Saatnya Keluar dari Safety Zone

Diposting oleh Label: di

Safety Zone atau yang dikenal sebagai zona nyaman. Saking nyamannya bikin orang males gerak dan males kemana-mana, bikin orang enggan untuk mengeksplorasi dan mengubek-ngubek seisi dunia yang sarat akan hal-hal misteriusnya hehe.. Hati-hati dengan kenyamanan yang kita miliki saat ini, karena terkadang menyimpan sesuatu yang menyesatkan. Seringnya kita tertipu dengan safety zone, hingga kita tetep stay cool dan ga mau melihat belahan dunia diluar kehidupan kita saat ini.

Ketika kita bahagia dengan safety zone yang kita miliki, maka kita ga akan punya kesempatan untuk merasakan dan mencoba hal-hal lainnya, yang memungkinkan kita untuk mendapatkan hal yang lebih 'wow' dari safety zone saat ini. Ya istilahnya hidup kita biasa-biasa aja lah kalo berada di jalur safety mulu. Ibaratnya kalo jalanan tuh lurus tanpa tikungan, datar tanpa naik turun lobang dan sebagainya. Sekali-kali kita harus keluar untuk mengenal dan merasakan 'the real of the world'. Yeahh..

Pertama-tama saat ingin melangkah keluar dari safety zone, pasti ada rasa takut yang mengintai diri kita. Duh takut ga bisa, duh takut ga enak, duh takut ga nyaman lagi. Nah ini adalah hal yang normal. Tapi harap jangan dimanjakan wkwk.. Ya biasanya kan kalo kita mau mendapatkan hal yang luar biasa, akan ada banyak godaan yang mengintil. Jadi kita harus memasang tameng sekuat baja, dan pedang bermata dua untuk melawan itu semua. Jangan justru mundur teratur sebelum nyoba. Biasanya sih takut ngambil resiko ya, jadinya ga mau keluar dari safety zone. Padahal sebenernya banyak hal yang bisa lu dapetin di luar zona itu hehe..

Bagaimana dengan gue? Gue sendiri harus mengakui jika gue termasuk orang yang takut mengambil resiko dan takut mencoba sesuatu yang baru. Gue lebih suka yang main aman aja lah, yang udah pasti dan jelas, ga penuh teka-teki kayak si doi hehe... Tapi, bukan berarti gue ga pernah keluar dari safety zone loh.. Mau denger cerita gue? Ga mau ya? Ya udah gapapa kalo ga mau dengerin, tapi dibaca ya hehe..

Gue sendiri bisa dibilang pernah mengalami dilema yang teramat sangat ketika harus melanjutkan pendidikan di SMK negeri. Ya ini adalah dunia baru bagi gue saat itu. Dimana biasanya gue sekolah di swasta, sekarang harus nyobain sekolah di negeri karena keterbatasan ekonomi. Apa rasanya? Hmm campur aduk dah.. Yang jelas gue merasa takut. Takut kenapa? Itu kan lingkungan pergaulan yang baru bagi gue, jadi gimana gue ga takut pas pertamanya coba ckck.. Tapi ternyata setelah gue memasuki hari pertama, gue merasa bersyukur dan ketakutan gue ilang seketika. Apa yang gue khawatirkan ga terbukti nyata. Dan malah, gue bisa mendapatkan beberapa pencapaian kebanggaan selama di SMK. At least, gue ga pernah nyesel udah keluar dari zona nyaman, malah gue bisa menjadi seseorang dengan nilai yang lebih di tempat gue yang baru :D

Dan coba bayangin, apa yang akan terjadi kalo misalnya gue tetep ngelanjutin di safety zone, yaitu di SMA tempat kakak gue sekolah? Mungkin gue ga akan bisa berkembang dan mendapatkan seperti yang sekarang ini telah gue dapetin. Dan mungkin juga gue ga masuk PPA BCA kayak saat ini hehe..

Ya itu sih hanya segelintir permasalahan kecil yang pernah terjadi di kehidupan gue. Tapi dari hal yang kecil itu, kita bisa belajar untuk menghadapi hal yang besar. Safety zone bukanlah hal yang sepele ataupun ga berpengaruh dalam hidup kita, namun sebaliknya, dia bisa mengubah takdir dan masa depan hidup kita. Takdir itu terbentuk dari pilihan kita sendiri, sehingga sebenernya manusia itu sendiri yang menciptakan takdirnya sendiri. Walau ga gue pungkiri bahwa Tuhan juga mengambil andil dalam membentuk takdir hidup kita. Tapi itu juga kembali lagi tergantung dengan pilihan yang kita ambil, dan cara kita menjalani hidup ini. Apakah kita lebih memilih untuk nangkring di safety zone, atau keluar dan mencari pengalaman yang baru dengan segala macam resiko yang ga diketahui namun harus dihadapi. Seperti sekarang ini, gue sedang mencoba keluar dari safety zone gue, yaitu tinggal jauh dari kedua orang tua dan merantau untuk kuliah. Semoga aja gue bisa mendapatkan dan memberikan hasil yang terbaik ya hehe... Amin.

Buat temen-temen yang misalnya lagi galau dan bingung milih jurusan kuliah atau apapun itu, pesen gue cuma satu : jangan pernah berkata 'takut' bila belom mencoba. Jangan nanya ke orang lain 'susah ga?' karena jawabannya pasti relatif. Jika orang lain bisa ngejalaninnya, maka kita pun juga pasti bisa melewatinya. Yeay.. Semangat ya.. Pokoknya kalo sedang dihadapkan dengan suatu pilihan, pikirin dulu aja baik buruknya, resiko dan manfaatnya. Tiap pilihan sih pasti ada positif dan negatifnya, jadi ga usah nyesel atau merasa salah ambil jalan ketika keluar dari safety zone. Ubahlah penyesalan itu menjadi sesuatu yang luar biasa. Seperti mengubah sebuah kegagalan menjadi kemenangan :) cause every person can do it.

Gue punya sebuah analogi atau logika dasar dalam berpikir. Kalo kalian ga mencoba sesuatu hal yang baru, bagaimana bisa kalian ingin mendapatkan hal baru yang spektakuler? Bener ga? Kalo lu hanya melakukan itu-itu aja, ya lu bakal dapetin yang itu-itu juga. Trying something new, to get the new one. Ya prinsip sederhananya sih gitu aja. Kita ga akan tau kalo belum nyoba. So, let's give a try.
Posting Komentar

Back to Top