Hal-Hal yang Akan Dialami oleh Anak Kos

Diposting oleh Label: di

Ntah kenapa, gue yakin sebagian besar dari readers yang udah berhasil sampe ke postingan ini dengan selamat, adalah para calon anak kos atau para senasib sepenanggungan yang tengah menyandang status sebagai anak kos saat ini. Benar kan? Kalau alasan kalian yang mampir ke sini bukan karena 2 hal itu, berarti kalian ngefans ya sama blog gue hihi...

Maaf jika gue udah mulai lama mengeluarkan postingan maut gue yang cetar banget hehe.. Ya seperti yang kalian tau jika gue udah disibukkan dengan jadwal kuliah yang padat. Selain itu, kesibukan gue ditambah dengan berondongan pertanyaan dari para pendaftar PPA/PPTI BCA. Entah kenapa akhir-akhir ini lagi pada sibuk pendaftaran kayaknya. Jadinya banyak banget yang nanya. Bahkan semua chat di line gue isinya pertanyaan seputar beasiswa itu ckck.. Tapi gapapa kok, gue tetep berusaha jawab, walau kadang low respon karena gue kuliah sampe sore, dan ga mungkin gue mantengin hape kan wkwk.. Jadi harap maklum. Bukannya gue ga mau jawab pertanyaan kalian, atau jawabnya singkat-singkat, tapi kadang gue pusing juga hehe.. Tapi setidaknya gue berbahagia karena udah seminggu ini pageviewer blog gue mencapai 1.200 seharinya.. Wow banget kan. Biasanya 300 pageviewer aja susah banget ckckck.. Itu semua berkat postingan gue tentang PPA/PPTI BCA hehe..

Ok, lanjut ke topik kali ini. Gue sebagai pendatang baru di perkumpulan anak kos, mengalami beberapa hal yang gue rasain beda jauh antara hidup dengan orangtua dengan hidup sendiri. Kadang, bedanya sampe jleb gitu hehe.. Tapi selebihnya, gue merasa bahagia dan lebih bebas. Walau apa-apa jadi harus nyelesaiin sendiri. Trus kita juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk meyakinkan kepada orangtua kita bahwa kita baik-baik aja, masih waras di ranah rantauan wkwk.. Itu salah satu hal yang menurut gue paling melelahkan, yaitu mendapat kepercayaan dari orangtua dan menenangkan hati mereka. Apalagi untuk orangtua yang sifatnya protektif banget (contohnya kayak orangtua gue), behh tiap hari ditelponin 3 kali dan ditanyain secara detail ckckc.. Ya tapi itu berarti mereka sayang banget sama gue kan. Eittt tapi buat temen-temen yang ga tiap hari ditelpon sama orangtua nya, jangan sedih. Bukan berarti mereka ga sayang loh. Tiap orangtua punya cara yang berbeda dalam menunjukkan kasih sayangnya #asikk.

Setiap anak kos, pasti punya keluh kesahnya masing-masing. Apalagi yang masih ijo dan pemula macem gue ini hehe.. Tapi jangan salah, gue ga pernah ngeluh loh hehe.. Walau masih proses adaptasi, ya gue have fun aja ngejalaninnya. Apa-apa sendiri, macem jomblo gitu (udah biasaaa). Hidup di tanah orang itu bukan sesuatu yang menyeramkan, jadi jangan takut ya wkwk.. Ga seburuk yang kalian bayangkan pada awal sebelum ngekos kok. Malahan lu bisa lebih bebas, tapi inget ya readers, pergunakan kebebasan itu dengan bertanggungjawab. Tetep harus memperhatikan kewajiban yang harus lu lakuin. Itu baru yang namanya dewasa :D

Langsung aja nih... Hal-hal yang baru lu sadari dan akan lu alami ketika menjadi anak kos (termasuk gue):

1. Bukan citarasa atau gizi, tapi yang penting kenyang
Coba bandingin dengan saat lu makan di rumah. Bisa dibilang lauk pauk lengkap, sayur terpenuhi, buahnya juga oke. Mendekati 4 sehat 5 sempurna lah. Dan liat apa yang ada di piring lu sekarang (buat kalian yang lagi makan pas baca blog ini), yang ada palingan hanya sejenis lauk. Asal kenyang aja. Enak ga enak tetep dimakan. Katakan bodo amat pada gizi ckck.. Apalagi jika krisis sedang melanda, yang dimakan cuma mie instant hehe.. Apapun itu boleh aja, yang penting makanannya menyehatkan. Jangan kayak gue dan temen gue yang pernah makan nasi sama kripik kentang Qtela gitu karena ga ada lauk -_- jangan ditiru ya, itu lagi kepepet dan cuma sekali doang wkawka...

2. Memperhitungkan segalanya dengan cermat
Semenjak jadi anak kos, gaya hidup yang biasanya boros, mendadak jadi irit banget. Setiap pengeluaran diitung secara habis-habisan ckck... Yang biasanya suka beli ini dan itu, jadi mikir dua tiga kali buat belinya. 'Penting ga ya?'...'Butuh ga ya?'.. Sisi positifnya sih belajar hemat dan nabung buat masa depan, ya tapi jangan terlalu nyiksa diri juga. Dan jangan sampe kebablasan jadi orang pelit atau kikir hehe.. Harus liat kondisi dan situasinya juga kalo mau irit hehe..

