Kilas Balik Sebelum ke Sentul

Diposting oleh Label: di

Kisah gue menginjakkan kaki di Sentul pastilah ga cuma sebatas 2,5 jam perjalanan naik motor. Dibaliknya ada sosok superhero, yaitu papa gue yang nganterin bolak-balik ke Sentul buat nyari kontrakan disana :') Ada proses panjang, yang rasanya seperti sebuah keberuntungan untuk bisa sampe ke Sentul. Dan pastinya bisa menjadi bagian dari PPA BCA 42, merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Tiap orang punya cerita masing-masing, lika-liku untuk menggapai kampus impian. Gue pun termasuk salah satunya yang punya cerita unik. Ga semudah membalikkan telapak kaki (karena telapak tangan udah mainstream) hingga gue bisa berdiri di tempat gue sekarang ini. Gue tau banyak yang menginginkan posisi gue sekarang ini, namun hanya beberapa yang bisa diterima disini, salah satunya gue, yang mendapat karunia keberuntungan yang lebih dibandingin yang lain. Ya, hanya keberuntungan lebih. Makanya kalo ada yang nanya ke gue 'cara dapetin PPA BCA gimana sih?', sebenernya gue mau ngasih jawaban satu kata aja, yaitu 'keberuntungan', Tapi biasanya gue tambahin dengan usaha, doa, dan restu orang tua. Soalnya, keberuntungan itu dateng dari ketiga hal tersebut.

Jika kalian bertanya ke gue 'apa kampus impian gue?', gue akan menjawab gatau. Gue akui sejak awal gue ga berambisi untuk sebuah universitas atau perguruan tinggi. Gue ga terlalu berminat untuk beberapa label seperti PTN atau sekolah ikatan dinas milik negara. Bukannya gue ga niat kuliah, tapi visi gue itu berbeda. Kenapa? Karena tujuan gue adalah gue nyari beasiswa kuliah jurusan akuntansi, bukan nama dari perguruan tingginya itu. Dari awal emang gue berusaha nyari beasiswa full, supaya gue ga perlu ngebebanin orangtua lagi untuk urusan biaya kuliah yang mahal. Well, gue cukup tau diri untuk itu. Makanya gue berpandangan kalo dimanapun tempat gue kuliah (terkenal ataupun engga) yang penting adalah gimana diri gue bisa berkarya disitu. Jadi, gue ga peduli dengan omongan orang 'kenapa ga masuk ke PTN? Sayang banget loh..'

Gue ga nyesel, malahan gue sangat bersyukur bisa dikasih kesempatan untuk dapetin kuliah gratis PPA BCA. Dan gue setuju dengan sebuah pernyataan 'ada harga mahal yang harus dibayar untuk sebuah hal yang besar'. Gue udah sering ngalamin hal ini, dan terbukti benar. Seperti saat proses yang gue tempuh untuk ngedapetin PPA BCA, cukup banyak pengorbanan dan perjuangan sampe titik dimana bikin gue hopeless a.k.a kalah sebelum berperang. Jika menengok kembali ke belakang, gue akan banyak bersyukur karena Tuhan telah mengirimkan orang-orang yang membantu untuk mempermudah langkah gue menuju beasiswa kuliah.

Pertama, gue gatau cara ngisi raport kurikulum tiga belas, yang interval nilainya beda dengan yang biasa. Dan angkatan gue menjadi angkatan percobaan yang pake begituan. Hufttt... Hal ini bikin gue gundah gulana untuk daftar BCA. Untung ada malaikat yang memberikan gue kontak orang BCA sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar. Gue berhutang budi sama orang itu. Karena kalo ga ada dia, gue yakin gue dan temen-temen penganut kurikulum tiga belas ga bisa daftar dan bingung sendiri. Thanks banget...

Setelah berhasil daftar, ga cukup sampe disitu aja, gue diajarkan untuk mengenal arti ketabahan dan kesabaran. Dimana, gue nunggu sampe 2 bulan ga dipanggil-panggil. Sampe yang bikin hopeless dan down itu pas ada temen gue yang baru daftar tapi udah dipanggil setelah 3 hari. Sedangkan gue yang tiap hari nungguin, ga dipanggil-panggil :'( Akhirnya gue ngontak orang BCA nya lagi, dan disuruh nunggu. Hingga sekian lama ga dipanggil-panggil juga, gue hubungin lagi, baru deh dipanggil. Saat itu gue berpikir, kesempatan itu emang sangat berharga, dan belum tentu dateng 2 kali.

Lalu ada juga hal yang begitu gue inginkan, namun harus gue korbankan demi mengikuti rangkaian tes di BCA. Untung aja lolos sampe akhir, kalo ga lolos kan sedih banget jadinya. Dan ada juga satu beasiswa yang gue daftar buat coba-coba, yaitu beasiswa dari metrotvnews, namun harus gue korbankan juga demi BCA. Ya semuanya udah berbalas dengan buah yang manis sekarang. Mungkin inilah jalan terbaik yang diberikan buat gue :)

Tapi tenang aja kok guys, buat kalian yang mau daftar PPA BCA ga sesulit dan sesusah seperti yang gue alami. Jangan takut duluan ya setelah baca ini. Banyak yang prosesnya jauh lebih gampang kok. Ya mungkin karena gue diajarkan untuk menikmati prosesnya, agar gue bisa lebih mensyukuri apa yang gue dapetin sekarang ini. Tiap orang kan punya jalannya masing-masing untuk mencapai tujuannya. Jadi, kalian pun punya jalannya masing-masing hehe.. Selamat berjuang ^^ Proses ga akan mengkhianati hasil.
Posting Komentar

Back to Top