Suka Duka Jadi Pengurus Kelas

Diposting oleh Label: di

Hari pertama tahun ajaran baru identik dengan yang namanya pemilihan pengurus kelas. Gue sempet memperhatikan raut wajah dan kelakuan temen-temen gue satu per satu. Ada yang masang muka memelas supaya dipilih, ada yang bodo amat, dan ada juga yang ngumpet supaya ga dipilih. Lucunya kadang yang takut dipilih, mendadak jadi orang super sibuk: pura-pura ngutak ngatik laptop, bolak balik buku, sampe mainin jari tangan. Temen gue yang bodo amat, dengan santainya makan, minum, tidur, maen, sampe disuruh voting pun milihnya asal-asalan, cap cip cup aja. Sementara yang berharap agar terpilih, terlihat carper (cari perhatian), dan aktif ngomong.

Gue sendiri masuk ke kategori berharap dipilih. Tapi gue ga carper kok. Malahan gue cenderung diem-diem aja (sok alim gitu). Itu strategi gue yang antimainstream, yaitu malu-malu kucing kalo dipilih, padahal dalam hati mau banget hehe.. Seperti kata pepatah 'diam-diam menghanyutkan'. Namun, ternyata yang terjadi adalah gue ga terpilih wkwkw.. Strategi gue gagal total. Di tahun depannya, gue mencoba strategi lain, yaitu terobos terus pantang mundur. Dan akhirnya gue terpilih menjadi wakil ketua kelas. Itupun karena yang nyalonin diri sedikit, kebanyakan terpaksanya. Ga kayak gue yang secara sukarela langsung angkat tangan pas ditanya siapa yang mau jadi pengurus kelas hehe (strategi ga tahu malu). Miris ._. Betapa ga laku nya gue. Jangankan dipilih jadi pacar, pengurus kelas aja ga dipilih-pilih hiks...

Fenomena yang acapkali terjadi saat pemilihan pengurus kelas adalah orang yang terpilih bukan merupakan orang yang ingin dipilih. Sehingga ada dua macem reaksi 'males banget gue dipilih' dan 'yah gue ga dipilih'.. Terima nasib aja deh haha...

Pengalaman organisasi gue bisa dibilang masih dangkal, cuma dalam lingkup kelas doang. Ibaratnya main bola, cuma berani main di kandang sendiri. Ibaratnya tinju, cuma masuk dalam kelas teri. Di SMP, gue cukup puas menduduki posisi sekretaris selama 3 tahun berturut-turut. Kerjaannya yang pasti menulis di papan tulis, ngisi buku absen tiap pagi, agenda kelas, dan lainnya yang berhubungan tulis menulis. For your information, tulisan gue jelek. Trus kenapa mereka pada milih gue jadi sekretaris? Hmm mungkin karena gue nulisnya cepet dan tulisan gue di papan tulis cukup proporsional. Temen gue kalo nulis di papan tulis pasti miring ke atas atau ke bawah, atau kekecilan sampe ngeliatnya harus pake kaca pembesar. Mungkin dari sekian banyak temen gue, yang paling berbakat untuk nulis di papan adalah gue. Dan juga dalam pengisian tinta spidol. Mereka semua jarang banget yang mau ngisi dengan alasan kotor, jorok, dan males. Sedangkan gue, udah cukup merasakan pahitnya kuku jari gue yang putih manis menjadi hitam dekil akibat kemasukan tinta, rok dan seragam putih gue yang jadi korban ketumpahan tinta.

Setelah puas bermain tinta, di SMK kelas 10 gue terpilih menjadi akuntan Unit Produksi Kelas (UPK). UPK adalah kegiatan per kelas untuk berjualan apa aja dan duit hasil penjualannya itu untuk nambah uang kas. Jabatan yang cukup keren berhasil gue sandang. Namun, tanggung jawab dan stress yang harus ditelan akibat jabatan indah itu juga ga tanggung-tanggung. Tiap istirahat hari jumat, gue bersama bendahara mencocokan persediaan duit asli dengan catatan yang gue buat. Hasilnya harus sama toh, harus balance. Kalo beda, harus dicari tuh bedanya. Seringnya beda 100 perak, 500 perak, dan rasanya pengen gue tombokin aja wkwkw.. Malahan kadang duitnya kelebihan. Di catatan gue cuma 10.000, tapi duit aslinya ada 12.000, rasanya pengen gue ambil tuh 2 ribu nya supaya sama haha... Gue sampe ga makan gara-gara nyari perbedaannya itu huhuhu.. Untung masa itu udah terlewati dan menjadi pengalaman yang cukup berharga dalam bekal gue menjadi seorang akuntan profesional yang sebenernya.

Di SMK kelas 11 gue berhasil menyandang posisi wakil ketua kelas. Nah gue pikir awalnya posisi gue ini paling santai karna cuma jadi cadangan kalo sang ketua kelas ga masuk sekolah. Tapi ternyata semua itu hanya bullshit. Karena ketua kelas gue orangnya tuh cuek aja, jadinya ga terlalu peduliin kelas mau gimana. Akhirnya gue yang harus ngejer-ngejer plus turun tangan kalo ada masalah di kelas, dan ngurus ini itu. Huftttt....

