Kue Cubit Menggigitz Sepanjang Masa

Diposting oleh Label: di

Lagi liburan gini, membuat gue sering duduk termenung mengenang masa-masa yang pernah terlewati. Salah satunya adalah kisah dibalik kue cubit menggigitz ini. Kue yang dibuat oleh tangan-tangan amatir, namun menghasilkan citarasa yang lezat karena manisnya kebersamaan. Rasanya ga sebatas di lidah, namun turun hingga ke hati. Maknyussss... Yuk langsung aja gue ceritain legenda terbuatnya kue cubit menggigitz ini hehe...

Gue, Farah, Nispi, Lila, dan Tiara adalah 5 pemudi yang akan menunaikan ujian praktek kewirausahaan (selanjutnya gue singkat KWH), yang menjadi penutup dari segala rangkaian materi KWH selama 3 tahun belajar di SMK. Kami berlima merupakan penggelut dunia akuntansi, namun harus menjadi ibu rumah tangga yang baik saat mendapatkan amanat memasak. Ga cuma bisa nyiklus, tapi juga harus bisa mengenyangkan perut (sendiri) ^^

Hidup di dunia ini ga bisa cuma dengan menguasai satu bidang, tapi juga harus multifungsi dan mau belajar bidang-bidang yang lain. Ibaratnya lu mau beli barang, pastinya lu akan nyari barang yang memiliki kegunaan paling banyak dan ekonomis. Sedangkan barang yang cuma memiliki 1 fungsi, ga akan memiliki nilai jual yang tinggi. Nah seperti itulah hukum alamnya. Ya toh?
Guru gue memerintahkan untuk membuat suatu modifikasi makanan daerah sekreatif mungkin. Harus makanan daerah ya, ga boleh nyasar ke luar negeri. Karena alangkah baiknya bila kita mengenal negeri tempat kita hidup terlebih dahulu, baru mengenal negara lain (bukan artinya menutup diri dari dunia luar loh ya).

Back to topic... H-2 ujian KWH, waktu itu lagi pekan Ujian Sekolah, gue berlima memutuskan untuk latihan praktek membuat kue cubit di rumah Tiara. Bayangin aja tuh pas H-2 kami baru latihan buat kue cubit saking padetnya waktu. Sistem ujiannya itu, makanan udah harus standby di meja jam 8 pagi. Nanti ada guru yang menilai dari segi keindahan dan rasa.

Sehabis Ujian Sekolah, kami mampir terlebih dahulu ke Carefour Buaran Plaza untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Di antara kami berlima belum ada yang pernah bikin kue cubit selain gue (actually mak gue). Itupun bikinnya pas gue SMP kalo ga salah, jadi gue udah ngeblank -_-

Setelah itu, kami langsung meluncur ke rumah Tiara di daerah Rawamangun. Waktu itu, cuma ada 2 motor, yaitu punya Lila dan Tiara. Akhirnya diputuskanlah ada yang bonceng tiga (JANGAN DICONTOH!). Lila, Nispi dan Farah berada dalam 1 motor, sedangkan gue sama Tiara. Untunglah ga ada polisi di sepanjang jalan dari sekolah ke rumah Tiara, jadi ga kena tilang hehe... 

Sesampainya di rumah Tiara, kami makan siang dulu. Abis itu, siap berperang :) Kami nyolong resepnya dari mbah google dan ngikutin tiap instruksinya dengan seksama. Berharap-harap cemas agar adonannya ga bantet dan hasilnya bisa bagus. Dengan menggunakan perasaan dan intuisi kami sebagai anak akuntan(?), kami mencoba menakar dan memperhitungkan perbandingan bahan yang diperlukan. Alhasil adonan pertama kami terlalu keras. Akhirnya tambahin air dan susu lagi supaya rada lembek.



Nih bahan-bahan yang kami gunakan..


Rencananya kami mau modifikasi kue cubit dengan menambahkan warna dan toppingnya. Bentuknya juga dibuat macem-macem berdasarkan cetakan yang gue punya. Kayak gini nih model cetakannya..


Kami sempet bingung dibagian pewarnanya. Ga mungkin kami pake pewarna pakaian kan wkwkw.. Pertamanya kami nyoba-nyoba pake pop ice rasa cokelat dan strawberry. Tapi gagal total karna warna yang dihasilkan kurang menarik. Selain itu, kue cubit pertama kami kurang manis dan adonannya kurang sempurna. Walau gitu, hasilnya bisa dimakan kok hehe..

Setelah percobaan pertama kami selesai, kami merasa was-was karena hasilnya bisa dibilang masih buruk. Banyak problem yang belum terpecahkan. Sedangkan prakteknya tinggal 2 hari lagi hmm.. Hari telah menjelang sore, kami memutuskan untuk pergi ke kedai 90s atau yang dikenal dengan nama kedai Anae (sekarang sih namanya udah berubah, tapi gue lupa namanya jadi apa hehe) di Rawamangun. Kedai Anae adalah semacam kafe yang menjual makanan mulai dari yang berat sampe yang ringan. Menu unggulannya adalah kue cubit. Tujuan kami melancong kesana adalah untuk mencicipi, melihat, sekaligus mengorek-ngorek informasi mengenai proses pembuatan kue cubit yang perfecto wkwk...



