4 Liter Air

Diposting oleh Label: di

Ga sengaja gue keinget teka-teki yang ada di buku matematika SMP gue. Sekalian aja deh gue share ke kalian. Siapa tau ada yang belum pernah nemu soal ini sehingga bisa coba jawab hehe..

Pada suatu malam di suatu bui a.k.a penjara, terdapat seorang penjaga dan seorang napi. Si penjaga menyuruh si napi untuk ngambil air sebanyak 4 liter. Sedangkan, si penjaga cuma ngasih ke si napi 2 buah gelas, yaitu gelas ukuran 5 liter dan gelas ukuran 3 liter. Gimana cara si napi ngedapetin air 4 liter hanya dengan menggunakan kedua gelas itu? Dan yang harus diperhatikan adalah di gelas itu ga ada garis ukuran apapun, dan ga boleh menggunakan bantuan alat ukur lainnya.

Nah loh.. Gimana tuh? Ada yang tau jawabannya? Atau bingung? Yang bingung, nih gue kasih tau jawabannya... Tapi dicoba pikirin dulu ya ..

Jawabannya:
Pertama, isi full gelas ukuran 5 liter. Lalu, tuang ke gelas 3 liter sehingga air di gelas 5 liter itu bersisa 2 liter. Buang air di gelas 3 liter, tuang sisa 2 liter ke gelas 3 liter. Isi full lagi gelas 5 liter. Dan terakhir, tuang ke gelas 3 liter. Jadi deh gelas 5 liter berisi air 4 liter (1 liternya udah dituang ke gelas 3 liter). Sederhana bukan?

Posting Komentar

Back to Top