Berikut ini suka duka jadi pengurus kelas berdasarkan pengamatan gue.

brilio.net
1. Temen sekelas yang salah, tapi cuma gue yang dimarahin - ketua kelas
Ini yang paling sering terjadi. Disaat kelas ga ada guru, trus berisik, ketua kelas udah nyoba diemin tapi ga didengerin, eh tiba-tiba guru dateng dan ngomelin. Yang ditegor pertama kali so pasti ketua kelasnya, kayak gini nih kata-katanya 'siapa ketua kelasnya? Gurunya kemana? Kenapa ga dipanggil?' dan sederet pertanyaan lainnya yang menyalahkan si ketua kelas yang dianggap ga bertanggungjawab. Sedih kalo kayak gini ckck... Kambing hitam tanpa tanda jasa wkwkw.. Makanya pada males nyalonin diri jadi ketua hehe..


2. Tenar a.k.a dikenal sama guru - pengurus kelas
Prinsipnya karena lu jadi pengurus kelas, lu pun cepet dikenal oleh guru. Kalo ada apa-apa, guru pasti manggil lu dulu. Merasa dibutuhin banget kan haha.. Tapi ya resikonya kerjaan lu jadi nambah.

3. Nulis 2 kali - sekretaris
Udah tugas dari sononya kalo yang namanya sekretaris pasti disuruh nulis di papan tulis sama guru. Misalnya ada catetan, trus gurunya lagi ga bisa masuk kelas, sekretaris harus siap siaga nyatet 2 kali, yaitu pertama di papan, dan kedua di buku sendiri. Kalau dikit sih ga masalah, tapi kalo banyak hmm.. bikin tangan keriting juga haha.. Sabar-sabar aja deh ya..

lucu.me

4. Nagih ga nagih tetep disalahin - bendahara
Kadang posisi bendahara paling serba salah. Soalnya bendahara itu berhubungan dengan hal yang paling sensitif di dunia ini, yaitu uang. Udah jadi kewajiban bagi bendahara untuk nagihin temen-temen sekelas yang belum pada bayar uang kas. Tapi begitu ditagihin, responnya ada yang menyakitkan, malahan ada yang menghindari dan bersikap ga suka saat ditagih. Hati ingin menangis rasanya tatkala melihat uang kas yang sudah menipis. Lalu, gue kudu apa? Kudu nambahin uang kas dari kantong gue sendiri? haha.. *untung gue ga pernah jadi bendahara*

brilio.net

5. Marah, dibilang baper. Lembek, ga didengerin - ketua kelas
Derita ketua kelas kalo lagi menghadapi temen-temen yang nyebelin. Maunya sih bersikap tegas, tapi nanti dibilangnya sok. Kalau marah, dibilangnya tukang ngambek, istilah kerennya tukang bawa perasaan. Kalau dibiarin aja, malahan ngelunjak huh.. Kalian gatau rasanya jadi ketua kelas kayak apa kan ._.

6. Tau bocoran jawaban - sekretaris
Yang satu ini terjadi jika sang sekretaris sedang beruntung. Guru males ngasih tugas atau soal di papan tulis, akhirnya minta tolong sekretaris. Eh ada jawabannya disitu. Ya ngintip dikit-dikit lah lumayan hehe.. Rada jarang sih kejadian kayak gini, tapi gue pernah mengalaminya kok :D

7. Megang dan ngitungin duit orang - bendahara
Tiap hari, tanpa lelah, menagih dan menghitung uang kelas. Kalo selisih, duh panik kuadrat deh. Resikonya gede banget tuh megang duit orang, ga ada enaknya. Kalo ilang disalahin dan dituduh macem-macem. Kalo ga ilang, ga ada yang mikirin juga. Duit sendiri aja masih suka ilang-ilangan, apalagi duit orang lain?

8. Harus jadi contoh yang baik - pengurus kelas
Kalian pasti sering denger kutipan dari guru macem ini 'Kalian itu pengurus kelas, ya harus jadi contoh yang baik dong bagi temen-temen yang lain.' Nah loh... Kalo di kelas bermasalah dikit aja, kena tegornya berlipat deh nanti ckckc... Piye toh.. Gue kan hanya manusia biasa.

9. Jadi pengurus kelas itu amanah
Sama seperti saat kita menduduki tiap jabatan atau posisi yang dipercayakan kepada kita. Suka ga suka, ya itulah tanggungjawab kita. Sekecil apapun ruang lingkupnya, tetep aja ada amanah dan tugas yang dititipkan di dalamnya. Ya makanya itu ikhlas dan rela aja ya ngejalaninnya. Jangan misuh-misuh wkwkw.. Sekalian buat cari pengalaman juga kan. Nikmati aja suka dukanya. Segala sesuatu kan dipelajari mulai dari yang kecil dulu. Kalau temen-temen kita udah mempercayakan kita sesuatu yang kecil, dan kita bisa memegangnya dengan baik, suatu saat kita akan diberi kepercayaan yang besar.

Posting Komentar

Back to Top