Pas nyampe di kedai Anae, kondisinya sepi dan kosong gitu. Sempet bikin canggung dan suasana jadi krik krik sih. Udah gitu manggil pelayannya susah lagi -_- Akhirnya kami pesen seporsi kue cubit tanpa topping (kalo pake topping nambah duit lagi soalnya haha..) dan nasi ayam pedes gitu. Nah pas mereka lagi bikin kue cubitnya, gue pun beraksi dengan bertanya-tanya seputar cara bikinnya, penyebab adonan ga sempurna, dan sebagainya. Dengan menggunakan jurus muka tembok dan sok kenal sok deket (SKSD), gue berhasil dapetin beberapa informasi, tapi sayangnya kami ga berhasil dapetin info mengenai pewarna yang digunakan. Padahal udah sampe mengeluarkan rayuan maut ke abangnya, tetep ga dikasih tau. Mungkin itu rahasia perusahaannya kali ya ckck..

Kue cubitnya itu enak banget... Kami sengaja pesen yang setengah mateng soalnya rasanya enak pas lumer di mulut wkwk.. Penampakan kue cubitnya macem ini nih.. Bentuknya bagus dan unyu kan hehe..


Hujan turun pas kami mau pulang.. Akhirnya nunggu sampe gerimis dulu baru jalan pulang. Besoknya di sekolah setelah ujian sekolah, kami ngumpul dulu untuk diskusiin masalah pewarna kue cubit itu. Gue dan temen-temen panik karena belum tau pake pewarna apa, kemungkinan adonannya gagal, dll. Karna jam 8 pagi udah harus selesai, akhirnya diputuskan Farah yang membuat adonannya di rumah (sendiri), lalu jam setengah 7 pagi dibawa ke sekolah untuk dimasak. Kami menyerahkan nasib kue cubit kami ke tangan Farah. Ya kalau adonannya bagus, hasilnya bagus. Kalau jelek, pasti juga jelek. Kompor yang dibawa oleh Tiara adalah kompor kecil yang buat camping itu loh, yang gas nya bisa dilepas. Akhirnya kami memutuskan menggunakan pewarna kue hijau, kuning dan merah. Berdoa aja deh semoga besok hasilnya bagus hehe.. Pasrah totalitas ini mah.

Hari H pun tiba. Gue udah dateng dari jam 6 pagi buat siap-siap. Gue rada takut ga keburu di waktunya. Ga lama kemudian Nispi, Lila dan Tiara dateng. Temen-temen kelompok yang lain juga pada sibuk bikin makanan. Farah ditungguin ga dateng-dateng, padahal adonan dia yang bawa.. Tambah panik deh. Ditelponin ga diangkat lagi. Akhirnya jam setengah 7-an dia baru dateng. Pas adonannya udah ada dan siap dimasak, ternyata ada 1 bahan yang penting namun lupa dibawa, yaitu mentega buat ngolesin di cetakannya supaya adonan ga nempel pas mau diangkat. Huftttt... Akhirnya ada yang pergi beli mentega nya dulu. Sementara itu kami nyiapin kompor, baskom buat adonan dan lainnya.

Adonannya sedikit terlalu lembek, tapi bodo amat lah. Kami coba dulu bikin satu, dan hasilnya enak :D Rasa manisnya pas, kue nya lembut, penampilannya bagus. Perfect deh hehe... Trus kami coba pakein pewarna kue. Hasil warna nya juga bagus-bagus deh. Toppingnya ada meises, oreo, kitkat dan sereal. Yey kami berhasil. Rasanya itu bahagia banget bisa bikin kue bareng temen-temen, trus hasilnya makan bareng-bareng hehe.. Walau capek dan sibuk, tapi rasanya puas deh.

Yang taruh kue cubit di piringnya itu si Nispi disertai hiasan-hiasannya. Dia jago soal keindahan gituan wkwkw.. Taraaaa ini dia hasil kerja keras kami semua ...



Bagus kan jadinya ^^ Garnishnya itu pake parutan keju, buah strawberry, daun, susu kental manis coklat. Oh ya, temen-temen yang lainnya juga ga kalah kreatifnya. Ada yang bikin serabi, pempek, siomay, lumpia, ikan bakar, dan lainnya. Ngeliatnya bikin laper deh hehe.. Inilah produk kelas XII AK2 yang cantik-cantik. Inilah moment dimana anak akuntan disuruh masak dan hasilnya ga kalah dari anak tata boga wkwkw.. Banyak yang punya bakat terpendam buat bikin kue kan haha...


Itulah cerita dibalik kue cubit menggigitz kami.. Moga-moga di lain waktu ada kesempatan yang mempertemukan kami untuk berkreasi lagi di dapur haha... See you :)
Posting Komentar

Back to Top