Tips Menghadapi Rasa Malas untuk Menulis

Diposting oleh Label: di

Banyak yang dari kalian mungkin mengalami kayak gini. Gue sendiri sebagai manusia biasa (otw luar biasa) sering ngalamin dilema ini. Gimana rasanya seluruh raga gue ini males banget buat nulis blog, trus penyakit males gue meluas ke saraf, otak hingga ke hati gue. Jadi males buat nulis deh. Bener-bener males. Ide banyak, tapi keinginan buat nulisnya ga ada. Hmm... Yang gini nih yang bahaya. Jangan dianggap sepele nih readers. Kenapa? Karena sekali lu males buat nulis, sekali lu nunda buat nulis, maka lu bakal ngerasain males yang berkesinambungan. Istilah singkatnya ketagihan gitu lah. Bener kata pepatah 'sekali lu nunda, belum tentu nanti tuh kerjaan bakal diselesaiin'. Saat lu bilang 'besok aja ah nulisnya, lagi mager(males gerak)', maka lu telah terkalahkan oleh rasa malas. Apakah lu yakin besok ga males lagi? Hal yang lu ga mau lakuin sekarang, belum tentu akan lu lakuin nanti. Jadi, jangan biarkan rasa males mencekik dunia menulis lu. Sebetulnya ini sangat berbahaya, bisa mematikan produktivitas dan mungkin impian lu sebagai penulis. Sayang kan, kalau punya bakat tapi gagal berkembang karena virus yang satu ini. Perlu diketahui bila virus ini menular lebih cepat daripada flu, dan lebih berbahaya daripada virus manapun, karena virus males bisa mematikan kehidupan jiwa seseorang. Niat yang awalnya lurus pun bisa berbelok pindah jalur seketika. Kencangkan ikat kepala, dan kembalikan niat itu ke jalur yang bener. Niscaya tujuan kita akan tercapai wkwkw...

Misalnya nih, lu punya target buat nulis sehari satu artikel. Namun, karena lagi males, lu pun ga ngejalanin target yang udah lu buat tadi. Lu pikir 'gapapalah hari ini ga usah nulis dulu. Libur dulu sesaat untuk bersantai'. Perlu diketahui adalah jika kita udah pernah sekali melanggar aturan yang telah kita buat sendiri, biasanya kita akan terpacu untuk mengulangi hal yang sama. Ya ujung-ujungnya target dan tujuan yang kita inginkan ga akan kesampean. Jadi, lebih baik jangan coba-coba kayak gitu. Karena efeknya bisa berkepanjangan, apalagi yang ga kuat iman wkwk.. Pasti gampang tergoda dengan hal-hal lain, seperti nonton, main, makan, dan lainnya.

Oleh karena itu, kita harus sebisa mungkin melawan rasa males itu. Gimana caranya? Nih gue kasih cara-cara yang biasa gue lakuin untuk memangkas habis rasa males hingga ke akarnya.

Yang pertama adalah kita harus menyelidiki terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kita merasakan males. Karena beda penyebab ya berarti beda solusinya juga dong. Bisa aja lu males nulis karena lagi jenuh. Nah kalo penyebabnya yang satu ini, lu musti cari pelarian sementara dulu dari dunia menulis. Sehobi-hobinya seseorang dalam dunia menulis, pasti ada suatu keadaan tertentu dimana orang itu merasakan jenuh. Maka, lakukan hal lain sejenak, setelah itu baru lanjutkan kembali kegiatan menulis.

Yang kedua, inget-inget motivasi atau impian yang ingin lu capai dengan menulis. Ya biasanya sih lu bakal semangat buat nulis lagi setelah menemukan kembali motivasi dalam diri kita. Ga mungkin kan seseorang ngelakuin suatu hal tanpa tujuan? Nah ingetin tujuan lu apa, supaya lu semangat untuk mencapainya :)

Setelah 2 cara di atas, masih ngerasa males juga buat nulis? Ckckck penyakit males nya udah akut nih.. Coba gue kasih cara yang ketiga nih.. Saat lu ngerasa males, coba deh paksain dikit untuk mulai nulis. Emanf sih segala sesuatu yang dipaksain itu ga enak, tapi kalo lu manjain mulu penyakit males lu, nanti malah jadi kecanduan dan melekat pada diri lu bagai parasit selamanya. Mau kayak gitu? Biasanya kita cuma males untuk memulainya doang kok. Pas udah mulai nulis, biasanya tuh tangan malahan ga berhenti-henti buat nulis karena ide terus bermunculan di kepala. Malesnya jadi ilang kan... Nulis terus sampe ga inget waktu makan, mandi, dan janji sama pacar! Gawat tuh kalo yang terakhir. Jangan sampe lu harus kehilangan doi ya hehe...

Masih males juga? Ke laut aja lah kau hehe... Bayangin deh.. Orang yang ga ada ide aja berusaha mati-matian nyari inspirasi buat nulis sampe gali sumur, mendaki gunung, menempuh 7 lautan 8 samudera #lebay. Masa lu yang udah punya ide disia-siain gitu aja karena males nulis. Aduhh mubazir banget tuh.. Mendingan ide cemerlangnya di transfer ke gue aja hehe..

Orang males itu ga ada obatnya, tapi kalo orang yang ga berbakat, bisa diasah untuk menjadi orang berbakat.
Posting Komentar

Back to Top