Nama yang Menentukan Segalanya

Diposting oleh Label: di

Kita pasti sering mendengar sebuah kalimat klise "apalah arti sebuah nama..." Namun, di post kali ini, gue ingin menjelaskan bahwa nama itu pentinggggg dan menentukan segalanya (kecuali hidup dan mati). Ga percaya? Makanya pantengin nih tulisan sampe akhir. Khususnya para orang tua yang lagi sibuk nyari nama buat putra/putrinya. Jangan sampe terjebak dalam kalimat tadi yang di atas ya Pak/Bu. Harus dipikirkan baik-baik sebelum akte dicetak.
Itateanese.wordpress.com

Berdasarkan pengalaman gue sendiri, waktu itu gue dan temen gue dapet nilai yang sama persis (tapi ga nyontek loh ya). Namun, karena temen gue namanya Ab**, jadi otomatis secara absen dia lebih dulu dari gue. Yah karna nilai kita sama, kalau diurutin tetep dia yang lebih unggul (gue di posisi kedua ._.) Yang paling nyesek apabila sedang mendaftar sekolah, trus syarat masuknya tinggi-tinggian nilai rata-rata UN. Dan lu ga masuk cuma gara-gara kalah di huruf depan nama lu. Sakitttttttt banget itu
.. Apalagi kalo tuh sekolah idaman lu. Coba bayangkan dan rasakan (untungnya bukan gue). Gue yakin di luar sana ada yang bernasib seperti ini. Lapangkan dada ya bro...

Lain hal nya lagi jika ada tugas presentasi di depan kelas sesuai dengan urutan absen. Ya mau ga mau, siap ga siap, dia maju pertama deh.. Kan absennya paling duluan haha... Siapa suruh.. Kita yang di belakang, bisa belajar dulu. Dia serasa kambing hitam gitu deh #kasian...

Selain itu, ada sederet kasus lainnya yang berkaitan dengan 'NAMA'. Yes, just because of your name... Keliatannya sepele, namun banyak kasus mulai dari kelas teri balado sampe kelas udang panggang (enak tuh ^^) yang terjadi karena nama yang ga mendukung. Oleh karena itu, gue berbaik hati membagikan tips dan trik dalam memilih nama (andai waktu kita baru lahir bisa langsung milih nama).

1. Arti nama
Yang utama sih ini ya.. Nama harus mempunyai arti yang bagus karena dipercaya akan membawa pengaruh pada orang tersebut kelak. Cari yang artinya bagus, jangan asal ikutin nama artis yang ganteng/cantik aja. Jangan karena ngefans sama gue, nanti dikasih nama anaknya sama kayak nama gue haha... Nama gue udah cukup pasaran, jangan ditambah lagi :') Nama boleh keren, tapi artinya juga harus keren. Kan banyak tuh orang kalo ditanya 'arti namamu apa?', jawabannya 'gatau' ckckck... #tepokjidat.

2. Cari yang unik
Ini juga ga kalah pentingnya nih... Inget ! Jangan cari nama yang pasaran alias banyak peminatnya. Kalo bisa yang jarang-jarang aja. Salah satu korbannya sih gue.. Akibat nama yang terlalu pasaran, seringnya orang manggil gue dengan sebutan yang aneh-aneh. Tujuannya untuk membedakan. Jadi kalo manggil gue, supaya yang lainnya ga ikut nengok. Biasanya kan ada aja yang sama-samain kayak gue namanya. Bisa 3 orang lagi yang samaan. Dan biasanya gue yang dibuatin nama panggilan atau julukan -_- nasib nasib dibully karena nama... Jangan sampe kalian juga bernasib sama kayak gue ya. Mau tau nama panggilan gue apa aja? Nice banget.. Yaitu Atun dan Ujay wkwkwk

3. Dua kata lebih baik
Kadang, ada yang suka banget ngerangkai nama jadi sepanjang jalan kenangan. Bisa bikin satu paragraf kali tuh #lebay. Waktu SD sih ada temen gue yang namanya sampe 5 kata, dan itu panjang-panjang per katanya. Dia ngeluh ke gue pas ngerjain Lembar Jawaban Komputer (LJK) UN ke gue. Katanya dia kelamaan ngehitamin nama dia wkwkw... Orang lain udah ngerjain sampe nomor 10, dia masih asik ngehitamin nama hehe.. Makanya itu gue saranin 2 kata cukup lah. Kata pertama untuk nama, kata kedua untuk marga atau nama keluarga. Ideal tuh.. Sama kayak program pemerintah 2 anak lebih baik, nah nama pun begitu :D

4. Huruf depan yang menentukan
Seperti pengalaman gue di paragraf-paragraf awal, dimana huruf depan nama menjadi penentu segalanya. Poin ini pun harus dipertimbangkan. Ada plus minus nya masing-masing sih dari nama dengan huruf awal maupun huruf akhir. Itu semua tergantung situasi dan kondisi. Tapi tetep aja hal ini harus dipikirin ya ^^

5. Sesuaikan dengan jenis kelamin
Kadang hal ini menjadi pengecoh yang membingungkan. Ada yang namanya cowo, eh ternyata cewe. Bikin pusing sendiri kan. Kalau mau yang aman-aman aja lah milih namanya. Jadi dari namanya aja udah ketauan cewe atau cowo, ga perlu ketemu langsung. Jangan pake nama yang ganda gitu (maksudnya bisa dipake cowo maupun cewe).

Sekarang udah tau kan kenapa gue bilang pemilihan nama itu penting. Ga bisa hanya asal undi aja. Harus menggunakan pikiran dan hati wkwkw... Jika kita udah dikasih nama yang bagus, maka cobalah menjadi seseorang yang sesuai dengan arti nama itu. Jadi, nama bukanlah sekedar nama. Tapi nama menunjukkan identitas kita yang sebenernya seperti apa.

Dan jangan pernah ledek-ledekkan nama. Karna nama yang aneh pun, terkadang punya arti yang sangat bagus. Malah kadang lebih bagus daripada si pemilik nama yang ngeledekkin itu wkwk..

2 komentar:

  1. nama nama anak sekarang udah modern kok, beda ama zaman nyokap/bokap kita dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw betul kok.. Malahan udah banyak jenis nama-nama yang baru kedengeran

      Hapus

Back to Top