Masa transisi (From Siswa to be Mahasiswa)

Diposting oleh Label: di


Sebentar lagi gue udah bukan lagi siswa biasa, tapi gue berstatus MAHAsiswa... Keren kan, ada 'maha' nya gitu hehe #norak. Kalo lagi menjajaki masa transisi gini, kadang gue bingung pas ditanya 'lu siswa atau mahasiswa?'.. Dibilang siswa, kartu pelajar gue udah out of date. Dibilang mahasiswa, kartu tanda mahasiswa nya juga belum resmi ada ckckck... Jadi gue musti jawab apa? Adakah kartu masa transisi sebagai identitas resmi gue? #abaikan

Hasil gambar untuk from siswa to be mahasiswa
mesran.net
Apalagi bagi kalian (termasuk gue) yang sebentar lagi akan kuliah nun jauh di belahan bumi yang lain, alias luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri. Pasti rasanya galau-galau gitu karna bentar lagi akan menyandang status tambahan sebagai anak perantau. Syukur-syukur ga jadi anak Bang Toyib yang ga pulang-pulang hehe.. Pasti dari ada secuil perasaan dari lubuk hati yang paling dalam yaitu semacam rasa galau, takut, atau apapun itu namanya, karena akan menghadapi lingkungan dan situasi yang baru.

Hasil gambar untuk perbedaan siswa dan mahasiswa
yukberfikir.blogspot.com

Saat menjalani masa transisi, kita pasti sering kepo (nyari tahu dan tempe) mengenai seperti apa sih dunia kuliah itu. Mungkin kita sering mendengar bahwa dunia kuliah dan sekolah sangat berbeda jauh. Kuliah jauh lebih berat, dan jauh lebih bebas juga. Banyak tuntutan atau ketakutan dari dalam diri sendiri. seperti ketemu temen baru, lingkungan baru, suasana yang berbeda, takut IP rendah, takut bergelar mahasiswa abadi, sistem kuliah yang berbeda dari sekolah, kuis, ujian, sks, dan banyak hal lainnya yang bersifat baru bagi kita sebagai calon mahasiswa. Belum lagi harus menghadapi puluhan buku diktat tebel yang berisi deretan huruf kecil-kecil yang mengejek untuk dibaca. Apalagi mayoritas buku kuliah menggunakan bahasa inggris yang bisa membuat kagok bagi yang ga terbiasa baca gituan. Huffttt... Benarkah seberat itu dunia yang akan kita masuki? Baca dulu sampe akhir hehe.. Jangan panik duluan dong.. Itu kan baru kata mereka, bukan kata kita yang akan menjalani.

Ada juga yang beranggapan bahwa menjadi mahasiswa adalah hal yang sangat menyenangkan. Dimana kita bebas mengeluarkan ide kreatif nan cemerlang melalui organisasi sesuai minat. Lalu kita bisa mengeksplorasi secara totalitas kemampuan yang kita miliki saat kuliah. Bergumul dengan lingkaran pergaulan yang lebih luas, merengkuh ilmu tanpa batas, hingga menabung pengalaman sebanyak-banyaknya. Kita bebas melakukan ini itu, asalkan masih di jalur yang bener. Ya kebebasan yang dimiliki hendaknya dipergunakan secara bertanggungjawab dan untuk hal yang positif.

Mahasiswa pastinya mempunyai tanggungjawab yang lebih besar daripada seorang siswa. Mahasiswa udah dianggap sebagai makhluk yang dewasa, sehingga diberi kebebasan untuk menentukan sendiri mau lulusnya kapan, mau absen atau ga, dan ga bakal ada yang peduliin lu mau jungkir balik kek di kelas hehe.. Pokoknya beda deh sama jaman pas sekolah. Kalo pas sekolah kan, gurunya yang ngejer-ngejer kita masalah nilai, absensi, dan lain-lain. Nah kalo pas kuliah, jangan harap dikejer sama dosennya, malahan kita yang harus siap ngejer dosennya hehe..

Pas masa transisi gini, lebih baik jangan kebanyakan mikir wkwk Ntar jadi takut duluan. Let it go aja lah.. Yang penting doing the best. Jalanin aja, pasti jadinya menyenangkan kok. Kita ga akan tau sebelum menjalaninya sendiri. Pasti ada suka duka yang harus kita hadapi dalam setiap fase hidup ini. Dan kita juga harus siap menghadapi perubahan yang ada. Mungkin awal-awalnya berasa kaget, tapi lama-lama pasti menjadi terbiasa kok. Jangan sampe takut ga bisa jalaninnya. Kalau ada yang tahap ketakutannya sampe takut ga sanggup ngejalanin kuliahnya, nih dengerin (eh baca deh) baek-baek ya. Jika ribuan orang bisa memperpanjang nama mereka dengan gelar dan memakai toga, maka lu pun juga pasti bisa. Ketakutan boleh ada di pikiran kita, tapi kita harus memberanikan tindakan kita supaya ketakutan itu ga menjadi kenyataan. That's it...
Posting Komentar

Back to Top