Keluh Kesah Dunia Akuntansi

Diposting oleh Label: di

Setelah menjadi seorang penggiat akuntansi selama 5 tahun, gue sudah cukup merasakan nano-nano dari akuntansi. Pada dasarnya akuntansi menuntut ketelitian, kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi angka-angka, yang sering kali mirip nomor telepon (alias ga ada 0 nya, contoh : Rp 5.821.454,00). Paling sedih ngeliat angka model gitu tuh. Salah pencet dikit aja pas ngitung di kalkulator, dunia serasa kiamat. Nah sekarang gue mau cerita sedikit mengenai keluh kesah dunia akuntansi yang sebenernya ga perlu dibikin stress.

1. Mayoritas dunia akuntansi ditempati oleh kaum perempuan
Kebanyakan sih emang berjenis kelamin perempuan, tapi bukan berarti laki-laki nya ga ada loh ya. Bahkan banyak Akuntan Publik yang merupakan seorang pria. Tapi kalau misalnya pas kuliah atau sekolah gitu, para penggelut jurusan akuntansi ini biasanya adalah perempuan. Jadi, yang perempuan rada susah kalau mau cari pacar anak akuntansi (karena stok terbatas), kalau yang laki-laki mah gampang aja, banyak pilihan dan biasanya laku pesat hehe.. Pengalaman gue sendiri, 1 kelas yang terdiri dari 40 orang, perbandingan pria dan wanita cuma 1 : 12 loh ckckck... Malahan kadang ga ada pria nya sama sekali ._.

2. Ga balance :'(
Kesalahan fatal dalam dunia akuntansi adalah jika lu udah hampir selesai, tapi ternyata ada yang beda atau ga balance hasilnya, dan setelah ditelusuri letak kesalahan ada di bagian awal. Hufftt.... Itu sama aja artinya kayak lu ngerjain dari awal lagi alias NGULANG. Makanya akuntansi itu sangat membutuhkan ketelitian dan konsentrasi. Kadang kalau udah ga balance gitu, rasanya pengen ngulang aja daripada nyari kesalahan. Waktu yang dibutuhkan untuk nyari kesalahan seringnya lebih lama daripada bikin ngulang dari awal haha.. Pusing sendiri kan jadinya. Tapi disitulah tantangannya akuntansi hehe.. Kalau akuntan belum pernah ga balance, rasanya kurang afdol. Harus sabar menghadapi angka-angka yang kadang rumit. Apalagi kalau ga balance nya cuma beda 0,05.. Rasanya pengen ditambahin aja pake duit sendiri wkwk (tentu aja ga boleh), harus dicari kesalahannya dimana sampe balance. No tolerant !


3. Ngitungin milyaran duit orang lain
Ngeliat angka yang rumit bisa sampe 10 digit, eh faktanya itu bukan duit kita -_- Ya inilah kerjaan akuntan. Duitnya bukan duit kita, udah gitu duitnya ga ada lagi. Kita hanya berhadapan dengan angka-angka, bukan duitnya langsung. Yang sabar ya ... :')


4. Ketika anak IPA terjun bebas ke dunia akuntansi .......
Pesan gue cuma satu buat kalian yang mengalami hal ini, jangan takut, jangan bimbang, jangan galau, jangan pesimis dan jangan bingung (kalau bingung pegangan). Take it easy, bro... Justru kalian harus merasa lebih dari yang berlatarbelakang anak akuntansi atau anak IPS, karena ilmu kalian lebih banyak lohh.. Kalian akan menguasai ilmu IPA dan akuntansi. Sedangkan anak IPS ga akan tau IPA seperti kalian. Berbanggalah punya banyak ilmu dan selalu terbukalah untuk ilmu-ilmu yang ada di dunia ini. Belajar, belajar, belajar ! Lagian saat kuliah, semua akan dipelajari lagi dari dasar, jadi dipastikan kalian yang dari IPA akan mengerti. Malahan ga menutup kemungkinan bahwa nantinya kalian akan memahami lebih baik daripada yang berlatarbelakang dunia IPS. Awalnya mungkin kalian ngerasa asing dengan akuntansi, tapi lama-lama juga kalian akan terbiasa kok. Let it flow aja wkwk.. Jangan di stress-in yaw..


5. Ruangan sunyi senyap, cuma ada bunyi ketak ketuk kalkulator/keyboard
Hal ini bakal kalian rasain saat kerjaan lagi menumpuk, atau tugas siklus nangkring di atas meja. Mendadak suasana berubah menjadi senyap (terkesan horor gitu), yang ada cuma bunyi keyboard atau kalkulator. Jangan bingung kalo kalian berada di tengah-tengah kondisi seperti ini, karena udah biasa hehe.. Kalau udah ada kerjaan, pasti masing-masing pada konsentrasi dan asik sendiri sama angka-angkanya.


Tapi bukan berarti dunia akuntansi itu sulit dan ga asik karena cuma berhadapan dengan angka-angka. Jangan salah, justru menurut gue akuntansi itu sangat menyenangkan. Jika kita bisa menikmati setiap prosesnya, sesulit apapun yang akan kita hadapi pasti akan terasa mudah. Lagipula, gue yakin setiap jurusan atau bidang pasti ada kesulitannya masing-masing kok, jadi jangan takut ya untuk mencoba belajar akuntansi dan hal-hal baru lainnya :). Inget satu hal ini : Setiap orang yang mau belajar, pasti bisa. Apapun bidangnya, ga ada yang sulit buat dipelajari kalau udah diniatkan dalam hati hehe.. Bukan bakat yang menjadi faktor utama, melainkan keinginan dan tekad yang kuat untuk menjadi bisa :D

Buat kalian yang suka sama pekerjaan duduk diam di kantor (ga menghadapi orang luar), nah ini kerjaan yang cocok buat lu. Semangat buat para penggiat akuntansi dimanapun kalian berada. Dan buat yang masih ragu-ragu untuk mengenal bidang ini, ya dimantapkan dulu aja. Intinya 'JANGAN TAKUT GA BISA'
Posting Komentar

Back to Top