basket cuma sekedar have fun aja, bukan untuk hal yang bener-bener gue fokusin dalam hidup ini. Gue juga ga bisa dibilang jago, cuma asal bisa dribble, passing dan shooting doang. Ya otodidak gitu lah. Malahan gue ga bisa lay up sampe sekarang ini wkwkw.. Pas SD, gue sering maen di sekolah bareng temen. Yah namanya juga anak SD yang maen, jadi ga pake aturan segala macem yang ribet itu kan. Trus pas SMP gue rada jarang maen karena tiap kali ada lomba basket antar kelas, gue ga terpilih buat mewakili kelas (karena di kelas banyak yang jauh lebih jago basket daripada gue). Kalaupun terpilih, biasanya gue cuma jadi cadangan doang (dan biasanya ga pernah ikutan maen) :') sedih ya.. Ngenes gitu selalu jadi yang kedua alias cadangan hiks..

Pas SMK, gue sering megang bola basket tiap kali jam olahraga. Megang doang ye, tapi ga dimaenin haha.. Sayang banget SMK gue ga pernah ngadain lomba basket antar kelas gitu, adanya tarik tambang dan futsal, jadi gue ikutan 2 hal itu aja. Gue emang suka dengan olahraga yang genre nya hard gitu wkwk.. Gue paling ga bisa maen voli dan senam lantai. Futsal sih sebenernya juga ga bisa, tapi asal have fun aja hehe..

Terakhir kali gue maen basket pas SMK kelas 12 (sebelum ujian). So, gue udah lama ga main basket, dan actually gue kangen banget hehe.. Di tempat kuliah gue sekarang ini, ada lapangan basket yang boleh dipake secara bebas. Namun, gue belum pernah nyobain maen disitu selama sebulan pertama kuliah. Hingga pada suatu saat, di kampus gue diadain Liga, semacam lomba olahraga antar kelas dengan tujuan mempererat tali silahturahmi. Iseng punya iseng, gue nekad ngedaftarin diri di kelas untuk maen basket. Padahal gue tau jika secara skill, gue belum pernah maen pake aturan dan di lapangan dalam kondisi bener-bener tanding. Karena yang mau ikut basket dan futsal di kelas gue cuma dikit, akhirnya gue terpilih buat maen.

Tim kelas gue belum sempet latihan sama sekali karena terbentur dengan ujian dan jadwal kuliah yang padat. So, kemungkinan kelas gue kalah sangat besar. Kami cuma diberi briefing oleh coach kami setengah jam sebelum pertandingan. Itupun hanya secara teori, bukan praktek. Jujur, gue rada takut. Karena gue udah lama ga megang bola basket dan gue sama sekali belum nyobain lapangan dan ring basket disini. Takut feelnya belum dapet gitu loh. Udah ga jago maen basket, gatau medan tempurnya kayak apa, trus udah lama ga olahraga berat, jadi deh gue tambah takut.

Udah gitu, gue sempet nonton pertandingan kelas lain yang gue rasa jago-jago bener ckckc.. Sedangkan gue mah apa atuh.. Malahan beberapa emang ada yang atlet basket gitu. Gue sebagai manusia yang songong, tetep aja stay cool sok-sokan pengen maen. Walau rada ga enak sama kelas gue kalo misalnya sampe kalah wkwk.. Pertandingan dilaksanakan pukul setengah 8 malem karena dari pagi sampe sore nya kami kuliah. Lama pertandingan 2 kali 10 menit. Hmm lumayanlah..

Sebelum pertandingan dimulai, seperti para atlet biasanya, kami melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kami juga ga lupa untuk selfie sebelum tanding. Tim kami janjian pake baju item-item semua. Eh tapi ternyata tim yang menjadi lawan gue juga ada yang pake baju item. Sempet salah orang loh gue pas ngoper bola. Apalagi kan malem tuh tandingnya, jadi pencahayaannya kurang. Untungnya sih ga fatal, ga sampe tim lawan masukin bola akibat kekeliruan gue itu wkwk..




Tak lupa, kami juga berdoa untuk keselamatan kami bersama selama pertandingan agar ga ada yang cedera atau hujan (karena lapanganny outdoor dan di Sentul sering hujan kalo malem). Cadangan tim gue cuma 1 orang. Hmm dikit banget sih jika dibandingin tim yang lain. Mau gimana lagi, ga ada yang mau maen lagi abisnya.

Berbekal strategi yang udah disusun dan diracik sedemikian rupa, turunlah kami berlima ke lapangan. Jeng jeng.. Walau tanpa latihan, gue memberanikan diri untuk terjun langsung. Sejak peluit berkumandang dan kami semua sibuk berlari kocar kacir memperebutkan bola, secepat itulah teori dan strategi yang udah dipelajari terlupakan begitu aja. Yes, teori dan praktek sangat jauh berbeda. Ketika kita terjun langsung, kita ga bakal mampu atau sempet memikirkan apa yang harus dilakukan berdasarkan teori. Semuanya berlalu begitu aja. Ritme permainan terasa begitu cepat. Bolak balik dari satu ring ke sisi ring yang lainnya menjadi hukum wajib untuk dilakukan. Lapangan serasa milik sendiri dan menjadi on fire seketika.

Babak pertama yang terasa alot, tak terasa habis juga. Dimana tim lawan udah berhasil memasukkan 1 bola ke ring kami, yang artinya 2 poin. Sedangkan kami belum berhasil menembus pertahanan lawan. Gara-gara udah lama ga lari, kaki gue serasa mau putus dan napas gue megap-megap kayak ikan koi. Padahal gue baru aja ngelewatin sesi 1, yang artinya gue baru maen 10 menit. Ga cuma baju gue yang lepek kena keringet, tapi juga celana gue. Totalitas banget dah pokoknya olahraga malemnya. Dimana gue sampe ngerasa setengah pusing atau jalan hampir melayang gitu, tapi untungnya kaki gue masih napak bumi, belum terbang beneran.

Gue memberi kesempatan buat temen gue yang masih duduk manis di bangku cadangan untuk terjun main merasakan panasnya lapangan. Gue perlu merefresh tenaga gue dulu sejenak. Ehh baru aja maen beberapa menit, tiba-tiba ada temen gue yang minta istirahat karena capek. Ya karena gue satu-satunya cadangan yang ada, gue kudu dan musti terjun lagi ke lapangan. Tapi lumayan juga sih tenaga gue udah pulih.

Bola berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya, namun belum bisa melewati ring. Hmm.. Permainan berlangsung sportif dan ketat. Menit-menit terakhir, gue digantikan oleh temen gue yang tadi minta istirahat. Gue pun menjadi penonton yang baik dan suporter bagi temen-temen gue yang maen. Ga lama setelah gue ga ikutan maen, tim gue berhasil membobol ring lawan. Nice.. Hingga 2 kali kami bisa berhasil memasukkan bola ke ring. Yeay.. Itu artinya tim kami menang dengan skor 4-2. Hmm.. Gue turut berbangga dan berbahagia dengan kemenangan tim gue, walau saat itu gue lagi duduk di bangku cadangan. Maaf jika gue emang ga jago buat maen basket nya dan cuma repotin tim kelas ya ._.

Intinya, gue seneng bisa maen basket lagi sama temen-temen semua. Walau capek, ada hal besar yang gue dapetin, yaitu kepuasan diri. Dimana saat itu gue habis ujian matematika, dan malemnya diijinin buat maen basket. Betapa berbunga-bunganya hati ini. It will be a sweet moment between me and basket hehe.. Semoga tim kelas gue bisa menang terus ya sampe final wkwk.. Amin.
Posting Komentar

Back to Top