Tempat yang Kosong - Uprak Senam

Diposting oleh Label: di

Masih terbenam jelas dalam ingatan gue, tentang sebuah kisah yang terjadi saat gue kelas 12. Sebuah kenangan antara gue dan temen-temen di XII-AK2. Sebuah perjuangan, kebersamaan, kerja keras, pengorbanan, dan pencapaian. Gue mengikuti setiap bagiannya, mulai dari awal hingga satu titik sebelum puncak. Karena gue ga diijinkan mengikuti puncaknya itu. Gue ga bisa merasakan saat dimana pencapaian itu karena ada hal yang lebih penting yang ga bisa ditunda. Hingga gue terpaksa mengorbankan salah satunya.

Ceritanya adalah guru gue memberikan tugas untuk ujian praktek olahraga dan seni budaya, yaitu menampilkan sebuah persembahan dalam waktu 45 menit, dengan proporsi 30 menit untuk senam, dan 15 menit untuk tari. Awalnya nari dulu, baru dilanjutin dengan senamnya. Tampilnya itu bulan Februari 2016 di lapangan sekolah. Jadi diliatin sama semua murid, guru, dan seluruh bagian sekolah.

Dari bulan September 2015, kami sekelas udah sibuk latihan. Mulai dari bikin gerakan, remix lagu, dan latihan gerakan bareng sambil hapalin. Kelas gue juga ngebentuk kelompok masing-masing yang ngurusin tarian, inti senam, dan pendinginan. Gue milih masuk ke kelompok pendinginan, alesannya karena paling gampang gerakannya hehe.. Dan waktunya cuma 5 menit-an. Kalau yang inti kan gerakannya banyak banget, bisa 20 menit-an. Tapi ternyata dibentuknya kelompok ini juga ga efektif, toh yang bertanggungjawab bikin gerakan dan ngajarin gerakan baru cuma beberapa orang itu-itu aja. Yang lain kebanyakan ga peduli dan ga bantuin mikirin gerakan baru ckckck...

Tiap pelajaran olahraga kami latian. Walau terik matahari menyengat (jam pelajaran olahraga gue jam 1 siang, mateng kan tuh), kami tetep semangat latian. Bahkan gara-gara latian senam, gue ga bisa maen basket lagi pas pelajaran olahraga huhu...

Kadang hari sabtu pun kami masih latian. Sehabis pelajaran tambahan menjelang UN, kami kembali berlatih di lapangan atau aula (menunggu lapangan kosong karna dipakenya gantian sama kelas lain). Menjelang hari H, pulang sekolah setelah Ujian Sekolah, kami masih latian di lapangan komplek, karna lapangan sekolah udah penuh. Berapa banyak waktu, tenaga, dan pengorbanan yang terkuras buat ujian senam dan nari kayak gini ckckck.. Tapi kami semua berusaha tetep have fun ngejalaninnya. Anggep aja kenang-kenangan sebelum berpisah wkwkw..

Bahkan ada suatu saat gue dipilih buat ikut olimpiade akuntansi dan pasar modal di PNJ, namun gue mengundurkan diri alias ga jadi ikut dikarenakan sibuk latian ujian praktek senam dan nari. Gue ga ada waktu lagi buat belajar akuntansi dan pasar modalnya. Gue aja udah banyak ketinggalan gerakan gara2 sering ijin pas jam olahraga untuk urusan yang kadang-kadang mendesak. Sementara gue orang yang termasuk lama dalam menghapal gerakan. Otak gue jadi lemot kalau berurusan dengan seni hehe.. That's not my passion...

Seminggu sebelum hari bersejarah itu, gue dan temen-temen sekelas latian terus. Tiada hari tanpa meneteskan peluh untuk latian wkwkw.. Kami mau hasilnya bagus, jadinya kerja keras mati-matian. Padahal kalau dipikir-pikir, bobot nilainya itu cuma 20%. Bayangin aja tuh, cuma 1/5 nya aja. Ga sebanding kan dengan apa yang kami udah lakuin. Ya tapi bukan soal nilai, melainkan soal kebersamaan dan project bareng kami yang terakhir sebelum lulus. Jadi kami berusaha menjadikannya yang terbaik :)

Selain itu dari segi materi, kami juga membuat kaos samaan satu kelas.  Supaya keliatan kompak gitu. Warna kaosnya kayak yang di foto di bawah, abu-abu hitam. Trus punggung kami ditempelin nomor absen supaya guru yang menilai kami gampang. Kaosnya ada tulisan 'keep balance' di depannya (anak akutansi banget kan).

Ga terasa hari H tiba... Jeng jeng jeng.. Suasananya agak kalang kabut campur panik-panik gitu karena kelas gue dapet giliran tampil yang pertama kali. Sayangnya gue ga bisa merasakan saat-saat itu karena gue ga berada di sekolah. Gue ada di Kantor Imigrasi (Kanim) Cipinang pada saat puncak penampilan senam dan tari kelas gue. Terasa ada posisi yang kosong di sudut belakang, tempat gue seharusnya berada. Maafkan gue temen-temen, bukannya gue ga milih perjuangan kita semua, namun ada hal lain yang harus diprioritaskan :(

Kalian pasti tau gue ngapain di Kanim Cipinang. Bukan ngamen, nyari duit, atau apapun itu. Gue bikin passport untuk keberangkatan gue ke Jepang. Waktunya udah mepet banget. Passportnya harus udah dikirim ke direktorat pendidikan hari jumat, sementara gue baru bikin passport hari senin. Nah makanya itu ga bisa gue tunda lagi kan jadi hari selasa, takutnya kalo ga keburu, gue ga jadi pergi ke Jepang lagi ._. Jadinya gue dengan berat hati harus milih bikin passport daripada ikut ujian praktek senam.

Untungnya sih bikin passport nya setengah hari udah selesai. Soalnya orang-orang bilang bisa berhari-hari karena rame. Gue bersyukur banget satu masalah passport teratasi. Walau ngambil passport nya ga bisa di hari itu juga, tapi harus nunggu 3 hari setelah bayar. So, gue ngambil passportnya hari kamis. Masih keburu, yeayy...

Abis bikin passport, gue langsung balik ke sekolah dan nemuin guru gue. Banyak yang nanya kenapa gue ga ada pas senam tadi pagi, ya gue jelasin satu per satu penyebab kealpaan gue itu. Gue kembali bersyukur atas jalan yang dimudahkan karna guru gue langsung ngasih nilai tanpa harus gue tampil senam sendiri di tengah lapangan. Berasa malu banget harus senam sendiri wkwk jujur gue juga belum terlalu hapal gerakannya. Jadi masih harus lirik kiri dan kanan, nah kalo sendiri gue harus ngelirik siapa ckckck.. Tapi satu hal yang membuat gue terharu adalah temen-temen sekelas gue mau ikut senam lagi, nemenin gue kalau misalnya gue disuruh senam sendiri. So sweet banget kan wkwkwk... 

Gue cuma bisa nyaksiin penampilan senam kelas gue lewat video dan foto yang dikasih. Nih ada beberapa foto pas sebelum mulai senamnya, doa bareng gitu supaya lancar. Walau raga gue ga ada disitu, tapi hati gue ada disono kok haha..




Dari kisah singkat gue, bisa diambil hikmahnya bahwa hidup ini pilihan. Mana yang kita pilih, mana yang lebih penting bagi kita, itu yang menentukan apa yang terjadi setelahnya. Ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan sesuatu. Ada yang harus dikorbankan karna kita ga mungkin milikin keduanya..
Posting Komentar

Back to Top