3. Hidup itu perjuangan (senin-jumat belajar, sabtu-minggu beresin rumah)
Senin sampe jumat belajar di kampus dari pagi sampe sore, belum lagi ngerjain tugas atau belajar di rumah ckckc.. Itupun juga harus ngurusin rumah dan mikirin makan. Jika dulu pas tinggal sama orangtua, pulang sekolah bisa istirahat, namun sekarang masih harus ngurusin ini itu huhu.. Sabtu minggu pun bukanlah menjadi waktu yang tepat untuk beristirahat, karena banyak tuntutan pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Pekerjaan rumah yang dimaksud bukanlah tugas, tapi nyuci, nyapu, ngepel, dan sederet pekerjaan lainnya. Tapi sebaiknya ga dianggep sebagai beban hehe.. Anggep aja latihan supaya kita bisa mandiri dan ke depannya menjadi pribadi yang bisa membagi waktu dengan sebaik mungkin. Kebijaksanaan dalam menggunakan waktu menjadi hal yang utama dalam hal ini. Dan jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan kita. Jangan sampe kecapean dan tepar wkwk.. Semangat !!! Jika waktunya nanti tiba, perjuangan hari ini akan berbuah manis :)

4. Apa-apa dihadapi sendiri, ga bisa manggil 'ma' atau 'pa'
Jika berjumpa dengan masalah, kita harus menyelesaikannya sendiri. Ga bisa langsung minta orangtua untuk nyelesaiin kayak dulu-dulu hehe.. Kadang kita ga bisa kebanyakan ngeluh atau ceritain semua permasalahan sepele ke orangtua kita, karena takutnya malahan bikin mereka panik dan takut kita kenapa-napa. Jadi, kalo bukan hal yang penting banget, lebih baik coba dulu selesaiin sendiri.

5. Jauh dari orang tua
Buat yang biasanya deket banget sama orangtua, lalu sekarang harus ga ketemu dalam waktu yang lama. Awalnya mungkin terasa ada yang kosong dan sepi. Ada yang sampe ga bisa tidur. Trus ada juga yang homesick. Ya itulah yang harus dijalanin. Karena suatu saat nanti, ga mungkin kan kita selalu tinggal bareng orangtua kita. Jadi kita harus belajar untuk bisa berdikari dan ga bergantung pada orangtua.

6. Menghadapi temen yang nyebelin dalam 1 rumah
Ini diperuntukkan bagi kalian yang tinggal ngontrak atau kos bareng temen yang lain. Kalau kalian ketemu sama orang yang ga enak alias nyebelin, itu susah banget. Kadang mau negor ga enak, ga ditegor juga capek hati sendiri. Soalnya temen itu kan cocok-cocokan juga. Kadang ada yang gatau diri, ga mau kerjain urusan rumah dan maunya menang sendiri. Rasanya pengen dicekik haha.. Coba omongin baik-baik di antara kalian dan minta pengertian darinya. Tapi kalo sampe ga kuat, angkat kaki aja , jangan angkat tangan wkwkw.. Cari tempat kos lain.

7. Capek sendiri, ga bisa ngajak-ngajak yang lain
Semuanya serba dikerjain sendiri. Kalo stress pun dirasain sendiri. Ga mungkin kan ngajak-ngajak yang lain hehe.. Jangan ngeluh ya.. Awalnya mungkin terasa berat, namun lama-lama semua itu menjadi hal yang biasa. Let it flow aja hehe.. Tenang, jika orang lain bisa, kamu pun juga bisa menjalani hidup ini kok :D

8. Selain mikirin pelajaran, mikirin ortu dan rumah juga kalo lagi ada masalah
Buat yang gampang kepikiran kalo ada masalah di kampus, di rumah, dan lainnya, wah harus hati-hati nih. Jangan sampe ngebebanin dan ganggu konsentrasi kita dalam menjalani tujuan mulia menjadi anak kos hehe.. Usahain cari jalan keluar secepat mungkin dari tiap masalah yang ditemui. Jangan ditunda, karena bikin pusing kalo ga selesai-selesai. Semua akan baik-baik saja ^^

Bagaimanapun itu semua mengajarkan kita untuk menjadi anak yang bertanggungjawab, mandiri dan dewasa. Ambil sisi positifnya, dan ga perlu ngeluh, cukup dalam hati aja. Toh nantinya kita jadi terbiasa untuk bekerja keras dan manajemen waktu dengan baik.

3 komentar:

  1. Lha, makannya kok sama Qtela,sih? Katanya kalo di PPA BCA makan ditanggung semua, pagi,siang,mlm, plus cemilan snack ngupi dua kali? Jadi, selain kudu kost sendiri -- makan juga nanggung sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin salah info.. Sekarang ini sih emang dapet makan, tapi ga 24 jam juga dapetnya, kan kita ga 24 jam kuliahnya. Dapet snack 2 kali, dan dpt makan siang. Kalo makan pagi dan makan malem ya tanggungan sendiri..

      Hapus
    2. Wah,iya,ya...BCA bisa rugi kalo makannya 24 jam! wkwkwk. Tks.

      Hapus

Back to Top